Mekari Qontak
Marketing

Kembangkan Bisnis dengan Strategi Channel Marketing

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Konsep pemasaran dengan strategi channel marketing merupakan salah satu opsi menarik yang bisa dicoba para pebisnis. Strategi ini membantu memberikan banyak manfaat serta memastikan pebisnis meraih targetnya secara optimal.

Namun demikian konsep dasar pemasaran marketing channel adalah hal yang sering kali membingungkan untuk para pebisnis. Terutama bagi mereka yang baru saja mencoba strategi baru dalam meningkatkan bisnis yang dikelolanya.

Oleh sebab itu, ada baiknya meluangkan waktu sejenak untuk meneruskan membaca informasi lengkap tentang  jenis marketing channel hingga contoh marketing channel di bawah ini. Supaya setidaknya diperoleh gambaran yang tepat tentang pada umumnya.

Image CTA Omnichannel


Apa Itu Channel Marketing?

Channel marketing atau marketing channel adalah suatu kelompok kegiatan yang melakukan strategi pemasaran secara bersama-sama dalam bentuk penyaluran barang dan jasa dari produsen ke pelanggan. Sehingga dengan cara tersebut maka produk yang diproduksi dapat disampaikan pada pelanggan dengan cara yang cepat, efektif serta seefisien mungkin.

Dari sini dapat pula diambil kesimpulan bahwa marketing channel adalah strategi penyaluran sebuah produk secara bersama-sama. Karena pada dasarnya hal ini tidak dapat dilakukan seorang diri. Melainkan membutuhkan sistem yang saling terkait satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan awalnya tadi.

Jenis-Jenis Channel Marketing

Secara umum ada beberapa jenis marketing channel yang bisa digunakan untuk melaksanakan strategi pemasaran tersebut. Beberapa di antaranya cukup mudah untuk diaplikasikan sebenarnya. Jenis marketing channel tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

1. Direct Selling

Jenis pertama yang paling mudah dipahami dan ditemukan yaitu aktivitas direct selling. Di mana dalam aktivitas ini melibatkan pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi secara langsung. Sehingga dengan demikian maka keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar. Karena tidak memerlukan banyak perantara dalam strategi bisnis yang satu ini.

2. Afiliasi

Jenis berikutnya yaitu melalui afiliasi. Ini sebenarnya bukan strategi pemasaran yang masih baru. Karena pemasaran dengan teknik ini sudah dilakukan selama beberapa tahun terakhir.

Menggunakan sistem afiliasi terbukti mampu memberikan jaringan pelanggan yang lebih optimal jumlahnya. Oleh karena itu, tidak heran jika ada beberapa model bisnis yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan sistem afiliasi sebagai strategi pemasarannya.

3. Media Sosial

Tidak dipungkiri bahwa media sosial merupakan salah satu channel marketing terbaik yang menjanjikan konversi paling menarik akhir-akhir ini. Sehingga jika ingin menggunakan jenis channel marketing yang efektif, maka media sosial ini adalah jawabannya.

4. Reseller

Reseller menjadi alat pemasaran terdepan yang digunakan untuk menjual serta mengenalkan produk secara langsung ke pelanggan. Semakin banyak reseller yang bergabung maka otomatis bisnis juga akan berkembang lebih maksimal. Karena bisnis mampu dikenal lebih banyak pelanggan dan pendapatannya bisa meningkat tajam.

5. Iklan Digital

Digital advertisements atau iklan digital mencakup berbagai platform digital yang mungkin digunakan bisnis dalam mempromosikan produk atau layanan mereka.

Ini termasuk Google Ads, iklan di media sosial, atau situs web lainnya untuk memasarkan bisnis Anda kepada target audiens tertentu.

Meskipun jenis pemasaran ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk kebutuhan pemasaran, namun strategi ini sudah umum digunakan dan terbukti efektif untuk menarik minat prospek.

6. Events atau Acara

Anda dapat memanfaatkan events atau acara sebagai sarana channel marketing yang efektif untuk bisnis Anda. Di mana dalam hal ini, pemasar memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan pelanggan potensial dalam konteks yang unik.

Di sisi lain, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa acara ini memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk bertanya tentang produk, memahami nilainya, dan berpotensi melakukan pembelian.

Acara itu sendiri membutuhkan marketing agar target audiens atau masyarakat luas dapat mengetahui seperti apa, kapan, dan di mana acara itu berlangsung,

7. SEO Marketing

Search engine optimization (SEO) mengacu pada hasil yang dilihat calon pelanggan ketika mereka mencari sesuatu secara online. Apabila Anda mengoptimasi halaman website Anda, maka akan lebih mudah bagi pelanggan untuk berkunjung ke halaman.

Dari kunjungan tersebut kemudian berubah menjadi konversi yang dapat memberikan prospek pelanggan potensial bagi bisnis Anda.

Ada berbagai strategi pemasaran SEO dan strategi spesifik yang dapat Anda terapkan pada situs Anda, ini mencakup komponen target audiens, produk, dan tujuan penjualan Anda.

8. Email Marketing

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa email marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang sudah usang. Namun sebenarnya tidak, malah sebaliknya. Hingga saat ini, email marketing masih menjadi salah satu saluran pemasaran yang banyak diminati oleh pelaku bisnis.

Email marketing dapat membantu perusahaan atau bisnis untuk memberikan informasi spesifik di berbagai pesan email, yang memberikan peluang unik bagi para profesional pemasaran.

Baca Juga: Neuromarketing: Uniknya Strategi Marketing berdasarkan Sains!

Manfaat Channel Marketing

Pelajari Semua Tentang Channel Marketing!

Tentunya memilih untuk menggunakan strategi channel marketing dapat mendatangkan beberapa manfaat pada bisnis. Sehingga tidak heran jika strategi ini merupakan salah satu yang banyak disukai oleh pebisnis dalam mengembangkan usahanya. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari strategi tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

– Jaringan Pemasaran yang Lebih Luas

Strategi ini merupakan salah satu cara untuk memperluas jaringan pemasaran secara efektif dan efisien. Berkat teknologi yang berkembang saat ini, memanjangkan tangan bisnis bukan lagi perkara yang sulit atau menghabiskan waktu dan tenaga.

Karena metode yang digunakan berupa marketing channel merupakan solusi pemasaran terbaik yang cepat dalam meraih pelanggan potensial yang baru.

– Kebutuhan Biaya Lebih Minim

Melakukan pemasaran via satu platform akan membantu menghemat lebih banyak biaya operasional. Terutama terkait mengenalkan produk pada berbagai macam media. Menggunakan strategi channel marketing artinya membantu pengenalan produk melalui berbagai macam cara namun dengan satu langkah saja.

– Mudah dan Cepat

Tentu saja penggunaan strategi pemasaran ini dipercaya akan membantu berjalannya sistem pemasaran yang lebih mudah dan lebih cepat. Semuanya dapat dikontrol melalui satu sistem yang sama. Sehingga tidak perlu kesulitan untuk memastikan pemasaran berjalan secara optimal.

Contoh Digital Channel Marketing

Ada banyak contoh marketing channel yang digunakan pebisnis saat ini. Masing-masing memiliki keunggulan masing-masing dalam memastikan keberhasilan pemasaran tersebut. Salah satunya yaitu bentuk strategi digital channel marketing. Adapun secara umum contoh marketing channel ini seperti yang tertera pada list berikut di bawah ini.

1. Website atau Blog

Salah satu contoh marketing channel yang cukup banyak dilakukan yaitu dengan melakukan strategi pemasaran via website atau blog. Hal ini membantu mengenalkan produk pada pasar yang lebih luas tanpa batas. Oleh sebab itu, tidak heran jika website atau blog digunakan sebagai alat promosi terbaik untuk metode pemasaran tersebut.

2. Email Marketing

Penggunaan email marketing juga merupakan salah satu contoh yang banyak digunakan akhir-akhir ini. Hal ini karena sebagian pengguna internet umumnya memiliki email. Sehingga melakukan promosi via email dipandang dapat memberikan keuntungan untuk perkembangan bisnis yang lebih baik.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Salah satu marketing channel yang cukup penting untuk dipertimbangkan yaitu mesin pencari. Berkat adanya teknologi yang satu ini, maka menghubungkan satu hal dengan hal yang lain bukan sesuatu yang sulit.

Bahkan mesin pencari dapat membantu pemasaran bisnis secara efektif melalui strategi SEO atau Search Engine Optimization. Sehingga dengan demikian maka bisnis dapat berkembang lebih baik dalam jangka waktu yang lebih singkat.

4. Video Marketing

Salah satu contoh berikutnya yaitu penggunaan video marketing. Dengan berbagai macam platform untuk hal tersebut, tentu saja keputusan ini dapat mendorong produk bisnis dikenal secara lebih luas dengan cepat. Oleh karena itu, ini adalah salah satu contoh strategi menarik yang dapat diperhitungkan pebisnis.

Baca Juga: Green Marketing dan Pengaruhnya Pada Keberlanjutan Bisnis

Terapkan Channel Marketing pada Bisnis Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Channel marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan di berbagai saluran bisnis. Apakah Anda berminat untuk mengembangkan bisnis dengan channel marketing? Jika iya, maka Anda dapat mencoba solusi pemasaran terbaik dari Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan sistem Omnichannel yang terintegrasi dengan sistem CRM, sehingga dapat memudahkan Anda untuk melakukan pemasaran di berbagai saluran berbeda dalam satu platform. Misalnya seperti, WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, Telegram, WebChat, dan lain sebagainya.

Selain itu, Omnichannel CRM juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat meningkatkan dan memaksimalkan strategi pemasaran Anda secara otomatis. Sangat menarik bukan?

Di sisi lain, Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales