Mekari Qontak
Marketing

10 Tools Digital Marketing Automation Terbaik

Digital Marketing Automation

Rekomendasi Digital Marketing Automation Tools Terbaik

Di era digital saat ini, teknologi memberikan kemudahan bisnis untuk melakukan pemasaran. Penggunaan alat atau tools dalam mendukung kegiatan marketing pun sudah semakin banyak dilakukan bisnis. Tools ini mampu mengotomatiskan (automation) digital marketing mulai dari SMS, website, e-mail, aplikasi pesan instan dan media sosial.

Penggunaan tools marketing ini memudahkan bisnis menyebarkan promosi atau kampanye ke pelanggan tanpa batasan geografis. Metode ini efektif dan efisien menarik lebih banyak pelanggan dibandingkan cara lainnya. Lalu, tools digital marketing automation apa saja yang bisa Anda gunakan

Berikut 10 digital marketing automation tools terbaik yang bisa Anda gunakan adalah:

  1. Qontak.com
  2. Marketo
  3. Hubspot
  4. Infusionsoft
  5. AdRoll
  6. Ontraport
  7. Intercom
  8. Salesflare
  9. Copper
  10. Kartra

Apa Itu Marketing Automation?

Marketing automation adalah tools yang digunakan bisnis untuk memasarkan produk lebih mudah dan efisien. Salah satu caranya mendapatkan leads atu pelanggan dari pesan otomatis yang dikirimkan melalui media sosial, email, WhatsApp atau platform lainnya. Pesan tersebut berisi kampanye yang akan terkirim sesuai dengan instruksi yang sudah diatur sebelumnya.

Selain untuk kegiatan pemasaran, tools digital marketing juga dapat dimanfaatkan untuk aktivitas sales. Tools ini bekerja mengumpulkan data dari interaksi dengan pelanggan di berbagai saluran bisnis. Kemudian data tersebut memudahkan bisnis untuk mengkategorikan leads untuk personalisasi pesan marketing. Hal ini mendorong peningkatan pendapatan serta produktivitas.


Apa Manfaat Bisnis Menggunakan Digital Marketing Automation Tools?

Tools digital marketing automation mengotomatiskan aktivitas pemasaran sehingga bekerja lebih efektif dan efisien. Hal ini tentu menguntungkan bagi bisnis untuk menjangkau leads lebih luas. Selain itu, masih banyak manfaat yang akan didapatkan bisnis setelah menggunakan digital marketing automation software, diantara sebagai berikut:

– Meningkatkan customer experience

Digital marketing automation software dapat dimanfaatkan untuk personalisasi pesan kampanye sesuai kebutuhan setiap leads. Hal ini mendorong terciptanya kepercayaan pelanggan yang merasa diperhatikan kebutuhan mereka. Sehingga pelanggan akan merasakan pengalaman berinteraksi menyenangkan dengan bisnis Anda.

– Efisiensi waktu dan biaya

Tool digital marketing automation mengotomatiskan pemasaran yang semula dilakukan manual oleh tim marketing. Otomatisasi tersebut tentu saja berhasil menghemat waktu tim marketing, sehingga mereka bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya yang lebih penting. Biaya yang dikeluarkan untuk aktivitas digital marketing juga relatif lebih murah dibandingkan metode pemasaran lainnya.

– Menjangkau pelanggan lebih luas

Keunggulan digital marketing adalah dapat melakukan pemasaran tidak dibatasi dengan letak geografis. Hal ini membuka peluang bisnis untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari berbagai daerah. Digital marketing automation software dapat Anda manfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan mereka lebih mudah.

– Mengidentifikasi leads (prospek) potensial

Tools digital marketing automation dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda di berbagai platform sekaligus. Dari data-data leads dan pelanggan yang dikumpulkan oleh software digital marketing, memudahkan Anda untuk mengidentifikasi leads mana yang cocok untuk diubah menjadi pelanggan setia.

– Menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan

Selain menjaring pelanggan baru, digital marketing automation software juga dapat dimanfaatkan untuk tetap menjalin hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. Bisnis bisa mengirimkan pesan promosi ke pelanggan yang sudah Anda yang sudah dipersonalisasi. Hal ini mampu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand Anda.


10 Tools Digital Marketing Automation

1. Qontak.com

Qontak.com-Digital Marketing Automation

Qontak.com merupakan penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang dapat digunakan untuk otomatisasi marketing. Aplikasi CRM Qontak.com terhubung ke WhatsApp API dan chat panel lainnya sehingga memudahkan Anda mengumpulkan database secara otomatis melalui pesan yang masuk ke database Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengumpulkannya secara manual.

Harga berlanggan Qontak.com mulai dari Rp. 200.000 per bulan dengan uji coba gratis selama 14 hari.

Keunggulan menggunakan tools digital marketing automation Qontak.com diantaranya:

  • Dapat menentukan dan menarik pelanggan tertarget sehingga promosi dan kampanye yang dilakukan melalui WhatsApp Blast misalnya, tidak akan sia-sia.
  • Data dapat disimpan dan diletakkan sesuai kategori yang tepat secara otomatis.
  • Tim marketing dapat mengakses data kapan saja dan dimana saja dengan mudah.
  • Memiliki e-mail marketing yang bersifat personal dan terotomatisasi.
  • Dengan penanganan keluhan serta pemberian respon yang lebih cepat dan professional, pengalaman pelanggan terhadap bisnis Anda menjadi lebih baik.
  • Pelacakan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan tersedia sejak awal hingga akhir.
  • Memberikan laporan dan analisis bisnis yang lengkap dan akurat sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan strategi pemasaran selanjutnya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

2. Marketo

Marketo-Digital marketing automation

Marketo adalah salah satu alat yang menyediakan analisis rinci. Dengan Marketo, Anda bisa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada dalam perusahaan Anda. Lebih lagi, alat ini dilengkapi panduan untuk otomatisasi pemasaran. Bentuk panduannya pun mudah dipahami sehingga dapat membantu tim marketing yang belum memahami alat ini menjadi paham secara cepat.

Harga yang ditawarkan Marketo mulai dari $ 895 per bulan

3. Hubspot

Hubspot-Digital marketing automation

Bagi Anda pemilik bisnis skala kecil, Hubspot dapat menjadi tools pilihan yang tepat. Pasalnya, alat ini memiliki fitur sederhana namun berguna. Hubspot juga memungkinkan Anda untuk membuat, mengotomatisasi, mengukur dan mengoptimalkan marketing Anda.

Harga berlangganan Hubspot mulai dari $ 45 per bulan.

4. Infusionsoft

Infusionsoft-DIgital marketing automation

Salah satu tools digital marketing automation yang efisien tapi memiliki harga terjangkau ialah Infusionsoft. Alat ini telah ada sejak 16 tahun lalu dan memiliki ratusan ribu pengguna. Pengalaman yang lama membuat alat ini memahami apa yang dibutuhkan oleh Anda. Alat ini dilengkapi dengan skor utama, tag tak terbatas dan banyak lagi yang bisa mendukung otomatisasi pemasaran Anda.

Harga yang ditawarkan Infusionsoft mulai dari $ 199 per bulan.

5. AdRoll

adroll-digtial marketing automation

AdRoll menjadi salah satu idola bagi pelaku pemasaran. Setidaknya ada lebih dari 30 ribu pengiklan di seluruh dunia yang menjadi penggunanya. AdRoll mempunyai kelebihan berupa bisa dilihatnya iklan Anda oleh kelompok yang lebih besar. Kemudian, AdRoll juga bisa mengatur letak iklan sekaligus memantau kinerjanya.

AdRoll juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi pemasaran lainnya. Dengan begitu, apabila menggunakan alat ini maka waktu Anda akan lebih hemat terpakai.

Harga yang ditawarkan oleh AdRoll mulai dari $ 19 per bulan

6. Ontraport

Ontraport-Digital marketing automation

Ontraport merupakan alat digital marketing automation yang praktis dan berbiaya rendah. Menariknya, alat ini tak meminta biaya tambahan untuk pelatihan awal. Bahkan mudah untuk dilakukan. Ontraport dapat terintegrasi sempurna dengan WordPress, Facebook, dan Google AdWords. Alat ini juga memberikan kenyamanan yang diperlukan oleh para penggunanya.

7. Intercom

Intercom-Digital marketing automation

Intercom merupakan tools yang digunakan untuk menjalin interaksi dengan pelanggan. Semua interaksi dengan pelanggan seperti aktivitas pelanggan di sales funnel dan riwayat percakapan otomatis akan disimpan pada database Anda. Kemudian data tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengidentifikasi akun prospek potensial dan langsung diarahkan ke tim marketing untuk di follow up.

Harga berlangganan Intercom mulai dari $19 per bulan.

8. Salesflare

Salesflare

Salesflare merupakan tools CRM yang menyederhanakan tugas berulang bisnis termasuk aktivitas marketing. Aplikasi pemasaran ini didukung fitur otomatisasi entri data yang diperoleh dari profil sosial, e-mail, kalender, telepon, database perusahaan, serta tanda tangan email profesional. Salesflare memiliki pelacakan e-mail bawaan, kemampuan untuk mengirim e-mail pribadi dalam skala besar, dan sebagainya.

Harga yang ditawarkan Salesflare mulai dari $ 30 per bulan.

9. Copper

Copper

Copper menyediakan tools digital marketing automation yang menyederhanakan aktivitas pemasaran bisnis Anda. Aplikasi ini juga mampu mengelola leads, penawaran, email marketing dan lainnya dalam satu platform terpadu. Copper dilengkapi dengan laporan analisis yang memudahkan dalam memantau pendapatan penjualan dan aktivitas prospek baru.

Harga berlangganan Copper mulai dari $ 25 per bulan.

10. Kartra

Kartra-Digital marketing automatin

Kartra merupakan digital marketing automation berbasis cloud. Hal ini memudahkan bisnis dalam membuat, meluncurkan, dan mengelola platform e-commerce. Termasuk untuk melakukan promosi atau kampanye pemasaran produk Anda. Kartra menyertakan modul manajemen prospek, yang memungkinkan tim marketing untuk menangani prospek, dan pelanggan di berbagai lokasi.

Harga yang ditawarkan Kartra mulai dari $99 per bulan.


Dapatkan Tools Digital Marketing Automation Terbaik Anda Sekarang!

Aplikasi Marketing by Qontak.com

Digital marketing automation untuk B2C dan B2B berbeda. Terlepas dari perbedaan tersebut, yang terpenting adalah pilihlah solusi aplikasi digital marketing automation yang tepat dan sesuai. Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis dan budget.

Oleh karena itu, pilihlah aplikasi yang dapat melakukan semuanya dari marketing, CRM, bahkan chat pannel. Dengan aplikasi marketing Qontak.com, Anda sudah bisa mendapatkan semuanya.

Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation melalui email campaigns. Campaign dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya. Coba GRATIS aplikasi CRM Marketing atau konsultasikan strategi digital marketing Anda kepada tim Qontak.com sekarang juga!

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales