Mekari Qontak
Marketing

Cara Memanfaatkan Media Sosial Populer untuk Bisnis

Optimizing Social Media Use

Begini Cara Memanfaatkan Media Sosial Populer Saat Ini untuk meningkatkan Bisnis Anda

Merajanya media sosial populer beriringan dengan semakin hilangnya keawaman masyarakat pada internet. Dunia digital pun tumbuh seiring banyaknya jumlah pengguna di setiap waktunya. Saat ini terdapat 4,5 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Hal ini pun membawa banyak perubahan, termasuk di dunia bisnis yang salah satunya membuat terciptanya istilah digital marketing. Fokus utamanya adalah meningkatkan brand awareness, memperluas pasar dan meningkatkan penjualan melalui media digital.

Namun yang menjadi tantangannya yakni tak semudah kelihatannya. Implementasi di lapangan kadang tak berbanding lurus dengan perkiraan. Banyak yang berusaha mengoptimalkan media sosial namun tak benar-benar berhasil. Salah satu faktornya ialah salahnya menggarap kampanye atau promo pada masing-masing media sosial yang digunakan. Apalagi tak jarang ada yang salah menggunakan media sosial sebab tak sesuai dengan target marketnya.

Pada artikel ini akan dijabarkan bagaimana cara memanfaatkan media sosial populer untuk meningkatkan bisnis.

Apa itu Media Sosial? Apa Saja Media Sosial Populer Saat Ini?

Media sosial adalah teknologi interaktif yang memfasilitasi penciptaan dan berbagi informasi, ide, minat, dan bentuk ekspresi lainnya melalui komunitas dan jaringan virtual. Dilansir oleh datareportal, saat ini ada 3 media sosial populer yang menjadi favorit pengguna di dunia. Ketiga media sosial tersebut antara lain: WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Ketiga media sosial tersebut masing-masing menjadi favorit oleh 23,3%, 22,2%, dan 20,6% pengguna media sosial dari seluruh dunia.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Media Sosial Populer untuk meningkatkan Bisnis?

1. WhatsApp

Media sosial populer WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan sekaligus salah satu media sosial populer di seluruh dunia. Dengan jumlah pengguna hingga 2 miliar, WhatsApp menjadi media sosial favorit 23,3% dari seluruh pengguna di seluruh dunia. Cara penggunaannya yang sangat mudah dengan tampilan sederhana membuat WhatsApp digemari dari seluruh kalangan

Lantas bagaimana WhatsApp sebagai media sosial populer dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis? solusinya adalah dengan menggunakan fitur WhatsApp Business API. Ada beberapa manfaat WhatsApp Business API untuk bisnis yakni:

  • Melayani banyak pelanggan sekaligus hanya dengan satu nomor WhatsApp
  • Dengan fitur chatbot 24 jam, Anda tidak perlu khawatir ada pesan belum terbalas
  • Mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus dengan WhatsApp blast
  • Dilengkapi dasbor analisis untuk kemudahan Anda memantau aktivitas bisnis
  • Keamanan terjamin karena dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end seihngga menjaga rahasia data pengguna
  • Layanan pelanggan semakin mudah dan cepat

Cara mendapatkan WhatsApp Business API dapat dengan mudah dengan klik tautan ini.

2. Facebook

Media sosial populer facebook

Facebook adalah media sosial populer yang mana memungkinkan pengguna dapat mendaftar untuk memiliki profil secara gratis lalu dapat terhubung dengan teman, rekan kerja, atau bahkan orang baru secara daring (online). Pengguna Facebook juga dapat membagikan gambar, musik, video, artikel, bahkan status berisi pemikiran atau pendapat pengguna itu sendiri.

Memiliki 2.8 miliar pengguna, Facebook menjadi media sosial populer yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri terdapat 187 juta pengguna Facebook atau 67% dari total populasi. Melihat tingginya jumlah pengguna, Facebook menjadi media sosial populer yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan media sosial populer Facebook untuk bisnis? berikut 3 tips Facebook untuk bisnis:

  • Manfaatkan fitur sharing pesan, gambar, dan video untuk promosi bisnis Anda secara gratis
  • Gunakan Facebook Ads Manager untuk membuat iklan agar dapat menjangkau pengguna Facebook lainnya
  • Sebelum beriklan, pastikan Anda telah setting objektif iklan Anda serta memahami target audiens
  • Memaksimalkan Facebook Messenger sebagai wadah kirim pesan untuk melayani calon pelanggan atau pelanggan setia Anda

3. Instagram

Media sosial populer Instagram

Instagram merupakan media sosial populer yang memiliki jumlah pengguna sebanyak 1,3 miliar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri Instagram memiliki 91 juta pengguna. Media sosial populer untuk berbagi foto ini menjadi favorit khususnya di kalangan anak muda. Banyak pengguna menggunakan Instagram untuk mengikuti (follow) akun selebriti terkenal, atau bahkan ada yang menjadi selebriti karena populer di Instagram sehingga dinamakan Selebgram (selebriti Instagram)

Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling mudah dijadikan ladang industri atau mencari uang. Banyaknya Selebgram yang mendapatkan pundi-pundi dari setiap postingan menjadi salah satu tolak ukurnya. Lalu bagaimana cara memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan bisnis Anda? berikut 3 tips memanfaatkan Instagram untuk bisnis:

  • Hard selling: Banyak online shop yang tumbuh dari Instagram karena terang-terangan menawarkan produknya. Karena yang terpenting adalah bagaimana dapat membuat caption dan foto dengan kualitas baik.
  • Soft Selling: Selain hard selling, Anda juga dapat melakukan soft selling dengan berbagi gambar dan menjelaskan bahwa produk/bisnis Anda dapat menjadi solusi atas kebutuhan pelanggan.
  • Memanfaatkan Instagram Stories: Saat ini Instagram tidak hanya untuk berbagi gambar, namun Anda dapat membuat foto atau video 15 detik yang dapat dibagikan selama 24 jam melalui fitur Instagram Stories. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk lebih dekat dengan pelanggan.
  • Instagram Ads: Anda juga dapat beriklan di Instagram untuk menaikkan engagement dan mencari calon pelanggan. Anda bisa sambungkan akun Instagram dengan Facebook sehingga lebih efisien dalam beriklan, mengingat kedua media sosial tersebut masih dalam satu pemilik yang sama.
  • Instagram API: Gunakan Instagram API dimana dengan fitur chatbot, Anda dapat melayani pelanggan selama 24 jam. Selain itu terdapat fitur multiple agent/user yang memungkin penggunaan satu akun Instagram untuk banyak agen.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Dapatkan Integrasi Media Sosial Populer untuk meningkatkan Bisnis Anda bersama Qontak.com!

Integrasi edia sosial populer

Anda dapat memanfaatkan media sosial populer WhatsApp, Facebook, dan Instagram untuk meningkatkan bisnis melalui layanan pelanggan secara terpadu dalam 1 platform. Qontak.com menyediakan solusi end-to-end WhatsApp API yang dapat dikustomisasi dan terintegrasi dengan sistem Omnichannel CRM dimana terhubung dengan Facebook Messenger dan Instagram API.

Fitur lengkap yang dimiliki Qontak.com tidak hanya membantu Anda dalam strategi media sosial, tapi juga efektif meningkatkan penjualan dan customer service. Terlebih Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk meningkatkan usahanya.

penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah!

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales