Daftar isi
4 min read

7 Aspek Pemasaran yang Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis

Tayang 01 Maret 2024
Diperbarui 22 Maret 2024
Aspek Pemasaran yang Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis
7 Aspek Pemasaran yang Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis

Peran marketing sangatlah penting dalam menjaga keberlangsungan bisnis. Marketing berfungsi mengenalkan produk ke publik, sehingga laku terjual. Dalam pelaksanaanya, tidak selalu mulus karena banyak aspek pemasaran yang kerap bisnis lewatkan.

Apek pemasaran merupakan faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan dan dijalankan oleh sebuah perusahaan agar berhasil memasarkan produk atau layanan mereka kepada konsumen.

“Dengan menggabungkan faktor-faktor (aspek pemasaran) ke dalam rencana marketing, Anda dapat meningkatkan kesempatan berinteraksi dengan audiens Anda, membangun kesadaran merek, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis Anda.” Linda Fanaras, CEO Millennium Agency.

Berikut aspek pemasaran yang penting bagi bisnis perhatikan dalam menyusun strategi marketing binsis adalah:

1. Riset Pasar

Pertama, bisnis perlu melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi ada tidaknya target audiens yang mau membeli produk Anda. Dalam hal ini, termasuk untuk memperkirakan harga jual produk yang tetap menguntungkan untuk Anda.

Sementara untuk mengetahui semua hal tersebut bisa dengan melakukan analisis SWOT. Anda bisa mengumpulkan, atur, dan tuliskan semua data dan informasi yang berhasil Anda temui tentang target pasar tersebut.

Beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan dalam analisis pasar:

  • Dinamika dan pola pasar, termasuk tren musiman
  • Informasi pelanggan seperti demografi, segmen pasar, target pasar, kebutuhan, dan keputusan pembelian
  • Jenis produk apa saja yang ada saat ini dan apa yang ditawarkan pesaing
  • Penjualan terlaris saat ini di industri
  • Tolok ukur dalam industri
  • Pemasok atau vendor

Baca juga: Tahapan Analisis Pasar Konsumen Agar Bisnis Berkembang

2. Segmentasi Pasar

Setelah melakukan riset pasar, maka selanjutnya Anda bisa mengelompokkan target audiens. Segmentasi pasar ini berfungsi untuk memberi gambaran mengenai kesesuaian produk dengan konsumen, sehingga bisa membuat mereka merasa puas.

Pembagian segmen pasar biasanya berdasarkan berbagai karakteristik konsumen. Misalnya kesamaan dari segi umur, sosial, ekonomi, hingga keadaan khusus konsumen lainnya.

Baca juga: Contoh Segmentasi Pasar

3. Produk yang Ditawarkan

Aspek pemasaran penting lainnya adalah produk yang akan ditawarkan. Sebelum mulainya, penting untuk memahami detail produk tersebut, seperti manfaat, fitur unik dan komponen lainnya.

Kemudian sesuaikan detail informasi tersebut dengan kebutuhan target audiens untuk mengetahui nilai jual produk. Setelah itu, Anda baru bisa memasarkan produk dengan cara yang tepat.

4. Analisis Kompetitor

Aspek penting lainnya adalah memetakan kekuatan dari kompetitor. Namun sebelum itu, Anda harus mengenali bisnis yang menjadi pesaing Anda.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan informasi seperti harga jual yang mereka tawarkan, segmen pasar mana yang mereka masuki dan lain-lain. Berdasarkan informasi tersebut, Anda bisa menentukan positioning bisnis Anda dengan lebih baik dan menonjol dari persaingan.

Baca juga: Pengertian Analisis Kompetitor, Tujuan, Manfaat dan Cara Membuatnya

5. Strategi Pemasaran

Setelah menemukan positioning yang tepat dari kompetitor, maka Anda bisa mulai menyusun strategi marketing. Dalam penyusunnya, Anda bisa menjelaskan apa yang akan dilakukan agar pelanggan bersedia membeli produk Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan empat elemen (produk, harga, promosi, dan tempat). Pastikan untuk menekankan apa yang unik tentang bisnis Anda sebagai nilai jual dalam strategi marketing yang Anda buat.

Baca juga: Strategi Marketing Produk yang Efektif

6. Anggaran

Aspek berikutnya terkait anggaran yang Anda sediakan untuk aktivitas marketing. Tetapkan metrik yang memberitahu Anda untuk berhenti jika tidak menghasilkan return on investment (ROI) yang memadai.

7. Monitoring

Terakhir, pastikan kegiatan marketing Anda berjalan lancar dengan cara memantaunya secara berkala.

Gunakan Google Analytics untuk melacak keberhasilan Anda dalam mengkonversi aktivitas digital marketing Anda menjadi penjualan. Kemudian bandingkan anggaran Anda dengan ROI yang sebenarnya.

Lakuan uji coba program (A/B testing) selama periode 30 hingga 60 hari, dan evaluasi hasilnya. Kemudian ulangi program apa pun yang menghasilkan penjualan atau pendaftaran ke daftar email Anda, dan buang hal-hal yang tidak.

Demikianlah tujuh aspek penting pemasaran yang bisa Anda jadikan pertimbangkan dalam menjalankan aktivitas marketing. Ketujuh aspek tersebut memastikan kegiatan marketing Anda berjalan optimal dengan meminimalisir kerugian.

Mekari Qontak menawarkan solusi CRM all in one terpercaya di Indonesia. Anda bisa menggunakan CRM untuk membantu memantau aktivitas marketing dan interaksi dengan pelanggan Anda lebih mudah dan efisien.

Konsultasikan Kebutuhan bisnis Anda dengan tim Ahli Mekari Qontak Gratis Klik di sini.

Referensi

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales