Mekari Qontak
Customer Service Other Business

WhatsApp CRM: Manfaat dan Cara Mendapatkannya

telemarketing-B2B-dan-B2C

WhatsApp CRM, Sebuah Integrasi untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis

Saat ini, bisnis telah memanfaatkan WhatsApp sebagai sarana untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan dan customer service. Sayangnya, bisnis kerap merasa kerepotan untuk mengelola dan melacak seluruh komunikasi yang terjadi pada WhatsApp karena banyaknya pesan masuk.

Bagaimana solusinya? Anda dapat menyiasatinya dengan mengintegrasikan WhatsApp dengan software customer relationship management (CRM) atau CRM integration with WhatsApp. Lalu bagaimana cara integrasi WhatsApp CRM?

Pelajari selengkapnya pada artikel di bawah ini.

4 Cara Mudah Mengintegrasikan CRM dengan WhatsApp adalah sebagai berikut:

  1. Dapatkan WhatsApp Business API melalui Business Solution Provider
  2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager
  3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Lengkapi Profil Bisnis Anda
  4. Request CRM Integration With WhatsApp

Image CTA Analisa Instagram


Apa itu WhatsApp CRM?

WhatsApp CRM (Customer Relationship Management) adalah sistem integrasi aplikasi pesan singkat WhatsApp dan aplikasi CRM untuk mengelola interaksi pelanggan dan pelaku bisnis. CRM integration with WhatsApp membantu bisnis dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

CRM integration with WhatsApp bisa dilakukan hanya dengan WhatsApp Business API. Sementara untuk WhatsApp API, Anda dapat bekerja sama dengan provider WhatsApp.

Selain integrasi dengan CRM, WA API juga didukung fitur-fitur canggih lainnya yang membantu Anda meningkatkan layanan pelanggan. Beberapa fitur tersebut adalah integrasi WhatsApp dengan aplikasi CRM Sales dan Customer Service, atau sering disebut sebagai software sales WhatsApp (CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp).

Baca juga: WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp (Agustus 2022)


8 Alasan Pentingnya Menggunakan WhatsApp CRM

Aplikasi CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp bisa memberikan banyak manfaat bagi pemilik bisnis. Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan untuk perkembangan bisnis:

1. Mempermudah dalam melacak calon pelanggan baru

And dapat dengan mudah mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual. Software sales WhatsApp akan sangat memudahkan Anda membangun database yang akan berguna untuk bisnis Anda.

2. Menjaga calon pelanggan potensial

Penggunaan WhatsApp memudahkan bisnis untuk mengirim katalog produk, baik dalam bentuk foto maupun video, kepada calon pelanggan potensial atau prospek. Hal ini bisa disesuaikan dengan interaksi yang mereka lakukan ke tim sales maupun berdasarkan riwayat pembelian mereka yang dapat Anda lacak dengan mudah pada database sistem CRM. Integrasi ini memungkinkan untuk menjadi aplikasi customer service WhatsApp, yang artinya Anda dapat menjadikan WhatsApp sebagai pintu customer service Anda.

3. Follow-up tim sales

Tim sales dapat terbantu dalam melakukan follow up kepada calon pelanggan dengan mengirimkan pesan WhatsApp otomatis. Melalui integrasi dengan sistem CRM, tiap proses yang sedang berlangsung dapat dilihat dengan mudah melalui sales pipeline sehingga proses follow up dapat berlangsung lebih efektif. Software sales WhatsApp akan mempercepat proses follow up dan otomatisasi bisnis Anda.

whatsapp-CRM-qontak

4. Melacak pemesanan dan info terbaru

Software sales WhatsApp akan mmebuat pelanggan dapat memperoleh notifikasi otomatis untuk melacak pesanan dan pengiriman. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah melalui template message sehingga tim customer service tidak pelu melakukannya secara manual.

5. Customer support dan ticketing

Melalui CRM WhatsApp, bisnis dapat dengan mudah membangun WhatsApp untuk Customer Service. Beberapa hal yang bisa dilakukan WhatsApp untuk customer service antara lain:

  • Memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis,  Integrasi ini akan menjadikan aplikasi customer service WhatsApp sebagai salah satu customer service support bisnis Anda.
  • Meningkatkan respon terhadap keluhan pelanggan karena 1 nomor WhatsApp API bisa dipegang oleh banyak CS atau device.
  • Sistem Customer Relationship Management memungkinkan agen CS untuk mengirimkan Outbond WhatsApp Message
  • Adanya WhatsApp Chatbot sebagai auto responder untuk menjawab FAQ dan memberikan informasi umum lainnya
  • Anda juga bisa menyebarkan informasi penting lainnya secara masal kebanyak kontak melalui fitur WA blast.

chatbot-pada-whatsapp-business-api-crm

6. Menganalisis percakapan yang terjadi

Anda dapat memperoleh analisis yang canggih terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak berapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan. Melalui aplikasi integrasi WhatsApp, Anda dapat menganalisa percakapan/chat yang terjadi di nomor Anda.

7. Mempermudah proses pembayaran

WhatsApp API dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem WhatsApp.

8. Meningkatkan kerja sama tim

Hampir semua orang menggunakan WhatsApp, termasuk tim sales dan support. Melalui aplikasi WhatsApp, hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan maupun tiket yang didelegasikan kepada mereka dapat dilakukan dengan mudah, termasuk jika ada hal yang perlu penanganan dengan cepat. Hal ini membantu seluruh anggota tim berada pada posisi yang sama dan memastikan mereka memiliki informasi terbaru tentang apa yang sedang terjadi serta memiliki solusi terbaik dengan cepat. Dengan memusatkan seluruh komunikasi bisnis yang terjadi, operasional bisnis akan berjalan lebih efisien.

Baca Juga: 15 Aplikasi CRM Terbaik 2022 untuk Bisnis


Bagaimana Cara Kerja WhatsApp CRM pada Bisnis?

CRM integration with WhatsApp akan otomatis mendeteksi pelanggan yang menghubungi nomor WhatsApp Business Anda. Sistem akan mengubah pesan tersebut sebagai ticket yang dapat langsung ditangani oleh tim customer service. Semua percakapan antara tim CS dan pelanggan akan otomatis tersimpan sebagai data pelanggan dalam sistem CRM. Data tersebut dapat Anda akses kapan saja dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Chatbot pada WhatsApp API untuk merespon pelanggan otomatis (auto reply). WA Bot juga bisa Anda manfaatkan untuk menuntun pelanggan menyelesaikan masalahnya sendiri melalui automated form. Jika pelanggan tidak mendapat jawaban yang diinginkan, mereka dapat meminta bantuan tim CS.

Untuk selengkapnya, Anda dapat melihat video berikut:


Apa Manfaat Menggunakan WhatsApp CRM?

CRM integration with WhatsApp didukung fitur canggih yang mendorong bisnis memberikan layanan pelanggan lebih baik. Melalui sistem integrasi ini memberikan akses tim CS untuk melihat informasi pelanggan dengan perspektif 360 derajat, sehingga dapat melakukan tugasnya tanpa harus meninggalkan tampilan WhatsApp.

Selain itu, masih banyak manfaat yang akan dapat Anda nikmati setelah menggunakan CRM integration with WhatsApp, antaranya sebagai berikut:

  • Otomatis mendeteksi dan menyimpan identitas prospek atau pelanggan yang berasal dari WhatsApp
  • Riwayat percakapan atau progress deals dari WA akan tersimpan secara otomatis pada sistem CRM
  • Mengelola alur proses sales dan customer service
  • Menyediakan laporan analisis canggih yang menampilkan kinerja tim CS seperti jumlah percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • WhatsApp API dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem WhatsApp

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp CRM untuk Bisnis Anda?

Cara mendapatkan integrasi WhatsApp CRM sebenarnya cukup mudah. Berikut adalah langkah untuk mendapatkannya:

Step 1. Dapatkan WhatsApp Business API melalui Business Solution Provider

Logo Mekari Qontak

Untuk bisa menggunakan integrasi WhatsApp dengan CRM, Anda harus menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp jenis ini berbeda dengan WhatsApp Business biasa, dimana WhatsApp Business biasa tidak bisa diintegrasikan dengan apapun dan fiturnya pun cukup terbatas.

WhatsApp Business API hanya bisa didapatkan melalui Business Solution Provider (BSP) atau partner resmi Facebook. Di Indonesia, salah satu BSP terbaik ialah Mekari Qontak. Dengan mendaftarkan melalui Qontak, Anda sudah otomatis mendapatkan WhatsApp CRM sekaligus.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager

verifikasi-whatsapp-api-auto-reply

Selanjutnya, Anda memerlukan proses verifikasi data untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan WhatsApp. Data yang digunakan meliputi:

  1. Nama perusahaan,
  2. Website URL,
  3. Email domain
  4. SIUP/NIB/NPWP bisnis

Verifikasi Facebook business manager cukup membingungkan sebagian bisnis. Mekari Qontak membantu bisnis dalam melakukan verifikasi.

Step 3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Lengkapi Profil Bisnis Anda

Cara Menggunakan whatsapp blast-aktifkan nomor

Setelah terverifikasi, tentukan satu nomor telepon yang akan Anda gunakan sebagai nomor bisnis. Nomor ini tidak dapat Anda ganti untuk seterusnya. Selanjutnya akan terlihat centang hijau saat WhatsApp telah aktif. Nama bisnis otomatis akan terlihat pada layar pelanggan meski mereka belum menyimpan kontak Anda. Setelah proses ini, Anda dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi CRM milik Mekari Qontak.

Perbarui profil dengan mengisi informasi detail bisnis, sehingga pelanggan dapat mengenal bisnis sebelum mengajukan pertanyaan. Pada tahap ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai branding serta mengatur hal lain yang perlu pelanggan ketahui seperti jam operasional, katalog produk dan sebagainya.

Step 4. Request CRM Integration With WhatsApp

manajemen-customer-service-aplikasi-CRM

Setelah nomor WA API Anda aktif, Anda dapat mengajukan request untuk integrasi dengan CRM. Qontak.com menyediakan paket yang sudah otomatis mendapatkan integrasi WhatsApp CRM di dalamnya.

Rekomendasi: Apa itu CRM? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya


Dapatkan Integrasi WhatsApp dan CRM untuk solusi bisnis Anda Sekarang!

WhatsApp API Mekari Qontak

Seiring dengan meningkatnya persaingan antar bisnis serta meningkatnya permintaan pelanggan terhadap customer experience yang lebih baik, software sales WhatsApp merupakan solusi terbaik untuk bisnis Anda. Integrasi ini akan membantu memberikan respon secara cepat terhadap seluruh pertanyaan pelanggan, memberikan notifikasi pesanan, dan menganalisis seluruh percakapan.

Mekari Qontak merupakan one stop solution untuk bisnis Anda, mulai dari memulai WhatsApp Business API, software CRM sales dan customer service, hingga integrasi WhatsApp CRM omnichannel dan aplikasi customer service WhatsApp.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak.com Sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales