Daftar isi
6 min read

Pelanggan Potensial: Pengertian, Karakteristik dan Cara Mendapatkannya

Tayang 30 Agustus 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Pelanggan Potensial adalah
Pelanggan Potensial: Pengertian, Karakteristik dan Cara Mendapatkannya

Keberadaan pelanggan potensial sangat penting bagi bisnis. Mereka membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Namun untuk mendapatkan pelanggan potensial tentu tidak mudah. Membutuhkan waktu dan strategi khusus untuk mendapatkannya dan mengubah mereka menjadi penjualan.

Yuk, pelajari lebih jauh definisi pelanggan potensial dan cara mendapatkannya pada artikel berikut.

Definisi Pelanggan Potensial

Pelanggan potensial adalah seseorang yang siap dan mampu untuk membeli produk atau layanan Anda, tetapi mereka belum menjadi pelanggan Anda.

Mereka juga sering disebut sebagai ‘target audiens’ yang merupakan fokus dari upaya pemasaran Anda dalam mempromosikan produk atau layanan.

Ada sejumlah faktor atau alasan mengapa target audiens belum menjadi pelanggan. Faktor-faktor tersebut meliputi keuangan, urgensi, atau kepentingan lain.

Oleh karena itu, bisnis harus bisa mengidentifikasi faktor tersebut dengan mengumpulkan data dan analisis terhadap perilaku, preferensi, serta kebutuhan audiens, sehingga dapat menciptakan pendekatan yang menarik bagi pelanggan potensial.

Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Pelanggan Baru

Karakteristik Pelanggan Potensial

Karakteristik Pelanggan Potensial

Ada beberapa ciri atau karakteristik pelanggan potensial, seperti berikut:

– Menyadari Masalah yang Mereka Hadapi

Sebagian calon pelanggan yang menyadari masalah mereka. Hal ini memudahkan bisnis untuk menjual produk karena bisnis tidak perlu mengidentifikasi masalah mereka.

Sebaliknya, cukup mengedukasi atau meyakinkan calon pelanggan pelanggan tersebut bahwa produk yang ditawarkan bisa menyelesaikan masalah mereka.

– Telah Mengetahui Solusi atas Permasalah Mereka

Calon pelanggan yang sudah mengetahui masalah mereka, cenderung aktif mencari solusi. Mereka akan berusaha mengumpulkan berbagai informasi yang relevan.

Menariknya, sekitar 62% pelanggan lebih suka mendengarkan rekomendasi dari marketer saat mereka aktif mencari solusi untuk masalah mereka.

Maka dari itu, tim penjualan Anda harus memahami produk Anda dengan baik untuk dapat mengusulkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

– Memiliki Kemampuan untuk Membayar

Sebagian calon pelanggan mungkin menyadari masalah mereka dan berpotensi menjadi pelanggan, tetapi mereka tidak memiliki anggaran untuk membeli produk Anda.

Faktanya, sekitar 58% pelanggan ingin membahas harga terlebih dahulu, tetapi hanya 23% tim penjualan yang melakukannya.

Maka akan lebih baik mendorong tim sales untuk membicarakan harga dari awal dengan calon pelanggan. Jika mereka memiliki anggaran, mereka bisa dianggap sebagai calon pelanggan potensial.

– Pelanggan Potensial Mempercayai Merek Anda

Membangun kepercayaan dengan prospek Anda akan membantu mengubah mereka menjadi pelanggan yang setia.

Upayakan untuk memperkuat merek Anda melalui pemasaran konten, media sosial, dan ulasan. Buat juga strategi pemasaran yang berfokus pada rekomendasi dari mulut ke mulut agar calon pelanggan terus mengingat merek Anda.

Cara Mendapatkan Pelanggan Potensial

Berikut cara mendapatkan pelanggan potensial adalah

1. Segmentasi Pelanggan

Tahapan pertama, mengidentifikasi pelanggan potensial. Caranya dengan membagi calon pelanggan yang Anda miliki ke beberapa kelompok berdasarkan karakteristik demografis, geografis, psikografis, dan perilaku.

  • Demografi: kelompokkan prospek seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, status pernikahan, pendapatan, ukuran keluarga, dan agama.
  • Geografis: membagi prospek berdasarkan lokasi, seperti negara, wilayah, iklim, atau perbedaan lain dalam adat istiadat dan preferensi makanan.
  • Perilaku: menggunakan data perilaku pelanggan, seperti frekuensi pembelian, jadwal pembelian, jumlah produk yang dibeli, waktu yang dibutuhkan untuk berbelanja, dan alasan di balik pembelian mereka.

Segmentasi pelanggan memberikan wawasan lebih mendalam tentang apa yang mereka anggap penting seperti lokasi, harga, pelayanan pelanggan, dan kualitas memiliki pengaruh besar.

Bahkan segmentasi memungkinkan Anda memprioritaskan faktor-faktor ini sebagai tinggi, sedang, rendah, atau tidak relevan.

Baca juga: Panduan Lengkap Segmentasi Pasar

2. Mempelajari Kompetitor

Setiap bisnis tentu memiliki pelanggan potensial, termasuk kompetitor Anda. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan analisis kompetitor. Gunakan pertanyaan berikut untuk melakukan analisa kompetitor:

  • Segmen pasar apa yang diberikan perhatian atau diabaikan oleh kompetitor saya?
  • Berapa banyak pelanggan yang bersedia membayar kepada kompetitor?
  • Apa posisi pasar yang ditempati oleh kompetitor Anda?
  • Apa yang sedang dibicarakan oleh pelanggan di media sosial? Saluran komunikasi apa yang digunakan secara rutin oleh pelanggan?
  • Kelemahan atau kekuatan apa yang dapat Anda identifikasi melalui ulasan pelanggan kompetitor?

Mengidentifikasi kelemahan kompetitor memberikan peluang untuk mengambil langkah-langkah baru yang bermanfaat.

Seperti melacak aktivitas dan pencapaian kompetitor, serta menganalisisnya, sehingga Anda bisa merancang strategi pemasaran lebih baik.

Dengan penelitian yang mendalam tentang kompetitor, bisnis Anda bisa tetap bersaing, bahkan dalam lingkungan industri yang sangat kompetitif.

3. Maksimalkan Networking atau Influencer

Menggunakan jaringan adalah cara pintar untuk menemukan prospek. Melalui jaringan, bisnis bisa mendapatkan feedback yang berharga.

Semakin banyak feedback yang diperoleh, semakin banyak data yang tersedia. Ketika informasi ini sangat terperinci, bisnis dapat membuat keputusan yang lebih komprehensif.

4. Lakukan Kampanye Promosi

Ketika produk atau layanan diiklankan, hal itu mengedukasi berbagai aspek seperti kegunaan, manfaat, harga, nilai, dan elemen menarik lainnya yang dapat langsung atau tidak langsung menarik minat pelanggan.

Promosi juga membantu dalam membangun kesadaran merek. Sebab untuk mencatat penjualan, pelanggan harus terlebih dahulu mengetahui bahwa produk atau layanan tersebut ada.

Berikut adalah tips promosi pemasaran yang dapat mendatangkan calon pelanggan:

  • Membuat konten yang berorientasi pada kebutuhan dan minat target audiens Anda.
  • Membuat content marketing dengan menggunakan bahasa dan pesan yang paling sesuai dengan audiens target Anda.
  • Optimalkan konten Anda menggunakan kata kunci terbaik yang dicari oleh pelanggan Anda untuk meningkatkan basis audiens Anda.
  • Bangun kesadaran merek dan loyalitas dengan menggunakan email, iklan berbasis gambar, dan melibatkan influencer.

5. Lakukan Evaluasi dan Inovasi

Terakhir, mengevaluasi efektivitas dari strategi pemasaran yang telah Anda terapkan. Analisis hasil yang telah dicapai dengan harapan yang Anda terapkan di awal.

Kemudian identifikasi elemen atau sektor mana yang kurang berhasil. Maka Anda perlu melakukan perubahan atau berinovasi. Sementara yang sudah bekerja baik, Anda bisa memaksimalkannya menjadi kekuatan Anda.

Pertimbangkan juga faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pencapaian Anda.

Baca juga: Cara Follow Up Customer sampai Close Deal

Tips Agar Calon Pelanggan Potensial Memilih Anda

Berikut tips menarik calon pelanggan untuk memilih merek Anda:

  • Menawarkan Diskon: Sediakan diskon dan promosi yang sulit untuk dilewatkan kepada pelanggan baru.
  • Personalisasi: Manfaatkan alat prediktif untuk memberikan pengalaman yang personal kepada pelanggan selama seluruh perjalanan pembelian mereka.
  • Memanfaatkan Media Sosial: Bagikan content marketing yang relevan di platform media sosial untuk berinteraksi dengan pengikut Anda.
  • Pelayanan Pelanggan: Pastikan bahwa Anda merespons pertanyaan calon pelanggan dengan cepat dan memberikan dukungan yang mereka butuhkan untuk membimbing mereka menuju pembelian.
  • Cold calling: Hubungi calon pelanggan secara langsung untuk membagun hubungan baik dengan mereka.

Baca juga: Cara Efektif Mengubah Leads Menjadi Pelanggan Setia

Raih lebih banyak Pelanggan Potensial dengan Mekari Qontak

Demikianlah penjelasan singkat terkait pelanggan potensial. Untuk mendapatkanya, bisnis perlu memahami produk mereka dengan baik dan mengidentifikasi target pelanggan yang tepat.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Mekari Qontak mempermudah Anda untuk menentukan produk atau jasa yang tepat untuk pelanggan potensial Anda. Dengan begitu, peluang penjualan meningkat pesat.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, Coba Demo Gratis Aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak.

Kategori : BisnisCustomer
WhatsApp WhatsApp Sales