Mekari Qontak
Business Featured Articles

15 Peluang Usaha yang Belum banyak Pesaing, Cocok untuk Pemula

Pengertian Sales Pitch, Contoh dan Cara Membuatnya

beragam jenis usaha dan kompetitor, membuat Anda ragu untuk menjalankan bisnis. Anda tidak perlu khawatir, sebab peluang usaha yang belum banyak pesaing banyak ditemukan.

Sedikitnya pesaing, dipercaya memudahkan bisnis untuk berkembang. Bahkan mereka bisa menguasai pasar tersebut dengan cepat. Sebab Anda hanya fokus mengejar pelanggan.

Pada artikel ini dibahas terkait ide bisnis memiliki peluang usaha yang belum banyak pesaing. Selain itu juga dijelaskan bagaimana memanfaatkan peluang tersebut untuk menghasilkan penjualan. Yuk, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

omnichannel terbaik_Peluang_Usaha_Belum_Banyak_Pesaing

Apa Keuntungan Menjalankan Usaha yang Belum banyak Pesaing?

Mungkin Anda tertarik untuk mengembangkan sebuah bisnis baru. Namun Anda ragu untuk memulainya, terlebih jenis usaha tersebut belum banyak yang menekuni.

Tidak perlu khawatir, sebab dengan membuka usaha yang belum banyak pesaing justru mendatangkan banyak keuntungan buat Anda. Keuntungan yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:

– Proses Pengambilan Keputusan Lebih Cepat

Menjadi bisnis dengan sedikit pesaing bukanlah hal yang buruk. Hal ini bisa menjadi keunggulan, salah satunya adalah pengambilan keputusan atau inovasi produk. Bagaimana tidak, dengan semakin sedikitnya pesaing, bahan pertimbangan untuk membuat keputusan lebih sedikit. Sebab Anda tidak perlu melakukan riset kompetitor yang banyak.

– Personalisasi Layanan Pelanggan

Sedikitnya pesaing menunjukkan segmentasi pasar yang terbatas. Dimana hanya pelanggan tertentu yang akan membeli produk Anda. Hal ini bisa Anda maksimalkan untuk memberikan layanan pelanggan yang dipersonalisasi. Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan hati mereka terbuka lebar.

– Berinovasi Lebih Cepat

Birokrasi yang lebih sedikit adalah salah satu keunggulan kompetitif utama yang dimiliki bisnis kecil dibandingkan bisnis besar. Usaha kecil cenderung memiliki lebih sedikit pembuat keputusan, yang membuat pengambilan keputusan lebih cepat. Pengambilan keputusan yang lebih cepat sering kali diselaraskan dengan inovasi yang mengganggu, dan ini dapat membantu membedakan bisnis kecil dari pesaingnya yang lebih besar.

– Berpeluang Menguasai Pasar

Sedikitnya kompetitor membuka peluang Anda untuk menancapkan ‘kekuasaan’ pada segmentasi pasar tertentu. Terlebih apabila Anda masuk pasar tersebut di awal-awal. Dengan begitu, Anda bisa membangun branding yang kuat.

Misalnya saja minuman kemasan Aqua. Meski saat awal diluncurkan, banyak orang yang menyangsikan. Tapi kini nama Aqua selalu disebut masyarakat pada setiap minuman air mineral meski dari brand kompetitor.

– Fokus pada Spesialisasi

Sedikitnya pesaing adalah kesempatan Anda untuk fokus pada topik khusus dan menawarkan pengalaman yang lebih terfokus bagi pelanggan. Sebagai contoh, firma hukum yang fokus pada pelayanan hukum untuk menyelesaikan cedera pribadi dan topik serupa seperti kecelakaan, dll. Hal ini memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens tertentu dan membangun reputasi yang solid di area praktik khusus ini.

– Perputaran Bisnis lebih Cepat dan Efektif

Perusahaan besar dengan banyak kompetitor cenderung banyak menggunakan waktunya untuk meneliti pasar dan pesaing. Tujuannya agar produknya tidak kalah dari kompetitor dan laku terjual. Hal ini tidak perlu Anda pikirkan, jika membangun usaha yang sedikit pesaingnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat dan efektif dalam menjalankan usaha.

Rekomendasi: 31 Ide Bisnis Modal Kecil, Keuntungan Melimpah

15 Peluang Usaha yang Belum banyak Pesaing

1. Makanan sehat cepat saji

Tren gaya hidup mulai beralih seiring semakin banyak kesadaran orang dengan kesehatan. Namun sibuknya aktivitas, membuat mereka sulit untuk memasak makanan sehat.

Trend ini bisa Anda manfaatkan dengan membagun usaha makan cepat saji. Anda bisa menirukan sistem mereka dengan pilihan paket menu sehat. Selain enak, Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi sesuai dengan standar. Mungkin Anda bisa melengkapinya dengan menambahkan minuman.

Bagaimana, tertarik untuk mengembangkan bisnis ini?

2. Makanan Ringan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia suka ngemil. Sayangnya, belum banyak bisnis yang mengetahui hal ini. Sehingga kesempatan Anda untuk merebut segmen pasar ini terbuka lebar.

Pilihlah makanan ringan yang banyak disukai masyarakat pada umumnya seperti makaroni kering, basreng, keripik singkong, kerupuk kulit, dan lainnya. Meski beberapa produk telah dikembangkan perusahaan besar, tapi yakinlah bahwa buatan rumahan juga banyak digemari.

3. Minuman Kesehatan

Selain makanan, hal yang tak kalah penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh adalah minuman. Cobalah untuk membuka usaha dengan memproduksi minuman kesehatan seperti jamu, jus dan lainnyam

Terlebih usaha dibidang ini membutuhkan modal relatif kecil. Namun hasil yang didapatkan bisa mencapai dua kali lipat. Jadi sangat cocok untuk Anda yang baru merintis usaha.

4. Usaha Cloud Kitchen

Seiring kemajuan teknologi, kesempatan Anda untuk membuka usaha lebih Anda. Salah satunya adalah melalui cloud kitchen. Istilah ini mungkin masih asing bagi sebagian orang. Wajar mengingat baru sedikit orang yang mengembangkannya.

Cloud kitchen merupakan jenis usaha yang menawarkan sebuah dapur untuk membuat serta menyajikan makanan apapun untuk dijual. Artinya Anda hanya perlu modal kecil. Sementara untuk pemasarannya, cloud kitchen biasanya bekerja sama dengan berbagai jasa pengantaran makanan.

5. Menjual barang antik

Meski terkesan kuno, nyatanya barang antik memiliki penggemarnya sendiri. Jadi tak perlu ragu untuk menjadikan sebuah usaha yang menguntungkan.

Jika Anda bisa menjual barang antik ke tangan yang tepat seperti kolektor, mereka tidak ragu untuk mengeluarkan uang. Apabila Anda penyuka barang antik, maka Anda akan menikmatinya, terlebih karena setiap barang antik punya nilai sejarahnya sendiri.

6. Dropship

Dropship adalah jenis usaha yang tidak membutuhkan modal. Sebab anda hanya perlu menjualkan produk milik orang lain tanpa perlu menyediakan stok. Mudah bukan?

Namun,nyatanya tidak semudah itu. Sebab Anda harus bisa membaca trend dan demand dalam masyarakat. Dengan begitu, produk yang Anda tetap laku di pasaran.

7. Daur Ulang Kreatif

Kepedulian masyarakat akan lingkungan mulai dicerminkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga membuat produk daur ulang cukup diminati, bahkan untuk pasar internasional. Sedikitnya usaha yang menggeluti bidang ini, membuat harga yang ditawarkan produsen relatif tinggi.

Sementara itu, untuk memproduksi barang daur ulang relatif kecil. Yang dibutuhkan adalah kreativitas tinggi. Artinya peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dari berjualan produk daur ulang.

8. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang melibatkan pihak ketiga. Dimana penyedia produk atau jasa tidak berhubungan langsung dengan pelanggan, melainkan melalui pihak ketiga. Sebagai balasan, pihak ketiga tersebut akan mendapatkan komisi lumayan besar.

9. Kursus online

Kemajuan teknologi sekarang mempermudah aktivitas manusia, tak terkecuali dalam mendapatkan ilmu. Dengan teknologi aktivitas pembelajaran seperti kursus bisa dilakukan secara daring. Dimana Anda hanya perlu mendengarkan guru atau tutor mengajar melalui layar smartphone atau laptop.

Jika Anda merasa menguasai atau memiliki keterampilan tertentu, tidak ada salahnya untuk membuka kursus online sendiri. Hal ini bisa menjadi pendapatan yang lumayan menjanjikan.

10. Bisnis Jasa Online

Selain kursus online, Anda juga bisa menawarkan keahlian Anda secara daring. Misalnya Anda memiliki kemampuan dalam menulis, mengembangkan aplikasi, desainer atau lainnya, Anda bisa menawarkan keahlian tersebut secara online. Dari situ, Anda akan menemukan orang yang membutuhkan jasa Anda.

11. Menjual kemasan produk

Semakin berkembangnya online shop makanan dan minuman, kebutuhan akan kemasan juga meningkat. Memanfaatkan momen ini untuk menjual kemasan produk. Untuk meningkatkan nilai jual, Anda harus pandai berinovasi dalam membuat kemasan tersebut sekreatif mungkin.

12. Sewa mainan anak

Mungkin usaha ini terdengar asing bagi Anda. Namun ide bisnis ini patut Anda coba karena belum banyak yang menggunakannya. Ide bisnis ini timbul mengingat kebiasaan anak-anak yang mudah bosan terhadap mainan mereka. Jadi daripada sayang dibuang atau beli yang baru lagi, coba tawarkan untuk menambah pendapatan.

13. Lilin aroma terapi

Scented candle atau lilin aroma terapi menjadi pembicaraan hangat belakangan ini. Kaum millennial menggunakan lilin ini sebagai pelengkap dekorasi ruangan yang estetik.

Cobalah manfaatkan tren ini dengan menjual lilin aroma terapi. Terlebih, masih belum banyak pebisnis yang membuka usaha ini. Itulah mengapa menjual lilin aroma terapi dapat Anda pertimbangkan sebagai peluang usaha yang belum banyak pesaing.

14. Content Creator Digital

Content creator menjadi profesi yang cukup diminati akhir-akhir ini. Gimana tidak, mereka bisa mendapatkan komisi cukup besar dari brand besar sebagai sponsor.

Syaratnya Anda harus memiliki kemampuan bicara dengan baik di depan kamera. Selain itu, Anda juga harus menguasai topik tertentu untuk menjadi content creator handal seperti vlogger, youtuber, influencer, atau streamer.

15. Konsultasi Pemasaran Digital

Di era digital ini, tentunya pemasaran daring adalah yang terbaik. Pemasaran digital memiliki jangkauan yang tak terbatas dan membantu pasar berkembang dengan cepat. Anda banyak bisnis bahkan pengusaha yang mengandalkan spesialis untuk membantu mereka di bidang-bidang seperti media sosial, SEO, atau media online lainnya.

Untuk membuka bisnis konsultasi, pastikan Anda memiliki pengalaman dan tahu cara menganalisis data guna mengembangkan solusi kreatif. Inilah yang akhirnya akan meningkatkan kualitas layanan Anda dan menyenangkan pelanggan Anda.

Rekomendasi: 25 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan di Tahun 2022

Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha untuk Mendapatkan banyak Keuntungan?

Berikut adalah beberapa tips mengembangkan terbaik untuk pemula dan bisnis kecil:

– Tentukan unique selling point Anda

Apa yang membuat produk atau layanan Anda lebih baik daripada yang lain di pasar? Itulah unique selling point (USP) Anda.

Nilai jual unik yang Anda miliki akan membedakan Anda dari pesaing. USP yang unggul adalah satu-satunya cara untuk diingat di pasar yang padat.

  • Berikut cara menyusun unique selling point Anda:
  • Pertama, fokus pada satu fitur yang membuat produk Anda menonjol.
  • Usahakan USP Anda harus mencolok.
  • Lihatlah kekuatan dan kelemahan produk Anda. Gunakan kekuatan tersebut untuk mengomunikasikan manfaat unik itu dalam pesan pemasaran Anda.
    Analisis USP pesaing dari materi penjualan dan pemasaran mereka menggunakan itu sebagai inspirasi untuk membuat milik Anda sendiri.
  • Pertimbangkan juga untuk menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan, ajukan pertanyaan kepada diri sendiri seperti manfaat apa yang akan mereka peroleh dari produk Anda, atau apa yang memotivasi atau mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Setelah Anda mengetahui apa yang dapat dilakukan produk Anda untuk meningkatkan kehidupan pengguna akhir, buat strategi penjualan dan pemasaran Anda.

– Manfaatkan media sosial

Sebuah laporan oleh The Harris Poll menunjukkan bahwa konsumen (55%) mengunjungi platform media sosial untuk mencari lebih banyak informasi tentang brand baru. Sementara 78% konsumen akan membeli dari suatu brand setelah mendaftarkan pengalaman yang luar biasa dengan mereka di platform sosial.

Pemasaran media sosial membantu meningkatkan eksposur brand dan lalu lintas situs, menghasilkan prospek, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan Memaksimalkan keuntungan (misalnya, melalui belanja Instagram).

Namun menumbuhkan brand di media sosial tidaklah mudah. Untuk itu, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran secara efektif di media sosial seperti berikut:

  • Mulailah dengan mengembangkan dan berbagi konten (edukatif, interaktif, dan inspirasional) dengan audiens Anda. Hal ini bisa berupa teks, gambar, atau video tentang apa yang Anda lakukan dan bagaimana produk Anda dapat bermanfaat.
  • Bermitra dengan influencer marketing. Influencer akan membantu mengekspos brand Anda ke audiens baru yang tidak ada di jaringan Anda. Hal ini akan menghasilkan lebih banyak penjualan dan peningkatan ROI. Statistik menunjukkan bahwa pemasaran influencer menghasilkan $5,78 untuk setiap $1 yang dibelanjakan.
  • Iklan media sosial adalah cara terbaik untuk memulai saat menggunakan iklan berbayar. Mereka relatif lebih murah dibandingkan dengan iklan tradisional, bahkan iklan Google.

Setelah Anda memulai strategi ini, jangan lupa untuk memantau bagaimana audiens Anda terlibat dengan merek Anda.

– Kumpulkan ulasan pelanggan

Dapatkah Anda mengingat kapan terakhir kali Anda membeli sesuatu secara online? Apa dua hal pertama yang ingin Anda lihat? Harga dan ulasan, bukan?

Saat ini, 98% konsumen membaca ulasan sebelum membuat keputusan pembelian. Anda dapat mengumpulkan ulasan di situs web Anda, halaman media sosial, atau buletin email dan menggunakannya untuk mengumpulkan informasi tentang cara meningkatkan produk Anda.

Keuntungan terbesar dari ulasan pelanggan adalah bahwa mereka bertindak sebagai bukti sosial. Oleh karena itu, dapat digunakan untuk membangun kepercayaan calon pelanggan. Selain itu, hal ini juga menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda menghargai pendapat mereka.

– Penargetan ulang yang cerdas

Anda mungkin memiliki produk yang hebat, tetapi ketahuilah bahwa tidak semua pelanggan akan tertarik.

Penelitian menunjukkan bahwa 3/4 pembeli meninggalkan situs bisnis tanpa melakukan pembelian. Alasan untuk tingkat pengabaian yang begitu tinggi dapat berasal dari biaya pengiriman yang mahal, harga yang buruk, UX/UI yang buruk, dan banyak lagi.

Cara Ini digunakan untuk mendorong mereka kembali ke situs Anda adalah dengan menargetkan ulang iklan. Hal ini memungkinkan Anda mengikuti pembeli online ke tempat online lain yang mereka kunjungi. Artinya kesempatan kedua untuk meyakinkan pembeli yang telah menyatakan minatnya pada produk Anda tentang nilai yang dimiliki produk Anda.

Maksimalkan Peluang Usaha yang belum banyak Pesaing Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari 15 :peluang usaha yang belum banyak pesaing diatas, mungkin Anda tertarik untuk memulai bisnis. Dimana dengam memanfaatkan peluang tersebut, bisnis Anda berpotensi lebih unggul. Sebab semakin sedikit kompetitor, persaingan untuk merebut pelanggan lebih besar.

Setelah Anda membuka usaha, hal yang tak kalah penting adalah memasarkan produk. Bisnis saat ini banyak yang memanfaatkan media sosial untuk pemasaran dan penjualan. Dimana untuk mempermudah dalam mengelolanya, sebagian besar dari mereka memanfaatkan Omnichannel CRM dari Mekari Qontak.

Omnichannel mampu menghubungkan berbagai saluran pemasaran bisnis dalam satu platform terpadu. Semua interaksi pelanggan dari berbagai saluran akan ditampilkan dalam satu dasbor Mekari Qontak. Selain itu, masih banyak fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh Mekari Qontak untuk mempermudah aktivitas bisnis digital Anda.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau COBA GRATIS dengan mengisi form  di bawah:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales