Mekari Qontak
Sales

7 Cara Mudah untuk Jualan di Tik Tok!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Saat ini TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digandrungi berbagai lapisan masyarakat. Sehingga tidak heran apabila ada banyak pebisnis yang ingin memanfaatkan momentum tersebut. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara jualan di Tik Tok yang sukses.

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang cara jualan di TikTok Shop berikut ini!

7 cara mudah jualan di TikTok yang dapat Anda coba:

  1. Tentukan niche market
  2. Siapkan akun TikTok bisnis
  3. Mulai membuat konten menarik
  4. Tandai video dengan produk yang Anda jual
  5. Manfaatkan influence
  6. Dorong UGC
  7. Promosikan postingan Anda

Image CTA Jualan di Tik Tok


Mengapa Anda Perlu Berjualan di TikTok?

– Banyak orang yang menggunakannya

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan TikTok, platform populer yang menawarkan penelusuran mudah berdasarkan algoritma video yang Anda sukai atau tonton sampai habis.

Tidak seperti platform media sosial lainnya, TikTok menawarkan berbagai video pendek yang unik dan menarik untuk menarik perhatian penggunanya. Terlebih kini konten video memiliki peminat yang sangat banyak.

Selain itu, terdapat sekitar 1 miliar pengguna aktif bulanan di TikTok atau 20% dari pengguna internet di seluruh dunia. Adapun rata-rata waktu penggunaan harian yakni lebih dari satu jam, yang berarti TikTok sangat berpotensial untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

– Mempermudah branding dan proses penjualan

Anda dapat memanfaatkan solusi penjualan online yang di TikTok Shop untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis Anda secara maksimal.

– Memberikan pengalaman belanja yang unik

TikTok menawarkan pengalaman belanja yang lebih seru dengan menggunakan live streaming dan video singkat yang menarik.

Selain itu, seluruh proses belanja, mulai dari penemuan produk, check out, hingga pengiriman, semua dapat dilakukan dengan mudah melalui fitur TikTok Shop.

Di sisi lain, live video streaming dan video pendek dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda dan akhirnya mendorong mereka untuk melakukan transaksi pembelian.

– Sistem operasional yang mudah

TikTok mengklaim bahwasanya, siapapun bisa mulai berjualan di TikTok secara mudah dan mengelola bisnis mereka kapanpun dan dimanapun.

Ini karena TikTok menawarkan sistem informatif dengan fitur promosi dan analisis bisnis yang lengkap sebagai pendukung kebutuhan operasional bisnis di TikTok Shop.

Tidak membutuhkan anggaran yang besar

Apakah Anda tidak memiliki bujet yang besar untuk melakukan iklan promosi produk bisnis Anda? Jika iya, maka TikTok adalah solusi yang tepat untuk Anda.

TikTok mengambil pendekatan demokratis terhadap konten yang ada, dan sering kali mempromosikan keseluruhan video terbaik ke ‘Halaman Untuk Anda’ atau yang lebih dikenal dengan FYP.

Itu berarti kemungkinan jangkauan pelanggan Anda pada dasarnya tidak terbatas, terutama jika Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Baca Juga: Mengenal Social Selling dan Perannya Pada Penjualan Bisnis


Bagaimana Cara Jualan di Tik Tok?

TikTok kini menawarkan alternatif baru kepada para pelaku bisnis atau penjual dalam meningkatkan penjualannya secara langsung.

Dalam penerapannya, Anda dapat melakukan penjualan secara langsung melalui live streaming dan video pendek yang menarik di akun TikTok Anda. Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan kreator TikTok untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Lalu, bagaimana cara jualan di Tik Tok yang tepat dan efektif?

Berikut adalah beberapa tips berjualan di TikTok yang sukses untuk Anda.

1. Tentukan niche market

Tentukan niche market

Cara jualan di Tik Tok yang pertama adalah dengan menentukan niche market. Basis pengguna terbesar TikTok terdiri dari para remaja, diikuti oleh mereka yang berusia 20-29 dan kemudian mereka yang berusia 30-39.

Ini tentu saja memberikan Anda informasi yang berguna untuk membantu Anda menyesuaikan strategi pemasaran dan penjualan berdasarkan segmentasi pasar Anda.

Selain itu, menentukan niche market akan semakin mudah dengan adanya fitur tagar yang dapat mengkhususkan video singkat yang ingin dicari oleh calon pelanggan Anda.

2. Siapkan akun TikTok bisnis

Membuat akun TikTok Bisnis

Agar operasional bisnis Anda semakin mudah, maka Anda perlu membuat akun TikTok for Business yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis.

Dengan akun TikTok bisnis, Anda dapat dengan mudah meletakkan informasi yang relevan dengan bisnis Anda, dan bahkan mengintegrasikannya dengan platform e-commerce yang Anda gunakan.

3. Mulai membuat konten menarik

Membuat Konten yang menarik

Menentukan niche market dan menyiapkan akun TikTok bisnis saja tidak cukup untuk memaksimalkan penjualan Anda di TikTok. Oleh karena itu, Anda perlu mengembangkannya dengan cara membuat banyak konten yang menarik dan unik.

Ketika berbicara tentang TikTok, kuantitas tentu mengalahkan kualitas. Tetapi hal utama yang perlu Anda ingat adalah Anda tidak ingin menjadi “penjual” biasa, jadi Anda perlu mendapatkan daya tarik untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Pastikan Anda benar-benar bersenang-senang di akun TikTok Anda, karena pemirsa dapat mengetahui apakah konten kesenangan yang Anda buat asli atau tidak.

4. Tandai video dengan produk yang Anda jual

Tandai produk Anda

Salah satu langkah termudah dan terpenting dalam proses ini adalah menandai item di video Anda dengan benar. Di mana fitur Belanja TikTok mencakup kemampuan untuk menandai produk dengan satu ketukan sederhana.

Ini tidak hanya akan membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness yang kuat, tetapi juga melakukan iklan tanpa membuat iklan.

5. Manfaatkan influence

Influencer

Cara jualan di Tik Tok yang efektif selanjutnya adalah dengan memanfaatkan influencer marketing. Ini karena TikTok dikemas dengan influencer dari setiap lapisan masyarakat.

Sehingga sangat penting untuk menggunakan influence agar dapat memaksimalkan penjualan bisnis Anda.

Namun, sebelum melakukan influencer marketing, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang siapa influencer yang cocok dengan niche market Anda.

6. Dorong UGC

Dorong UGC

Cara jualan di TikTok Shop yang satu ini mungkin akan terdengar cukup tricky, namun Anda pasti bisa melakukannya.

Anda perlu melakukan kerja sama dengan influencer untuk mendorong dibuatnya user-generated content (UGC) oleh calon pelanggan Anda. UGC memiliki efek bola salju utama, yang dapat menghasilkan jangkauan global yang tak terbayangkan untuk merek bisnis Anda.

7. Promosikan postingan Anda

Promosikan postingan Anda

Sama halnya seperti Instagram Shop, Anda juga dapat menggunakan fitur Promosi atau Promote pada akun TikTok bisnis Anda untuk meningkatkan jangkauan pelanggan.

Dengan demikian, Anda dapat menampilkan video konten Anda di depan lebih banyak orang secara mudah dan cepat.

Baca Juga: 15 Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Online Shop di Instagram


Maksimalkan Penjualan Anda di TikTok Sekarang Juga!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Itu dia beberapa cara jualan di Tik Tok yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Selain menggunakan TikTok sebagai sarana penjualan, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial lainnya untuk memaksimalkan penjualan bisnis Anda. Misalnya seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Anda tidak perlu khawatir merasa kerepotan dengan banyaknya channel media sosial bisnis yang harus Anda kelola, karena kini Anda dapat menggunakan Omnichannel untuk menyelaraskan program dan layanan di seluruh saluran Anda secara mudah.

Mekari Qontak menyediakan sistem Omnichannel terbaik yang dapat terintegrasi dengan CRM, sehingga dapat memaksimalkan operasional dan alur kerja bisnis Anda secara keseluruhan.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengoptimalkan bisnis, meningkatkan penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan secara maksimal. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales