Daftar isi
7 min read

Chat box: Pengertian, Manfaat, dan Cara mendapatkannya

Tayang 25 Mei 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
Chat box
Chat box: Pengertian, Manfaat, dan Cara mendapatkannya

Chat box merupakan salah satu cara tercepat bagi pelanggan untuk mengobrol langsung dengan bisnis. Terlebih ketika didukung kecerdasan AI, yaitu perangkat digital yang membantu bisnis merespon pelanggan kurang dari satu menit.

Tidak hanya itua saja, bisnis juga dapat mengirimkan pesan sapaan untuk menarik pelanggan berinteraksi melalui web chat. Interaksi yang terjadi tersebut akan menciptakan hubungan yang efektif dan membangun kepercayaan.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang chatbox di bawah ini!


Apa itu Chat Box?

Chat box adalah perangkat digital tempat orang berinteraksi (chat room) satu sama lain melalui pesan teks. Perangkat ini merupakan salah satu cara tercepat pelanggan untuk mengobrol langsung (live chat) dengan kontak bisnis.

Chatbox biasanya dihubungkan dengan sistem Omnichannel dan aplikasi instant messenger seperti WhatsApp (WhatsApp chat box) untuk mengirimkan obrolan dalam bentuk audio, video dan dokumen. Hal ini membuat Aplikasi live chat lebih interaktif dan mudah dimengerti pelanggan dibandingkan media lainnya.

Bisnis juga dapat melakukan percakapan real-time dengan pelanggan yang mengunjungi web bisnis dengan menginstal chat box plugin for website. Fitur ini sangat disukai pelanggan karena respon yang diberikan lebih cepat dibandingkan media lainnya. Untuk caranya, Anda dapat mempelajari lebih lanjut di artikel Cara Memasang WhatsApp Chat Widget.


Jenis Chat Box pada Website Bisnis

Chat box plugin for website mempermudah pengunjung yang ingin berkonsultasi dengan bisnis. Fitur ini disukai pengunjung karena tidak perlu repot mencari kontak bisnis atau menunggu respon lama untuk mendapatkan balasan.

Tool chat ini dibedakan menjadi 4 jenis yakni:

Float Chat Box

Float adalah cara praktis untuk menarik perhatian pengunjung web, dan akan terlihat pengunjung saat menjelajah (scroll up and down) website bisnis, bahkan ketika berpindah halaman.

Anda dapat mengubah  konten, font, warna,  mengunggah stiker sesuai dengan tampilan website Anda. Fitur ini juga dapat melacak pengunjung situs web dengan memilih the float cha/t widget option.

Embedded Chat Box

Embedded didukung dengan visibilitas tinggi sehingga bisnis berpeluang mendapatkan banyak percakapan dari leads.

Tools jenis ini akan mengirimkan ke leads sebuah tautan yang diawali http://… menuju jendela baru. Sayangnya leads tersebut rentan “menghilang” apabila tidak cepat direspon, dikarenakan kapasitas penyimpanan kecil. Pengunjung juga akan kesulitan mengikuti percakapan selain harus banyak scrolling.

Button Chat Box

Chat box plugin for website jenis ini dapat ditempatkan dimana saja pada halaman bisnis web Anda. Usahakan diletakan pada posisi paling mudah terlihat oleh pelanggan.

Selain itu, perangkat digital ini  mudah disesuaikan tampilannya, mulai dari konten, font, warna, stiker profil bisnis dan lainnya untuk lebih menarik perhatian pengunjung website berinteraksi.

Personalized Live Chat

Personalized menampilkan profil admin seperti gambar, keahlian dan salam unik. Pengunjung website menjadi bisa memilih admin yang akan dijadikan partner live chat.

Diharapkan dapat meninggalkan kesan personal bagi pengunjung layaknya berkomunikasi dengan orang biasa bukan sebuah bisnis. Tool ini juga dapat disesuaikan tampilan dengan website bisnis Anda melalui mengubah konten, font, warna atau mengunggah stiker widget dan banyak lagi.


Fitur Penting Wajib Dimiliki Chat Box

1. Pesan 2 arah

Interaksi yang dihadirkan bersifat 2 arah artinya baik pengunjung maupun bisnis berperan aktif memberikan respon terhadap pesan yang dikirimkan satu sama lain.

Komunikasi dua arah bisa dianggap bentuk komunikasi ideal karena memungkinkan kedua belah pihak menyampaikan opini atau solusi.

chat-box-bot-and-agent

2. Analitik

Fitur ini akan menampilkan laporan analitik yang kuat untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Tool ini membantu Anda mengukur produktivitas dengan menampilkan matrik KPI ‘waktu respons pertama’, menyelesaikan percakapan dan banyak lagi.

Kemudian bandingkan produktivitas dengan setiap agen, akan terlihat kinerja organisasi secara keseluruhan.

chat-box-reporting

3. Otomatisasi / Bots

Fitur ini mengotomatiskan tanggapan secara cepat untuk meningkatkan pelayanan pelanggan.

Dengan bantuan Bot kecerdasan buatan (AI) untuk mengotomatisasikan seluruh percakapan live chat dengan mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang Anda susun.

chat-box-autoresponder

4. Integrasi CRM

Integrasi CRM menghubungkan semua saluran komunikasi yang dibutuhkan bisnis Anda dalam satu dashboard.

Bisnis Anda dengan pelanggan dapat terhubung dengan pelanggan melalui chat WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telepon, Email dan lainya dalam satu platform terpadu.

chatbox-crm-integration

5. Mengumpulkan Data Pelanggan

Fitur ini mengumpulkan data pelanggan dalam satu sistem database.

Data tersebut berisi profil pelanggan, riwayat percakapan, status kesepakatan, touch point dengan bisnis Anda dan tugas serta janji temu yang dijadwalkan dengan pelanggan.

chat-box-data-pelanggan

6. Daftar Riwayat

Semua data percakapan akan disimpan secara otomatis dan teratur.

Fitur ini juga memungkinkan untuk menambah catatan cepat terhadap setiap kontak, perusahaan, kesepakatan atau proyek.

chat-box-daftar-riwayat

7. Formulir Kustom

Modifikasi komponen formulir sesuai dengan keinginan dan buat panduan setiap elemen berpadu dengan mulus bersama desain dan estetika halaman web Anda. Integrasikan logo bisnis ke dalam semua formulir sebagai pemerkuat branding bisnis.


Manfaat Menggunakan Chat Box

Chatbox memudahkan pelanggan menghubungi bisnis melalui saluran pesan instan. Interaksi yang terjalin akan memuluskan proses transaksi jual beli produk. Selain itu juga membangun kepercayaan pada brand bisnis tersebut.

Berikut manfaat lainnya menggunakan chatbox plugin for website:

  • Mempermudah pelanggan menghubungi bisnis Anda
  • Meningkatkan penjualan
  • Membantu pelanggan kapan saja dibutuhkan
  • Memberikan solusi dari permasalahan pelanggan
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Menghemat biaya
  • Mendatangkan banyak leads potensial
  • Laporan analitik terperinci
  • Menambah kekuatan untuk bersaing dengan kompetitor

Baca juga: Web Chat: Pengertian, Jenis, dan Cara Meningkatkan Bisnis


Bagaimana Cara Mendapatkan Chat Box?

– Integrasi Webchat Omnichannel

Cara mendapatkan chatbox yang pertama adalah dengan melakukan integrasi webchat Omnichannel. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan sistem Omnichannel dan mengintegrasikan webchat dengan mudah. Adapun salah satu penyedia Omnichannel terbaik di Indonesia yang dapat Anda coba adalah Mekari Qontak.

Berikut adalah cara mendapatkan webchat Omnichannel pada Chat Panel Qontak:

  1. Buka https://chat.qontak.com/ pada browser Anda (Safari, Chrome, atau Firefox) di komputer Anda
  2. Pilih menu ‘Integration’ atau ‘Integrasi’ pada Chat Panel Qontak
  3. Klik button “Webchat” kemudian button “Add New Widget” untuk membuat widget baru.
  4. Anda harus mengisi widget name dan domain kemudian klik button Next untuk ke proses selanjutnya.
  5. Jika data yang Anda masukkan benar atau sesuai maka akan muncul Popup ““Widget Created” sebagai informasi bahwa data yang Anda masukkan sudah tercreate. Kemudian klik button “OK” untuk menutup Popup.
  6. Apabila data yang Anda masukkan salah atau tidak sesuai maka akan muncul Popup “Error” sesuai dengan ketidaksesuaian data tersebut.
  7. Widget yang berhasil di create akan muncul pada list Webchat dan dilengkapi dengan button “Setting” yang digunakan untuk mengupdate widget dan radio button “ON/OFF” untuk memilih mengaktifkan atau tidak widget tersebut.
  8. Button Settings digunakan jika ingin melakukan perubahan pada widget yang diinginkan seperti mengubah nama, domain maupun status widget.
  9. Anda dapat mengecek preview widget yang bisa Anda lihat pada bagian sebelah kanan form settings.
  10. Jika sudah selesai, maka klik button “Save Changes” untuk menyimpan perubahan tersebut. Dan Webchat Anda siap untuk digunakan

– WhatsApp Chatbox

Pelaku bisnis paling sering menghubungkan websitenya dengan WhatsApp. Platform WhatsApp dipilih karena hampir semua pengguna internet menginstal aplikasi tersebut di smartphonenya. Dengan begitu WhatsApp chat box menjadi pilihan tepat bagi bisnis yang ingin meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Berikut adalah cara mendapatkan WhatsApp chatbox:

  1. Login ke situs WordPress
  2. Pilih “Plugins”, kemudian pilih “Add new” whatsapp chat widget
  3. Cari plugin berjudul “Header and Footer Scripts”
  4. Klik “Install Now” dan aktifkan plugin
  5. Pilih “Setting”, kemudian pilih “Header and Footer Scripts”
  6. Tempelkan pixel script dari penyedia WhatsApp web widget pada kotak “Scripts in header”
  7. Terakhir tekan “Save”. WhatsApp chat box Anda siap digunakan!

Selain tahapan di atas, Anda juga dapat menggunakan cara manual sederhana untuk memasang WhatsApp chatbox berbentuk link pada website Anda. Dengan begitu, pengunjung yang memiliki aplikasi WhatsApp pada ponsel atau komputernya akan langsung dialihkan ke WhatsApp secara otomatis.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengedit link di bawah ini kemudian menempelkannya pada bagian footer di website atau WordPress Anda.

Keterangan: tulisan berwarna merah (nomor WhatsApp Anda) dan tulisan berwarna hijau (kalimat sapaan pengunjung kepada pengguna nantinya). Anda dapat mengkombinasikan dengan kode CSS dan gambar atau logo WhatsApp sesuai yang diinginkan agar tampilan tombolnya lebih menarik.

Baca juga: Cara Memasang WhatsApp Chat Widget di Website


Miliki Chat Box untuk Bisnis Anda Sekarang!

Chat box terbukti memiliki banyak kelebihan untuk meningkatkan bisnis Anda. Tidak hanya layanan pesan instan biasa, tool ini memiliki fitur unggulan yang mampu terintegrasi dengan berbagai saluran seperti chatbot WhatsApp. Selain itu juga dilengkapi laporan analitik yang memudahkan dalam menyusun strategi bisnis.

Keuntungan tersebut dapat dimiliki, setelah bisnis Anda bermitra dengan perusahaan penyedia live chat platform seperti Mekari Qontak. Tidak hanya terintegrasi dengan WhatsApp, Mekari Qontak juga dapat menghubungkan bisnis Anda dengan Facebook Messenger, Line, Telegram, Email, Telepon dan lainya. Semuanya dilakukan secara otomatis dalam satu panel terpadu.

Kategori : Chatbot
WhatsApp WhatsApp Sales