Daftar isi
4 min read

Cara Menghubungkan Facebook Live Chat Support ke Website

Tayang 22 Mei 2024
Diperbarui 03 Juni 2024
Panduan Lengkap Facebook Live Chat Support
Cara Menghubungkan Facebook Live Chat Support ke Website

Di era digital saat ini, banyak pilihan platform yang bisa bisnis gunakan untuk melayani pelanggan. Dengan lebih dari 2,93 miliar pengguna aktif, Facebook menjadi platform live chat support yang banyak bisnis gunakan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Facebook live chat membantu bisnis untuk menyediakan layanan pelanggan yang dipersonalisasi melalui obrolan online interaktif. Hal tersebut berdampak positif terhadap pengalaman pelanggan yang mengarah pada peningkatan kepuasan serta loyalitas mereka.

Penting untuk dicatat bahwa live chat support saat ini eksklusif untuk pengguna Facebook for Business. Oleh karena itu, bagi pemilik akun Facebook for Business bisa bisa menggunakan fitur live chat support untuk mempererat hubungan dengan pelanggan.

Pelajari selengkapnya mengenai keuntungan menggunakan FB live chat support serta cara untuk instalasinya pada artikel berikut.

Manfaat Facebook Live Chat Support

Fitur live chat support pada Facebook mempermudah komunikasi antara bisnis dengan pelanggan seperti dijelaskan sebelumnya. Fitur serupa juga bisa ditemukan pada platform media sosial lainya yang memiliki eksposur tinggi.

Selain hal tersebut, penggunaan Facebook live chat support memberikan keuntungan lainnya bagi bisnis di antaranya sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Keuntungan pertama dari penggunaan live chat adalah bisnis bisa merespon pelanggan secara langsung. Hal ini membuat pelanggan merasa lebih dihargai daripada mendapatkan respon template dari bot.

Disisi lain, interaksi langsung yang terjalin secara perlahan akan membangun kepercayaan pelanggan. Kepercayaan tersebut jika terus didukung dengan pengalaman yang dipersonalisasi di setiap interaksi akan terbangun loyalitas pelanggan.

  • Membangun Hubungan Personal dengan Pelanggan

Selain mendapatkan loyalitas, penggunaan Facebook live chat juga bisa mempererat hubungan dengan pelanggan. Melalui live chat support, bisnis bisa mempersonalisasi setiap respon yang diberikan kepada pelanggan.

Bahkan bisnis bisa memberikan solusi secara instan berdasarkan riwayat interaksi dengan pelanggan. Bantuan yang cepat ini membuat pelanggan senang karena menunjukkan kepedulian bisnis terhadap masalah mereka.

Keuntungan lain dari fitur live chat adalah waktu respon yang lebih cepat. Sebuah studi melaporkan bahwa sekitar 96% penurunan waktu tanggapan terjadi melalui fitur live Facebook, dibandingkan respon time melalui email.

Penurunan waktu respon tersebut membuat tim customer service bisa bekerja lebih efisien. Dengan begitu, tim CS bisa fokus mengerjakan tugas lebih banyak, sehingga produktivitas mereka juga meningkat.

Baca juga: Cara Menjadi Customer Service yang Baik dan Andal

  • Memperoleh Insight Berharga dari Feedback Pelanggan

Live chat pada Facebook bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan feedback langsung dari pelanggan. Dari feedback tersebut, bisnis bisa mengidentifikasi apa saja masalah pelanggan dan solusi yang mereka butuhkan.

Informasi tersebut sangat berharga bagi bisnis yang bisa digunakan dalam pengambilan keputusan. Dengan demikian, bisnis diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan serta produk mereka.

Baca juga: Pentingnya Customer Feedback untuk Bisnis Anda

  • Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Keuntungan selanjutnya dari penggunaan fitur live chat pada FB adalah peningkatan konversi penjualan. Riset Facebook melaporkan sekitar 53% pelanggan cenderung berbelanja di toko yang bisa dikirimi pesan.

Berdasarkan fakta tersebut menunjukkan kesempatan terjadinya penjualan terbuka setelah interaksi melalui live chat Facebook. Dengan fitur live chat, bisnis bisa menjawab langsung pertanyaan orang tentang harga, produk, dan lainnya, untuk meyakinkan pelanggan melakukan pembelian.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Customer Service

Bagaimana Cara Setup dan Optimalkan Penggunaan Facebook Live Chat?

Setelah mengetahui keuntungan dari Facebook live chat support, mungkin Anda tertarik untuk mulai menggunakan. Perlu diketahui, ada beberapa tahapan untuk penginstalan fitur live chat FB, seperti berikut:

  • Buka ‘Pengaturan’ pada halaman Facebook Anda
  • Klik opsi “Pengiriman Pesan”
  • Klik ‘Mulai’ pada bagian Tambahkan Messenger ke situs web Anda
  • Instal secara manual dengan mengklik opsi ‘Setup’
  • Pilih bahasa
  • Tambahkan domain website Anda
  • Salin kode plug in live chat untuk ditempel di situs web Anda
  • Buatlah pesan sambutan dan respon otomatis pada bagian ‘Mulai Percakapan”
  • Sesuaikan warna, perataan dan perluasan dengan mengklik bagian ‘Sesuaikan Plugin Obrolan’
Cara untuk Menginstal Facebook Live Chat ke Website Bisnis

Setelah berhasil memasang Facebook live chat support pada situs web bisnis, kini saatnya untuk menggunakan secara optimal. Berikut tahapan yang bisa Anda lakukan agar fitur live chat bisa bekerja secara optimal:

  • Integrasikan Facebook Messenger dengan website atau platform e-commerce
  • Atur away message untuk merespon pesan di luar jam operasional bisnis
  • Siapkan pesan otomatis yang menjawab pertanyaan repetitif
  • Gunakan chatbot untuk membantu memberikan respon otomatis dalam hitungan detik
  • Beri pelatihan tim customer service agar bisa melayani pelanggan dengan profesional

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Live Chat Online Terbaik untuk Website Bisnis

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa fitur live chat support memperkuat hubungan bisnis dengan pelanggan melalui interkasi langsung. Hal ini mendorong terbentuknya loyalitas pelanggan.

Salah satu cara untuk menghubungkan Facebook dengan website bisnis adalah menggunakan Mekari Qontak. Fitur live chat support Mekari Qontak memiliki chatbot yang mampu merespon otomatis setiap pertanyaan pelanggan.

Selain itu, Mekari Qontak dilengkapi dengan omnichannel yang bisa menghubungkan Facebook dengan paltform media sosial lainnya. Hal ini memudahkan dalam melayani pelanggan dari berbagai saluran hanya dari satu dasbor.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli dari Mekari Qontak secara Gratis di sini.

Referensi

Kategori : Customer
WhatsApp WhatsApp Sales