Daftar isi
4 min read

Panduan untuk Mendapatkan Verifikasi WhatsApp Green Tick

Tayang 06 Maret 2024
Diperbarui 15 Maret 2024
Panduan lengkap Mendapatkan WhatsApp Green Tick
Panduan untuk Mendapatkan Verifikasi WhatsApp Green Tick

WhatsApp green tick atau tanda centang hijau pada WhatsApp dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Pasalnya, tanda centang hijau tersebut merupakan akun WhatsApp telah terverifikasi.

Namun, tidak semua pengguna WhatsApp bisa mendapatkan green tick. Tanda centang hijau khusus untuk akun WhatsApp bisnis yang memenuhi syarat. Proses pengajuan verifikasi juga memakan waktu lama. Penasaran ingin mencobanya?

Yuk, simak penjelasan cara mendapatkan green tick pada WhatsApp di bawah ini.


Apa itu WhatsApp Green Tick?

WhatsApp green tick adalah tanda centang hijau yang berada pada sebelah nomor atau display name WhatsApp Anda. Tanda centang hijau ini hanya berlaku pada pengguna WhatsApp Official Business Edition.

Centang hijau pada WhatsApp menandakan bahwa nomor yang digunakan pada WhatsApp Business API tersebut telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis resmi. Salah satu syaratnya bisnis harus memiliki dokumen legal yang lengkap.

Selain itu, Bisnis yang berhak mendapatkan centang hijau adalah mereka yang hanya menjual produk legal. Mengutip dari laman WhatsApp bahwa Bisnis tidak boleh melakukan transaksi dalam produk atau layanan ilegal, termasuk didalamnya produk tembakau, senjata, alkohol, Obat-obatan, baik berupa obat dengan resep, narkotika, dan banyak lagi.


Bagaimana Cara Memperoleh WhatsApp Green Tick?

WhatsApp Business API (WhatsApp API) tidak biasa yang dapat diunduh dengan gratis pada Google Play Store atau Apple App Store seperti WhatsApp Messenger biasa atau WhatsApp Business. Tahapan selengkapnya bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

Step 1. Pilih WhatsApp Business Solution Provider (BSP) di Indonesia

Salah satu WhatsApp Official Business Partner terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Tim Mekari Qontak siap membantu Anda memperoleh green tick WhatsApp atau centang hijau WhatsApp dengan mudah.

Step 2. Lakukan verifikasi bisnis di Facebook Business Manager

Terdapat proses verifikasi data yang harus dilewati untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut legal serta memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp. Beberapa data tersebut adalah nama perusahaan, Website url, Industri, Daerah Operasional, serta memiliki Facebook Business Manager.

Qontak.com dapat membantu Anda untuk mengunggah dokumen-dokumen tersebut untuk proses registrasi perusahaan. Setelah seluruh syarat terpenuhi, maka Qontak.com dapat mendaftarkan bisnis Anda langsung ke WhatsApp.

Step 3. Pilih nomor yang akan digunakan

Setelah pendaftaran telah disetujui oleh WhatsApp, Anda harus memilih satu nomor yang akan menjadi nomor bisnis Anda. Pikirkanlah baik-baik nomor yang mana yang akan Anda gunakan, karena Anda tidak dapat mengganti nomor tersebut.

Step 4. Lengkapi profil bisnis pada akun WhatsApp API

Anda harus melengkapi profil bisnis Anda agar Anda dapat membangun branding yang kuat. Profil bisnis yang lengkap juga akan membantu prospek atau pelanggan untuk mengenal bisnis Anda dengan lebih baik.

Step 5. Kirimkan pesan percobaan

Setelah semua langkah-langkah diatas telah Anda lewati, maka inilah saatnya Anda mencoba mengirimkan pesan percobaan. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghindari kesalahan dari informasi bisnis yang Anda akan bagikan ke prospek atau pelanggan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka secara otomatis akun WhatsApp Anda akan memperoleh green badge WhatsApp.

Cara Mendapatkan WhatsApp Green Tick

Baca juga: Panduan Lengkap WhatsApp Business API


Apa Manfaat Memiliki WhatsApp Green Tick?

Karena green tick WhatsApp hanya bisa diperoleh jika Anda memiliki WhatsApp Business API, maka dengan memiliki WhatsApp green tick, maka bisnis Anda secara tidak langsung akan mendapatkan manfaat dari WhatsApp API, yaitu sebagai berikut:

  • Bisnis menjadi lebih terpercaya karena bisnis yang memiliki green badge WhatsApp  pasti telah memenuhi banyak persyaratan.
  • Satu nomor akun bisa digunakan oleh banyak agen/ karyawan.
  • Bisa untuk mengirimkan pesan WhatsApp blast sebagai media pemasaran tanpa harus menyimpan nomor prospek atau pelanggan. Pesan WhatsApp blast pun akan terkirim pada saat yang bersamaan, dan tidak ada batasan jumlah nomor yang ingin dikirimi pesan.
  • Dapat diintegrasi dengan aplikasi CRM yang dapat mengoptimalkan dan memudahkan proses bisnis Anda.
  • Centang hijau WhatsApp serta nama dan informasi bisnis Anda lainnya dapat otomatis muncul pada aplikasi WhatsApp prospek atau pelanggan Anda tanpa harus menyimpan kontak Anda terlebih dahulu.

Dapatkan WhatsApp Green Tick Sekarang

Demikianlah tahapan untuk mendapatkan green tick pada akun WhatsApp business Anda. Namun, sebelum itu, Anda perlu mendaftar ke BSP terpercaya seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak akan membantu Anda mendapatkan centang hijua dengan fitur WhatsApp API lainnya. Salah satunya adalah chatbot yang berfungsi merespon secara otomatis.

Dengan Mekari Qontak, Anda juga bisa mengintegrasikan WhatsApp API dengan aplikasi CRM. WhatsApp API yang dijalankan bersamaan dengan sistem CRM dapat meningkatkan kinerja tim Anda sehingga akan meningkatkan juga penjualan pada bisnis Anda.

Jadi tunggu apalagi?

Konsultasikan Kebutuhan bisnis Anda  dan Uji Coba Gratis WhatsApp API di sini.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales