Mekari Qontak
Daftar isi
9 min read

6 Cara Menggunakan Bulk WhatsApp Sender Resmi

Tayang 02 Maret 2023
Diperbarui 30 Oktober 2023
Bagikan artikel iniTwitterTwitterWhatsappWhatsappLinkedinLinkedinFacebookFacebook
6 Cara Menggunakan Bulk WhatsApp Sender Resmi

WA Bulk Sender bisa menjadi tools marketing yang efektif mendatangkan penjualan saat digunakan dengan tepat. Namun, tidak semua pelaku bisnis menyadari cara menggunakan WhatsApp bulk sender yang tepat.

WhatsApp bulk sender memudahkan bisnis untuk menjangkau banyak nomor sekaligus. Sayangnya, banyak bisnis salah memanfaatkannya dengan mengirim pesan promosi berlebihan.

Aktivitas tersebut justru menjadi bumerang yang menyebabkan akun WhatsApp bisnis terblokir. Atau mereka juga menggunakan WhatsApp bulk sender tidak resmi yang berbahaya.

Oleh karena itu, kami merangkum cara mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Bulk Sender yang resmi. Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu WhatsApp Bulk Sender (WA Bulk)?

WhatsApp Bulk Sender atau WA Bulk Sender adalah fitur WhatsApp API yang berfungsi untuk mengirimkan pesan massal (bulk sender) ke banyak kontak secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor. Pesan akan diterima layaknya pesan WhatsApp pada umumnya.

Kelebihan WA Bulk Sender tidak membatasi jumlah nomor kontak yang akan dikirimi pesan. Jadi, banyak bisnis memanfaatkannya untuk mengirimkan pesan promosi ke banyak pelanggan.

Apa Bahaya Menggunakan WA Bulk Sender Tidak Resmi?

Saat ini, banyak pihak ketiga yang menyediakan bulk WhatsApp tidak resmi di pasaran. Namun, penggunaan aplikasi pihak ketiga tidak resmi ini, beresiko membahayakan Anda sebagai pengguna.

Alasannya, aplikasi tersebut dapat meretas informasi pengguna (hack). Selain itu, fungsi aplikasi tersebut juga terbatas, bahkan tidak berfungsi karena adanya pembaharuan dari pihak WhatsApp.

Pada saat yang sama, aplikasi tersebut tidak dapat diunduh dari platform yang relatif aman seperti Google Play Store atau App Store. Melainkan website ilegal yang dapat menginfeksi gadget pengguna.

Selain itu, penggunaan fitur bulk WhatsApp sender tidak resmi ternyata juga melanggar aturan Terms of Service dari WhatsApp. Akibatnya, akun WhatsApp Anda bisa diblokir oleh pihak WhatsApp.

Apabila akun WhatsApp Anda terblokir, maka aktivitas customer service dan marketing dapat terganggung. Padahal saat ini banyak pelanggan lebih nyaman menggunakan WhatsApp daripada platform lainnya.

Solusi agar akun WhatsApp tidak diblokir adalah menggunakan WA bulk sender resmi dari Official Business Partner of WhatsApp API atau Business Solution Partner WhatsApp. Salah satunya adalah Mekari Qontak.

Tim Mekari Qontak akan membantu Anda untuk memeroleh bulk WhatsApp sender resmi dari WhatsApp API. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan WhatsApp bulk dengan mudah dan efektif, tanpa khawatir terblokir.

Apa Manfaat Menggunakan Bulk WhatsApp Sender Resmi?

WA bulk sender resmi memungkinkan Anda dapat mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus dengan mudah. Penerima pesan bahkan tidak perlu menyimpan nomor Anda terlebih dahulu untuk dapat menerima pesan.

Berikut manfaat lainnya menggunakan WhatsApp bulk sender adalah

  • Dapat mengirimkan pesan massal ke banyak kontak sekaligus.
  • Tidak perlu menyimpan nomor tujuan.
  • Tidak ada batasan jumlah nomor, beda halnya dengan fitur broadcast WA.
  • Pesan pada WA Bulk Sender dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan.
  • Pesan bulk dapat terkirim pada waktu yang bersamaan (tidak ada waktu tunggu antar setiap pesan).
  • Terdapat laporan atau status pesan, yaitu: terkirim, tidak terkirim, dibaca, atau belum dibaca.
  • Aplikasi bulk WhatsApp memudahkan aktivitas pemasaran.
  • Pengguna juga akan memperoleh fitur WhatsApp API lainnya, seperti: WhatsApp blast, auto respon melalui chatbot, dapat digunakan pada multiple device, dan lain sebagainya.

Namun manfaat tersebut hanya bisa Anda peroleh dari WA business sender resmi ternyata tidak hanya itu saja. Anda juga dapat menggunakan berbagai fitur canggih WhatsApp API lainnya.

Cara Mendapatkan WhatsApp Bulk Sender Resmi

WA Bulk Sender resmi hanya bisa diperoleh dari WhatsApp API. Sementara WA API merupakan kategori WhatsApp khusus untuk para pemilik bisnis skala menengah atau skala besar.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena memiliki aplikasi bulk WhatsApp tersebut tidak sulit. Berikut ini merupakan cara membuat Bulk WhatsApp Sender resmi:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP Resmi WhatsApp

Cara Membuat Bulk WhatsApp Sender - mendaftar BSP

Pertama cara membuat bulk WhatsApp sender adalah mendaftar ke Business Solution Provider (BSP). BSP Whastapp akan membantu Anda mendapatkan WhatsApp API, termasuk fitur WA bulk sender.

Mekari Qontak adalah salah satu BSP WhatsApp APIterbaik di Indonesia. Mekari Qontak menawarkan fitur lengkap API WhatsApp dengan harga terjangkau.

CTA Qontak's Banner_WhatsApp API

2. Buat Akun Facebook Business Manager

Cara Menggunakan Bulk WhatsApp Sender -Akun-Facebook-Business-Manager

Selanjutnya, Anda harus membuat serta mengisi informasi atau data bisnis Anda pada akun Facebook Business Manager. Anda bisa menggunakan akun Facebook pribadi Anda atau membuat akun bisnis baru.

Cara membuat akun Facebook Business Manager adalah

  • Buka https://business.facebook.com/
  • Selanjutnya, login menggunakan akun facebook Anda.
  • Buat akun baru.
  • Tulis nama bisnis, kemudian pilih opsi “Lanjutkan”.
  • Tulis nama Anda dan e–mail bisnis Anda, kemudian pilih opsi “Selesai”.
  • Atur akun Facebook Business Manager Anda dengan menambahkan Page, Add Account, dan People.

3. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Cara Menggunakan Bulk WhatsApp Sender -Facebook-Business-Manager-Verification

Cara membuat bulk WhatsApp sender adalah melakukan verifikasi bisnis dan kebijakan bisnis yang ada pada Business Manager. Untuk melakukannya, cari opsi “Pengaturan Bisnis – Pusat Keamanan – Pilih Verifikasi”.

Proses verifikasi bisnis dapat membutuhkan waktu selama kurang lebih tiga hari kerja. Jadi, Anda perlu memeriksanya secara berkala.

4. Ajukan Display Name dan Nomor Bisnis

Cara Menggunakan Bulk WhatsApp Sender - Nomor-dan-Profil

Kempat, masukkan identitas bisnis seperti nama dan nomor. Sebaiknya, nama bisnis yang akan digunakan harus sesuai dengan kebijakan Perdagangan dan Bisnis yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp.

Catatan naman bisnis tidak dapat diganti. Kemudian, ajukan nama tersebut ke pihak Facebook. Pengajuan display name membutuhkan waktu selama satu hari kerja.

5. Atur Akun WhatsApp Business API

Proses yang selanjutnya adalah approval akun WhatsApp bisnis API yang membutuhkan waktu selama satu hari kerja. Proses setup umumnya memakan waktu selama satu hari kerja.

6. Bulk WhatsApp Sender Siap Digunakan

Cara Menggunakan Bulk WhatsApp Sender - siap digunakan

Terakhir cara membuat bulk WhatsApp sender adalah pengajuan akun WA API. Tahapan ini membutuhkan waktu sekitar 3 hari kerja.

Jika pengajuan akun WhatsApp bisnis resmi ini disetujui, maka proses selesa. Artinya, akun WhatsApp Anda telah verified sehingga akan memiliki centang hijau di samping display name.

Apa saja Fitur yang Bulk WhatsApp Sender Miliki?

Bulk WhatsApp dapat mengirimkan pesan ke pelanggan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan. Hal ini dapat menghemat waktu Anda dan lebih banyak menjangkau pelanggan.

Bulk WA sender juga memiliki beberapa fitur seperti berikut:

– Virtual Assistant Chatbot

Asisten virtual Chatbot memiliki kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence). Sistem ini otomatis merespon setiap permintaan pelanggan secara cepat. Jadi Anda tidak akan kerepotan membalas pelanggan satu per satu.

Baca juga: Manfaat, dan Cara Membuat WA Chatbot

– Integrasi CRM

Integrasi WhatsApp dengan memudahkan Anda dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Hal ini tentu akan membantu Anda dalam mempersonalisasi pesan WhatsApp untuk pelanggan.

Sistem CRM akan mengelola semua informasi pelanggan seperti nama, nomor kontak, riwayat interaksi dan lainnya. Informasi tersebut dapat membantu Anda dalam personalisasi pesan WhasApp sender yang akan Anda kirimkan ke pelanggan.

– Otomatisasi WhatsApp

Fitur otomatisasi berperan menyimpan seluruh interaksi pelanggan dengan bisnis. Kemudian riwayat tersebut disatukan, sehingga mudah diakses oleh tim support untuk melayani pelanggan, termasuk mengirimkan WA bulk sender yang dipersonalisasi.

– WhatsApp Multi Device

Setelah Anda mengirimkan bulk WhatsApp sender, mungkin banyak pesan pelanggan yang menanyakan lebih lanjut terkait isi pesan bulk. Hal tersebut tentu harus segera Anda respon, agar tetep terjaga interaksi dengan pelanggan.

Fitur WA Multi device memungkinkan Anda mengakses WhatsApp dengan banyak admin sekaligus dari berbagai perangkat. Hal ini membantu bisnis merespon pelanggan lebih cepat dengan adanya banyak admin.

– Rotator

Fitur Rotator akan meneruskan pesan pelanggan secara otomatis dan adil ke tim support seperti yang telah diatur. Hal ini tentu menguntungkan bisnis karena dapat menyelesaikan permasalahan pelanggan lebih cepat.

Verified Badge (Centang hijau)

Tanda centang hijau (green tick) pada akun WA bulk sender Anda menandakan bahwa akun WhatsApp terverifikasi miliki bisnis legal. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas serta customer trust terhadap pesan bulk yang Anda kirimkan.

Baca juga: Manfaat Verified Badge WhatsApp

– Dashboard Pelaporan

WhatsApp bulk memiliki dashboard yang menyajikan laporan analitik interaktif. Dashboard tersebut akan menampilkan status pesan wa bulk sender seperti pesan terkirim, tidak terkirim, dibaca dan lainnya.

Bagaimana Cara Mengirimkan WhatsApp Bulk Sender?

Berikut cara menggunakan bulk WA Sender ke pelanggan secara mudah dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

Step 1. Pilih WhatsApp Official Partner di Indonesia

Untuk dapat mengirimkan banyak pesan, Anda harus menggunakan akun WhatsApp Bisnis Resmi atau API WhatsApp. Cara membuat API WhatsApp hanya bisa melalui Business Solution Provider (BSP) di negara Anda berada, salah satunya Mekari Qontak.

Step 2. Lakukan verifikasi akun bisnis

Proses verifikasi memerlukan data pendukung untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut telah. Data tersebut memenuhi persyaratan WhatsApp. Data yang dimaksud meliputi:

  1. Nama perusahaan,
  2. Website URL,
  3. Email domain
  4. SIUP/NIB/NPWP bisnis

Verifikasi Facebook business manager cukup membingungkan sebagian bisnis. Mekari Qontak akan membantu bisnis Anda dalam melakukan verifikasi.

Step 3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Isi Profil

Setelah terverifikasi, tentukan satu nomor telepon yang akan digunakan sebagai nomor bisnis. Nomor ini tidak dapat diganti untuk seterusnya.

Perbarui profil dengan mengisi informasi detail bisnis, sehingga pelanggan dapat mengenal bisnis sebelum mengajukan pertanyaan. Isi prodil dengan informasi yang perlu pelanggan ketahui seperti jam operasional, alamat, email dan sebagainya.

Selanjutnya, tanda centang hijau WhatsApp akan terlihat. Nama bisnis juga akan terlihat pada layar pelanggan meski mereka belum menyimpan kontak Anda.

Sebagai tambahan, Anda dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi CRM yang disediakan Qontak. Aplikasi CRM akan mempermudah Anda dalam mengelola hubungan pelanggan menjadi lebih efisien.

Step 4. Siapkan daftar kontak

Anda tidak perlu menyimpan kontak pelanggan satu persatu untuk mengirimkan bulk WhatsApp sender. Sebagai gantinya, impor daftar kontak dalam format excel atau csv. Setelah Anda mengunggah file tersebut pada sistem, tekan ‘Save‘.

Step 5. Siapkan template dan submit WhatsApp Bulk

Buat template WhatsApp minimal 1 hari sebelum pengiriman untuk diperiksa oleh pihak WhatsApp. Isi template pesan dapat berupa teks, gambar, video hingga file. Hindari isi pesan yang mengandung hard selling seperti kata diskon, promo dan lainnya.

Step 6. Kirim pesan WhatsApp Bulk

Setelah template mendapat persetujuan, kirimkan bulk WhatsApp sender dengan kontak dan template yang ada. Dalam hitungan menit sistem akan mengirimkan secara otomatis.

Susun pesan berseri dan terjadwal yang bisa dikirim otomatis ke WhatsApp pelanggan. Dengan ini, aktifitas follow up jadi lebih terstruktur, sistematis dan masif.

Dapatkan WA Bulk Sender Resmi Terbaik

WhatsApp Bulk Sender resmi terbaik hanya dapat diperoleh melalui Business Solution Partner resmi WhatsApp di Indonesia, seperti Mekari Qontak. Mekari Qontak menawarkan WA bulk sender dengan mudah, karena tim Mekari Qontak akan membantu Anda secara optimal.

Anda juga dapat mengoptimasi proses bisnis Anda dengan menggabungkan aplikasi Bulk WhatsApp Anda dengan aplikasi CRM Omnichannel yang juga disediakan oleh Mekari Qontak.

Sementara itu, lebih dari 3000+ perusahaan menggunakan Mekari Qontak untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka. Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jika Anda masih bingung atau ragu, Anda juga dapat berkonsultasi dulu dengan tim Mekari Qontak. Anda juga dapat memanfaatkan FREE TRIAL dari Mekari Qontak untuk Anda.

CTA Qontak's Banner_WhatsApp API

Kategori : BisnisWhatsApp
Gunakan Mekari Qontak untuk kemudahan bisnis Anda promo desember Klaim Promo
Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Qontak
WhatsApp WhatsApp Sales