Mekari Qontak
Marketing Other Business

Pay Per Click (PPC): Pengertian dan Cara Membuatnya

Pay Per Click

Panduan lengkap Pay Per Click (PPC)

Di era digital saat ini, pemasaran iklan tidak terbatas hanya melalui televisi, radio, baliho, billboard, koran, majalah, atau bahkan leaflet. Ada cara lebih efektif untuk menarik pelanggan yaitu iklan PPC atau pay per click ads. Model iklan ini diklaim lebih efektif, lebih efisien, dan lebih ekonomis dibanding model iklan konvensional, terutama untuk bisnis pemula.


Apa Itu Pay Per Click?

Pay Per Click (PPC) adalah salah satu strategi marketing online yang dianggap efektif menghasilkan pendapatan. Dimana bisnis yang memasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan tersebut di klik oleh pengunjung.

Bisnis yang ingin memanfaatkan pay per click advertising perlu kerjasama dengan penyedia seperti google ads, instagram ads Facebook ads, dan lainnya. Kemudian sistem mereka akan mencocokkan keywords atau kata kunci yang diketikkan oleh audiens yang kemudian akan mengarah pada situs atau konten yang Anda sediakan. Ketika pengunjung melakukan klik pada link Anda, saat itulah Anda dikenakan biaya untuk klik yang terjadi tersebut.


Apa saja Jenis-Jenis Pay Per Click?

Pay per click adalah salah satu metode pemasaran yang paling diminati saat ini. Hal ini tidak lepas dari semakin banyak pengguna internet khususnya di Indonesia. Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan semakin terbuka luas. Namun sebelum lebih jauh, ada baiknya Anda mengenal beberapa jenis PPC yang sering muncul di dunia maya, diantaranya:

– Search Advertising

Anda mungkin tidak asing lagi dengan pay per click ads ini. Sebab, iklan ini akan muncul pada SERP (Search Engine Result Page), saat Anda memasukkan keyword pada mesin pencari Google atau Bing. Iklan satu ini ditandai dengan adanya kata ‘Iklan/ads’ pada awal kalimat hasil pencarian.

– Social Advertising

Pada dasarnya Social advertising mirip dengan search advertising. Perbedaannya PPC jenis ini ditampilkan pada media sosial. Anda bisa mengatur PPC ini akan ditampilkan dimana, seperti beranda, stories, dan lainnya.

– Pay Per Click Display Advertising

Iklan PPC ini dikenal juga dengan Google Display Network. Dimana iklan akan ditampilkan dalam bentuk display ads, baik berupa teks, gambar, video, GIF maupun visual lainnya .

– Google Shopping

Jenis pay per click jenis ini menampilkan gambar produk beserta harganya hasil hanya di hasil pencarian Google. Saat pengunjung mengklik iklan tersebut, mereka akan langsung diteruskan  ke laman toko online bisnis Anda di website e-commerce.

– Remarking

Berbeda dengan jenis lainnya, remarking hanya akan menampilkan iklan pay per click advertising ke orang yang sudah pernah mengunjungi website atau melakukan transaksi dengan bisnis Anda. Metode ini dianggap lebih efektif karena hanya menargetkan prospek yang memang sudah tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.


Bagaimana Cara Membuat Pay Per Click?

Perlu menjadi catatan bahwa pay per click tidak hanya disediakan oleh Google saja. Saat ini banyak platform populer yang juga menyediakan iklan dengan sistem yang sama seperti Facebook, Twitter, sampai Instagram. Anda bisa memilih platform mana untuk beriklan, bahkan menggunakan ketiganya secara bersamaan.

Namun, iklan apa saja yang bisa ditampilkan di platform tersebut? Dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya berikut ini:

– Google AdsGoogle ads-Pay Per Click

Google Ads adalah fitur dari Google yang memberi kesempatan Anda untuk menampilkan iklan bisnis Anda di hasil pencarian Google dengan kata kunci tertentu yang relevan. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan, mengingat Google memiliki pangsa pasar terbesar, baik regional maupun di global. Artinya kesempatan iklan Anda dilihat lebih banyak orang terbuka jika menggunakan pay per click ads dari Google.

Cara membuat pay per click advertising juga tergolong mudah. Cukup dengan menggunakan akun Google. Metode pembayaran yang disediakan Google juga bervariasi.

– Facebook AdsFacebook Ads-Pay Per Click

Tak kalah populer dengan Google Ad, pay per click advertising dari Facebook Ads juga dapat Anda pertimbangkan. Sebab, pengguna Facebook di Indonesia lebih dari 130 juta jiwa dengan  rata-rata penggunaan sekitar 3 jam 23 menit per hari.

Melihat besarnya pasar yang pada Facebook, menjadikan platform tersebut efektif untuk menjangkau calon pelanggan di dunia maya. Untuk mulai memanfaatkan pay per click di Facebook Ads, diantaranya

  • Buat akun Facebook
  • Login Facebook Ads
  • Melakukan Pengaturan Facebook Ads
  • Mengatur Tagihan Facebook Ads

– Instagram AdsInstagram Ads-Pay Per Click

Instagram juga menawarkan bisnis untuk beriklan pada platformnya melalui Instagram Ads. Pada prinsipnya, membuat iklan di Instagram mirip dengan Facebook. Sebab kedua platform iklan ini disatukan di bawah Facebook Ads Manager. Jadi langkah-langkah pembuatan Instagram Ads hampir mirip dengan cara membuat Facebook Ads. Dimana Anda harus punya halaman Facebook terlebih dahulu sebelum membuat Instagram Ads. Cara promosi di Instagram menggunakan Instagram Ads, diantaranya:

  • Login ke Facebook Ads Manager
  • Tentukan Tujuan Iklan
  • Beri Judul Iklan
  • Pilih Target Audience
  • Tentukan Jadwal dan Penempatan
  • Pilih Format Iklan
  • Lakukan Pembayaran

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Strategi Iklan Pay Per Click dapat Mendatang banyak Pelanggan?

Meski terdengar seakan menghabiskan banyak biaya, namun PPC merupakan hal yang tidak bisa diabaikan karena keuntungan yang diperoleh darinya juga setara dengan biaya yang dikeluarkan. Berikut ini cara efektif pemanfaatan pay per click untuk keuntungan bisnis Anda adalah

1. Mempersiapkan terlebih dahulu strategi marketing AndaMarketing-Plan-Pay Per Click

Seperti yang sudah Anda ketahui, strategi marketing online merupakan usaha pemasaran yang dilakukan dengan menyediakan berbagai bentuk konten entah itu dalam bentuk video, postingan di blog, newsletter serta SEO dan social media untuk menjangkau calon pelanggan dan memposisikan brand sebagai sumber informasi dan penasehat yang memberikan solusi bagi para pembaca. Dari sinilah, konten ini dapat dipasangi PPC untuk membantu memaksimalkan penyebaran dan kesempatannya ditemukan oleh prospek.

2. Pay Per Click lewat Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads bersamaangoogle-instagram-facebook-ads-Pay Per Click

Pemahaman mendasar mengenai platform penyedia Pay Per Click ini harus terlebih dahulu dikuasai. Misalnya Google Ads memungkinkan bisnis besar maupun kecil untuk mengiklankan konten marketing yang kemudian akan berujung pada terjadinya penjualan. Pay Per Click memungkinkan Anda pelaku marketing dan sales untuk membeli space advertising di samping maupun di bawah halaman-halaman hasil pencarian. Hal ini didukung oleh adanya statistik yang menunjukkan bahwa 45% dari orang-orang yang berbelanja online diperoleh dari pencarian di search engine, yang membuat PPC menjadi lebih efektif.

3. Merencanakan budget dan lakukan scheduling iklan secara bijaksana

Pasang budget dan jadwal kemunculan iklan yang bijaksana karena Anda hanya harus membayar jika ada yang melakukan klik pada iklan Anda. Pasang keywords yang sesuai dengan target audiens Anda, dan pilih tipe bidding yang akan membantu mengarahkan calon customer Anda ke halaman landing tertentu yang memungkinkan mereka melakukan sign up ke newsletter, melakukan pembelian atau pemesanan serta apapun action yang Anda harapkan.

4. Lakukan tes dan optimasi bagi setiap ads yang Anda pasang

Untuk membuat PPC bekerja secara efektif, pastikan Anda melakukan A/B testing dan senantiasa melakukan pengecekan agar apa yang sudah Anda investasikan tidak kembali sia-sia. Anda harus menargetkan lokasi yang tepat, memilih kata kunci yang sesuai dan dan mencoba berbagai tipe advertising yang berbeda-beda.


Maksimalkan Iklan Pay Per Click untuk Meningkatkan keuntungan Anda Sekarang!

Setiap bisnis tentu ingin mengembangkan usahanya lebih baik. Salah satu cara yang sering ditempuh adalah dengan beriklan melalui internet atau Pay Per Click advertising.

Anda bisa mendapatkan aplikasi pendukung marketing terbaik melalui Qontak.com untuk mengelola semua aktivitas pemasaran Anda. Selain sebagai aplikasi CRM dengan fitur lengkap, Qontak.com juga dapat sekaligus Anda gunakan sebagai aplikasi to–do–list yang pada akhirnya akan membantu mencapai setiap target KPI sales dan marketing Anda.

Selain itu, Qontak.com juga didukung sistem omnichannel yang terintegrasi dengan saluran bisnis Anda seperti website, media sosial dan banyak lagi.  Hal ini memudahkan Anda dalam mengukur keberhasilan Pay Per Click advertising yang Anda terapkan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales