Mekari Qontak
Other Business

Mengenal Apa Itu Sales Territory Management

Sales Territory Management

Bagi pebisnis baru, berjualan di wilayah baru bisa menjadi hal yang menakutkan. Mengingat ada banyak hal yang perlu dilakukan, termasuk sales territory management.

Mengetahui dari mana Anda harus memulai dan apa yang harus diprioritaskan dalam hal pengelolaan wilayah penjualan tentu bukan hal yang mudah dilakukan.

Oleh sebab itu, Anda membutuhkan sales territory management. Namun apa itu sales territory management?

Yuk, simak pembahasan tentang pengertian sales territory management, manfaat, dan contohnya di artikel berikut ini!

Aplikasi CRM Mekari Qontak


Apa Itu Sales Territory Management?

Sales territory management adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses dalam penyiapan wilayah penjualan.

Manajemen wilayah penjualan tidak hanya mencakup proses pemetaan wilayah penjualan, tetapi juga menugaskan tim penjualan dengan cara yang paling efektif.

Tujuannya adalah untuk meminimalkan gangguan yang mungkin terjadi dengan peralihan konstan antar wilayah.


Apa Manfaat Sales Territory Management untuk Bisnis?

Sales Territory Management

Selain membantu meminimalkan gangguan, sales territory management juga memiliki manfaat lainnya, antara lain:

1. Menjangkau target pasar secara strategis

Manfaat manajemen wilayah penjualan yang pertama adalah membantu bisnis untuk menjangkau target pasar secara strategis.

Mengingat, setiap wilayah memiliki masalah, kebutuhan, dan solusi yang berbeda. Oleh sebab itu, dibutuhkan manajemen yang tepat untuk dapat menguasainya.

Manajemen ini dapat memungkinkan Anda untuk merencanakan perbedaan-perbedaan tersebut dan menetapkan perwakilan yang paling sesuai untuk setiap wilayah.

2. Memaksimalkan waktu yang digunakan

Menurut sebuah studi, perwakilan penjualan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mencari prospek yang memenuhi syarat.

Apabila mereka melakukan hal tersebut di berbagai wilayah, terutama di wilayah yang sangat berbeda, maka ini akan menyita waktu mereka.

Dengan manajemen wilayah penjualan, Anda dapat memastikan bahwa agen sales tidak perlu beralih di antara berbagai jenis percakapan dan keberatan penjualan untuk mencari prospek yang tepat.

Dengan demikian, agen dapat menggandakan prospek yang paling mereka ketahui, yang akan menudukung mereka untuk mencapai target yang ditentukan.

Selain itu, berfokus pada wilayah tertentu memungkinkan agen baru Anda untuk memahami basis pelanggan dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan tertentu.

3. Memberikan akses pelacakan dan perkiraan kinerja yang tepat

Manfaat sales territory management yang selanjutnya adalah membantu Anda untuk menyelami segmen tertentu dan memahaminya.

Ini termasuk jenis strategi dan teknik penjualan yang bekerja yang efektif, kegiatan yang perlu dilakukan, puncak dan penurunan penjualan, dan masih banyak lagi.

4. Meningkatkan hubungan pelanggan

Manfaat yang terakhir namun tidak kalah penting meningkatkan hubungan dengan pelanggan Anda.

Pengetahuan mendalam tentang suatu wilayah berarti perwakilan Anda dapat menyesuaikan komunikasi mereka dengan prospek baru dan pelanggan saat di wilayah tersebut.

Hal ini tentu akan membangun kehadiran lokal yang kuat dan hubungan pelanggan yang langgeng, terlepas dari seberapa besar ukuran perusahaan Anda.

Baca Juga: Pengertian Sales Tracking System dan Cara Kerjanya


Bagaimana Cara Mapping Territory Management?

Bagi Anda yang ingin mendatangi wilayah baru, Anda mungkin akan bertanya-tanya tentang bagaimana cara mapping territory management yang tepat.

Sehingga Anda nantinya dapat melakukan manajemen wilayah penjualan secara efektif.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut kami jabarkan cara mapping territory management yang bisa Anda coba.

1. Evaluasi Pasar Anda

Evaluasi Pasar

Untuk melakukan mapping territory management yang tepat, Anda perlu mengevaluasi pelanggan dan pasar Anda. Tidak lupa untuk melakukan analisis kompetitor di wilayah tersebut.

Tujuannya adalah untuk  membekali Anda dengan informasi berharga yang akan membantu Anda memisahkan wilayah secara efektif.

Selain itu, evaluasi pasar juga dapat memungkinkan perwakilan untuk memenuhi sasaran penjualan secara lebih konsisten.

2. Bagi Wilayah yang Dipilih

Pembagian Wilayah

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan data penjualan yang Anda peroleh sebelumnya untuk mengevaluasi pasar saat ini.

Kemudian, bagi kelompok prospek dan prospek terdekat ke dalam wilayah geografis dengan nilai yang kira-kira sama.

Lalu, petakan wilayah secara visual untuk melihat dengan jelas di mana mereka berada dan memastikan tidak ada yang tumpang tindih.

3. Tetapkan Perwakilan untuk Setiap Wilayah

Perwakilan Sales Territory

Setelah wilayah Anda dipetakan, Anda dapat mulai menetapkan perwakilan untuk masing-masing wilayah.

Dalam penjualan lapangan, lokasi geografis akan menjadi salah satu pendorong utama bagaimana perwakilan dan wilayah akan dipasangkan.

Jadi, pastikan Anda menetapkan wilayah untuk perwakilan penjualan yang terletak di atau dekat masing-masing wilayah untuk memaksimalkan efisiensi kinerja mereka.


Contoh Sales Territory Management

Misalnya, Anda adalah seorang manajer penjualan yang bertugas untuk membagi tugas dan memantau kinerja perwakilan penjualan Anda di lapangan.

Namun, Anda baru saja diminta oleh perusahaan untuk memperluas pasar untuk meningkatkan penjualan.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan sales territory management untuk memetakan wilayah potensial dan membagi tugas kepada perwakilan penjualan secara efektif.

Sales territory management yang efektif artinya adalah pembagian wilayah yang seimbang. Dan wilayah yang seimbang akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari semua perwakilan penjualan Anda.

Namun, melakukan manajemen wilayah penjualan secara manual bisa menjadi hal yang merepotkan untuk dilakukan. Terlebih ketika perwakilan Anda perlu melakukan tugas dan melaporkan semuanya secara manual.

Oleh sebab itu, Anda membutuhkan territory management system yang dapat membantu untuk mengotomatiskan seluruh tugas manual yang melelahkan.

Dengan menggunakan territory management system, Anda dapat memaksimalkan pembagian wilayah dan memantau kinerja perwakilan secara efektif.

Baca Juga: 10 Sales Tracking Software Terbaik Tahun 2022


Dapatkan Territory Management System Terbaik Sekarang Juga!

Aplikasi CRM Mekari Qontak

Sales territory management merupakan proses komprehensif untuk menetapkan wilayah penjualan, menetapkan perwakilan, dan memantau kinerja wilayah secara efektif.

Namun, melakukan sales territory management secara manual bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, Anda membutuhkan territory management system yang tepat untuk tim penjualan Anda.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai territory management system yang efektif untuk bisnis Anda.

Aplikasi sales CRM Mekari Qontak memungkinkan Anda untuk melakukan live GPS tracking, menerima check-in dan check-out agen, melakukan otomasi dokumen, dan masih banyak lagi.

Mekari Qontak juga sudah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan ternama di Indonesia untuk meningkatkan penjualan, pemasaran, dan layanan bisnis mereka.

Bagaimana, Anda juga tertarik untuk mencoba?

Hubungi Mekari Qontak Sekarang

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales