Daftar isi
8 min read

11 Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula dan Cara Mengembangkannya

Tayang 02 November 2023
Diperbarui 07 Desember 2023
Bisnis Online Tanpa Modal untuk pemula
11 Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula dan Cara Mengembangkannya

Sebagian orang mungkin ragu untuk mulai berbisnis karena tidak punya modal. Padahal di era digital saat ini, banyak bisnis online yang tidak membutuhkan modal awal. Jadi sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai bisnis online.

Terlebih peluang pasar bisnis online (e-commerce) di Indonesia cukup menjanjikan. DataIndonesia.id mencatat jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 178,94 juta dengan nilai transaksi sebesar Rp476,3 triliun pada 2022.

Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila Anda tidak bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan uang dengan membuka bisnis online sendiri.

Bagi Anda yang tertarik tapi bingung menentukan jenis usaha apa yang tepat, tidak perlu khawatir. Kami merekomendasi ide-ide bisnis online yang cocok untuk pemula dan tips untuk mengembangkannya.

Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Penjelasan sebelumnya telah mengungkapkan bahwa peluang untuk memulai bisnis online sangat menjanjikan. Bahkan Anda bisa membuka bisnis online Anda sendiri tanpa modal awal.

Berikut contoh bisnis online tanpa modal yang bisa dioperasikan dari rumah:

1. Dropshipper

Ide bisnis online pertama adalah dropshipper. Bisnis online ini tidak memerlukan modal dan bisa dilakukan dari rumah. Anda cukup bekerjasama dengan supplier atau produsen.

Kemudian mereka yang akan memproduksi barang dan mengirimkan langsung kepada pelanggan atas nama Anda.

Sementara itu, tugas Anda memasarkan produk mereka melalui platform online seperti Instagram, TikTok, Facebook atau marketplace.

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Dropship

2. Reseller

Reseller menjadi jenis bisnis online tanpa modal selanjutnya. Sebagai reseller, Anda bisa menawarkan produk atau jasa melalui medsos atau e-commare.

Saat Anda mendapatkan pesanan, Anda bisa membeli produk dari produsen. Kemudian mengemas kembali dan mengirimkan ke pelanggan.

Reselle berbeda dengan dropshipper yang tidak membutuhkan stok barang. Sementara reseller harus memiliki stok sendiri digudang dan Anda perlu mengirimkan barang sendiri ke pelanggan, bukan dari supplier atau produsen.

3. Thrift Shop

Berbeda dengan reseller, thrift shop menjual barang-barang second atau bekas, namun masih layak pakai. Hal tersebutlah yang membuat harga jual relatif murah dan diminati banyak pihak.

Bahkan saking populernya usah ini, ada sempat wacana untuk menjual baju bekas. Hal ini lantaran Indonesia sempat dibanjiri pakaian bekas dari luar negeri untuk dijual kembali di thrift shop.

Meski begitu, nyatanya sampai saat ini bisnis thrift shop masih mudah ditemukan dimana-mana.

Beberapa barang yang umumnya dijual pada thrift shop adalah

  • Baju
  • Sepatu
  • Barang-Barang Antik / Vintage Stuffs
  • Buku / Komik Import

4. Jastip (Jasa Titip)

Contoh Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Bisnis online tanpa modal kedua yang cocok untuk pemula lainnya adalah Jastip (Jasa Titip). Bisnis online ini menyediakan jasa untuk membelikan produk sesuai permintaan pelanggan. Sebagai gantinya, Anda bisa mengambil keuntungan dari produk yang dibeli dengan menaikkan harga sebelum diberikan ke pelanggan.

Bisnis online ini cukup populer di kalangan anak mudah. Biasanya produk yang dibeli berasal dari luar negeri yang tidak bisa didapatkan dari dalam negeri. Oleh karena itu, pelaku bisnis jastip mayoritas orang yang tinggal atau sedang liburan ke luar negeri.

Daftar barang yang sering dijual belikan dalam bisnis jastip adalah:

  • Pakaian import
  • Makanan
  • Kosmetik
  • Souvenir
  • Gadget

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing menjadi bisnis online tanpa modal berikutnya. Caranya dengan mempromosikan produk orang lain dengan menyertakan tautan khusus afiliasi Anda. Jadi setiap pembeli yang melakukan transaksi melalui tautan tersebut, Anda akan mendapatkan komisi atau imbalan.

Sementara itu, untuk menjadi affiliate marketing caranya cukup mudah. Anda tinggal mendaftar sebagai anggota afiliasi di website atau marketplace yang menyelenggarakan program ini. Kemudian, buat atau bagikan konten promosi produk yang Anda pilih dari website tersebut di sosial media.

Beberapa daftar marketplace Indonesia yang menyediakan program affiliate marketing adalah

  • Tokopedia: https://affiliate.tokopedia.com/
  • Shopee: https://affiliate.shopee.co.id/
  • Lazada: https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/
  • Tiktok: https://seller.tiktokglobalshop.com/business/id/affiliate
  • BliBli: https://www.blibli.com/pages/affiliate

6. Content Creator

Selain affiliate marketing, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menjadi content creator. Ide bisnis online tanpa modal ini bisa Anda coba dengan membuat konten video atau foto yang menarik dan otentik.

Kemudian bagikan konten tersebut di berbagai platform seperti YouTube, Spotify, TikTok, Instagram, ataupun blog pribadi. Saat konten Anda berhasil mendapatkan engagement tinggi, Anda bisa menghasilkan pendapatan dari iklan, sponsor, atau donasi.

7. Admin Sosial

Bisnis online tanpa modal selanjutnya masih berkaitan dengan media sosial. Hal ini sejalan tingginya aktivitas pengguna internet di media sosial. Oleh karena itu, banyak brand atau influencer merasa kerepotan mengelola media sosial mereka.

Akhirnya, admin sosial media menjadi profesi yang dicari saat ini. Layaknya asisten umumnya, admin media sosial bertugas mengelola, mengawasi, dan mengoperasikan media sosial. Pekerjaan tersebut termasuk membuat konten, meningkatkan jumlah pengikut dan like, serta interaksi dengan pengikut media sosial.

8. Blog Reviewer

Bisnis online tanpa modal yang bisa Anda geluti selanjutnya adalah menjadi seorang blogger yang mengulas produk. Profresi blogger tidak selamanya harus memiliki blog pribadi. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan ulasan di platform review atau website bisnis.

Ulasan dari Anda akan digunakan perusahaan tersebut sebagai strategi word of mouth. Tujuannya untuk meyakinkan orang lain untuk membeli dan memakai produk mereka.

9. Penerjemah

Penerjemah atau translator menjadi bisnis online tanpa modal selanjutnya. Anda bisa menawarkan jasa untuk menerjemahkan dokumen, konten website atau percakapan video konversi ke dalam berbagai bahasa.

Tentu saja syarat untuk menjadi penerjemah adalah menguasai bahasa asing. Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa menawarkan jasa penerjemah secara online.

10. Web Developer

Bisnis online tanpa modal selanjutnya adalah web developer. Dengan kemampuan programing, Anda bisa menawarkan jasa untuk membangun website dari awal. Tidak hanya website, web developer juga biasanya harus bisa mengembangkan software atau aplikasi.

Seorang web developer membutuhkan laptop, internet dan keahlian khusus untuk membuat website. Semakin kompleks website yang dibuat, biaya yang ditawarkan juga semakin mahal.

11. Graphic Designer

Terakhir, bisnis online tanpa modal yang cocok untuk pemula adalah graphic designer. Profesi ini sangat digemari untuk mempercantik website atau online shop membutuhkan jasa para graphic designer untuk me-design website atau akun online shop mereka.

Graphic designer bisa dilakukan secara kelompok atau sendiri. Tentu saja tarif yang ditawarkan untuk membuat graphic design relatif tinggi, tergantung pada tingkat kerumitannya.

Baca juga: Contoh Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Cara Mengembangkan Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Cara mengembangkan bisnis online dari nol

Sumber: Canva

Sebelumnya telah dijelaskan sejumlah ide bisnis online tanpa modal yang bisa Anda pilih. Apabila Anda sudah yakin untuk memulai bisnis online sendiri, Anda bisa mengembangkannya dengan tips berikut:

  • Pilih Jenis Usaha

Cara memulai bisnis online dari nol yang pertama adalah memilih jenis usaha yang akan Anda geluti. Pastikan jenis usaha tersebut sesuai dengan minat atau keahlian Anda. Dengan begitu, akan lebih mudah mengembangkannya.

Misalnya Anda aktif menggunakan sosial media dan tertarik untuk membuat konten, maka affiliate marketing atau admin media sosial menjadi pilihan terbaik.

  • Analisa Pasar

Setelah memutuskan jenis usaha yang akan digeluti, tahapan selanjutnya adalah mempelajari pasar yang akan dimasuki.

Misalnya mencari pola perilaku konsumen, tren pasar dan tingkat persaingan. Hal tersebut bisa Anda ketahui melalui sosial media, tools Google Trends, atau survei.

Analisa pasar memudahkan Anda untuk mengidentifikasi peluang bisnis. Dengan begitu, Anda bisa mengembangkan bisnis lebih baik.

  • Mempelajari Kompetitor

Tahapan yang tidak kalah penting dari riset pasar adalah identifikasi pesaing. Anda perlu mengetahui siapa saja yang menjadi kompetitor langsung dan tidak langsung.

Kompetitor langsung adalah bisnis yang memiliki produk atau target pelanggan sama dengan Anda. Sedangkan kompetitor tidak langsung adalah bisnis yang memiliki produk berbeda, tapi menargetkan pasar yang sama dengan Anda.

Gunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats) untuk memetakan kekuatan dan kelemahan kompetitor dengan Anda.

  • Tentukan Target Pasar

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah menentukan target pasar yang dingin dimasuki. Target pasar yang dimaksud merupakan sekelompok orang yang berpotensi membeli produk Anda.

Kelompokan target pasar Anda berdasarkan usia, pekerjaan, gender, pendapatan, gaya hidup, ataupun lainnya. Hal ini memudahkan Anda dalam membuat produk dan kampanye yang relevan dengan kebutuhan mereka.

  • Promosikan Produk

Tahapan berikutnya adalah mulai memasarkan produk ke target pasar Anda. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan, seperti membuat content marketing yang dibagikan di Instagram, Twitter, atau TikTok.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tools ads yang ditawarkan platform seperti Instagram, Facebook atau Google untuk memperluas jangkau pasar. Diharapkan hal tersebut dapat mendatangkan lebih banyak prospek.

  • Membangun Loyalitas Pelanggan

Setelah Anda mendapatkan pelanggan dari proses sebelumnya, jangan lupa untuk mempertahankan hubungan untuk meningkatkan loyalitas mereka.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat loyalty program atau memberikan diskon khusus untuk pelanggan yang loyal.

  • Integrasikan Saluran Bisnis Anda

Terakhir, Anda bisa meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mengintegrasikan semua saluran bisnis. Hal ini memungkinkan Anda untuk memberikan respon cepat di setiap saluran.

Saat ini, sebagian bisnis menggunakan lebih dari dua saluran untuk promosi dan berjualan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengintegrasikan saluran-saluran tersebut dengan sistem omnichannel. Dengan begitu, tidak ada interaksi pelanggan dan peluang penjualan terlewatkan.

Baca juga: Strategi Ampuh Meningkatkan Penjualan Berbasis Online

Tingkatkan Bisnis Online Anda dengan Mekari Qontak

Demikianlah ide bisnis online tanpa modal untuk pemula yang bisa Anda coba. Pastikan Anda memilih jenis usaha yang relevan dengan minat dan keahlian yang Anda miliki.

Jangan lupa juga untuk menerapkan cara bisnis online dari nol yang disebutkan sebelumnya. Cara tersebut bisa menjadi panduan Anda membuka bisnis.

Terpenting agar bisnis Anda tetap bertahan adalah dnegan mengintegrasikan saluran pemasaran dan penjualan Anda dalam satu platform. Hal tersebut memudahkan dalam monitoring interaksi, sehingga tidak ada satupun peluang penjualan terlewatkan.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi Omnichannel terbaik di Indonesia. Aplikasi Omnichannel Mekari Qontak mampu menghubungkan berbagai media sosial dan e-commarece seperti Tokopedia dalam satu platform. Hal ini memudahkan Anda untuk melacak penjualan dan komunikasi dnegan pelanggan.

Jadi tunggu apalagi, Coba Gratis aplikasi Omnichannel terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasikan kebutuhan Anda Gratis bersama tim kami!

Referensi

Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales