Mekari Qontak
Other Business

Mengenal Apa Itu Augmented Reality dan Contohnya

Ikea Place

Ini Dia Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Augmented Reality!

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah virtual reality bukan? Tapi bagaimana dengan augmented reality (AR)? Apakah Anda pernah mendengar atau mengetahuinya?

Augmented reality merupakan teknologi yang dapat menyajikan informasi digital yang relevan dalam konteks lingkungan fisik. Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan lengkap tentang augmented reality di bawah ini!

Aplikasi CRM Mekari Qontak


Apa Itu Augmented Reality?

Pengertian augmented reality adalah teknologi yang menjembatani kesenjangan antara dunia virtual dan fisik menggunakan elemen visual digital, suara, atau rangsangan sensorik lainnya, yang ditampilkan di layar untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik.

Sederhananya, augmented reality merupakan metode interaktif yang sangat visual untuk menyajikan informasi digital yang relevan dalam konteks lingkungan fisik.

Sementara itu, teknologi ini tidak seperti virtual reality (VR) yang memberikan pengalaman artifisial dan sepenuhnya imersif atau mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital. Sebaliknya, ini terdiri dari komponen virtual yang ditempatkan di lingkungan sekitar Anda.


Apa Saja Jenis Augmented Reality?

Saat ini terdapat beberapa jenis augmented reality yang digunakan untuk berbagai bidang, mulai dari pemasaran hingga permainan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis AR yang ada saat ini.

Superimposition Augmented Reality

Superimposition AR dapat mengenali objek di dunia fisik dan meningkatkannya dalam beberapa cara untuk memberikan tampilan alternatif. Ini dapat mencakup menciptakan kembali sebagian dari objek atau keseluruhannya secara keseluruhan.

Sederhananya, AR jenis ini dapat membantu Anda memvisualisasikan keseluruhan atau sebagian dunia fisik dengan augmented.

Location-based Augmented Reality

Jenis AR berikutnya adalah location-based AR atau AR berbasis lokasi yang dapat mengikat konten digital dan pengalaman yang diciptakan ke tempat tertentu.

Biasanya objek AR akan dipetakan, sehingga ketika lokasi pengguna cocok dengan tempat yang telah ditentukan, maka objek tersebut akan ditampilkan di layar.

Marker-based Augmented Reality

Augmented reality jenis ini dapat bekerja dengan menggunakan penanda untuk memicu pengalaman yang akan ditampilkan di layar.

Penanda yang digunakan sering dibuat dengan pola yang berbeda, seperti kode QR atau desain unik lainnya. Penanda akan bertindak sebagai jangkar untuk teknologi tersebut.

Ketika penanda di dunia fisik dikenal oleh aplikasi AR, maka konten digital akan ditempatkan di atasnya atau ditampilkan di layar.

Marker-based AR umumnya digunakan untuk tujuan pemasaran atau ritel.

Markerless Augmented Reality

Berbeda dengan jenis AR berbasis penanda sebelumnya, AR jenis ini tidak berbasis penanda dan lebih fleksibel, karena dapat memungkinkan pengguna untuk memutuskan di mana harus meletakkan objek virtual yang mereka inginkan.

Anda dapat mencoba lokasi dan gaya yang berbeda sepenuhnya secara digital, tanpa harus memindahkan objek apa pun di sekitar Anda.

Lebih lanjut, markerless AR biasanya bergantung pada hardware, seperti kamera, GPS, kompas digital, atau  akselerometer,  untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan perangkat lunak AR untuk melakukan tugasnya.

– Projection-based Augmented Reality

Projection-based AR sedikit berbeda dengan jenis AR tanpa penanda lainnya, ini karena Anda tidak memerlukan perangkat seluler untuk menampilkan konten.

Sebaliknya, cahaya akan memproyeksikan grafik digital ke objek atau permukaan untuk menciptakan pengalaman interaktif bagi pengguna.

Sederhananya, augmented reality ini menampilkan hologram untuk membuat objek 3D yang dapat berinteraksi dengan pengguna.


Bagaimana Cara Membuat Augmented Reality?

Apakah Anda seorang programmer atau ahli teknologi? Jika iya, membuat augmented reality mungkin bukan sesuatu yang menakutkan bagi Anda.

Namun, jika Anda bukan keduanya, Anda mungkin akan merasa bingung tentang bagaimana cara membuat augmented reality. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mulai belajar untuk membuat AR dengan cara-cara berikut ini.

1. Mencari ide yang menarik

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu ide yang bagus untuk meningkatkan bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda juga dapat menganalisis bisnis pesaing untuk mencari ide-ide unik yang menarik dapat meningkatkan bisnis Anda.

2. Menjelajahi software development kit (SDK) dan platform yang ada

Untuk membuat dan mengembangkan AR, Anda membutuhkan SDK dan platform yang tepat. Oleh karena itu, Anda dapat menjelajahi pasar SDK guna mengetahui tools atau platform seperti apa yang cocok dengan Anda.

Dalam hal ini, Anda perlu menyesuaikan tools yang Anda pilih dengan ide, anggaran dah keahlian Anda.

Apabila Anda memiliki pengetahuan mendalam tentang C++, Java, atau C#, maka Anda dapat menggunakan platform seperti Vuforia, ARToolKit, dan Wikitude.

Namun, jika Anda merasa tidak familiar dengan bahasa pemrograman, Anda dapat memilih platform seperti Blippar atau Aurasma yang merupakan pilihan terbaik untuk pemula.

3. Menyiapkan objek 3D

Untuk membuat AR, Anda membutuhkan kehadiran objek 3D. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan objek 3D yang sesuai dengan ide Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat mengundul model yang ada atau mempelajari cara membuatnya sendiri.

4. Membuat pelacak 2D

Pelacak 2D merupakan penanda yang berisikan gambaran spesifik yang ditempatkan di permukaan dan dipindai oleh perangkat dengan bantuan AR. Penanda ini biasanya dapat berupa kode QR atau desain-desain unik lainnya.

5. Membuat desain unik dan menyiapkan semua data yang diperlukan

Selanjutnya Anda perlu membuat desain unik dan menyiapkan semua model 3D, gambar, file teks, dan seluruh data yang diperlukan untuk membuat AR yang Anda inginkan.

6. Meletakkan semua elemen dalam satu platform pilihan

Setelah menyiapkan semua data yang diperlukan, kini saatnya untuk Anda meletakkan semua elemen secara bersamaan pada satu platform yang telah Anda pilih.

Kemudian Anda dapat memulai proses pemrograman augmented reality yang Anda inginkan.


Seperti Apa Contoh Augmented Reality?

– Pokémon GO

Contoh Augmented Reality Pokemon Go

Sumber: Pokémon GO

Untuk Anda pecinta game atau Pokémon, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Pokémon GO bukan?

Pokémon GO adalah satu aplikasi permainan yang menggunakan teknologi augmented reality dengan jenis location-based.

Permainan ini menawarkan teknologi AR yang membawa Pokémon virtual ke dunia nyata melalui ponsel cerdas yang Anda miliki. Di mana dalam permainaan tersebut Anda didorong untuk menemukan karakter Pokémon sebanyak mungkin.

– IKEA Place

Ikea Place

Sumber: IKEA Place

Contoh AR berikutnya datang dari aplikasi milik salah satu toko furnitur ternama dunia, IKEA. IKEA menghadirkan sebuah aplikasi superimposition AR yang bernama IKEA Place.

Aplikasi ini menggabungkan teknologi AR terbaru dan solusi rumah pintar IKEA untuk membantu penggunanya dalam menemukan inspirasi rumah terbaik.

IKEA Place bekerja dengan cara menempatkan model 3D skala nyata secara virtual di ruangan penggunanya. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memvisualisasikan bagaimana gambaran ruangan Anda ketika menggunakan produk furnitur dari IKEA.


Gunakan Augmented Reality dan Tingkatkan Bisnis Anda Sekarang Juga!

Logo Mekari Qontak

Augmented reality merupakan teknologi yang menyajikan informasi digital yang relevan dalam konteks lingkungan fisik. Teknologi ini menggunakan elemen visual digital, suara, atau rangsangan sensorik lainnya, yang ditampilkan di layar untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik.

Saat ini augmented reality digunakan dalam berbagai bidang untuk beragam keperluan, mulai dari marketing hingga permainan. Anda juga dapat menggunakan teknologi canggih ini untuk meningkatkan bisnis Anda.

Sebelum mulai membuat AR, Anda perlu mencari ide unik terkait AR yang ingin Anda buat. Ide ini bisa berasal dari pesaing Anda atau bahkan dari data dan informasi terkait pelanggan Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM terbaik untuk mencari ide, data, dan informasi yang tepat terkait pelanggan serta bisnis Anda.

Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia, untuk membantu Anda mengetahui data dan informasi pelanggan Anda. Sementara itu, Qontak telah dipercaya lebih dari 1000+ perusahaan terkemuka untuk membantu mengelola hubungan bisnisnya secara efisien dan efektif.

Jadi tunggu apa lagi? Coba gratis aplikasi CRM gratis selama 14 hari dari Qontak.com, atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Qontak.com.

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales