Mekari Qontak
Business

4 Cara Analisis Peluang Usaha Agar Bisnis Berkembang!

Rekomendasi Instagram Automation Tools Terbaik

Ingin memulai usaha? Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuka bisnis adalah analisa peluang usaha. Hal ini diperlukan untuk mengetahui cara terbaik untuk menjalankan usaha.

Pasalnya dengan analisis peluang usaha, Anda bisa mengetahui kondisi atau trend pasar. Dari situ, Anda bisa menganalisis seberapa besar potensi Anda sukses untuk membuka bisnis di pasar tersebut.

Lalu apa itu analisis peluang usaha? bagaimana cara analisis peluang usaha? Pelajari semuanya pada ulasan di bawah ini.

Image CTA aplikasi CRM


Pengertian Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha adalah daftar rencana kegiatan yang dibuat oleh pelaku bisnis sebelum memulai usaha. Tujuannya agar bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor.

Hal yang penting dalam analisis peluang usaha adalah menentukan bidang usaha yang digeluti. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis. Biasanya mereka kesulitan dalam menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam produk, ragu bisa kualitas produk dan kemampuan bersaing dengan produk serupa.

Sementara, Anda yang ingin ekspansi seperti meluncurkan produk terbaru juga perlu melakukan analisis ini terlebih dulu. Dimana Anda memerlukan data-data yang akurat untuk dianalisis. Dari analisis tersebut, Anda bisa memetakan bisnis pada posisi yang tepat dan mudah dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan di Tahun 2022


Tujuan Analisis Peluang Usaha

Tujuan bisnis melakukan analisis peluang usaha untuk menjaga keberlangsungan bisnis yang akan dijalankan. Maka dari itu, banyak pelaku bisnis bersedia meluangkan waktu dan sumber daya untuk melakukan analisis peluang usaha.

Berikut tujuan lainnya bisnis melakukan analisis peluang usaha adalah

– Memiliki strategi jangka panjang

Dari analisis usaha, Anda bisa membuat strategi jangka panjang yang lebih baik. Sebab sebagian perusahaan menemui kendala dari faktor eksternal, seperti kebutuhan masa kini, tren pasar, dan banyak lainnya. Sementara tanpa memperhatikan faktor eksternal, perusahaan kesulitan dalam melakukan inovasi terbarukan.

– Mengevaluasi produk

Evaluasi produk sangat penting untuk mengetahui keberhasilan produk Anda di pasaran dan kebutuhan pasar. Dengan demikian, Anda bisa mulai mengembangkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Misalnya pada tahun 2010, Gojek diluncurkan sebagai inovasi ojek online yang terasa aneh bagi semua orang. Namun, seiring perjalanan waktu, Gojek menjadi sebuah terobosan yang menghubungkan penumpang dengan armadanya.

– Menyusun strategi pemasaran efektif

Strategi pemasaran yang umum digunakan oleh pelaku bisnis adalah strategi pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Anda bisa menggunakan strategi tersebut untuk mengidentifikasi siapa saja target pasar, produk yang pasar butuhkan, dan bagaimana cara konsumen membuat keputusan bisnis. Dari situ, Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang efektif.

– Analisis pasar lebih dalam

Salah satu bagian dalam analisis peluang usaha adalah Anda juga harus melakukan riset konsumen. Dari situ, Anda perlu mengidentifikasi pain point yang jarang disadari banyak bisnis. Tujuannya agar Anda bisa menemukan dan memanfaatkan peluang baru apapun yang muncul.

– Mengidentifikasi hambatan

Terakhir, tujuan analisis peluang usaha adalah mengidentifikasi hambatan terhadap usaha Anda. Sebagian besar bisnis biasanya menerapkan teori analisis SWOT untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari bisnis Anda.

Baca juga: 15 Peluang Usaha yang Belum banyak Pesaing, Cocok untuk Pemula


Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha

Ada beberapa cara untuk melakukan analisis peluang usaha. Salah satu cara yang banyak diterapkan dengan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Strength dan Weakness berasal dari dalam perusahaan, sedangkan Opportunity dan Threat bersumber dari luar perusahaan yang tentunya tidak dapat dikontrol. Namun masih bisa diprediksi dan ditelaah.

Berikut cara melakukan analisis peluang usaha dengan menerapkan SWOT adalah

1. Membangun kekuatan (Strength)

Mungkin Anda mudah menemukan bisnis yang menawarkan jenis produk atau jasa yang sama di pasar. Hal yang membedakan setiap produknya adalah nilai-nilai yang ditambahkan untuk menarik perhatian pelanggan. Nilai-nilai tersebut digolongkan sebagai analisis peluang usaha strength.

Disinilah peran penting analisis dilakukan untuk mengembangkan nilai-nilai yang menjadi pembeda dengan kompetitor. Contohnya Anda ingin membuka usaha di bidang kosmetik, keunggulan produk Anda bisa untuk mencerahkan kulit wajah. Namun hal ini sudah sangat umum digunakan kompetitor.

Kemudian setelah melakukan analisis peluang bisnis, Anda menemukan nilai baru dari produk Anda yang bisa digunakan untuk kekuatan produk Anda. Misalnya seperti produk Anda terbuat 100% dari bahan alami atau produk kosmetik pertama yang mendapatkan sertifikat Halal.

2. Mengidentifikasi kekurangan (Weakness)

Meski produk Anda ini memiliki banyak keunggulan, namun bukan berarti produk Anda sempurna. Pasti ada kekurangan baik dari kualitas produk atau strategi bisnis yang Anda jalankan. Oleh karena itu, Anda perlu menyusun analisis peluang bisnis untuk mengidentifikasi kekurangan bisnis.

Kekurangan bisnis ini bisa bersumber dari internal perusahaan atau faktor dari luar. Contoh faktor dari dalam adalah Anda kurang memahami life cycle produk yang akan dirintis atau keterbatasan modal. Sedangkan contoh kekurangan berasal dari luar adalah lokasi toko tempat Anda berjualan kurang strategis.

Setelah mengetahui kekurangan-kekurangan tersebut, Anda harus mencari cara untuk mengatasinya. Misalnya, belajar dari pelaku usaha profesional terkait seluk-beluk dalam menjalankan bisnis yang ingin dibangun.

3. Memaksimalkan peluang (Opportunity)

Pada poin ini Anda bisa mengkombinasikan peluang dengan kekuatan yang Anda miliki. Artinya, Anda harus pandai mencari peluang dengan memikirkan kebutuhan target pasar secara umum.

Contohnya di dekat kantor, Anda kesulitan menemukan restoran. Ini bisa menjadi peluang Anda membuka usaha F&B. Sebab karyawan yang bekerja di kantor tersebut pasti membutuhkan makanan saat jam istirahat.

4. Mempersiapkan solusi untuk menghadapi ancaman (Threat)

Masalah bisa saja datang kapan saja tanpa terduga. Misalnya muncul pesaing baru yang menawarkan produk serupa dengan harga lebih terjangkau.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan analisis peluang agar siap menghadapi situasi seperti ini. Salah satu caranya adalah Anda bisa mengoptimalkan kekuatan usaha yang dimiliki supaya pelanggan tidak mudah berpaling dari bisnis Anda.

Baca juga: Analisis SWOT: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya


Lakukan Analisis Peluang Usaha Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Analisis peluang usaha dibutuhkan bagi orang yang ingin memulai bisnis atau sedang ingin ekspensi. Sebab metode ini akan memberikan Anda informasi akurat untuk menyusun strategi bisnis yang efektif. Dalam melakukan analisis, sebagian besar bisnis menerapkan metode SWOT.

Selain itu, untuk mendukung perolehan data akurat untuk analisis peluang, banyak bisnis saat ini memanfaatkan teknologi seperti aplikasi CRM. Aplikasi ini memberikan Anda semua interaksi pelanggan dalam satu database terpadu. Hal ini memudahkan Anda untuk memahami kebutuhan pelanggan dan trend pasar.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang didukung fitur canggih yang secara otomatis menyimpan interaksi pelanggan. Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan. Selain itu, Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales