Mekari Qontak
Sales

15 Cara Closing di WhatsApp, Terbukti Ampuh!

kuasai percakapan-cara closing di whatsapp

Sebagian besar bisnis hanya hanya fokus mendatangkan calon pelanggan melalui WhatsApp. Sayangnya mereka lupa tidak semua calon pelanggan tersebut akan mencapai closing (kesepakatan) setelah melakukan percakapan melalui WhatsApp. Oleh sebab itu, Anda harus memahami bagaimana cara mencapai closing di WhatsApp.

Cara closing di WhatsApp sebenarnya susah susah gampang, itu lah mengapa Anda perlu mendalami teknik closing. Sebuah penelitian mengungkapkan 80% pelanggan membeli produk berdasarkan emosi, sedangkan sisanya berdasarkan logika. Hal ini harus dimanfaatkan dengan memberikan layanan pelanggan terbaik salah satunya melalui WhatsApp.

15 cara ampuh closing di WhatsApp sebagai berikut:

  1. Tentukan target dan buat rencana
  2. Mengumpulkan kontak pelanggan
  3. Fokus konten edukasi
  4. Buat broadcast list
  5. Sesuaikan script copywriting
  6. Terapkan alur Funneling
  7. Menguasai percakapan
  8. Memuji pelanggan
  9. Buat penawaran terbatas
  10. Jangan memberikan pertanyaan membingungkan
  11. Pengaruhi pelanggan hingga merasa butuh dengan produk Anda
  12. Berikan kejutan
  13. Manfaatkan teknik Jika – Maka
  14. Gunakan kalimat closing
  15. Akhiri Pertanyaan

Lalu, bagaimana cara ampuh closing di WhatsApp? Yuk pelajari ulasannya pada artikel dibawah ini!

Image CTA API WhatsApp


Apa itu Closing WhatsApp?

Closing WhatsApp adalah kesepakatan jual beli antara pelanggan dan bisnis yang terjadi di aplikasi WhatsApp. Kesepakatan ini biasanya terjadi setelah melakukan percakapan melalui WhatsApp.

Closing WhatsApp sering terjadi terlebih di era digital saat ini pelanggan lebih memilih berkomunikasi dengan bisnis melalui WA. Hal ini juga didukung oleh WhatsApp yang memfasilitasi bisnis dengan meluncurkan WhatsApp Business. Aplikasi ini didesain khusus untuk berkomunikasi lancar dengan pelanggan.

Baca juga: 12 Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis


15 Cara Ampuh Closing di WhatsApp

Closing sangat dibutuhkan oleh bisnis untuk menambah pendapatan. Salah satu media untuk mencapai closing adalah melalui WhatsApp.

Berikut 15 cara ampuh closing di WhatsApp sebagai berikut:

1. Tentukan target dan buat rencana

Setiap aktivitas yang akan dilakukan bisnis harus direncanakan terlebih dahulu, lengkap dengan target yang ingin dicapai. Tujuannya agar semua berjalan lancar, tak terkecuali dalam penjualan.

Apabila Anda serius menggunakan WhatsApp untuk aktivitas marketing, maka Anda harus membuat rencana bulanan. Rencana tersebut harus disertakan target yang harus dipenuhi. Misalnya rencana konten, jualan, plan menjangkau leads, memperluas list building dan sebagainya.

2. Mengumpulkan kontak pelanggan

Berbeda dengan metode pemasaran lainnya, pesan WhatsApp akan tersampaikan jika Anda memiliki kontak pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus mengumpulkan nomor pelanggan.

Setelah itu, Anda bisa menyimpan nomor tersebut. Selanjutnya Anda bisa mengirimkan pesan marketing ke mereka melalui WhatsApp. Semakin banyak kontak pelanggan yang Anda simpan, semakin besar peluang closing yang Anda capai.

3. Fokus konten edukasi

Menyebarkan konten edukasi pilihan tepat untuk Anda yang ingin memperbesar list kontak WhatsApp. Konten ini berfungsi sebagai penarik agar orang mau menjadi daftar kontak yang Anda simpan.

4.Buat broadcast list

Buat list kontak yang akan Anda kirimi pesan broadcast. Satu list broadcast bisa berisi 100 atau 200 kontak pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu membuat template broadcast yang bisa dikirimkan saat ada promo atau atau open pre order.

List broadcast bisa Anda buat tanpa batasan apabila Anda menggunakan WhatsApp business API. Platform whatsApp business ini tidak membatasi Anda untuk mengirimkan broadcast ke banyak kontak tanpa menyimpan nomor mereka.

5. Sesuaikan script copywriting

Script copywriting menjadi teknik yang harus Anda kuasai. Sebab dengan script yang tepat dapat menarik pelanggan. Gunakan pola copywriting sesuai dengan target marketnya:

  • Cold market: jangan langsung berjualan untuk target market ini, sebagai gantinya gunakan covert selling, seeding dan teaser, karena segmen market ini belum dekat dengan Anda.
  • Warm market: pada target market ini, Anda dapat mengenalkan produk tapi dengan menggunakan soft selling karena segmen market ini sudah mulai kenal dengan Anda.
  • Hot market: terdiri dari pelanggan yang sudah pernah membeli produk Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan teknik hard selling. Namun sebelumnya Anda harus menggunakan teaser dan edukasi terlebih dahulu

6. Terapkan alur Funneling

Sebelum Anda mulai mengirimkan pesan ke pelanggan, Anda membutuhkan strategi funneling khusus. Dimana funneling adalah tahapan yang perlu Anda lakukan sebelum mencapai closing dimulai dari proses edukasi > teaser > calon buyer > buyer > reseller.

Alur funneling dimulai dari menjaring leads atau prospek dari saluran pemasaran bisnis seperti Facebook atau Instagram. Setelah itu Anda bisa mengirimkan pesan berisi konten edukasi yang diteruskan ke tahap funneling berikutnya hingga mencapai closing.

Baca Juga: Panduan Lengkap Sales Funnel

7. Menguasai percakapan

Selanjutnya Anda harus bisa menguasai percakapan dengan pelanggan di WhatsApp. Artinya Anda harus perlu menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan.

Selain itu, Anda juga harus inisiatif bertanya kepada pelanggan. Meski begitu Anda tidak perlu menjaga diri sehingga tidak mengganggu pelanggan.

8. Memuji pelanggan

Selain menguasai percakapan, Anda juga perlu memberikan pujian atas pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. Misalnya “pilihan kakak tepat sekali, wah cocok sekali dengan kakak”.

Diharapkan dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih nyaman dengan Anda dan semakin tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

9. Buat penawaran terbatas

Buatlah kesan seolah penawaran yang Anda berikan terbatas. Misalnya harga spesial hanya untuk hari ini atau produk ini hanya diproduksi 200 pcs, sudah laku terjual 100 pcs.

Hal ini mendorong pelanggan untuk segera memiliki produk Anda. Syaratnya Anda tidak boleh membohongi pelanggan dengan penawaran palsu.

10. Jangan memberikan pertanyaan membingungkan

Jangan sekali-kali membuat pelanggan bingung dengan pertanyaan yang Anda ajukan.

Misalnya dengan mengajukan pertanyaan yang memiliki dua hal berlawanan seperti “Apakah Anda jadi beli atau tidak? Sebaliknya buatlah pertanyaan yang mengarahkan pelanggan untuk membeli.

11. Pengaruhi pelanggan hingga merasa butuh dengan produk Anda

Cara closing di WhatsApp selanjutnya Anda harus bisa mempengaruhi pelanggan. Buat mereka merasa butuh dengan produk Anda dengan membangun percakapan intens.

Dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan saat awal percakapan. Kemudian bujuk pelanggan untuk membeli produk Anda dengan alasan yang logis seperti manfaat atau keunggulan produk Anda yang dicocokan dengan kondisi terkini pelanggan.

12. Berikan kejutan

Berikan kejutan kepada pelanggan jika Anda ini menjadi kedekatan secara khusus. Dengan memberikan kejutan, akan meningkatkan emosi pelanggan dengan Anda. Cara closing di WhatsApp ini efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

13. Manfaatkan teknik Jika – Maka

Gunakan teknik Jika-Maka untuk mempengaruhi keputusan pelanggan. Misalnya “jika Anda tidak membeli sekarang, harga akan naik besok pagi”. Atau bisa juga “Jika Anda punya Anda, maka sayang lewatkan penawaran ini yang tidak bisa ditemukan di toko lain”. Tapi jangan kalimat yang menipu.

14. Gunakan kalimat closing

Cara closing di WhatsApp yang tidak boleh terlewatkan adalah membuat kalimat penutup. Ada beberapa kalimat closing yang menambah ketertarikan pelanggan pada produk Anda seperti berikut:

  • Memberikan penawaran spesial untuk mereka
  • Berilah perbandingan harga dengan kompetitor
  • Bandingkan keunggulan yang akan mereka dapatkan dengan membeli produk Anda segera

15. Akhiri Pertanyaan

Terakhir agar closing penjualan tercapai adalah penjual yang harus mengakhiri percakapan. Apabila pihak pelanggan sudah selesai menjawab pertanyaan Anda, maka Anda juga harus memberikan feedback sehingga Anda lah yang mengakhiri percakapan.

Hal tersebut juga berlaku di semua kondisi sehingga apapun situasinya, pastikan penjual yang mengakhiri percakapan.

kuasai percakapan-cara closing di whatsapp

Rekomendasi: Rahasia Teknik Closing Efektif untuk Meningkatkan Cuan!


Tingkatkan Closing Penjualan Bisnis Anda di WhatsApp Sekarang!

WhatsApp API Mekari Qontak

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh bisnis untuk mencapai closing di WhatsApp seperti yang disebutkan sebelumnya. Cara tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

Saat ini WhatsApp telah menjelma sebagai aplikasi pesan instan yang digunakan oleh banyak bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Untuk menambah nilai jual, bisnis melengkapi aplikasi WhatsApp dengan banyak fitur canggih seperti Chatbot dan centang hijau dari WhatsApp Business API.

Sebagai partner resmi WhatsApp API terbaik di Indonesia, Mekari Qontak menawarkan fitur unggulan untuk meningkatkan closing di WhatsApp Anda. Fitur tersebut diantaranya centang hijau yang meningkatkan kepercayaan pelanggan, WhatsApp blast yang menyebarkan broadcast otomatis tanpa menyimpan kontak dan banyak lagi.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk menangani penjualan dan bisnis mereka. Tidak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales