Daftar isi
9 min read

Sales Retail: Strategi Efektif untuk Naikan Omzet Perusahaan

Tayang 23 Juni 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Strategi sales retail Efektif untuk tingkatkan omzet
Sales Retail: Strategi Efektif untuk Naikan Omzet Perusahaan

Bisnis ritel menjadi salah satu usaha yang paling berkembang saat ini. Sales di toko retail terus mengalami pertumbuhan seiring makin tingginya kebutuhan pelanggan akan produk yang ditawarkan seperti sembako, fesyen, sayur dan buah, alat kesehatan, dan lain sebagainya.

Hal tersebut juga yang menyebabkan banyak pebisnis memilih mengembangkan retail daripada usaha lainnya. Namun, tidak selamanya menjalankan bisnis retail berjalan lancar, seringkali pebisnis dihadapkan berbagai tantangan dalam membangun usaha ritel mereka.

Pada artikel berikut, akan mengupas tantangan apa saja yang bisnis hadapi dalam meningkatkan sales retail dan cara mereka menyelesaikan. Baca selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Sales Retail?

Sales retail adalah kegiatan penjualan produk akhir atau siap konsumsi langsung ke pelanggan yang dilakukan secara offline atau online. Produk yang ditawarkan biasanya tidak cepat rusak atau bertahan lama seperti makanan pakaian, furniture, elektronik dan lainnya.

Statista mencatat bahwa nilai penjualan pasar ritel di Indonesia telah mencapai lebih dari $100 miliar dolar AS dalam beberapa tahun terakhir. Nilai ini diperkirakan akan terus meningkat dan mencapai sekitar $243 miliar dolar pada tahun 2026.

Fakta tersebut menunjukkan peluang pasar retail yang gemilang di masa depan. Namun bukan berarti menjalankan bisnis retail bebas dari hambatan. Masalah seperti pencurian barang, penipuan digital, manajemen inventaris tidak terkontrol, administrasi yang buruk, dan kerugian reputasi mengancam keberlangsungan bisnis retail.

Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan sales retail mereka. Misalnya dengan mengadopsi teknologi tepat guna, mengembangkan strategi omnichannel dan banyak lagi.

Strategi Meningkatkan Sales Retail

Upaya bisnis untuk meningkatkan penjualan retail tentu harus dibarengi dengan strategi yang jelas dan terukur. Dengan begitu, bisnis bisa mendapatkan hasil optimal.

Berikut strategi yang bisa bisnis kembangkan untuk meningkatkan sales retail:

Meningkatkan pengalaman pelanggan

Poin pertama berkaitan dengan usaha untuk membuat pelanggan terkesan. Bisnis harus mampu menyajikan pengalaman yang membuat pelanggan ingin mendatangi toko retail mereka terus menerus.

Cobalah buat desain toko yang inovatif untuk menarik pelanggan yang dibarengi dengan mempertahankan produk berkualitas dan layanan pelanggan prima. Manfaatkan penggunaan musik, pencahayaan, dekorasi, maupun aroma di toko untuk menciptakan pengalaman pelanggan berkesan.

Misalnya, penggunaan pencahayaan redup dengan warna hangat di toko fisik dapat mengaktifkan keinginan berbelanja dan mendorong pembelian impulsif.

Penggunaan aroma yang sama secara konsisten di seluruh toko, dapat meningkatkan penjualan ritel hingga 32%. Sebab aroma akan membangun koneksi bawah sadar dengan pelanggan dan membantu mereka lebih mengingat bisnis.

Selain itu, memutar jenis musik tertentu di toko dapat mempengaruhi seberapa banyak orang mengeluarkan uang. Sebagai contoh, toko yang memutar musik jazz atau klasik dianggap lebih berkelas dan pelanggan cenderung menghabiskan lebih banyak uang dibandingkan toko yang memutar musik pop atau rock.

Optimalkan promosi

Promo di dalam toko dapat membantu karyawan Anda menutup lebih banyak penjualan. Misalnya dengan menempatkan diskon tambahan untuk produk tertentu di dekat kasir dapat mendorong pembelian impulsif menit terakhir.

Agar terlihat lebih menarik, berikan batasan waktu pada program promo yang ditawarkan. Jika pelanggan merasa bahwa penawaran tersebut akan segera habis, maka mereka akan lebih mungkin membeli segera daripada berpikir dua kali.

Jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan up-selling dan cross-selling yang “memaksa” pelanggan menghabiskan lebih banyak uang. Misalnya dengan memberikan produk gratis untuk pembelian di atas Rp.250 ribu.

Mengelola stok dan inventaris dengan efektif

Strategi yang tak boleh terlewatkan adalah memastikan stok barang-barang selalu tersedia di gudang atau online. Manfaatkan teknologi RFID atau barcode untuk mengelola inventaris dengan lebih akurat dan efektif.

Kemudian lakukan juga perencanaan stok dengan cermat berdasarkan data penjualan historis dan tren pasar. Hindari kekurangan atau kelebihan stok dengan melakukan peramalan yang tepat.

Usahakan selalu terhubung dengan pemasok untuk mengisi ulang stok tepat waktu dan mengoptimalkan rotasi inventaris.

Memanfaatkan teknologi

Adopsi teknologi seperti aplikasi point of sale (POS) adalah hal yang harus dilakukan oleh semua toko ritel untuk mengatasi masalah antrian di dalam toko. Penggunaan aplikasi POS dapat memproses penjualan dengan cepat, sehingga lebih banyak transaksi yang bisa diselesaikan.

Studi Irisys menemukan bahwa rata-rata konsumen Amerika akan meninggalkan sebuah toko tanpa melakukan pembelian setelah menunggu delapan menit. Oleh karena itu, penjual tidak bisa membiarkan pelanggan menunggu, karena ini sangat mungkin memengaruhi penjualan mereka.

Pengelola bisnis retail juga bisa meningkatkan peluang penjualan dengan membuka toko online di sosial media dan e-commerce populer, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Maksimalkan platform tersebut untuk menawarkan produk ke pasar yang lebih luas.

Analisis data penjualan dan menyesuaikan strategi

Strategi meningkatkan sales di retail selanjutnya adalah menganalisa data penjualan. Dengan menganalisis data penjualan secara cermat, Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas dan meningkatkan efisiensi operasional serta kepuasan pelanggan.

Misalnya, gunakan data penjualan untuk mengidentifikasi pola pembelian, seperti produk yang laris di waktu tertentu atau tren penjualan dari segmen pelanggan tertentu.

Kemudian gunakan informasi tersebut untuk mengatur stok, termasuk di antaranya untuk menghindari kelebihan atau kekurangan. Pertimbangkan pula peluang untuk menentukan area yang memerlukan perbaikan layanan pelanggan, seperti metode pengembalian barang atau keluhan pelanggan.

Selain itu, beberapa produk mungkin perlu harga lebih tinggi atau lebih rendah untuk mengoptimalkan penjualan.

Manajemen toko yang efisien

Strategi terakhir untuk meningkatkan sales adalah mengelola toko dengan efisien. Hal ini dimulai dengan mengatur tata letak toko yang menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka merasa nyaman.

Rencanakan penempatan area pemasaran strategis seperti area display utama dan jalur lintas yang jelas. Susun produk secara teratur berdasarkan kategori atau jenisnya untuk mempermudah pelanggan menemukan barang yang mereka cari.

Gunakan sistem penandaan yang jelas dan informatif untuk setiap bagian toko. Perhatikan juga visual merchandising untuk menarik minat pelanggan dan mempromosikan produk tertentu.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Manajemen Toko Terbaik untuk Bisnis

Tips Praktis Meningkatkan Sales Retail

Selain menggunakan strategi di atas, Anda juga bisa meningkatkan sales retail dengan cara berikut:

Pelatihan staf yang efektif

Staf atau karyawan memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan di retail. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memberikan pelatihan kepada karyawan untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Latih karyawan agar bisa memahami kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, karyawan bisa menyarankan untuk menawarkan produk yang bernilai tinggi dengan tambahan keuntungan daripada produk utama yang pelanggan cari.

Ajarkan juga kepada karyawan untuk selalu menawarkan produk sebagai bundle dari produk utama yang pelanggan beli. Misalnya pelanggan membeli ponsel, maka sarankan untuk membeli casing.

Baca juga: Mengenal Program Sales Training yang Tepat untuk Perusahaan

Upselling dan cross-selling

Selain program pelatihan karyawan, pastikan juga Anda melakukan cross-selling dan upselling produk dan layanan secara efektif. Baik cross-selling maupun upselling dapat secara signifikan meningkatkan nilai transaksi rata-rata dan memaksimalkan pendapatan.

Cross-selling memungkinkan Anda untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian tambahan, seperti mengajak pelanggan yang membeli cincin pertunangan untuk juga membeli juga kalung sebagai pelengkap.

Sementara upselling adalah praktik untuk mengajak pengguna membeli produk yang memiliki nilai lebih tinggi daripada produk yang awalnya mereka lihat. Alih-alih hanya menawarkan cincin pertunangan seharga $1,000, Anda bisa menunjukkan versi seharga $1,500 dan menjelaskan mengapa itu lebih unggul.

Baca juga: Menganal apa itu Upselling dan Cross selling

Visual merchandising yang menarik

Pengalaman sensorik sangat penting bagi sebagian pelanggan sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Semakin lama pelanggan menghabiskan waktu untuk melihat dan memegang produk, semakin banyak uang yang mereka siapkan untuk membayar.

Dengan fakta tersebut, bisnis perlu memperhatikan visual dari produk-produk yang ditawarkan. Dimulai dengan penataan produk pada rak yang disertai dengan desain atau copywriting menarik agar pelanggan mau melihatnya.

Sebagai contoh, Martin Lindstrom, penulis “Buyology: Truth and lies about why we buy,” menemukan bahwa penjualan sup kaleng dapat ditingkatkan hanya dengan menambahkan kalimat “maksimum 8 kaleng sup per pelanggan”. Orang membeli lebih banyak kaleng bahkan jika harganya sama seperti hari sebelumnya.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan sampel gratis membuat orang merasa istimewa. Dalam bukunya “Influence: The psychology of persuasion”, Dr. Robert Cialdini melaporkan bagaimana seorang pelayan dapat meningkatkan tipsnya sebesar 3% dengan menawarkan permen mint kepada pelanggan setelah makan malam. Ketika dia menawarkan dua permen mint, tips meningkat hingga 14%.

Mengadakan acara dan promosi khusus

Cobalah untuk mengadakan sebuah acara untuk mempromosikan produk Anda. Hal ini bisa membantu untuk meningkatkan sales di toko retail Anda.

Buatlah acara lebih menarik dengan menawarkan hadiah atau barang gratis. Berikut adalah beberapa contoh acara spesifik yang dapat Anda adakan:

  • Diskon khusus: Tawarkan potongan harga untuk produk atau layanan Anda.
  • Workshop di studio: Izinkan pelanggan untuk belajar atau meningkatkan keterampilan baru.
  • Kontes dan hadiah: Hadiahnya bisa berupa produk gratis, sertifikat hadiah, atau perjalanan.
  • Hiburan langsung: Undang musisi, komedian, atau penghibur lainnya untuk menghibur tamu Anda.
  • Acara jaringan: Biarkan pelanggan terhubung dengan orang lain yang memiliki minat yang sama.

Setelah Anda memutuskan jenis acara yang ingin Anda adakan, sebarkan kabar di sosial media. Jangan lupa untuk mengambil foto selama acara, sehingga Anda dapat berbagi ringkasan setelahnya dan menarik pelanggan datang ke acara berikutnya.

Jalin hubungan yang kuat dengan pelanggan

Terkait, perkuat hubungan dengan pelanggan melalui program loyalitas atau membership. Di sisi lain, program loyalitas juga memberikan
wawasan penting tentang preferensi pelanggan, meningkatkan loyalitas.

Program loyalitas umumnya menawarkan berbagai keuntungan atau reward sebagai bentuk apresiasi. Reward yang diberikan bisa saja berupa produk gratis atau diskon

Peneliti Kivets, Urminsky, dan Zheng mengungkapkan pelanggan dengan kartu reward untuk sebuah kafe lebih sering tersenyum saat berbelanja, berbincang lebih lama dengan karyawan kafe, mengucapkan “terima kasih” dan lebih sering meninggalkan tips dibandingkan pelanggan yang tidak terdaftar dalam program tersebut.

Raih Keuntungan Maksimal pada Bisnis Retail Anda

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sales ritel bagian dari kegiatan penjualan produk akhir langsung ke pelanggan. Dalam upaya bisnis untuk meningkatkan penjualan melibatkan banyak hal mulai dari memperhatikan kenyamanan pelanggan, manajemen toko efektif hingga mengadopsi teknologi tepat guna.

Salah satu aplikasi yang banyak bisnis ritel saat ini manfaatkan adalah aplikasi CRM. Aplikasi ini berperan penting dalam mengimplementasikan strategi ini dengan mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan. Hal ini membantu untuk personalisasi layanan pelanggan.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang membantu memprediksi tren pembelian, melacak interaksi pelanggan dan mengelola program loyalitas. Selain itu, Mekari Qontak menyediakan alat analisis dan pelaporan yang membantu pengambilan keputusan berdasarkan data akurat.

Coba Gratis aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau konsultasikan kebutuhan bisnis ritel Anda dengan tim ahli melalui link berikut.

Referensi

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales