Daftar isi
5 min read

Analisa Kebutuhan Pelanggan Anda dengan Data Enrichment

Tayang 10 November 2023
Diperbarui 08 Desember 2023
Pengertian Data Enrichment Jenis, dan Manfaat
Analisa Kebutuhan Pelanggan Anda dengan Data Enrichment

Data pelanggan merupakan isu kursial bagi sebuah bisnis. Oleh karena itu, sebagian bisnis mulai mengadoptasi beberapa jenis tools untuk membantu mereka mengelola data tersebut. Salah satu yang populer saat ini adalah data enrichment.

Penggunaan tools data enrichment membantu bisnis untuk memperbaiki data mentah mereka sehingga lebih mudah dimanfaatkan.

Salah satu pemanfaatannya adalah untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan agar pelanggan merasa puas, sehingga berbelaja terus menerus. Menarik bukan?

Pelajari selengkapnya mengenai data enrichment pada artikel berikut.

Apa itu Data Enrichment?

Data Enrichment adalah sebuah tools yang berfungsi memperkaya data eksisting dengan informasi baru, sehingga dapat meningkatkan nilai dan kualitasnya. Tools tersebut umumnya akan menggabungkan banyak data dari berbagai sumber dalam satu sistem.

Setelah disimpan dalam satu sistem, data menjadi lebih mudah diakses saat dibutuhkan. Misalnya untuk pengambilan keputusan bisnis seperti meningkatkan keterlibatan pelanggan, memperbaiki strategi pemasaran, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Oleh karena itu, keberadaan data enrichment sangatlah penting untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan informasi yang akurat dan lengkap.

Baca juga: Pengertian Big Data, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Jenis – Jenis Data Enrichment

Sebelum lebih jauh membahas mengenai data enricment, ada baiknya Anda untuk mengenal jenis-jenisnya. Secara umum, terdapat tiga jenis data enrichment yang dibedakan berdasarkan fungsinya, seperti berikut:

1. Behavioral

Jenis pertama merupakan behavioral yang berisi data berhubungan dengan perilaku pelanggan. Kelompok data ini mempermudah bisnis untuk memahami kebutuhan serta prespektif pelanggan dengan baik.

Berdasarkan informasi tersebut, perusahaan bisa menyusun strategi promosi yang efektif dengan memberikan konten relevan dan rekomendasi produk sesuai kebutuhan pelanggan.

2. Geographic

Jenis data selanjutnya adalah geographic yang berhubungan dengan lokasi atau posisi pelanggan. Hal ini memudahkan bisnis untuk memetakan pelanggan berdasarkan lokasinya, untuk mudah dalam menjangkau mereka.

Selain itu, juga bisa menjadi bagian rencana untuk memperluas jangkauan perusahaan. Pada umumnya, pelanggan pada lokasi yang sama cenderung memiliki kebutuhan atau permasalahan sama, sehingga membutuhkan solusi yang sama pula.

3. Demographic

Demographic enrichment menjadi jenis data enrichment terakhir. Sesuai namanya, jenis ini mengelompokkan data pelanggan berdasarkan demografis tertentu.

Misalnya suatu perusahaan memiliki pelanggan pria berusia 25-45 tahun, maka gunakan bahasa marketing  yang berbeda dengan target pasar remaja kisaran usia 13-18 tahun. Dengan demikian, promosi perusahaan juga akan lebih efektif.

Baca juga: Cara Mendapatkan Customer Database

Manfaat Data Enrichment

Setelah mengenal jenis-jenis data enrichement, ada bisa mengetahui kegunaan dari tools ini. Manfaat utama dari data enrichment adalah membantu bisnis untuk memahami kebutuhan pelanggan lebih baik. Dengan begitu, bisnis bisa memenuhi ekspektasi pelanggan.

Mengutip dari Forbes.com bahwa sekitar 66% pelanggan ingin merek memahami kebutuhan dan harapan unik mereka. Dengan memahami kebutuhan pelanggan, bisnis bisa  memberikan produk dan pelayanan yang memuaskan mereka.

Selain itu, masih banyak manfaat dari data enrichment seperti berikut

  • Memperbaiki Akurasi Data

Pertama, penggunaan data enrichment menambah tingkat akurasi data yang perusahaan miliki. Pasalnya tools ini mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, sehingga membuat data Anda semakin kaya dengan berbagai perspektif.

  • Meningkatkan Wawasan dan Pemahaman Tentang Pelanggan

Berikutnya data yang dikumpulkan dan dikelola oleh data enrichment membarikan wawasan lengkap terkait pelanggan dan operasional bisnis. Hal ini memudahkan bisnis untuk membahami preferensi pembelian, perilaku online, atau mengenal data demografis.

  • Memperkuat Strategi Pemasaran

Manfaat data enrichment selanjutnya adalah membantu perusahaan mengidentifikasi segmen pasar yang berpotensi dimasuki. Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif berdasarkan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan.

Kepuasan pelanggan menjadi keuntungan yang diberikan data enrichment selanjutnya. Tools ini membantu bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan mereka. Hal tersebut terwujud berdasarkan data-data pelanggan yang dikelola dengan baik.

  • Meningkatkan Retensi Pelanggan

Keuntungan terakhir adalah menjaga hubungan pelanggan (customer retention). Tentu saja hal ini dapat terwujud ketika bisnis bisa memberikan pelangalaman pelanggan yang menyengankan seperti yang diberikan manfaat data enrichment sebelumnya.

Rekomendasi Aplikasi Pengumpulan Data Enrichment

Seperti dijelaskan bahwa data enrichment adalah tools pengelolaan data yang mirip dengan Customer Data Platform (CDP) jika dilihat dari fungsinya. Kedua aplikasi tersebut berfungsi mengumpulkan dan mengatur data pelanggan dari berbagai sumber yang berbeda.

Jika Anda tertarik menggunakannya, kami merekomendasikan penyedia Aplikasi CDP terbaik yang bisa digunakan adalah:

1. Mekari Qontak

Mekari Qontak - Data Enrichment

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang juga bisa dimanfaatkan sebagai CDP. Aplikasi CRM dapat mengumpulkan data pelanggan dari berbagai sistem bisnis dalam satu platform.

Customer data platform Mekari Qontak membantu Anda untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan melalui data akurat. Selain itu, tim support juga bisa dengan mudah mengakses data pelanggan tanpa berpindah aplikasi.

2. Crunchbase

Crunchbase - Data Enrichment

Crunchbase merupakan tools yang membantu bisnis menemukan calon pelanggan dan target pasar yang tepat. Aplikasi ini banyak digunakan oleh perusahaan startup untuk mendesain pola komunikasi yang tepat dengan pelanggan mereka.

3. Clearbit

Clearbit- Data Enrichment

Clearbit adalah marketing data platform yuantu mengelola data dan informasi terkini. Dengan begitu, menghindarkan bisnis untuk mengambil keputusan dari data lawas. Aplikasi Clearbit ini juga memudahkan dalam merancang perjalanan pelanggan dari data-data yang terkumpul.

4. Experian

Experian - Data Enrichment

Experian adalah tool pengumpulan data yang mampu meningkatkan informasi riwayat pelanggan. Aplikasi Experian memberikan semua informasi pelanggan luas hingga 900 informasi tambahan.

Baca juga: Mengenal Apa Perbedaan CDP vs CRM

Tingkatkan Akurasi Data Anda melalui Data Enrichment

Data enrichment meningkatkan kualitas data sebuah perusahaan, sehingga mereka bisa mengambil keputusan yang tepat. Misalnya menyusun strategi pemasaran yang efektif sesuai perspektif pelanggan.

Pada prosesnya data enrichment dibantu sebuah tools seperti customer data platform (CDP) untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber. Kemudian data-data tersebut dikelola sebelum digunakan untuk kepentingan bisnis.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM dan omnichannel terbaik Indonesia yang dapat difungsikan sebagai CDP. Aplikasi CRM bisa mengambil semua interaksi yang terjadi dari aplikasi lain (WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya).

Informasi tersebut akan dikelola dan disimpan secara otomatis dalam satu database terpusat. Pengguna bisa mengaksesnya kapan saja dari perangkat desktop maupun mobile.

Sementara itu, lebih dari 3500+ perusahaan telah bekerja sama dengan Mekari Qontak untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Tak hanya itu, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

WhatsApp WhatsApp Sales