Mekari Qontak
Marketing

Apa Itu Komunikasi Pemasaran? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Untuk Anda yang berkecimpung di dunia bisnis atau pemasaran, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah komunikasi pemasaran atau yang dikenal dengan marketing communication, marcom, marcomm, MC.

Namun apa itu komunikasi pemasaran? Apa fungsinya bagi bisnis? Apa saja manfaatnya? Dan seperti apa contohnya?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan tentang komunikasi pemasaran di bawah ini!

Image CTA komunikasi pemasaran


Apa Itu Komunikasi Pemasaran?

Komunikasi pemasaran adalah istilah yang merujuk pada pesan dan alat atau media yang digunakan oleh pemasar untuk berkomunikasi dengan target audiensnya.

Dalam penerapannya, marketing communication akan berfokus pada bagaimana bisnis dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada target pasar atau pasar secara umum.

Lebih lanjut, marketing communication dapat mencakup public relation, branding, iklan, pengemasan, media sosial, dan lainnya yang berkaitan dengan bidang pemasaran.

Sederhananya, komunikasi pemasaran dapat membantu bisnis untuk menghubungkan mereknya dengan orang, tempat, pengalaman, acara, dan emosi tertentu.

Baca Juga: Mengenal Konsep Pemasaran, Contoh, dan Bedanya Konsep Penjualan


Apa Fungsi Komunikasi Pemasaran?

Fungsi utama komunikasi pemasaran adalah sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada target audiens yang diinginkan.

Namun demikian, sebenarnya fungsi marcomm dapat lebih dari itu, yakni memungkinkan pelanggan untuk memahami perusahaan dan produk yang ditawarkan kepadanya.

Selain itu, marcomm juga dapat mewakili suara perusahaan dan merek untuk melakukan komunikasi dan interaksi, serta membangun hubungan baik dengan pelanggan.


Apa Manfaat Komunikasi Pemasaran bagi Bisnis?

Setelah mengetahui pengertian komunikasi pemasaran dan fungsinya, kini saatnya untuk Anda mengetahui apa saja manfaat komunikasi pemasaran bagi bisnis.

Berikut adalah manfaat komunikasi pemasaran bagi bisnis:

1. Membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan dan pemangku kepentingan

Membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan dan pemangku kepentingan

Manfaat komunikasi pemasaran yang pertama adalah membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan dan pemangku kepentingan.

Ini karena seorang pemasar harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang terkait, baik itu stakeholder ataupun pelanggan.

Dengan membangun hubungan yang baik, maka pelanggan dan stakeholder dapat merasa dihargai dan nyaman untuk diberi tahu tentang produk dan layanan bisnis Anda.

2. Memfasilitasi inovasi saat melakukan pemasaran

Memfasilitasi inovasi saat melakukan pemasaran

Inovasi adalah salah satu elemen terpenting dalam proses pemasaran. Untuk memasarkan produk dan layanan yang lebih baik dari kompetitor, seorang pemasaran harus selalu kreatif.

Namun, kreatif saja tidaklah cukup, kemampuan komunikasi yang efektif juga sangat penting untuk menyampaikan ide-ide dan inovasi yang brilian.

3. Meningkatkan transparansi

Meningkatkan transparansi

Marketing communication yang efektif dapat membantu meningkatkan transparansi antar tim departemen, stakeholder, maupun pelanggan.

Selain itu, komunikasi yang efektif membuat karyawan dan pelanggan yakin bahwa kebutuhan mereka diperhatikan dan dipahami.

4. Mengatasi hambatan pemasaran

mengatasi hambatan

Dalam melakukan pemasaran, tentu akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemasar maupun bisnis. Misalnya seperti hambatan budaya, hambatan bahasa, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem komunikasi yang efektif agar proses pemasaran menjadi efektif.

Jika seseorang memiliki keterampilan dan pendekatan komunikasi yang tepat untuk kelompok sasaran tertentu, maka akan lebih mudah untuk memahami kebutuhan dan menjalin hubungan dengan pelanggan.

5. Membangun profesionalisme dalam pemasaran

Profesional

Manfaat marketing communication yang berikutnya adalah membangun profesionalisme dalam pemasaran. Mengingat, akan selalu ada hubungan profesional antara bisnis dan pelanggan dan kliennya.

Dengan memiliki kemampuan marketing communication, pemasaran dapat menggunakan bahasa profesional saat berurusan dengan pelanggan.


Contoh Komunikasi Pemasaran

– Hubungan masyarakat

Contoh komunikasi pemasaran yang pertama adalah pengelolaan hubungan masyarakat. Di mana penting bagi bisnis atau seorang pemasar untuk memiliki kemampuan marcom guna mengelola komunikasi dengan pemangku kepentingan dan media.

Misalnya seperti kebutuhan untuk merilis berita ke media yang menghasilkan publisitas.

– Peluncuran produk

Saat berencana melakukan peluncuran produk, tim marketing harus memikirkan strategi pemasaran seperti apa yang tepat untuk meningkatkan pemasaran dan awareness terkait produk.

Namun, strategi pemasaran saja tidak cukup, pemasar juga harus membangkitkan minat media dan pelanggan dalam proses peluncuran produk.

Dalam hal ini, pemasar dapat melakukan pengaturan event marketing untuk peluncuran produk yang dilakukan bersamaan dengan konferensi industri.

– Proses promosi

Contoh marketing communication berikutnya dapat Anda temukan dalam proses promosi. Di mana dalam penerapannya, marketer perlu membangkitkan permintaan akan produk dan jasa melakukan marketing communication yang efektif.

Misalnya dengan secara teratur menggunakan marketing communication dalam proses produksi dan perilisan konten promosi di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube perusahaan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tools seperti aplikasi blast WA untuk membantu menyebarkan promosi. Tools ini mampu menyebarkan pesan ke banyak kontak bersamaan.

– Mengelola hubungan pelanggan

Contoh marketing communication yang terakhir adalah penerapannya dalam membantu mengelola hubungan pelanggan. Untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan tentu dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik pula.

Mengingat mengembangkan hubungan pelanggan dapat mendukung tujuan seperti meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan.

Baca Juga: 11 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis


Gunakan Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Bisnis Anda!

Logo Mekari Qontak

Itu dia pembahasan tentang pengertian komunikasi pemasaran lengkap dengan fungsi, manfaat, dan contohnya.

Dari pembahasan tersebut dapat dipahami bahwasanya marketing communication adalah aspek penting yang harus selalu diperhatikan oleh seorang marketer atau bisnis secara keseluruhan.

Namun, mengelola marketing communication secara manual bisa menjadi hal yang merepotkan untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pendukung marketing seperti CRM.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang terintegrasi dengan Omnichannel, sehingga dapat membantu Anda untuk menyelaraskan komunikasi dan program marketing Anda di seluruh saluran secara efektif.

Selain itu, Omnichannel CRM Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mendukung marketing communication di seluruh proses bisnis, baik dengan pelanggan maupun dengan sesama karyawan perusahaan sekalipun. Sangat menarik bukan?

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, COBA GRATIS Omnichannel CRM Sekarang Juga!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales