Daftar isi
5 min read

Flywheel Marketing: Definisi, Tahapan, Kelebihan dan Kekurangannya

Tayang 28 Maret 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
17 Benefits of Using WhatsApp for Business
Flywheel Marketing: Definisi, Tahapan, Kelebihan dan Kekurangannya

Sebagian besar perusahaan saat ini fokus mengembangkan usahanya dengan memperhatikan kepentingan pelanggan. Oleh karena itu, mereka menggunakan strategi flywheel marketing.

Strategi pemasaran tersebut dipilih karena membantu bisnis memahami kebutuhan pelanggan, sehingga produk mereka lebih disukai. Strategi pemasaran Flywheel juga disukai karena mampu membangun citra brand dengan melibatkan pelanggan.

Pelajari selengkapnya mengenai flywheel marketing pada artikel berikut.

Apa itu Flywheel Marketing?

Flywheel marketing adalah strategi pemasaran yang fokus memberikan pengalaman pelanggan menyenangkan. Tujuannya agar tercipta kepuasan sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan.

Flywheel marketing menargetkan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, strategi pemasaran ini berupaya untuk menarik pelanggan baru, memperluas keterlibatan pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang ada.

Perbedaan Flywheel Marketing dan Marketing Funnel

Marketing funnel telah dikenal sejak dahulu sebagai strategi kesuksesan pemasaran bisnis. Metode funnel menempatkan pelanggan sebagai output.

Namun, strategi pemasaran ini memiliki kekurangan. Pelanggan yang dianggap sebagai output tidak dianggap penting lagi setelah transaksi.

Berbeda dengan marketing flywheel yang memposisikan pelanggan sebagai input atau penggerak pertumbuhan bisnis. Maka dari itu, strategi pemasaran ini berupaya meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga berhasil mendatangkan lebih banyak lead dan menambah keuntungan.

Sementara funnel marketing membutuhkan waktu singkat dalam penerapannya, berbeda dengan flywheel marketing yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Apa saja Manfaat Flywheel Marketing?

Ada tiga fungsi utama dari Flywheel marketing, yaitu meningkatkan interaksi pelanggan, menambah pertumbuhan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Ketiga fungsi tersebut juga memberikan manfaat lain bagi bisnis seperti berikut:

– Meningkatkan Interaksi Pelanggan

Fungsi pertama adalah meningkatkan interaksi pelanggan. Sebab, strategi pemasaran ini memberikan promosi berdasarkan informasi pelanggan. Mereka yang merasa kebutuhannya terjawab pada promosi tersebut, akhir tertarik mengetahui lebih dalam melalui interaksi dengan bisnis bersangkutan.

– Mendapatkan Prospek Berkualitas

Flywheel marketing menempatkan calon pelanggan sebagai komponen terpenting. Artinya semua kegiatan pemasaran fokus memenuhi kelompok pelanggan tertentu.

Dengan memahami target audiens dan memberikan konten yang tepat, strategi marketing ini dapat menghasilkan prospek yang lebih berkualitas dan mengarah ke konversi yang lebih tinggi.

Baca juga: 10 Cara Efektif Mengubah Leads Menjadi Pelanggan Setia

– Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Flywheel marketing mendorong bisnis untuk membuat konten promosi yang relevan, sehingga pelanggan merasa dihargai dan dimengerti. Hal ini berdampak positif untuk bisnis karena menimbulkan kedekatan dengan pelanggan.

– Meningkatkan Konversi Penjualan

Strategi pemasaran Flywheel selalu mengutamakan pelanggan dalam setiap kegiatan yang diambil. Target utamanya agar tercipta pengalaman pelanggan sekaligus kepuasan mereka. Pelanggan yang merasa senang tentu untuk bertransaksi dengan bisnis.

Tahapan Flywheel Marketing dalam Bisnis

Terdapat 3 tahapan dalam menerapkan Flywheel Marketing seperti berikut

1. Attract

Tahapan pertama Flywheel marketing adalah menarik calon pelanggan atau prospek sebanyak mungkin. Prospek yang datang harus sesuai dengan target market yang ditentukan sehingga mudah dikonversi.

Ada beberapa metode yang bisa bisnis usahakan untuk menarik prospek potensial. Misalnya melalui konten marketing di blog atau sosial media.

2. Engage

Setelah bisnis Anda mulai dikenal, maka tahapan selanjutnya adalah memberikan lebih banyak informasi yang penting. Misalnya membuat konten mengenai produk yang Anda tawarkan.

Setelah itu, Anda bisa memberikannya melalui email newsletter. Tentu sebelumnya, tim sales Anda harus menjalin komunikasi dengan pelanggan untuk mengetahui kebutuhan mereka.

3. Delight

Tahapan ketiga ini membedakan marketing flywheel dengan marketing funnel. Setelah sebelumnya, bisnis berhasil menjalin hubungan dengan pelanggan, tahapan selanjutnya adalah up selling.

Pada tahapan ini, bisnis bisa meminta pelanggan untuk review produk atau metode user-generated yang lainnya. Cara tersebut cukup efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Flywheel Marketing

Strategi pemasaran flywheel sangat cocok diterapkan untuk semua jenis bisnis di tengah persaingan pasar yang ketat seperti saat ini.

Meski memberikan banyak keuntungan untuk bisnis, Strategi pemasaran Flywheel juga tidak lepas dari kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan pemasaran flywheel:

Kelebihan Flywheel Marketing

Ada beberapa kelebihan dari flywheel marketing seperti berikut:

  • Memberikan pengalaman yang lebih baik sehingga mampu mempertahankan pelanggan untuk loyal terhadap brand.
  • Mendorong pelanggan untuk membagikan pengalaman menyenangkan mereka, sehingga menimbulkan kepercayaan pelanggan lainnya.
  • Meningkatkan efisiensi biaya dengan mempertahankan pelanggan daripada biaya akuisisi pelanggan baru
  • Memperkuat branding dengan konsisten membangun brand positif di mata pelanggan.

Kekurangan Flywheel Marketing

Selain kelebihan, Flywheel marketing juga memiliki kekurangan seperti berikut:

  • Membutuhkan waktu relatif lama untuk mendapatkan momentum yang tepat agar roda penjualan terus berputar.
  • Strategi pemasaran Flywheel memerlukan waktu yang relatif lama untuk mencapai hasil signifikan.
  • Butuh data serta analitik yang kuat agar strategi pemasaran ini bisa berjalan optimal.
  • Dibutuhkan kerja sama tim dari semua lini bisnis untuk mencapai tujuan.

Contoh Flywheel Marketing

strategi pemasaran flywheel bukanlah strategi pemasaran baru. Banyak bisnis yang berhasil menetapkan strategi pemasaran ini.

Berikut contoh perusahaan yang berhasil mengembangkan strategi pemasaran Flywheel adalah

– Apple

Implementasi Flywheel marketing pada perusahaan Apple

Flywheel Apple fokus pada membangun platform yang memudahkan untuk melakukan distribusi aplikasi mereka. Apple telah membangun ekosistem iOS yang kuat dan populer, sehingga pengguna lebih cenderung memilih iPhone atau iPad. Hal tersebut membantu pemasaran aplikasi dan layanan yang tersedia di platform Apple.

– Amazon

Implementasi Flywheel marketing pada perusahaan Amazon

Ada alasan mengapa Amazon selalu sukses dalam melakukan penjualan. Mereka menggunakan strategi pemasaran flywheel yang melibatkan peningkatan jumlah pelanggan, meningkatkan jumlah barang yang tersedia untuk dijual, dan meningkatkan kecepatan pengiriman.

Semakin banyak pelanggan yang membeli dari Amazon, semakin banyak barang yang tersedia untuk dijual, dan semakin efisien pengiriman dilakukan.

– Tesla

Implementasi Flywheel marketing pada perusahaan Tesla

Strategi flywheel Tesla fokus untuk meningkatkan kualitas dan kinerja mobil listrik mereka, yang berdampak positif pada citra merek mereka. Semakin banyak mobil Tesla yang digunakan, semakin banyak data yang dikumpulkan, dan semakin banyak peningkatan yang diterapkan pada kendaraan mereka.

Implementasikan Flywheel Marketing dengan Tepat Sekarang

Flywheel marketing adalah strategi pemasaran yang fokus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Meski penerapannya membutuhkan waktu relatif lama, namun keuntungan yang bisnis peroleh baik untuk perkembangan bisnis.

Maka dari itu, banyak bisnis saat ini beralih menerapkan strategi pemasaran flywheel. Mereka menggunakan tools seperti aplikasi CRM untuk mengumpulkan informasi pelanggan yang penting untuk strategi pemasaran ini.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Qontak memiliki banyak fitur canggih yang otomatis mengumpulkan serta mengolah informasi pelanggan dari berbagai saluran dalam satu sistem terpadu.

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales