Daftar isi
6 min read

Mengenal Apa itu Lead Nurturing, Manfaat dan Prosesnya

Tayang 07 Oktober 2023
Diperbarui 28 Desember 2023
Kenali Apa itu Lead Nurturing
Mengenal Apa itu Lead Nurturing, Manfaat dan Prosesnya

Salah satu tantangan yang bisnis hadapi adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Terutama dengan pelanggan yang belum siap untuk melakukan transaksi. Upaya tersebut dikenal juga dengan istilah lead nurturing.

Saat bisnis berhasil melakukan pedekatan lead nurturing dengan tepat, maka mereka mendapakan keuntungan. Dikutip dari invespcro.com bahwa lead nurturing menghasilkan 50% prospek potensial yang siap melakukan transaksi lebih banyak dengan biaya akusisi yang lebih rendah.

Lalu, bagaimana tahapan lead nurtuing agar bisa menadatangan prospek pontensial?

Yuk, pelajari selengkapnya mengenai lead nurturing beserta tahapan penerapannya pada artikel berikut ini.

Apa itu Lead Nurturing?

Lead nurturing adalah upaya bisnis untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan atau prospek agar mereka mau melakukan transaksi. Dalam hal ini, bisnis perlu membangun minat dan ketertarikan prospek terhadap produk yang ditawarkan untuk menjadi pelanggan aktif.

Salah satu cara untuk membangun minat prospek adalah dengan membangikan konten yang relevan. Sebarkan konten tersebut di beberapa platform populer seperti email, media sosial atau event lainnya. ‘

Melalui konten tersebut diharapkan bisa mendatangkan prospek berkualitas.  Namun pada prosesnya, lead nurturing dengan metode tersebut umumnya membutuhkan proses dan waktu relatif lama.

Baca juga: Lead Generation: Pengertian, Strategi, dan Jenisnya

Apa saja Fungsi Penting Lead Nurturing?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, lead nurturing membantu meningkatkan peluang bisnis untuk menghasilkan konversi penjualan.

Selain itu, ada beberapa fungsi lead nurturing lainnya pada bisnis seperti berikut:

– Media Informasi yang Prospek Butuhkan

Pertama, lead nurturing membantu bisnis memberikan informasi yang relevas sesuai dengan kebutuhan prospek. Informasi tersebut membantu calon pelanggan untuk membuat keputusan pembelian.

– Membangun Brand Awareness

Kesadaran merek atau brand awareness secara tidak langsung akan terbangun seiring dengan informasi yang lead nurturing berikan. Hal ini berkat konten dan informasi yang diberikan relevan dengan prospek.

– Menjalin Hubungan dengan Lead

Intensitas lead nurturing yang dibangun akan berdampak pada hubungan yang bisnis jalin dengan prospek. Semakin konsisten dan relevan informasi yang bisnis berikan, maka hubungan yang terjalin akan semakin baik.

– Meningkatkan Pelanggan Aktif

Pelanggan aktif merupakan pelanggan yang melakukan pembelian. Metode nurturing membantu bisnis meningkatkan prospek menjadi pelanggan aktif melalui informasi-informasi yang diberikan. Informasi tersebut berisi pesan yang membangun minta prospek akan produk yang ditawarkan.

– Meminimalisir Kehilangan Pelanggan

Komunikasi yang dijaga dengan baik, akan mengurangi risiko kehilangan pelanggan. Hal inilah yang diupayakan secara konsisten membangun komunikasi dengan calon pelanggan.

Apa Manfaat Lead Nurturing?

Lead nurturing bermanfaat menghasilkan pelanggan aktif dari lead generation. Artinya penjualan bisnis juga meningkat.

Selain itu, masih banyak manfaat dari lead nurturing sebagai berikut:

1. Efisiensi Pemasaran

Lead nurturing membantu bisnis dalam mengidentifikasi prospek potensial untuk diubah menjadi pelanggan. Informasi tersebut sangat berguna untuk bisnis menentukan strategi pemasaran yang efektif untuk mendekati mereka. Sehingga peluang untuk menghasilkan konversi lebih besar.

Misalnya mengirimkan pesan yang sesuai dengan posisi prospek pada siklus penjualan, bisnis bisa meningkatkan waktu respon untuk mencapai konversi penjualan.

2. Penjualan Meningkat

Lead nurturing secara tidak langsung memberikan kepercayaan dan pengalaman pelanggan yang positif. Hal ini meningkatkan peluang untuk mereka melakukan pembelian ulang yang berdampak pada peningkatan penjualan.

Terlebih leads potensial dari metode nurturing ini lebih siap untuk diubah jadi pelanggan aktif. Jadi bisnis lebih mudah untuk mendorong mereka bertransaksi dengan secara konsisten membangun hubungan.

3. Loyalitas Pelanggan Bertambah

Loyalitas pelanggan akan terus tumbuh seiring dengan terjalinnya hubungan baik dengan mereka. Lead nurturing mempertahankan hubungan ini dengan secara konsisten memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Loyalitas pelanggan menguntungkan bagi bisnis. Sebab selain mereka melakukan pembelian kembali, pelanggan loyal tidak ragu merekomendasikan produk Anda ke kolega mereka.

Hal ini secara tidak langsung mengurangi biaya pemasaran sekaligus meningkatkan penjualan.

Baca juga: 10 Cara Efektif Mengubah Leads Menjadi Pelanggan Setia

4. Kualitas Lead Meningkat

Lead nurturing juga bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan informasi tentang prospek melalui formulir pendaftaran, survei, telepon atau email. Informasi tersebut membantu bisnis untuk menyeleksi lead potensial atau berkualitas.

Melalui informasi yang terkumpul, bisnis juga bisa membuat kampanye pemasaran yang sesuai lead butuhkan. Sehingga keefektifan kampanye tersebut lebih tinggi dan tingkat penolakannya lebih rendah.

Apa saja Tahapan dalam Lead Nurturing?

Agar mendapatkan keuntungan maksimal, Anda perlu memperhatikan proses lead nurturing. Berikut tahapan lead Nurturing adalah

1. Segmentasi Target Penjualan

Tahap pertama adalah mengategorikan target penjualan berdasarkan kriteria tertentu. Namun sebelum itu, Anda harus memahami siklus penjualan terlebih dahulu. Tujuannya agar Agar Anda memahami posisi lead dalam siklus penjualan.

Setelah itu, bagi lead dalam beberapa kategori misalnya berdasarkan latar belakang atau sumber lead. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menentukan langkah selanjutnya.

Baca juga: Pengertian Customer Segmentation, Jenis dan Manfaatnya

2. Buat Target yang Ingin Dicapai

Langkah kedua, Anda perlu menentukan target yang ingin dicapai. Dengan begitu aktivitas nurturing lebih jelas, terarah dan terukur.

Misalnya tujuan yang biasa bisnis ingin capai adalah

  • Meningkatkan konversi leads ke tahap consideration sebanyak 30% per quarter.
  • Menurunkan tingkat lead yang tidak berkualitas hingga 50% dalam setahun.

3. Produksi Konten Berkualitas

Konten merupakan salah satu penentu yang menggerakkan lead untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, kontem harus sesuai dengan kebutuhan target lead.

Gunakan gaya bahasa yang sesuai dan metode yang mereka suka, entah itu chat, telepon, email, atau SMS. Misalnya untuk email marketing buat konten yang dipersonalisasi dan beri waktu untuk mengirimkan satu email ke email lainnya, dan masih banyak lagi.

4. Atur Alur Kerja Lead Nurturing

Tentukan trigger untuk otomatisasi lead nurturing. Contohnya mengirimkan email marketing tepat setelah lead mengisi data diri dalam formulir berlangganan di website.

Agar memudahkan otomatisasi ini, banyak bisnis menggunakan tools tambahan. Salah satu aplikasi CRM yang akan membuat jadwal pengiriman email sesuai dengan trigger yang diatur.

5. Uji Coba

Coba mulai melakukan lead nurturing. Misalnya melakukan A/B testing untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam seluruh aspeknya.

6. Evaluasi

Terakhir, setelah lead nurturing dijalankan sebaiknya dilakukan evaluasi secara rutin. Analisis apakah kegiatan tersebut telah sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Jika telah sesuai maka strategi yang digunakan bisa diteruskan. Namun apabila tidak berjalan baik, cari tahu sumber permasalahannya dan coba perbaiki.

Bagaimana Cara Mendapatkan Lead Nurturing?

Lead nurturing membantu bisnis menjalin hubungan baik dengan prospek, hingga mengubahnya menjadi pelanggan aktif. Hal ini secara tidak langsung menghemat biaya pemasaran dan meningkatkan penjualan.

Dalam pelaksanaannya, lead nurturing membutuhkan bantuan tools seperti aplikasi CRM. Aplikasi ini mampu mengumpulkan informasi prospek yang berguna menyusun strategi bisnis.

Kemudian aplikasi CRM bisa digunakan untuk otomatisasi mengirimkan konten relevan dengan prospek. Dengan begitu, meingkatkan peluang untuk mendapatkan pelanggan aktif.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi CRM Qontak memiliki fitur lengkap yang membantu lebih dari 3500 perusahaan mengembangkan bisnisnya. Selain itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL sekarang!

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales