Daftar isi
8 min read

Cara Cepat Membuat WhatsApp Bot Indonesia

Tayang 21 Januari 2023
Diperbarui 20 Februari 2024
whatsapp-bot-indonesia
Cara Cepat Membuat WhatsApp Bot Indonesia

WhatsApp bot banyak dimanfaatkan pelaku bisnis di Indonesia untuk meningkatkan customer experience. Sebab, fitur bot WA ini mampu secara otomatis merespon pesan pelanggan dalam hitungan detik.

Selain itu, WhatsApp bot Indonesia  juga sering dijadikan sebagai sarana marketing efektif dan efisien menjangkau banyak pelanggan. Hal ini mengingat pengguna WhatsApp di Indonesia sangat besar.

Dalam laporan berjudul Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital, pengguna WhatsApp di Indonesia rata-rata menghabiskan 30,8 jam per bulan dan 60% untuk keperluan menjalin relasi dan menjalankan bisnis.

Lalu apakah WhatsApp bot Indonesia bisa didapatkan secara gratis? bagaimana cara membuat WhatsApp robot ini? Temukan jawabannya pada artikel berikut.


Apa itu WhatsApp Bot?

WhatsApp bot adalah  fitur WhatsApp Business API yang memiliki program kecerdasan buatan (AI) yang bekerja secara otomatis merespon setiap pesan WhatsApp.

Teknologi AI ini memungkinkan komunikasi dua arah pada WhatsApp. Setiap pesan yang masuk pada WhatsApp akan direspon dengan bahasa natural layaknya manusia.

Bisnis yang ingin menggunakan WhatsApp bot gratis harus mendaftar WhatsApp API dahulu. Setelah itu, Anda dapat memiliki percakapan dengan pelanggan secara otomatis.

WA bot juga membantu bisnis untuk menyebarkan informasi penting seperti update status tiket, promo, katalog dan lainnya.


Apa saja Manfaat WhatsApp Bot?

Bot WhatsApp telah banyak digunakan bisnis dengan berbagai kepentingan. Hal ini dikarenakan WhatsApp bot gratis menghadirkan banyak keuntungan seperti berikut ini:

  • Melayani Pelanggan Selama 24 jam yang membuat bisnis Anda selalu ada setiap pelanggan membutuhkan.
  • Berinteraksi dengan Pelanggan melalui Platform yang mereka gunakan sehari-hari
  • Meningkatkan customer experience untuk membangun kepercayaan dan loyalitas
  • Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi dengan menangani lebih dari 1000 pelanggan sekaligus dengan waktu singkat.
  • Mendorong peningkatan lead generation 
  • Menghemat biaya karena tidak perlu merekrut banyak CS atau menghabiskan pulsa telepon

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Bot?

Cara Membuat WhatsApp Bot Indonesia

Pada gambar di atas dijelaskan bagaimana cara untuk buat bot WA. Setidaknya ada 5 cara buat bot WA.

Untuk lebih jelasnya, ikuti tahapan cara membuat bot di WhatsApp berikut ini:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke Business Solution Provider Mekari Qontak

Langkah pertama membuat WhatsApp bot Indonesia dengan cara mendaftarkan bisnis ke BSP Resmi seperti Mekari Qontak

 

Poin penting pertama adalah Anda perlu mengubah akun WhatsApp menjadi WhatsApp API. Syarat untuk mendapatkan WA API, Anda harus bermitra dengan official partner WhatsApp negara asal (Indonesia)

Oleh itu, Anda perlu bekerja sama dengan Business Solution Providers (BSP) resmi di Indonesia seperti Mekari Qontak. Kemudian, BSP yang akan membantu Anda untuk melakukan verifikasi hingga Anda mendapatkan WhatsApp API.

Baca Juga: Tutorial Mendapatkan WhatsApp Bisnis API

2. Validasi Akun Facebook Manager Business

Langkah kedua membuat WhatsApp bot adalah dengan melakukan validasi Facebook Business Manager

Kedua, cara menambahkan bot di WA adalah melakukan proses verifikasi bisnis Anda. Tim Mekari Qontak akan membantu Anda mengajukan validasi akun Anda ke pihak Facebook. Anda hanya perlu menyediakan identitas bisnis seperti berikut:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Email berdomain sama dengan website
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Setelah terverifikasi, Anda bisa memilih nomor yang akan digunakan akun WhatsApp dan melengkapi profil. Usahakan isi profil selengkap mungkin seperti website, jam operasional, katalog dan lainnya.

3. Rencanakan percakapan yang akan dilakukan Chatbot

Langkah ketiga membuat WhatsApp bot adalah dengan Rencanakan percakapan yang akan dilakukan bot

Ketiga, Anda perlu merencanakan agar Bot dapat menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan pelanggan. Termasuk merespon pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Namun, Anda tidak perlu pusing, karena Mekari Qontak akan memandu Anda dalam membuat alur percakapan bot WA.

4. Unggah alur percakapan ke Panel qontak.com

Langkah keempat membuat WhatsApp bot adalah dengan mengunggah alur percakapan ke Panel qontak.com

Setelah Anda memliki skema percakapan, maka Anda dapat menggungahnya ke platform Mekari Qontak. Sebaiknya Anda dapat mengkonsulkasikannya dengan tim Qontak agar Bot dapat bekerja optimal.

Kemudian, tim Qontak akan membuatkan alur percakapan Bot WhatsApp seperti yang telah disepakati. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menggungah atau membuatnya sendiri.

5. Lakukan uji coba

Langkah kelima dengan melakukan uji coba

Terakhir, untuk memastikan bot berjalan sebagaimana mestinya, lakukan uji coba. Caranya dengan mengirimkan pesan layaknya seorang pelanggan ke nomor WhatsApp Bot Indonesia milik Anda. Apabila robot WhatsApp membalas pesan sesuai dengan yang Anda inginkan, maka bisa dioperasikan ke pelanggan.

Tonton video panduan cara membuat Chatbot WhatsApp di bawah ini:

YouTube video


Apa saja Fitur Bot WhatsApp Indonesia?

Cara menggunakan bot WhatsApp tidaklah sulit. Sebab Bot WA didukung fitur canggih agar dapat menghasilkan keuntungan optimal bagi bisnis.

Berikut fitur-fitur yang bisa dilakukan oleh Bot WhatsApp agar dapat bekerja optimal:

– Meneruskan Pesan Otomatis (Rotator)

WhatsApp-bot-Rotating

Fitur rotator pada WhatsApp API akan menuruskan pesan dari pelanggan ke customer service sesuai yang telah diatur secara otomatis. Dengan begitu, pelanggan tidak akan merasa diabaikan dan mendapatkan jawaban tidak memuaskan, karena harus menunggu respon CS lama dan tidak sesuai.

– Balas Otomatis (Auto Reply)

whatsapp-bot-auto-reply

WhatsApp Bot memiliki fitur auto reply yang akan menjawab setiap pesan masuk secara otomatis. Pesan auto reply ini biasanya memberikan pesan berupa greeting message, daftar harga produk, memudahkan transaksi, memberikan gambar produk dan lainnya.

– Digunakan di banyak Perangkat (Multiple Users)

whatsapp-bot-multiple-users-qontak

Fitur ini memungkinkan satu akun WhatsApp Business digunakan oleh banyak admin atau agen dari berbagai perangkat. Artinya satu nomor WhatsApp Anda dapat diakses oleh banyak admin customer service dari berbagai device. Dengan begitu, Anda mampu merespon pelanggan lebih cepat.

– Akun Bot WhatsApp Terverifikasi (Centang Hijau)

Dual WhatsApp WhatsApp Business API

Bot WA memiliki Centang hijau (green tick) menandakan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis oleh pihak Facebook. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp API dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Pelajari lebih lanjut: Cara Mendapat Centang Hijau di WA

– Mengirimkan Pesan Massal (Blast WA)

bot-whatsapp-blast

WhatsApp blast pada Chatbot dapat mengirimkan pesan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan. Hal tersebut dapat mengefisiensikan waktu dan tenaga tim CS untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

Selengkapnya: Cara mudah Blast WhatsApp Tanpa Terblokir

– Integrasi Bot WhatsApp dengan CRM

Instagram API Integrasi dengan Aplikasi Lain

Integrasi CRM membantu bisnis dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pasalnya, semua informasi yang dibutuhkan pelanggan dapat diakses dengan mudah oleh tim CS.

– Bot WhatsApp dilengkapi dengan Laporan Analitik

report-pada-whatsapp-bot

WhatsApp chatbot dilengkapi laporan analitik terkait interaksi bisnis dengan pelanggan dalam satu dashboard. Dalam laporan tersebut dapat terlihat pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik.


Tips Menggunakan WhatsApp Bot Indonesia

Bot WhatsApp adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan penjualan Anda. Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membantu memperoleh keuntungan maksimal melalui WhatsApp Chatbot.

1. Memberikan penawaran kepada pembeli

Dalam proses komunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp, biasanya pelangganlah yang melakukan kontak terlebih dahulu dengan bisnis. Mereka biasanya memiliki pertanyaan tentang suatu produk, mencari nomor WhatsApp yang dapat dihubungi atau melalui API WhatsApp Link, dan memulai percakapan terlebih dahulu.

Ketika percakapan sudah berlangsung, bisnis dapat memanfaatkannya untuk memberikan penawaran melalui chatbot WhatsApp, misalnya promo yang sedang berlangsung. Memberikan penawaran langsung kepada pelanggan secara otomatis dan tertarget melalui chatbot WhatsApp dapat menjadi cara yang efektif dan hemat biaya untuk meraih pelanggan.

2. Mengingatkan pembeli

Jika bisnis Anda sudah cukup canggih dengan memiliki website sendiri, terkadang pembeli seringkali mengabaikan barang-barang yang sudah mereka masukkan ke dalam shopping cart. Kemudian, mereka lupa untuk melakukan pembayaran.

WhatsApp chatbot dapat dimanfaatkan sebagai pengingat kepada pelanggan untuk melanjutkan ke tahapa pembayaran. Anda hanya perlu mengirimkan pesan singkat melalui WhatsApp kepada pelanggan.

3. Meningkatkan lead conversion

Kemampuan chatbot WhatsApp dalam membalas pesan secara cepat dan real time membantu menuntun pelanggan melewati sales funnel. Hal ini dapat mendorong mereka dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian sehingga dapat meningkatkan lead conversion.

Bot-WhatsApp-API-Chat

4. Mengurangi pengeluaran

Menghadapi pertanyaan rutin dari pelanggan atau sering disingkat FAQ (frequently asked questions), seperti pertanyaan daftar harga, produk apa saja yang ditawarkan, dan lain sebagainya, dapat menghabiskan waktu tim customer service.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bersifat repetitif dan dapat diprediksi. Bahkan, kadang kala jawabannya sebenarnya sudah tercantum di deskripsi data.

Chatbot WhatsApp dapat menjawab pertanyaan tersebut secara otomatis dengan biaya yang sangat rendah. Berkat kemampuannya, bot WA dapat menjawab puluhan hingga ratusan pertanyaan sekaligus. Jadi, Anda dapat menghemat biaya bisnis secara signifikan dan menangani pelanggan lebih efisien.

5. Meningkatkan produktivitas karyawan

WhatsApp Bot API dapat membantu meningkatkan produktivitas tim support Anda dengan menangani pertanyaan-pertanyaan repetitif. Dengan demikian, agen CS dapat menangani pelanggan dengan pertanyaan yang lebih kompleks sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lebih lama.


Gunakan WhatsApp Bot Indonesia Terbaik Sekarang Juga!

Dengan cara menambahkan bot di WA, Anda dapat meningkatkan layanan pelanggan yang optimal dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bot WhatsApp untuk meningkatkan kinerja tim customer service Anda, sehingga tidak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa.

Namun, WhatsApp bot hanya dapat diperoleh apabila Anda menggunakan akun WhatsApp API resmi. Salah satunya dapat Anda peroleh dari BSP Mekari Qontak.

Selain itu, Mekari Qontak memiliki solusi end-to-end yang dapat menghubungkan akun WhatsApp API Anda dengan omnichannel dan aplikasi CRM. Dengan demikian, seluruh proses bisnis Anda dapat terotomatisasi dan bekerja secara maksimal.

Lebih dari 3000 perusahaan telah mempercayai Mekari Qontak untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan mereka. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : ChatbotWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales