Daftar isi
6 min read

Mengenal Apa Itu Komunikasi Pemasaran, Manfaat, dan Contohnya

Tayang 08 Oktober 2023
Diperbarui 18 Desember 2023
Omnichannel CRM Qontak by Mekari
Mengenal Apa Itu Komunikasi Pemasaran, Manfaat, dan Contohnya

Bagi sebagian orang, istilah komunikasi pemasaran seperti marketing communication, marcom, marcomm, MC tentu tidak asing lagi. Komunikasi marketing berperan penting dalam membangun hubungan antara perusahaan dan pelanggan serta mempengaruhi keputusan pembelian.

Oleh karena itu, pemilihan saluran komunikasi yang tepat dan pemilihan segmen pasar yang tepat sangat penting dalam keberhasilan komunikasi pemasaran. Di mana komunikasi marketing yang efektif dapat membantu perusahaan membangun kesadaran merek yang kuat, meningkatkan loyalitas konsumen, dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar.

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan tentang komunikasi pemasaran di bawah ini!


Apa Itu Komunikasi Pemasaran?

Komunikasi pemasaran adalah istilah yang merujuk pada pesan dan alat atau media yang digunakan oleh pemasar untuk berkomunikasi dengan target audiensnya. Maka dalam komunikasi marketing, pesan yang disampaikan harus relevan, menarik, jelas, dan konsisten dengan identitas merek dan posisi pasar perusahaan.

Komunikasi pemasaran bertujuan untuk menginformasikan dan meyakinkan target pasar tentang nilai, manfaat, dan keunggulan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Melalui komunikasi ini, perusahaan berusaha membangun citra merek yang kuat, memperluas pangsa pasar dan mendorong tindakan pembelian.

Komunikasi pemasaran dapat melibatkan berbagai elemen dan saluran komunikasi, termasuk public relation, branding, iklan, pengemasan, media sosial, dan lainnya yang berkaitan dengan bidang pemasaran. Setiap elemen tersebut memiliki peran dan karakteristik yang berbeda dalam mencapai tujuan komunikasi marketing

Baca Juga: Mengenal Konsep Pemasaran, Contoh, dan Bedanya Konsep Penjualan


Apa Fungsi Komunikasi Pemasaran?

Fungsi komunikasi pemasaran sangat penting bagi perusahaan dalam membentuk citra merek yang spesifik. Selain itu, melalui komunikasi yang baik, perusahaan dapat meningkatkan tingkat kesadaran konsumen terhadap produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Namun fungsi marcomm dapat lebih dari itu, Menurut Arshi Singla seperti dikutip dari linkedin bahwa komunikasi pemasaran membantu memindahkan produk, layanan, dan ide dari produsen ke pengguna akhir dan membangun serta memelihara hubungan dengan pelanggan, prospek, dan pemangku kepentingan penting lainnya di perusahaan.

Marcomm juga dapat mewakili suara perusahaan dan merek untuk melakukan komunikasi dan interaksi, serta membangun hubungan baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan komunikasi marketing yang efektif, perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dan meningkatkan kinerja pemasaran mereka.


Apa Manfaat Komunikasi Pemasaran bagi Bisnis?

Setelah mengetahui pengertian komunikasi pemasaran dan fungsinya, kini saatnya untuk Anda mengetahui apa saja manfaat komunikasi marketing bagi bisnis.

Berikut adalah manfaat komunikasi pemasaran bagi bisnis:

1. Membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan

Manfaat Komunikasi Pemasaran bagi Bisnis- Membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan
Sumber: Freepik

Manfaat komunikasi pemasaran yang pertama adalah membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan dan pemangku kepentingan.

Ini karena seorang pemasar harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang terkait, baik itu stakeholder ataupun pelanggan.

Dengan membangun hubungan yang baik, maka pelanggan dan stakeholder dapat merasa dihargai dan nyaman untuk diberi tahu tentang produk dan layanan bisnis Anda.

2. Memfasilitasi inovasi saat melakukan pemasaran

Manfaat Komunikasi Pemasaran bagi Bisnis - Memfasilitasi inovasi saat melakukan pemasaran
Sumber: Freepik

Inovasi adalah salah satu elemen terpenting dalam proses pemasaran. Untuk memasarkan produk dan layanan yang lebih baik dari kompetitor, seorang pemasaran harus selalu kreatif.

Namun, kreatif saja tidaklah cukup, kemampuan komunikasi yang efektif juga sangat penting untuk menyampaikan ide-ide dan inovasi yang brilian.

3. Meningkatkan transparansi

Manfaat Komunikasi Pemasaran bagi Bisnis - Meningkatkan transparansi
Sumber: Freepik

Marketing communication yang efektif dapat membantu meningkatkan transparansi antar tim departemen, stakeholder, maupun pelanggan.

Selain itu, komunikasi yang efektif membuat karyawan dan pelanggan yakin bahwa kebutuhan mereka diperhatikan dan dipahami.

4. Mengatasi hambatan pemasaran

Manfaat Komunikasi Pemasaran bagi Bisnis - Mengatasi hambatan
Sumber: Freepik

Dalam melakukan pemasaran, tentu akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemasar maupun bisnis. Misalnya seperti hambatan budaya, hambatan bahasa, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem komunikasi yang efektif agar proses marketing menjadi efektif.

Jika seseorang memiliki keterampilan dan pendekatan komunikasi yang tepat untuk kelompok sasaran tertentu, maka akan lebih mudah untuk memahami kebutuhan dan menjalin hubungan dengan pelanggan.

5. Membangun profesionalisme dalam pemasaran

Manfaat Komunikasi Pemasaran bagi Bisnis - Terlihat Lebih Profesional
Sumber: Freepik

Manfaat marketing communication yang berikutnya adalah membangun profesionalisme dalam pemasaran. Mengingat, akan selalu ada hubungan profesional antara bisnis dan pelanggan dan kliennya.

Dengan memiliki kemampuan marketing communication, pemasaran dapat menggunakan bahasa profesional saat berurusan dengan pelanggan.


Contoh Komunikasi Pemasaran

– Hubungan masyarakat

Contoh komunikasi pemasaran yang pertama adalah pengelolaan hubungan masyarakat. Di mana penting bagi bisnis atau seorang pemasar untuk memiliki kemampuan marcom guna mengelola komunikasi dengan pemangku kepentingan dan media.

Misalnya seperti kebutuhan untuk merilis berita ke media yang menghasilkan publisitas.

– Peluncuran produk

Saat berencana melakukan peluncuran produk, tim marketing harus memikirkan strategi pemasaran seperti apa yang tepat untuk meningkatkan pemasaran dan awareness terkait produk.

Namun, strategi pemasaran saja tidak cukup, pemasar juga harus membangkitkan minat media dan pelanggan dalam proses peluncuran produk.

Dalam hal ini, pemasar dapat melakukan pengaturan event marketing untuk peluncuran produk yang dilakukan bersamaan dengan konferensi industri.

– Proses promosi

Contoh marketing communication berikutnya dapat Anda temukan dalam proses promosi. Di mana dalam penerapannya, marketer perlu membangkitkan permintaan akan produk dan jasa melakukan marketing communication yang efektif.

Misalnya dengan secara teratur menggunakan marketing communication dalam proses produksi dan perilisan konten promosi di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube perusahaan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tools seperti aplikasi blast WA untuk membantu menyebarkan promosi. Tools ini mampu menyebarkan pesan ke banyak kontak bersamaan.

– Mengelola hubungan pelanggan

Contoh marketing communication yang terakhir adalah penerapannya dalam membantu mengelola hubungan pelanggan. Untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan tentu dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik pula.

Mengingat mengembangkan hubungan pelanggan dapat mendukung tujuan seperti meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan.

Baca Juga: 11 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis


Gunakan Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Bisnis Anda!

Itu dia pembahasan tentang pengertian komunikasi pemasaran lengkap dengan fungsi, manfaat, dan contohnya.

Dari pembahasan tersebut dapat dipahami bahwasanya marketing communication adalah aspek penting yang harus selalu diperhatikan oleh seorang marketer atau bisnis secara keseluruhan.

Namun, mengelola marketing communication secara manual bisa menjadi hal yang merepotkan untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pendukung marketing seperti CRM.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang terintegrasi dengan Omnichannel, sehingga dapat membantu Anda untuk menyelaraskan komunikasi dan program marketing Anda di seluruh saluran secara efektif.

Selain itu, Omnichannel CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mendukung marketing communication di seluruh proses bisnis, baik dengan pelanggan maupun dengan sesama karyawan perusahaan sekalipun.

Selain itu, Mekari Qontak telah membantu lebih dari 3500+ perusahaan meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan mereka. Bahkan Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? YukDapatkan FREE TRIAL Aplikasi CRM Mekari Qontak  selama 14 hari sekarang!

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales