Mekari Qontak
Marketing Sales

15 Channel Management Software Terbaik untuk Bisnis

Cloudbeds - channel management software

Channel management software membantu bisnis menghubungkan berbagai saluran penjualan dan pemasaran dalam satu platform terpadu. Hal ini memudahkan bisnis dalam melacak dan memperbarui data secara otomatis.

Pasalnya pengelolaan bisnis dengan banyak channel secara manual sangat menyulitkan. Bahkan rentan sekali terjadi kesalahan yang membuat pelanggan merasa kecewa. Sebagai pelaku bisnis, tentu hal ini bisa merugikan dan menurunkan kredibilitas usaha Anda di mata pelanggan. Oleh karena itu, banyak bisnis saat ini memilih menggunakan channel management software.

Pada artikel kali ini kami merekomendasikan 15 channel management software terbaik untuk bisnis Anda. Selain itu kami juga mempertegas alasan Anda untuk menggunakan aplikasi ini. Yuk, pelajari selengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Image CTA for channel management software terbaik


Apa itu Channel Management software?

Channel management software adalah perangkat lunak manajemen hubungan untuk melacak barang dan jasa dari penjual sampai ke pelanggan. Aplikasi ini mengotomatisasi proses penjualan dan pemasaran melalui berbagai saluran.

Channel management software memandu Anda untuk mengelola volume transaksi yang tinggi, menerima data dari berbagai sumber. Platform ini juga dapat digunakan untuk analisis tarif kompetitor untuk memutuskan kebijakan pemasaran Anda yang sesuai.

Hal tersebut terjadi karena semua data dan statistik akan tersedia dalam bentuk laporan dan dashboard. Oleh karena itu, channel management platform telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai bisnis di berbagai bidang seperti bank, hotel, telekomunikasi, dan lain-lain.

Baca juga: Marketing Automation: Manfaat dan Kegunaannya


Kenapa Channel Management Software Penting untuk Bisnis?

Channel management software sangat penting karena mampu mengotomatiskan proses bisnis. Selain itu, Channel management software juga memberikan banyak manfaat yang sayang untuk Anda lewatkan.

Berikut alasan Anda harus menggunakan channel management software adalah:

– Otomatisasi sistem

Apabila Anda menggunakan banyak saluran penjualan, maka Anda diharuskan memperbarui kalender ketersediaan dan melacak pesanan beberapa kali sehari dengan cermat secara manual. Sebab ketika data tidak sering diperbarui dapat meningkatkan risiko kesalahan seperti pemesanan berlebih, pemesanan ganda, kesalahan detail reservasi, dan kehilangan penjualan online. Hal tersebut tidak akan terjadi saat Anda menggunakan channel sales software yang mampu memperbarui data secara real time.

– Mengelola pemesanan berlebih

Pemesanan berlebih tetap menjadi ancaman terbesar bagi bisnis yang mengelola inventaris dan distribusinya secara manual. Ketika sebuah bisnis memiliki lebih dari satu saluran distribusi dan mencantumkan kamar yang sama di seluruh saluran tersebut, kemungkinan besar atau tak terhindarkan bahwa kamar yang sama dapat dipesan oleh beberapa saluran.

Pemesanan berlebih berdampak buruk bagi tamu dan properti. Tamu tidak akan kembali ke hotel setelah berjalan-jalan dan kemungkinan besar akan meninggalkan ulasan negatif secara online dan di situs web seperti TripAdvisor. Channel management software akan mengurangi risiko pemesanan berlebih.

– Detail kesalahan reservasi

Mengelola inventaris secara manual sering kali berarti mentransfer informasi reservasi dari email atau ekstranet ke spreadsheet. Ketika detail reservasi tidak secara otomatis ditransfer dari sumber pemesanan (Airbnb, Vrbo, atau Booking.com, misalnya) ke sistem manajemen reservasi atau sistem manajemen properti (PMS), ada kemungkinan kesalahan.

Kesalahan dengan nama, tanggal, hunian, waktu check-in, tipe kamar, atau detail lainnya dapat dengan mudah terjadi. Kesalahan sederhana seperti ini dapat memengaruhi ketersediaan kamar saat ini dan permintaan pemesanan di masa mendatang. Ini dengan mudah membingungkan Anda dan tamu dan menghasilkan layanan pelanggan yang buruk. Dimana semua hal ini tidak terjadi apabila Anda menggunakan channel managemet system.

– Memanfaatkan peluang penjualan

Anda bisa saja kehilangan peluang pemesanan apabila saluran tidak diperbarui dengan benar secara real-time. Misalnya kasus pada bisnis, reservasi dibatalkan dan calon tamu lain sedang mencari perjalanan pada saat yang sama. Sementara ruang tersebut tidak akan tersedia sampai Anda memperbarui saluran tersebut secara manual, yang dapat mengakibatkan hilangnya penjualan.

Demikian pula, untuk mengelola pemesanan berlebih, sebuah properti dapat mencantumkan hanya sebagian dari inventarisnya di setiap saluran penjualan. Hal ini membatasi eksposur keseluruhan ketersediaan properti dan kesempatan mendapatkan penjualan tambahan berkurang. Solusi channel management system mengurangi peluang-peluang yang terlewatkan karena sistem distribusi di situs web kemitraan diotomatisasi.

– Keputusan berdasarkan data

Channel management software memberikan data pelanggan secara real time. Semua informasi dari berbagai saluran tersimpan dalam satu database. Hal ini memudahkan Anda untuk menganalisis data yang dibutuhkan. Hasil analisis tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan pembuat keputusan yang tepat.

– Lebih banyak saluran distribusi

Dengan menggunakan channel management system, Anda dapat bergabung dengan lebih banyak saluran distribusi. Selain itu, Anda juga memiliki lebih banyak data tentang situs mana yang berkinerja lebih baik. Artinya Anda bisa menjangkau lebih banyak pelancong, yang sangat penting di musim sepi, dan menjangkau pelancong yang mencari produk khusus.

– Lebih banyak pemesanan

Channel management software membantu Anda untuk memanfaatkan peluang penjualan dengan update data secara otomatis di semua saluhan. Hal ini tentu membuka kesempatan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pemesanan. Selain itu, proses bisnis yang disederhanakan oleh aplikasi ini mampu meningkatkan produktivitas karyawan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.


15 Rekomendasi Channel Management Software Terbaik

1. Mekari Qontak

qontak-channel-management-software

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM yang membantu menyederhanakan proses sales dan customer service. Aplikasi Qontak mampu membangun database yang berisi seluruh informasi pelanggan secara komprehensif. Selain itu, Qontak juga memfasilitasi bisnis untuk menjalin hubungan yang kuat dengan pelanggan sehingga dapat mendorong pertumbuhan jangka panjang.

Harga: Anda cukup membayar biaya berlangganan mulai dari Rp. 200.000 per bulan dengan uji coba gratis selama 14 hari.

Ratting by G2: 4.6 out of 5 stars

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Qontak antara lain:

  • Customization: Tampilan CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis Anda serta para pelanggan.
  • 360 View and Analytical Reporting: Menyajikan data lengkap hasil dari monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Live GPS and Mobile: Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • KPI Tracking and Task Management: Memiliki fitur pelacakan KPI dan task management yang dapat dikostumisasi untuk menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • WhatsApp Omnichannel Integration: Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Document Automatisation: Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.
  • Marketing Initiation: Terhubung dengan aplikasi marketing sehingga dapat melakukan otomatisasi dengan CRM untuk kampanye marketing.
  • Dedicated Support: Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang tidak begitu mahal.

2. Cloudbeds

Cloudbeds-channel-management-software

Cloudbeds adalah channel management system berbasis cloud yang cocok untuk bisnis hotel kecil hingga menengah, persewaan liburan, hostel, dan B&B. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menerima reservasi dari sejumlah saluran, termasuk OTA seperti Booking.com dan Expedia, Facebook, mesin pemesanan online atau dari pelanggan langsung. Cloudbeds juga menawarkan dukungan untuk berbagai bahasa dan mata uang.

Harga: hubungi customer service untuk mengetahui biaya berlangganan.

Ratting by G2: 4.6 out of 5 stars

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Cloudbeds antara lain:

  • Reservation Delivery
  • Central Pool Of Inventory
  • Promotional Rate Plans
  • Dedicated Booking Engine
  • Personalized Taxes, Fees, and Policies
  • Unified Booking Experience
  • Currency Conversion

3. Shiji Distribution Solutions

Shiji-Distribution-Solutions-channel-management-software
Shiji Distribution Solutions dirancang untuk membantu industri perhotelan merampingkan komunikasi dengan distributor, operator tur, agen perjalanan online (OTA), dan banyak lagi. Aplikasi ini memungkinkan karyawan untuk melacak dan mengelola transaksi antara berbagai penyedia layanan. Shiji Distribution Solutions memungkinkan para profesional untuk menangkap dan menyimpan data pemesanan pelanggan dalam repositori terpusat.

Harga: hubungi customer service untuk mengetahui biaya berlangganan.

Ratting by G2: belum ada

Fitur-fitur Shiji Distribution Solutions yang bisa Anda gunakan meliputi:

  • Reservations Management
  • Booking Management
  • Reporting & Statistics
  • Activity Dashboard
  • Third Party Integrations
  • Reporting/Analytics

4. RMS Cloud

RMS-channel-management-system

RMS Cloud adalah penyedia channel sales software berbasis cloud untuk industri perhotelan. Dengan menawarkan aplikasi yang mudah digunakan, RMS memungkinkan bisnis Anda untuk meningkatkan pendapatan, mengoptimalkan operasi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. RMS telah membantu ribuan properti mendapatkan lebih banyak reservasi, berinteraksi dengan pelanggan, dan menjalankan bisnis mereka secara efisien dan menguntungkan.

Harga: mulai dari $ 125.00 per bulan

Ratting by G2: 4.5 out of 5 stars

Fitur yang dimiliki oleh RMS Cloud sebagai berikut:

  • Reservations Management
  • Booking Management
  • Online Booking
  • Reporting & Statistics
  • Calendar Management
  • Third Party Integrations

5. eZee Centrix

Cloudbeds-channel-management-software

eZee Centrix adalah channel management software yang memberikan wawasan tentang kinerja karyawan. Wawasan tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Aplikasi eZee Centrix menyediakan laporan manajemen harian dan memberikan pembaruan real time untuk meminimalkan kekurangan pemesanan, pemesanan berlebih, dan perbedaan tarif.

Harga: mulai dari $ 39 per bulan

Ratting by G2: 4.5 out of 5 stars

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh eZee Centrix antara lain:

  • Reservations Management
  • Reporting & Statistics
  • Room Booking
  • Calendar Management
  • Third Party Integrations
  • Inventory Management

6. Fision

Fision-Channel-management-software

Fision menawarkan channel sales software yang membantu sales lapangan mendistribusikan kampanye tepat waktu, relevan, dan multi-saluran. Aplikasi Fision menyimpan semua aset perusahaan berupa salinan tertulis, informasi, gambar, file audio/video, iklan radio/TV, dan lainnya dalam satu tempat penyimpanan. Setiap salesman atau mitra waralaba dapat mengakses aset tersebut untuk mengirim pesan yang tepat, kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat, melalui saluran yang tepat.

Harga: hubungi customer service untuk mengetahui biaya berlangganan.

Ratting by G2: belum ada

Fitur yang ditawarkan oleh Fision antara lain sebagai berikut:

  • Distributed & localized marketing
  • DIgital asset management
  • Channel support
  • Measurement & Analytics
  • Sales Enablement

7. Apex Loyalty

Apex-Loyalty-channel-management-software

Apex Loyalty adalah channel management software yang membantu bisnis terhubung dengan mitra, distributor, dan retail untuk mengelola penjualan. Solusi berbasis cloud ini memungkinkan Anda untuk menentukan target penjualan khusus dan insentif bagi pelanggan untuk menjalankan kampanye pemasaran yang tepat Apex Loyalty mendukung integrasi dengan berbagai manajemen saluran dan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM).

Harga: dihitung berdasarkan permintaan dan dukungan diperluas melalui telepon, email, dokumentasi, dan tindakan online lainnya.

Ratting by softwareadvice: 5 out of 5 stars

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Apex Loyalty meliputi:

  • Customizable Branding
  • Campaign Management
  • Pipeline Management
  • Gift Card Management
  • Channel Analytics
  • Engagement Tracking

8. Channergy

channergy-channel-management-software

Chanergy adalah solusi channel management system yang membantu retail mengelola inventaris, pesanan, pembayaran, dan pelanggan. Aplikasi ini menyediakan informasi inventaris waktu nyata dengan detail variasi produk berdasarkan ukuran, warna, pemasok, gambar, langganan, dan lainnya. Selain itu, Channergy juga memungkinkan Anda untuk mengelola pesanan, manajemen gudang dan pelaporan. Fitur pelaporan Channergy menghasilkan laporan yang telah disesuaikan untuk dianalisis sehingga menghasilkan keputusan yang lebih baik.

Biaya yang harus dibayarkan untuk berlangganan Channergy mulai dari $1788.00 per tahun.

Ratting by G2: belum ada

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Channergy antara lain:

  • Order Entry
  • Point of Sale
  • Inventory Management
  • Customize Ordered Items
  • Hold Order
  • Actual Shipping Method

9. Amplifinity

Amplifinity-channel-management-software

Amplifinity adalah channel management software berbasis cloud yang membantu bisnis melacak prospek, mengelola siklus penjualan, dan menganalisis kampanye pemasaran. Anda dapat menggunakan Amplifinity untuk memilih dari berbagai metode referral marketing. Selain itu, dasbor Amplifinity memberikan Anda wawasan dari berbagai sumber referral dan memungkinkan mereka membuat laporan khusus yang membantu mereka melihat tren dan menargetkan pelanggan.

Harga: hubungi customer service untuk mengetahui biaya berlangganan.

Ratting by G2: 3.9 out of 5 stars

FItur-fitur yang ditawarkan oleh Amplifinity sebagai berikut:

  • Campaign Management
  • Activity Dashboard
  • Activity Tracking
  • Channel Analytics
  • Lead Engagement
  • Multi-Campaign

10. Jazva

Jazva-channel-management-software

Jazva adalah solusi channel management system berbasis cloud dengan serangkaian fungsi untuk retail. Suite e-commerce Jazva menawarkan produk kiting, bundling, dan virtual yang dapat diakomodasi untuk berbagai kebutuhan bisnis. Anda dapat menyesuaikan tingkatan sebanyak yang diperlukan untuk pajak dan informasi pengiriman. Pengguna dapat membeli lisensi untuk Java berdasarkan volume pesanan, saluran penjualan, dan fitur yang diinginkan. Sayangnya Java saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat.

Harga: hubungi customer service untuk mengetahui biaya berlangganan.

Ratting by G2: 2.4 out of 5 stars

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Jazva antara lain sebagai berikut:

  • Products & Listings
  • Inventory Management
  • In-Store Pick-up Options
  • eBay Repricing Tool
  • Business Intelligence & Reporting
  • Amazon Vendor Central Integration

11. Hostaway

Hostaway-channelmanagementsoftware

Hostaway adalah aplikasi persewaan liburan yang menawarkan integrasi dan dukungan saluran mendalam. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola kebutuhan pemasaran, penjualan, akuntansi, pelaporan, pembayaran, dan komunikasi mereka semua di satu tempat. Hostaway terkenal karena mampu menghasilkan solusi khusus sambil memenuhi tenggat waktu dan tetap pada anggaran. Sebagian besar pelanggan memilih Hostaway karena mereka menginginkan dukungan terbaik di seluruh industri.

Harga: hubungi Hostawy untuk mengetahui biaya berlanggananya.

Ratting by G2: 4.8 out of 5 stars

Fitur:

  • Inventory Management
  • Automation
  • Reporting & Analytics
  • Booking Aggregation
  • Booking Engine
  • Online Reputation Management

12. Octorate

Octorate

Octorate membantu menangani manajemen pendapatan, pemenuhan tugas fiskal, harga, dan banyak lagi. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat ideal untuk mengelola hotel, apartemen, dan hostel. Agen properti dapat mengelola semua proses operasi utama, mulai dari pemesanan hingga pembersihan kamar. Octorate memiliki tools pemesanan online yang dapat dipasang oleh agensi di situs web mereka agar pengguna dapat memeriksa ketersediaan kamar dan memesan akomodasi. Aplikasi ini mendukung banyak bahasa, dan bisnis dapat mengintegrasikannya dengan sistem lain yang ada melalui API.

Harga: mulai dari $ 13 per bulan

Ratting by G2: 3.9 out of 5 stars

Fitur:

  • Reservations Management
  • Online Booking
  • Booking Management
  • Reporting & Statistics
  • Activity Dashboard
  • Calendar Management

13. Lodgify

Lodgify

Lodgify adalah aplikasi persewaan liburan dengan solusi lengkap yang memungkinkan pemilik bisnis dengan mudah membuat situs web mereka sendiri dan menerima pemesanan online. Pemilik dapat mengelola semua reservasi dari satu tempat dan menyinkronkan data properti dengan saluran pemesanan mereka.  Lodgify memiliki alat yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan pemesanan online dan menyederhanakan pengelolaan bisnis Anda.

Harga: milai dari $ 11 per bulan

Ratting by G2: 3.7 out of 5 stars

Fitur:

  • Activity Dashboard
  • Reporting/Analytics
  • Electronic Payments
  • Contact Management
  • Inventory Control

14. Guesty

Guesty

Guesty menyediakan manajer properti jangka pendek dan manajemen bisnis dengan solusi ujung ke ujung untuk menyederhanakan kebutuhan operasional yang kompleks dari penyewaan jangka pendek. Dengan Guesty, pengguna dapat mengelola daftar dari beberapa agen perjalanan online termasuk Airbnb, Booking.com, Agoda dan TripAdvisor, dan memanfaatkan alat perusahaan yang berpusat pada tamu termasuk: Kotak Masuk Terpadu, Alat Otomatisasi, Layanan Komunikasi Tamu 24/7, Pemrosesan Pembayaran, dan lainnya .

Harga: hubungi customer service untuk mengetahui biaya berlangganan.

Ratting by G2: 3.9 out of 5 stars

Fitur:

  • Reservations Management
  • Online Booking
  • Reporting & Statistics
  • Activity Dashboard
  • Calendar Management
  • Electronic Payments

15. BananaDesk

BananaDesk

BananaDesk adalah platform helpdesk yang membantu Anda membangun dan membangun hostel yang sukses tanpa menjadi gila. Dengan BananaDesk, Anda dapat menghubungkan front end Anda ke saluran penjualan Anda dan membiarkan resepsionis Anda mengelola operasi Anda sehari-hari dengan mudah. Dengan begitu, semuanya tidak tergantung pada Anda, pemiliknya. Dan Anda bisa kembali fokus mengembangkan bisnis Anda, bukan mengelola hari-hari.

Harga: mulai dari $ 29 per bulan

Ratting by G2: 4.1 out of 5 stars

Fitur:

  • Reservations Management
  • Online Booking
  • Booking Management
  • Third Party Integrations
  • Calendar Management
  • Room Booking

Rekomendasi: 10 Aplikasi Penjualan Barang Murah dan Terbaik di Indonesia


Dapatkan Channel Management Software Terbaik Sekarang!

Aplikasi Omnichannel Qontak

Channel management software telah banyak digunakan oleh bisnis bank, hotel, telekomunikasi, dan lain-lain. Hal tersebut berkat kemampuannya dalam menghubungkan berbagai saluran bisnis secara real time. Jadi bisnis tersebut dapat memperbarui data secara otomatis sehingga bisa memanfaatkan peluang untuk melakukan penjualan lebih banyak.

Salah satu penyedia channel management system terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak dengan aplikasi CRM miliknya. Aplikasi CRM Qontak juga dapat diintegrasikan dengan omnichannel untuk menghubungkan semua saluran bisnis pada satu platform. Fitur-fitur unggulan Qontak telah membantu lebih dari 3000++ perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales