Daftar isi
9 min read

Mengenal Pentingnya Sales Intelligence untuk Meraih Prospek

Tayang 24 November 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
Mengenal Pentingnya Sales Intelligence untuk Meraih Prospek
Mengenal Pentingnya Sales Intelligence untuk Meraih Prospek

Sales intelligence merupakan istilah yang digunakan untuk berbagai solusi teknologi yang menyediakan data kepada tenaga penjualan dan marketing. Teknologi ini berfungsi untuk menemukan, menganalisis, menyajikan, dan memanfaatkan data yang berhubungan dengan prospek potensial.

Berkat kemampuan tersebut, banyak bisnis saat ini menggunakan teknologi sales ini. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat sales intelligence, dan cara menggunakannya pada artikel di bawah ini.


Apa itu Sales Intelligence?

Sales intelligence adalah teknologi yang berguna untuk mengumpulkan data atau informasi prospek dan pelanggan secara detail. Data tersebut akan dikumpulkan dalam satu database yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sales dan marketing.

Cara kerja sales intelligence dimulai dari mengindeks semua informasi yang berkaitan calon pelanggan dan pelanggan dari berbagai sumber data di internet setiap harinya. Informasi tersebut akan dikelola sehingga bisa terbangun buyer persona.

Informasi yang komperhensif tersebut memudahkan bisnis untuk memahami kebutuhan prospek dan pelanggan. Dengan begitu, lebih bagi tim sales dan marketing untuk menyusun strategi menedakati pelanggan dengan menawarkan produk relevan.


Apa Manfaat Sales Intelligence?

Berdasarkan pengertian sebelumnya, Anda bisa mengetahui salah satu keunggulan sales intelligance adalah membantu memahami pelanggan. Saat bisnis bisa memahami pelanggan dengan baik akan mendatangkan manfaat lainnya seperti berikut:

  • Mendatangkan Lebih banyak Prospek

Keuntungan pertama dari sales intelligace adalah memudahkan dalam menyaring calon pelanggan potensial berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Selanjutnya kumpulkan prospek potensial dengan minat yang sama.

Kemudian pelajari prespektif mereka seperti minat, kebutuhan atau permasalahan yang sering dihadapi. Hal ini memudahkan dalam penyusunan strategi marketing yang tepat untuk mendatangkan lebih banyak profesional.

  • Personalisasi Strategi Penjualan

Selain untuk strategi marketing, informasi yang sales intelligace kumpulkan juga bisa Anda gunakan untuk menyusun strategi penjulan yang efektif. Syarat utama Anda harus memahami kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa menawarkan solusi atau merekomendasikan produk yang relevan.

  • Mengelola Data Pelanggan

Manfaat sales intelligance sebelumnya tidak akan Anda dapatkan jika data yang dimiliki tidak dikelola dengan baik. Selain mengumpulkan data, sales intelligace juga mengelola data secara otomatis. Artinya setiap data yang diakses merupakan informasi real time.

  • Riset Pasar Lebih Mudah

Keuntungan terakhir adalah Anda bisa melakukan riset pasar dengan mudah menggunakan sales intelligence. Dari data yang terkumpul, Anda bisa memprediksi tren pasar yang terjadi. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan sumber daya yang tepat agar bisa bersaing di pasar.

Rekomendasi: 12 Marketing and Sales Tools Terbaik Tahun 2022


Mengapa Data sangat Penting untuk Sales Intelligence?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, mungkin Anda menyadari peran data pada sales intelligace sangatlah penting. Data yang sales intelligace dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti kampanye pemasaran yang efektif dan menyempurnakan target pasar.

Oleh karena itu, semakin banyak data pelanggan yang sales intelligence kumpulkan, maka semakin baik. Namun, data tersebut harus berasal dari berbagai sumber terpercaya dan bermanfaat.

Laporan LinkedIn State of Sales 2021 menyebutkan bahwa sekitar 74% profesional penjualan tertarik untuk berinvestasi dalam alatsales intelligence. Sebab dengan alat tersebut bisa meningkatkan produktivitas sekaligus meringkatkan tugas mereka.

Baca juga: Business Intelligence: Definisi, Manfaat dan Contoh Penerapannya


Bagaimana Cara Sales Intelligence Meningkatkan Produktivitas Salesman?

Setelah mengetahui semua keunggulan sales intelligace, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara mengimplementasikannya dengan tepat. Berikut kami bagikan tips menggunakan sales intelligence untuk meningkatkan produktivitas tenaga penjualan adalah

1. Meningkatkan Produktivitas

Sales intelligence memberikan tenaga penjualan detail kontak yang benar untuk prospek dan pelanggan, sehingga mereka dapat melakukan lebih banyak percakapan penjualan sepanjang hari.

2. Memperluas Jangkauan Pasar

Kecerdasan penjualan membantu tenaga penjualan memahami kapan prospek kemungkinan besar akan tertarik dengan apa yang mereka katakan.

Kemudian, ketika mereka berbicara dengan calon pelanggan, intelijen penjualan membantu mereka menyusun pesan yang beresonansi.

3. Menyederhanakan Siklus Penjualan

Daripada membuang-buang waktu untuk menghubungi pembeli ketika mereka tidak dalam posisi untuk membeli, sales intelligance memanfaatkan data untuk mengingatkan tenaga penjualan ketika mereka memiliki niat untuk membeli.

4. Mengidentifikasi Area untuk Ditingkatkan

Intelijen penjualan menghasilkan data tentang efektivitas penjualan dan strategi pemasaran. Artinya bisnis dapat dengan cepat menentukan apa yang berhasil atau tidak, dan kemudian bereksperimen untuk meningkatkan kinerja di masa depan.


5 Rekomendasi Sales Intelligence Tools Terbaik untuk Bisnis Anda

Jika Anda tertarik untuk menggunakan sales intelligance tools, pastikan aplikasi tersebut memiliki fitur yang Anda butuhkan. Hal ini akan memudahkan dalam mengoperasikannya di masa mendatang.

Namun Anda tidak perlu bingung, sebab kami merekomendasikan lima vendor sales intelligance tools terbaik yang bisa Anda coba, seperti berikut:

1. Mekari Qontak

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan  Omnichannel. Integrasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengelola semua interaksi pelanggan dan bisnis dalam satu database terpadu. Kemampuan tersebut sama dengan fungsi dari sales intelligance tools.

Namun dari segi fungsi, Mekari Qontak memiliki kelebihan lain yakni memiliki fitur custom report yang bisa membuat laporan penjualan secara real time. Hal ini memudahkan Anda untuk melacak semua aktivitas penjualan.

2. Vainu

Vainu menawakan aplikasi yang membantu identifikasi pelanggan dan prospek. Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa memanfaatkan Vainu sebagai sales intelligence untuk menentukan siapa prospek potensial. Hal ini mendorong keterlibatan dan interaksi dengan prospek untuk meningkatkan peluang konversi.

3. 6Sense

6Sense adalah platform manajemen akun dan sales intelligence . Tools ini membantu Anda mengidentifikasi channel yang paling berharga dengan mengungkap wawasan tentang pelanggan Anda.

Bedasarkan data intelijen penjualan ini, salesman akan dapat menjangkau untuk berinteraksi dengan prospek dan pelanggan pada waktu yang tepa

4. LinkedIn Sales Navigator

LinkedIn Sales Navigator menggabungkan jaringan yang kuat untuk mempermudah pencarian calon pelanggan. Tools ini menawarkan wawasan sales intelligence untuk meningkatkan strategi penjualan sosial Anda di platform dan meningkatkan peluang Anda terhubung dengan prospek.

5. ZoomInfo

ZoomInfo menggabungkan database bisnis terlengkap yang memberikan pandangan 360 derajat yang akurat tentang pelanggan, prospek, dan peluang. Dengan fitur yang dimiliki, ZoomInfo membantu tim penjualan dan pemasaran untuk mendapatka  lebih banyak close deal secara operasi.


Bagaimana Cara Menggunakan Sales Intelligence untuk Menghasilkan Close Deal?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sales intelligence software membantu bisnis menghasilkan banyak prospek potensial. Dengan begitu, tim sales lebih mudah untuk menindaklanjutinya hingga mencapai close deal.

Berikut cara menggunakan sales intelligence tools yang tepat adalah

1. Temukan Total Addressable Market

Total Addressable Market (TAM) adalah jumlah total pendapatan yang mungkin dihasilkan oleh produk atau layanan B2B Anda. TAM biasanya merupakan angka pendapatan, tetapi terkadang organisasi menyatakan TAM mereka sebagai jumlah perusahaan di pasar yang dapat menjadi pelanggan.

Bisnis perlu mengetahui TAM mereka untuk menentukan anggaran, memperkiraan pertumbuhan bisnis dan segmentasikan audiens mereka ke dalam kelompok yang lebih kecil untuk pemasaran.

Dengan mengetahui siapa yang ada di TAM, salesman bekerja sesuai jalurnya dan menghentikan mereka membuang waktu kepada orang-orang yang tidak membutuhkan produk Anda.

Sales intelligence software dapat membantu Anda menentukan TAM yang akurat menggunakan metode bottom-up dan menganalisis basis prospek untuk mencari tren.

Berdasarkan tren tersebut, Anda dapat membuat buyer persona, lalu menggunakan kecerdasan penjualan untuk menemukan orang atau bisnis yang cocok dengan persona tersebut.

2. Pilih Waktu Tepat untuk Menjangkau Prospek

Jika Anda dapat mengetahui kapan TAM siap untuk membeli, Anda akan mendapatkan lebih banyak transaksi dengan cepat. Sebab salesman tidak perlu membuang waktu untuk menjangkau prospek saat mereka tidak dalam posisi untuk menjadi pelanggan.

Sales intelligence tools dapat memberitahu salesman Anda waktu yang tepat untuk menjangkau prospek. Intelijen penjualan akan memantau situs web perusahaan, sumber berita, jejaring sosial, dan lainnya untuk mengidentifikasi sinyal bahwa prospek tertarik untuk membeli suatu produk.

Contohnya, jika seorang calon pelanggan baru saja mengumpulkan putaran pendanaan baru, itu mungkin berarti mereka memiliki uang untuk dibelanjakan. Setelah Anda memiliki informasi ini, salesman Anda dapat menghubungi dan membuat kesepakatan dengan mereka.

3. Dapatkan Wawasan Real Time

Data minat adalah data perilaku di tingkat perusahaan. Ini menunjukkan ketika perusahaan target mungkin meneliti solusi Anda secara online dengan menganalisis situs web yang mereka kunjungi dan apa yang mereka lakukan disana.

Data tersebut memberitahu tim penjualan Anda kapan waktu yang tepat untuk menjangkau prospek, kapan prospek paling mudah menerima pesan Anda.

Sales intelligence Anda dapat mengirimkan data minat prospek Anda secara real-time, bersama dengan detail kontak yang akurat, sehingga tim penjualan Anda dapat segera menyelesaikan kesepakatan.

4. Bekerja Lebih Cerdas dengan Integrasi CRM

Dalam penjualan, waktu sangat berharga. Apapun yang dapat membantu salesman menghemat waktu dan menjadi lebih produktif dapat memiliki efek menguntungkan.

Integrasikan sales intelligence software dengan aplikasi CRM terbaik. Dengan begitu, tenaga penjualan Anda dapat memiliki semua informasi yang mereka butuhkan di satu tempat. Hal ini menghindari duplikasi pekerjaan, membuat mereka terorganisir dan yang paling penting, menghemat waktu.

Contohnya, integrasi sistem CRM membuat Anda tidak perlu berpindah aplikasi untuk menggunakannya. Anda juga dapat mengaturnya untuk memperbarui informasi kontak secara otomatis, sehingga Anda memiliki detail yang benar untuk semua prospek Anda.

5. Perkaya Data yang sudah Ada

Semakin banyak Anda tahu tentang prospek, semakin mudah untuk menjual kepada mereka. Informasi mendetail dapat membantu Anda menemukan sudut pandang yang tepat untuk menyusun kampanye yang sesuai dengan kebutuhan prospek.

Sales intelligence tools akan memberi Anda dimensi informasi baru, termasuk informasi keuangan dan berita terkini perusahaan. Hal ini membantu Anda menemukan peluang baru untuk berkomunikasi dan menjual produk ke prospek.

6. Tingkatkan strategi penjualan

Sales intelligence tools membantu Anda lebih memahami prospek dan pelanggan. Misalnya siapa mereka, dan bagaimana serta mengapa mereka membeli suatu produk.

Informasi tersebut memungkinkan para pemimpin penjualan mempersingkat siklus penjualan, sehingga tenaga penjualan dapat menutup lebih banyak transaksi.

Baca juga: Customer Data Platform (CDP): Definisi, Jenis dan Contohnya


Segera Manfaatkan Sales Intelligence untuk Raih Prospek Sebanyak-banyaknya!

Sales intelligence memiliki banyak manfaat terutama dalam mengumpulkan data detail terkait prospek. Dimana data tersebut sangat dibutuhkan oleh tim sales dan tim marketing untuk menyusun strategi efektif yang menghasilkan penjualan.

Ada beberapa cara menggunakan sales intelligence software agar menghasilkan banyak prospek potensial. Salah satunya adalah dengan mengintegrasikan dengan aplikasi CRM. Hal tersebut memberikan Anda kemampuan kuat untuk menindaklanjuti prospek hingga mencapai close deal.

Penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Aplikasi CRM Mekari Qontak memudahkan tim Anda mengakses informasi pelanggan tanpa berpindah platform. Jadi tim dapat melayani semua kebutuhan pelanggan kapan saja secara efisien.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Mekari Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Yuk, Coba Demo Gratis Aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak.

Kategori : Bisnis ToolsSales
WhatsApp WhatsApp Sales