Mekari Qontak
Marketing

10 Strategi Customer Acquisition yang Efektif

Pelajari Semua Tentang Customer Acquisition Strategy

Apakah Anda pernah mendengar istilah akuisisi pelanggan atau customer acquisition? Apa itu customer acquisition? Lalu, strategi customer acquisition seperti apa yang tepat untuk meningkatkan akuisisi pelanggan?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak pembahasan tentang strategi customer acquisition berikut ini!

Image CTA for Customer Acquisition


Apa Itu Customer Acquisition?

Pelajari-Semua-Tentang-Customer-Acquisition-Strategy

Customer acquisition adalah istilah yang mengacu pada proses orientasi pelanggan baru ke bisnis Anda.

Akuisisi pelanggan ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik khusus untuk membuat prospek potensial mengambil tindakan dan pada akhirnya menjadi pelanggan baru bisnis Anda.


Apa Tujuan Customer Acquisition?

Setelah mengetahui apa itu customer acquisition dan apa pentingnya untuk bisnis. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui apa tujuan dilakukannya akuisisi pelanggan itu sendiri.

Tujuan customer acquisition ialah untuk menciptakan strategi yang sistematis dan berkelanjutan untuk memeroleh pelanggan baru dan meningkatkan pendapatan bisnis.

Dengan customer acquisition strategy yang tepat dan efektif, bisnis dapat menjangkau lebih banyak prospek dan memeroleh calon pelanggan yang berkualitas sebelum akhirnya nanti dapat dikonversi menjadi pelanggan.


Mengapa Customer Acquisition Penting untuk Bisnis?

Dalam banyak hal, strategi customer acquisition mungkin akan terlihat mirip dengan strategi dan kampanye untuk pemasaran. Namun sebenarnya terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya.

Apabila strategi pemasaran berfungsi untuk membangun brand awareness, maka strategi customer acquisition berfungsi untuk mendorong tindakan prospek potensial.

Dalam hal ini, akuisisi berbicara tentang apa yang akan terjadi setelah calon pelanggan mengklik halaman Anda atau menerima email Anda. Jika mereka membeli produk atau layanan Anda, maka itu adalah akuisisi.

Adapun beberapa alasan mengapa akuisisi pelanggan sangat penting untuk bisnis antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan uang untuk memenuhi biaya produksi, membayar gaji karyawan, dan berinvestasi kembali dalam pertumbuhan perusahaan.
  • Menunjukkan bukti daya tarik bagi pihak luar, termasuk investor, mitra, hingga influencer industri terkait.
  • Secara sistematis dapat menarik dan mengubah pelanggan baru, dan pada akhirnya membuat perusahaan tetap berjalan dan berkembang, serta membuat investor senang.

Strategi Meningkatkan Customer Acquisition

Setelah mengetahui apa itu customer acquisition dan tujuannya, kini saatnya untuk Anda mengetahui cara meningkatkan customer acquisition atau strategi akuisisi pelanggan seperti apa yang tepat untuk menarik pelanggan baru ke bisnis Anda.

Berikut adalah customer acquisition strategy yang efektif untuk bisnis:

1. Membangun Brand Awareness

Brand Awareness

Cara meningkatkan customer acquisition yang pertama dan paling dasar adalah dengan membangun brand awareness. Karena, apabila target audiens tidak mengetahui apa pun tentang brand atau merek bisnis Anda, bagaimana mungkin mereka akan tertarik dengan merek Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk membangun brand awareness terhadap para prospek potensial yang sudah Anda targetkan. Sehingga, mereka dapat mencari tahu lebih banyak tentang merek bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan fitur canggih seperti WhatsApp blast untuk membangun dan memaksimalkan brand awareness pada bisnis Anda.

Selain membangun brand awareness, Anda juga perlu memerhatikan brand value, brand identitybrand essence, dan brand voice bisnis Anda. Ini karena semua elemen tersebut dapat menciptakan nilai dan kesan yang baik serta menarik untuk merek bisnis dan bahkan produk Anda.

3. Memilih Channel Marketing yang Tepat

Customer Acquisition Strategy_Memilih Channel Marketing

Ada banyak channel marketing yang dapat Anda gunakan untuk menerapkan akuisisi pelanggan. Misalnya seperti direct selling, afiliasi, media sosial, reseller, iklan digital, acara, SEO, email, dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini, Anda perlu menyesuaikan channel marketing yang akan Anda pilih dengan siapa target audiens Anda dan di mana Anda dapat menjangkau mereka.

3. Content Marketing

Customer Acquisition Strategy_Content Marketing

Content marketing merupakan metode atau strategi akuisisi pelanggan yang efektif untuk semua jenis bisnis.

Membuat konten baru yang menarik dan relevan menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk menarik perhatian target audiens Anda dan mendorongnya ke laman situs atau profil Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menyesuaikan jenis konten yang Anda buat dengan channel dan target audiens Anda.

4. Blogging

Customer Acquisition Strategy_Blogging

Customer acquisition strategy yang berikutnya adalah dengan melakukan blogging. Cara ini menjadi salah satu cara yang direkomendasikan untuk bisnis dari semua ukuran, industri, dan jenis audiens apapun.

Membuat blog akan memungkinkan Anda untuk menjelajahi berbagai topik, melenturkan pengetahuan terkait industri Anda, dan membangun otoritas di antara para pembaca Anda.

Selain itu, blogging juga bisa menjadi peluang baru untuk membuat Anda terlibat dengan target audiens, baik melalui ajakan bertindak atau tanya jawab di kolom komentar blog Anda.

5. Social Media Marketing

Social Media Marketing

Dalam hal ini, social media marketing dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu metode organik dan berbayar.

Pemasaran media sosial secara organik dapat Anda gunakan untuk meningkatkan brand awareness, mengembangkan kepribadian perusahaan, dan berbagai konten yang telah Anda terbitkan sebelumnya.

Sementara pemasaran media sosial berbayar dapat Anda gunakan untuk membayar iklan dan eksposur bagi media sosial Anda. Namun perlu digaris bawahi, bahwasanya ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan pemasaran media sosial berbayar Anda dengan anggaran dan jenis target audiens bisnis Anda.

6. Email Marketing

Customer Acquisition Strategy_Email Marketing

Anda mungkin berpikir bahwa email marketing adalah strategi akuisisi pelanggan yang sudah ketinggalan zaman, namun sebenarnya ini tidak.

Hingga saat ini, email marketing masih menjadi salah satu customer acquisition strategy yang masih berfungsi dan banyak diminati oleh berbagai jenis industri, khususnya industri e-commerce.

Di mana audiens yang telah ditargetkan akan terdorong untuk membeli produk atau layanan bisnis Anda setelah mendapatkan email terkait promosi atau pemberitahuan tertentu.

Baca Juga: Neuromarketing: Uniknya Strategi Marketing berdasarkan Sains!

7. Search Marketing

Search Marketing

Sama halnya seperti social media marketing, strategi search marketing dapat dilakukan secara organik maupun berbayar.

Dalam hal ini, organic search marketing juga dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO), yang berfungsi untuk melengkapi upaya pemasaran konten dengan mengoptimalkan konten Anda.

Sementara search marketing berbayar adalah pemasaran yang dilakukan dengan pay-per-click (PPC) saat Anda beriklan di SERP Google.

Anda juga dapat menggunakan kedua strategi ini secara bersamaan, di mana secara teoritis ini dapat meningkatkan peluang bisnis Anda untuk ditemukan oleh mesin pencari dan pada akhirnya meningkatkan ranking situs Anda.

8. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah strategi solid lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Dalam hal ini, Anda dapat membuat program refferal atau insentif yang dapat menarik pelanggan baru untuk bisnis Anda.

9. Event Marketing

Event Marketing

Apabila keenam strategi di atas fokus pada strategi pemasaran secara online, maka strategi ketujuh ini dapat dilakukan baik secara offline maupun online.

Di mana Anda dapat membuat sebuah event yang menarik dan mendorong target audiens Anda untuk menjadi pelanggan baru bisnis Anda.

Misalnya, Anda memiliki bisnis produk kecantikan, maka Anda dapat membuat kelas makeup bersama salah satu ahli untuk menarik pelanggan Anda. Kelas makeup ini dapat Anda lakukan secara ofliine maupun online melalui video conference.

10. Referral Marketing

Referral Marketing

Seperti namanya, akusisi pelanggan ini dilakukan dengan metode pemasaran rujukan atau lebih dikenal dengan istilah referral. Secara umum, pemasaran ini dilakukan dengan dengan memanfaatkan rekomendasi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh teman, keluarga, atau kerabat yang dikenal.

Namun, kini referral marketing juga dapat dilakukan oleh tokoh-tokoh ternama seperti brand ambassador atau influencer yang sudah dipercayai oleh para pengikutnya. Sehingga, dapat mengakuisisi pelanggan secara maksimal.

Baca Juga: Cara Menghitung Customer Acquisition Cost


Terapkan Strategi Customer Acquisition dan Tingkatkan Penjualan Anda!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa customer acquisition strategy adalah strategi yang dilakukan oleh bisnis atau perusahaan untuk mengubah prospek potensial menjadi pelanggan.

Akuisisi pelanggan tidak hanya bertujuan untuk mendorong pelanggan baru, tetapi juga untuk meningkatkan penjualan dan pada akhirnya pendapatan bisnis Anda. Selain menggunakan 7 (tujuh) strategi customer acquisition di atas, Anda juga dapat menggunakan sistem omnichannel yang terintegrasi dengan CRM.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi Omnichannel dan CRM terbaik di Indonesia. Omnichannel Qontak dapat dengan mudah diintegrasikan dengan beberapa media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, WhatsApp, email, dan sebagainya. Selain itu, Mekari Qontak juga didukung dengan fitur canggih yang akan mempermudah Anda mengelola pemasaran lebih efisien dan efektif.

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Coba aplikasi Omnichannel Mekari Qontak selama 14 hari atau konsultasikan dulu secara gratis dengan mengisi form dibawah ini:

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales