Mekari Qontak
Sales

Mengenal Pentingnya Sales Intelligence untuk Meraih Prospek

best crm qontak by mekari

Pelajari Cara Mendapatkan Banyak Prospek dengan Sales Intelligence

Sales intelligence merupakan istilah yang diberikan untuk berbagai solusi teknologi yang menyediakan data kepada tenaga penjualan dan pemasar untuk B2B. Teknologi ini membantu tim penjualan dan pemasaran menemukan, menganalisis, menyajikan, dan memanfaatkan data yang berkaitan dengan prospek potensial.

Selanjutnya informasi yang didapatkan bisa dimanfaatkan untuk memahami kebutuhan prospek. Dengan begitu, baik tim sales atau marketing dapat melakukan pendekatan personal sehingga lebih cepat mencapai close deal. Oleh kernena itu, banyak bisnis saat ini menggunakan teknologi sales ini.

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat sales intelligence, dan cara menggunakannya pada artikel di bawah ini.

Aplikasi CRM Mekari Qontak


Apa itu Sales Intelligence?

Sales intelligence adalah teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi prospek dan pelanggan secara detail. Dari data yang terkumpul, Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan dan menyusun strategi bisnis untuk meningkatkan konversi dan menyelesaikan lebih banyak transaksi.

Sales intelligence bekerja dengan mengindeks informasi berkaitan bisnis dari jutaan sumber data terbuka setiap harinya. Proses tersebut akan menghasilkan informasi prospek beserta ciri-cirinya yang lebih detail. Misalnya situs web yang prospek gunakan, sinyal pembelian atau minat apa yang mereka miliki.


Apa Manfaat Sales Intelligence?

Manfaat utama menggunakan sales intelligence software adalah menghasilkan banyak prospek penjualan. Hal tersebut berkat kemampuan aplikasi penjualan ini dalam mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan poin manfaat berikut ini:

– Mendatangkan lebih banyak prospek

Dengan aplikasi penjualan ini, Anda bisa memanfaatkan data terkumpul untuk membuat daftar prospek yang cocok dengan profil pelanggan ideal. Anda juga dapat membuat daftar profil yang mirip dengan basis data pelanggan Anda yang sudah ada. Daftar tersebut bisa Anda gunakan saat menindaklanjuti prospek.

– Menyiapkan pemicu peringatan penjualan

Sales intelligence tools menyediakan data real-time tentang prospek Anda. Jika suatu peristiwa terjadi yang perlu Anda ketahui, itu akan memberitahu Anda.

– Mengelola data pelanggan Anda yang sudah ada

Teknologi intelijen penjualan membuat data pelanggan historis Anda diperbarui secara otomatis. Aplikasi ini juga mengisi celah data yang hilang.

– Personalisasi strategi penjualan Anda

Semakin banyak Anda tahu tentang prospek, semakin Anda dapat menyesuaikan cara Anda menjual kepada mereka. Pendekatan penjualan yang dipersonalisasi sering kali menghasilkan prospek berkualitas lebih tinggi dan lebih banyak konversi.

– Melakukan riset pasar dan mendapatkan wawasan

Ketika Anda mengetahui berapa banyak prospek potensial di luar sana, Anda dapat memperkirakan dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih akurat. Anda juga dapat mengawasi pesaing Anda.

Rekomendasi: 12 Marketing and Sales Tools Terbaik Tahun 2022


Mengapa Data sangat Penting untuk Sales Intelligence?

Tanpa data, strategi penjualan tidak ada gunanya. Alasannya data dapat membantu mendorong kampanye pemasaran yang efektif dan menyempurnakan target pasar.

Pada kasus sales intelligence, semakin banyak data pelanggan yang dikumpulkan, maka semakin baik. Namun, data ini harus berguna dan akurat. Oleh karena itu, penting untuk memperoleh informasi dari berbagai sumber terpercaya dan bermanfaat.

Berbagai studi dan analisis menunjukkan bahwa data sangat penting dalam pengambilan keputusan. Dengan data yang benar-benar bermanfaat, Anda dapat memahami apa yang dicari pelanggan secara lebih mendetail.

Daripada menyelimuti mereka dalam stereotip atau demografi yang kurang diteliti, intelijen penjualan dapat menyatukan platform data hiper-kontekstual, yang tidak terlalu luas atau terlalu khusus.

Terlebih lagi, Artificial Intelligence sangat bagus dalam membantu mengumpulkan data yang sebenarnya relevan. Kejatuhan utama dari pembangunan hubungan yang gagal terletak pada fokus pada data yang salah, atau parameter yang salah.

Dengan program intelijen penjualan yang disempurnakan, Anda dapat memastikan bahwa data yang dikumpulkan berasal dari sumber sangat relevan dan layak untuk ditindaklanjuti.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Baca juga: Business Intelligence: Definisi, Manfaat dan Contoh Penerapannya


Bagaimana Sales Intelligence Meningkatkan Produktivitas Salesman?

– Meningkatkan produktivitas

Sales intelligence memberikan tenaga penjualan detail kontak yang benar untuk prospek dan pelanggan, sehingga mereka dapat melakukan lebih banyak percakapan penjualan sepanjang hari.

– Koneksi yang lebih baik

Kecerdasan penjualan membantu tenaga penjualan memahami kapan prospek kemungkinan besar akan tertarik dengan apa yang mereka katakan. Kemudian, ketika mereka berbicara dengan calon pelanggan, intelijen penjualan membantu mereka menyusun pesan yang beresonansi.

– Siklus penjualan yang lebih pendek

Daripada membuang-buang waktu untuk menghubungi pembeli ketika mereka tidak dalam posisi untuk membeli, intelijen penjualan memanfaatkan data untuk mengingatkan tenaga penjualan pada momen yang sangat penting ketika mereka memiliki niat untuk membeli.

– Data pelanggan lebih bersih

Intelijen penjualan memastikan Anda selalu memiliki informasi terbaru tentang pelanggan Anda, bahkan setelah mereka mendaftar dengan Anda. Informasi ini penting ketika saatnya untuk memperbarui.

– Mengidentifikasi area untuk ditingkatkan

Intelijen penjualan menghasilkan data tentang efektivitas penjualan dan strategi pemasaran. Ini berarti bahwa para pemimpin bisnis dapat dengan cepat menentukan apa yang berhasil atau tidak, dan kemudian bereksperimen dengan cara-cara untuk meningkatkan kinerja di masa depan.


5 Sales Intelligence Tools Terbaik

1. Qontak

Qontak menawarkan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel. Aplikasi Qontak mampu menyimpan dan mengelola semua interaksi pelanggan dan bisnis dalam satu database terpadu. Hal ini memberikan wawasan yang lengkap kepada tim penjualan dan pemasaran untuk menindaklanjuti prospek potensial.

2. Vainu

Vainu adalah aplikasi penjualan dan pemasaran  yang digunakan untuk mengidentifikasi pelanggan dan prospek. Dengan Vainu, tim Anda akan mendapatkan sales intelligence dan wawasan untuk menentukan siapa prospek yang paling ideal ditindaklanjuti. Hal ini mendorong keterlibatan dan interaksi yang tepat waktu dan relevan dengan prospek untuk meningkatkan peluang konversi.

3. 6Sense

6Sense adalah platform manajemen akun dan sales intelligence . Tools ini membantu Anda mengidentifikasi channel yang paling berharga dengan mengungkap wawasan tentang pelanggan Anda. Dengan data intelijen penjualan ini, salesman akan dapat menjangkau untuk berinteraksi dengan prospek dan pelanggan pada waktu yang tepa

4. LinkedIn Sales Navigator

LinkedIn Sales Navigator menggabungkan jaringan yang kuat untuk mempermudah pencarian calon pelanggan. Tools ini menawarkan wawasan sales intelligence untuk meningkatkan strategi penjualan sosial Anda di platform dan meningkatkan peluang Anda terhubung dengan prospek yang sangat berkualitas.

5. ZoomInfo

ZoomInfo menggabungkan database bisnis terlengkap yang memberikan pandangan 360 derajat yang akurat tentang pelanggan, prospek, dan peluang. Dengan fitur yang dimiliki, ZoomInfo membantu tim penjualan dan pemasaran untuk mendapatka  lebih banyak close deal secara operasi.


Bagaimana Cara Menggunakan Sales Intelligence untuk Menghasilkan Prospek yang Close Deal?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sales intelligence software membantu bisnis menghasilkan banyak prospek potensial. Dengan begitu, tim sales lebih mudah untuk menindaklanjutinya hingga mencapai close deal.

Berikut cara menggunakan sales intelligence tools yang tepat adalah

1. Temukan Total Addressable Market

Total-Addressable-Market-Sales-Intelligence

Total Addressable Market (TAM) adalah jumlah total pendapatan yang mungkin dihasilkan oleh produk atau layanan B2B Anda. TAM biasanya merupakan angka pendapatan, tetapi terkadang organisasi menyatakan TAM mereka sebagai jumlah perusahaan di pasar yang dapat menjadi pelanggan.

Bisnis perlu mengetahui TAM mereka untuk menentukan anggaran, memperkiraan pertumbuhan bisnis dan segmentasikan audiens mereka ke dalam kelompok yang lebih kecil untuk pemasaran. Dengan mengetahui siapa yang ada di TAM, salesman bekerja sesuai jalurnya dan menghentikan mereka membuang waktu kepada orang-orang yang tidak membutuhkan produk Anda.

Sales intelligence software dapat membantu Anda menentukan TAM yang akurat menggunakan metode bottom-up dan menganalisis basis prospek untuk mencari tren. Berdasarkan tren tersebut, Anda dapat membuat buyer persona, lalu menggunakan kecerdasan penjualan untuk menemukan orang atau bisnis yang cocok dengan persona tersebut.

2. Pilih waktu tepat untuk menjangkau prospek

Waktu-Sales-Intelligence

Jika Anda dapat mengetahui kapan TAM siap untuk membeli, Anda akan mendapatkan lebih banyak transaksi dengan cepat. Sebab salesman tidak perlu membuang waktu untuk menjangkau prospek saat mereka tidak dalam posisi untuk menjadi pelanggan.

Sales intelligence tools dapat memberitahu salesman Anda waktu yang tepat untuk menjangkau prospek. Intelijen penjualan akan memantau situs web perusahaan, sumber berita, jejaring sosial, dan lainnya untuk mengidentifikasi sinyal bahwa prospek tertarik untuk membeli suatu produk.

Contohnya, jika seorang calon pelanggan baru saja mengumpulkan putaran pendanaan baru, itu mungkin berarti mereka memiliki uang untuk dibelanjakan. Setelah Anda memiliki informasi ini, salesman Anda dapat menghubungi dan membuat kesepakatan dengan mereka.

3. Dapatkan wawasan real time

Wawasan-sales-intelligence

Data minat adalah data perilaku di tingkat perusahaan. Ini menunjukkan ketika perusahaan target mungkin meneliti solusi Anda secara online dengan menganalisis situs web yang mereka kunjungi dan apa yang mereka lakukan disana.

Data tersebut memberitahu tim penjualan Anda kapan waktu yang tepat untuk menjangkau prospek, kapan prospek paling mudah menerima pesan Anda.

Sales intelligence Anda dapat mengirimkan data minat prospek Anda secara real-time, bersama dengan detail kontak yang akurat, sehingga tim penjualan Anda dapat segera menyelesaikan kesepakatan.

4. Bekerja lebih cerdas dengan integrasi CRM

integrasi-CRM-sales-intelligence

Dalam penjualan, waktu sangat berharga. Apapun yang dapat membantu salesman menghemat waktu dan menjadi lebih produktif dapat memiliki efek menguntungkan.

Integrasikan sales intelligence software dengan aplikasi CRM terbaik. Dengan begitu, tenaga penjualan Anda dapat memiliki semua informasi yang mereka butuhkan di satu tempat. Hal ini menghindari duplikasi pekerjaan, membuat mereka terorganisir dan yang paling penting, menghemat waktu.

Contohnya, integrasi dengan sistem CRM membuat Anda tidak perlu berpindah aplikasi untuk menggunakannya. Anda juga dapat mengaturnya untuk memperbarui informasi kontak di sistem CRM secara otomatis, sehingga Anda yakin bahwa Anda memiliki detail yang benar untuk semua prospek Anda.

5. Perkaya data yang sudah ada

Perkaya-data-sales-intelligence

Semakin banyak Anda tahu tentang prospek, semakin mudah untuk menjual kepada mereka. Informasi mendetail dapat membantu Anda menemukan sudut pandang yang tepat untuk menyusun kampanye yang sesuai dengan kebutuhan prospek.

Sales intelligence tools akan memberi Anda dimensi informasi baru, termasuk informasi keuangan dan berita terkini perusahaan. Hal ini membantu Anda menemukan peluang baru untuk berkomunikasi dan menjual produk ke prospek.

6. Tingkatkan strategi penjualan

Tingkatkan-strategi-penjualan

Sales intelligence tools membantu Anda lebih memahami prospek dan pelanggan. Misalnya siapa mereka, dan bagaimana serta mengapa mereka membeli suatu produk. Informasi tersebut memungkinkan para pemimpin penjualan mempersingkat siklus penjualan, sehingga tenaga penjualan dapat menutup lebih banyak transaksi.

Baca juga: Customer Data Platform (CDP): Definisi, Jenis dan Contohnya


Segera Manfaatkan Sales Intelligence untuk Raih Prospek Sebanyak-banyaknya!

Aplikasi CRM Mekari Qontak

Sales intelligence memiliki banyak manfaat terutama dalam mengumpulkan data detail terkait prospek. Dimana data tersebut sangat dibutuhkan oleh tim sales dan tim marketing untuk menyusun strategi efektif yang menghasilkan penjualan.

Ada beberapa cara menggunakan sales intelligence software agar menghasilkan banyak prospek potensial. Salah satunya adalah dengan mengintegrasikan dengan aplikasi CRM. Hal tersebut memberikan Anda kemampuan kuat untuk menindaklanjuti prospek hingga mencapai close deal.

Penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia adalah Qontak.com. Aplikasi CRM Qontak.com memudahkan tim Anda mengakses informasi pelanggan tanpa berpindah platform. Jadi tim dapat melayani semua kebutuhan pelanggan kapan saja secara efisien.

Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales