Daftar isi
10 min read

Maksimalkan Revenue dengan CRM Perusahaan Nonprofit

Tayang 06 Oktober 2023
Diperbarui 21 Desember 2023
Rekomendasi nonprofit CRM software Terbaik di Indonesia
Maksimalkan Revenue dengan CRM Perusahaan Nonprofit

Bagi organisasi nirlaba, sangatlah penting untuk menjalin hubungan kuat dengan donatur. Nonprofit CRM software menjadi solusi tepat untuk membantu mereka mengelola hubungan dengan donatur.

Selain hubungan dengan donatur, nonprofit CRM software juga membantu organisasi nirlaba menjalin hubungan yang kuat dengan sukarelawan, pemangku kepentingan, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Pelajari selengkapnya terkait nonprofit keuntungan, fitur dan pilihan CRM software terbaik untuk organisasi nirlaba Anda pada artikel berikut.

Apa itu Nonprofit CRM Software?

Nonprofit CRM software adalah sebuah aplikasi yang membantu perusahaan nirlaba untuk menyimpan, mengelola dan melaporkan semua interaksi dengan donatur.

Informasi tersebut akan disimpan dalam satu sistem yang mudah diakses oleh siapa saja. Hal ini memudahkan untuk membangun komunikasi lebih personal dengan donatur untuk kebutuhan penggalangan dana dan pengelolaan program lainnya untuk jangka panjang.

Selain itu, nonprofit CRM software juga memiliki fitur pelaporan yang mendukung untuk mengukur seberapa efektif operasional bisnis. Dalam laporan tersebut dapat terlihat tingkat keterlibatan donatur, rata-rata kontribusi donatur, penyaluran donasi dan lainnya.

Berdasarkan laporan tersebut, bisnis bisa menentukan strategi yang tepat untuk mendukung operasional nirlaba lebih baik.

Baca juga: Mengenal Apa itu CRM: Tujuan, Manfaat dan Fungsinya?

Apa Keuntungan Organisasi Nonprofit Menggunakan CRM?

Ada beberapa manfaat yang bisa organisasi nonprofit dapatkan dari penggunaan CRM software, seperti berikut:

  • Kemudahan Akses Data dan Informasi

Keuntungan pertama menggunakan aplikasi CRM adalah memusatkan semua data organisasi nirlaba dalam satu sistem terpusat. Hal ini memberikan kemudahan untuk mengakses terkait informasi dan riwayat interaksi dengan donatur.

Informasi tersebut dapat tim support manfaatkan untuk menjalin kedekatan personal dengan donatur. Mereka juga bisa langsung mengupdate data donatur terbaru pada dasbor yang sama. Dengan begitu, semua informasi yang ditampilkan merupakan data terbaru.

  • Otomatisasi Tugas

Selain kemudahan akses data, aplikasi CRM juga mampu menyederhanakan proses operasional bisnis nirlaba dengan mengotomatiskan tugas tim support. Aplikasi ini mampu otomatis membuat laporan, segmentasi donatur hingga integrasi saluran pemasaran.

Dengan demikian, dapat menghemat waktu tim support. Sehingga tim support bisa lebih fokus untuk melayani donatur, termasuk mendorong agar bersedia memberikan donasi lebih banyak.

  • Pengingat Tugas Penting

Kelebihan dari CRM software lainnya adalah menyediakan fitur yang berfungsi untuk mengigatkan janji temu atau melakukan panggilan dengan donatur. Saat waktunya tersebut tiba, sistem akan memberikan notifikasi pengingat ke tim support. Dengan begitu, tidak ada tugas yang terlewatkan.

  • Membuat Laporan Otomatis

CRM software juga memliki kelebihan lainnya yakni mampu membuat laporan otomatis berdasarkan real time. Laporan tersebut dibuat berdasarkan semua interaksi yang tersimpan dalam sistem CRM, seperti tingkat engagement, jumlah donasi, kinerja tim support dan lainnya.

Dengan adanya laporan tersebut memudahkan organisasi nirlaba untuk melakukan analisis kinerja mereka. Kemudian bisa mengambil keputusan yang tepat untuk mengembangkan organisasi menjadi lebih baik.

Baca juga: Manfaat CRM (Customer Relationship Management)

Kerugian Organisasi Nonprofit Tanpa CRM Software

Selain keuntungan seperti disebutkan, organisasi nirlaba yang tidak menggunakan sistem CRM akan memberika beberapa kerugian seperti berikut:

  • Informasi donatur tersebar di berbagai platform. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan, terutama dalam memberikan pengalaman yang konsisten dan dipersonalisasi kepada donatur. Dengan CRM, organisasi nirlaba dapat memusatkan semua data donatur dalam satu sistem secara otomatis.
  • Komunikasi yang kurang efisien akibat sulitnya akses informasi donatur. Hal tersebut membuat tim support kesulitan untuk menanggapi pertanyaan menyelesaikan masalah donatur. Berbeda dengan CRM, tim support dapat mengakses data donatur dari mana saja melalui mobile apps.
  • Kehilangan kesempatan mendapatkan donasi karena sulit untuk melacak donatur potensial akibat sistem yang kompleks. Sementara dengan CRM, organisasi dapat menyederhanakan proses pengadaan dana dengan sistem otomatisasi.
  • Rendahnya tingkat kepuasan donatur akibat dari interaksi yang tidak konsisten. Hal tersebut tidak terjadi saat menggunakan CRM. Aplikasi ini mampu menghubungkan semua informasi donatur, untuk memberikan pengalaman yang utuh, tanpa perlu mengulang pertanyaan.

Apa saja Fitur-Fitur yang Wajib Ada Pada CRM Nonprofit?

Setiap vendor nonprofit CRM software menawarkan fitur beragam. Kemungkinan besar tidak semua fitur tersebut dibutuhkan dalam operasional organisasi nonprofit Anda.

Oleh karena itu, kami merangkum fitur-fitur yang harus dimiliki oleh nonprofit CRM software sebagai berikut:

  • Manajemen Kontak

Fitur pertama yang software nonprofit CRM miliki adalah manajemen kontak. Fitur ini menampilkan seluruh informasi orang yang telah memberikan donasi atau disebut juga dengan profil donatur.

Profil tersebut menampilkan berbagai informasi yang relevan terkait donatur, seperti data kontak, minat, riwayat keterlibatan, dan banyak lagi.

Adanya profil donatur tersebut memudahkan Anda dalam mengelompokkan mereka yang memiliki karakteristik serupa. Misalnya Anda ingin mengelompokkan donatur berdasarkan besarnya donasi dan lamanya waktu mereka berkontribusi.

  • Manajemen Kampanye Pemasaran

Fitur wajib pada CRM software selanjutnya adalah manajemen kampanye. Fitur ini dibutuhkan untuk mengelola kampanye pemasaran Anda di berbagai saluran komunikasi.

Selain itu, Anda dapat mengirimkan konten pemasaran yang telah dipersonalisasi sesuai dengan minat dan karakteristik mereka. Diharapkan hal tersebut dapat mendorong tingkat keterlibatan donatur yang lebih tinggi.

  • Payment Process

Fitur penting lainnya yang harus dimiliki CRM nonprofit adalah payment process. Fitur ini memastikan proses pembayaran donasi berjalan dengan sukses, dan aman dari donatur.

Agar berjalan lancar, maka fitur CRM nonprofit ini harus memiliki kemampuan untuk:

  • Otomatis memperbarui informasi kartu kredit donatur yang ada ketika kartu mereka mengalami perubahan atau habis masa berlakunya.
  • Memproses donasi dengan keamanan yang tinggi sesuai dengan standar keamanan PCI (Payment Card Industry) yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikasi PCI.
  • Mengurangi biaya pemrosesan pembayaran dengan menghindari biaya pihak ketiga yang biasanya dikenakan.
  • Menawarkan perlindungan tingkat lanjut terhadap penipuan.
  • Kustom Dasbor

Fitur dasbor menjadi komponen penting dalam CRM nirlaba selanjutnya. Sebab kustom dasbor memungkinkan untuk memonitoring matriks yang paling relevan untuk mengukur kinerja organisasi Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya dasbor CRM cukup fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan organisasi nirlaba.

  • Integrasi

Fitur CRM nonprofit terakhir adalah integrasi. Fitur ini berfungsi untuk menghubungkan software CRM dengan aplikasi yang organisasi nirlaba gunakan lainnya.

Dengan menghubungkan berbagai aplikasi akan menghindari pekerjaan manual yang memakan waktu dan potensi kesalahan manusia. Hal tersebut dapat menghemat waktu dan mengurangi masalah yang terkait dengan pengiriman data.

Baca juga: Fitur Unggulan CRM lainnya

9 Rekomendasi Nonprofit CRM Software Terbaik untuk Organisasi Nirlaba

Beradasarkan keuntungan sebelumnya, mungkin Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi CRM. Namun banyaknya vendor yang menawarkan solusi CRM, mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan aplikasi terbaik.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan nonprofit CRM software yang mungkin cocok untuk Anda gunakan. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Mekari Qontak

Nonprofit CRM Software - Mekari Qontak

Mekari Qontak menawarkan solusi CRM yang bisa organisasi nonprofit manfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan donatur. Aplikasi Mekari Qontak memberikan informasi lengkap terkait donatur untuk pengambilan keputusan lebih baik.

Selain itu, Mekari Qontak juga memiliki beragam fitur yang membantu Anda untuk bisa merespon cepat permintaan pelanggan. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

Fitur-fitur unggulan Mekari Qontak diantaranya sebagai berikut:

  • Manajemen kontak
  • Manajemen piplene
  • Automation workflow
  • Custom report
  • Mobile Apps
  • Integration

Harga berlangganan Mekari Qontak bisa cek disini

2. Bloomerang

Nonprofit CRM Software - bloomerang

Sumber: Bloomerang

Bloomerang menawarkan aplikasi CRM yang membantu organisasi nirlaba menggalang dana dan menjaga hubungan dengan donatur.

Aplikasi Bloomerang memiliki fitur-fitur yang berguna untuk meningkatkan retensi, mengurangi hilangnya donatur, serta meningkatkan pendapatan organisasi nonprofit.

Harga berlangganan Bloomerang mulai dari $119 per bulan

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Bloomerang sebagai berikut:

  • Donor profiles customized
  • Social listening
  • Smart reports
  • An engagement and generosity score
  • Peer-to-peer fundraising and crowdfunding
  • Integrations

3. Neon CRM

Nonprofit CRM Software - Neon CRM

Sumber: Neon CRM

Neon CRM adalah platform CRM yang dirancang khusus untuk organisasi nirlaba. Aplikasi ini memberi organisasi nonprofit pandangan komprehensif tentang donatur sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan pendapatan mereka.

Dengan Neon CRM, Anda dapat mengelola kampanye penggalangan dana, event, komunikasi, dan banyak lagi. Semua kegiatan tersebut dapat Anda monitoring melalui satu dashboard report yang komperhensif.

Harga untuk menggunakan Neon CRM mulai $99 per bulan.

Fitur unggulan dari Neon CRM adalah

  • Donor database
  • Connected payments
  • Workflow automation
  • Volunteer management
  • Integrations

4. NetSuite

Nonprofit CRM Software - Netsuite

Sumber: NetSuite

NetSuite menawarkan solusi CRM yang mampu mengotomatiskan alur kerja organisasi nonprofit. Aplikasi NetSuite dapat digunakan untuk mengerjakan tugas administrasi secara otomatis. Hal ini menghemat waktu tim support sehingga bisa melayani pelanggan lebih baik.

Biaya berlangganan NetSuite dapat diketahui dengan menghubungi customer support mereka.

Fitur-fitur yang NetSuite miliki adalah

  • Sales force automation
  • Marketing automation
  • Customer service management
  • Partner relationship management
  • Mobile apps
  • Reporting and analytics

5. Givebutter

Nonprofit CRM Software - Givebutter

Sumber: Givebutter

Givebutter adalah nonprofit CRM software berbasis cloud untuk mengumpulkan donasi, membuat halaman penggalangan dana khusus, dan menjual tiket acara. Alat ini juga dilengkapi sistem pelacakan dan pengatribusian dana yang terkumpul ditambah tiket yang dijual ke tim dan anggota tertentu.

Givebutter dapat digunakan secara gratis.

Fitur-fitur yang Givebutter miliki adalah sebagai berikut:

  • Contact management
  • Timeline & History
  • Data hygiene
  • Segments
  • Donation and Ticket Management

6. Keela

Nonprofit CRM Software - Keela

Sumber: Keela

Keela menawarkan solusi CRM yang membantu organisasi nirlaba untuk meningkatkan retensi donatur. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur cerdas yang memberikan informasi dan wawasan untuk membuat keputusan berdasarkan data real time.

Harga berlangganan Keela mulai dari $134 per bulan.

Fitur-fitur yang Keela miliki adalah

  • Access real-time information
  • Honor donor preferences
  • Track relationships
  • Stop leaving money on the table
  • Accurately report o progress

7. Classy

Nonprofit CRM Software - classy

Sumber: Classy

Classy adalah platform CRM untuk penggalangan dana. Aplikasi Classy membantu organisasi nonprofit untuk memberikan pengalaman yang kuat untuk donatur.

Classy menawarkan harga khusus dengan beberapa pilihan paket. Hubungi customer support mereka untuk mengetahui harga untuk setiap paketnya.

Fitur-fitur yang Classy tawarkan meliputi:

  • Campaign templating
  • Connected accounts
  • Donation websites
  • Peer-to-peer giving

8. Virtuous

Nonprofit CRM Software - virtuous

Sumber: Virtuous

Virtuous adalah nonprofit CRM software yang membantu organisasi nirlaba menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap donatur. Aplikasi ini menyatukan aktivitas penggalangan dana dan pemasaran.

Hal tersebut memberikan wawasan yang mendukung untuk memberikan pengalaman donatur yang dinamis.

Harga berlangganan Virtuous mulai dari $400 per bulan.

Fitur unggulan dari Virtuous adalah

  • Donor management
  • Gift & Pipeline Management
  • Fundraising insights
  • Project tracking
  • Reporting

9. CharityEngine

Nonprofit CRM Software - charityEngine

Sumber: CharityEngine

CharityEngine membantu organisasi nirlaba memusatkan dan memanfaatkan data mereka untuk memperkaya hubungan dengan donatur, dan mengumpulkan lebih banyak uang.

Aplikasi ChartyEngine memiliki pemroses pembayaran bersertifikasi PCI yang menjamin keamanan donatur saat melakukan donasi.

Harga untuk menggunakan CharityEngine mulai dari $350 per bulan.

Fitur-fitur yang CharityEngine tawarkan adalah

  • Email marketing
  • Membership management
  • Payment processing
  • Sustainer management
  • Reporting & analytics

Baca juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis di Indonesia

Bagaimana Cara Memilih Nonprofit CRM yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Berdasarkan fitur yang disebutkan sebelumnya, mungkin Anda mulai bisa memilih kira-kira nonprofit CRM mana yang cocok untuk organisasi nirlaba Anda.

Namun apabila Anda masih ragu, mungkin Anda bisa menentukan kebutuhan organisasi Anda apakah sesuai dengan fitur yang vendor CRM tawatkan. Kemudian sesuaikan juga dengan anggaran belanja Anda.

Misalnya saat ingin membangun hubungan dan mempertahankan donatur, maka CRM nonprofit yang tepat adalah yang memberikan wawasan menyeluruh terkait data donatur. Hal ini memudahkan Anda untuk melakukan pendekatan dengan donatur.

Diantara banyak pilihan, Mekari Qontak menawarkan solusi CRM lengkap yang mengelola hubungan organisasi nirlaba dengan donatur. Fitur-fitur Mekari Qontak memungkinkan Anda untuk merespon setiap interaksi pelanggan dengan cepat dengan chatbot AI.

Selain itu, Mekari Qontak juga menyediakan custom report yang bisa disesuaikan kebutuhan organisasi nonprofit. Hal ini memudahkan Anda dalam monitoring KPI secara real time. Dengan begitu, Anda bisa mengambil keputusan lebih akurat.

Jadi tunggu apalagi? Coba Gratis nontprofit software terbaik dair Mekari Qontak atau Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim Mekari Qontak.

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales