Daftar isi
7 min read

WhatsApp Notification API: Cara Mengirimkan Notifikasi di WA

Tayang 20 Februari 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
WhatsApp Notification API: Cara Mengirimkan Notifikasi di WA

WhatsApp Notification API merupakan pesan yang dikirimkan melalui platform WhatsApp dengan konsep messages notification.

Program ini terintegrasi pada sebuah sistem monitoring dan berbagai sistem lainnya berbasis API (Application Programming Interface).

Banyak pelaku bisnis telah banyak menggunakan program ini untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan yang efektif.

Alasannya WA notification API tidak termasuk pesan spam oleh pihak WhatsApp dan peluang untuk dibaca dua kali lebih tinggi dari email.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang WhatsApp Notification API di bawah ini!


Apa itu WhatsApp Notification API?

WhatsApp Notification API adalah pesan yang dikirim pelaku bisnis ke pelanggan secara otomatis untuk berbagai kepentingan. Setelah itu, bisnis akan menerima status pesan notifikasi yang dikirimkan seperti apakah pesan berhasil dikirim, tersampaikan atau dibaca oleh pelanggan berikut dengan keterangan waktunya.

Pelaku bisnis dapat mengirimkan WhatsApp order notification sebanyak – banyaknya. Umumnya pesan yang dikirimkan WhatsApp Notifikasi API berupa ajakan kembali memulai percakapan dengan prospek, atau memberikan informasi pengingat, pelacakan pengiriman, status pengiriman barang, dan lain sebagainya.

Sebelum pelaku bisnis mengirimkan WhatsApp push notification API, bisnis harus mendapat persetujuan dari pelanggan terlebih dahulu. Anda bisa menanyakan persetujuan tersebut saat awal memulai interaksi dengan pelanggan bahwa apakah mereka bersedia menerima WhatsApp notification dari bisnis Anda. Hal ini bertujuan untuk menghormati privasi pelanggan dan memberikan customer experience yang lebih baik.


Apa saja Manfaat Menggunakan WhatsApp Notification API?

WhatsApp notification API mengirimkan pesan oleh bisnis dengan tujuan menjaga komunikasi dengan pelanggan. Pesan ini juga bisa berfungsi sebagai media marketing yang mengenalkan produk atau event terbaru yang diadakan oleh bisnis.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya dari WA notifikasi, di antaranya:

  • Membantu pemasaran dengan menawarkan diskon atau promosi yang mendorong cross selling dan upselling
  • Mengirimkan konten atau pesan berulang secara otomatis dengan template yang sudah Anda buat sebelumnya
  • Mengirimkan pesan notifikasi untuk cold calling seperti ‘Terima kasih atas perhatiannya’, ‘Apakah Anda punya Waktu sebentar?’ dan masih banyak lagi yang lainnya
  • Menghubungi kembali pelanggan untuk menjaga hubungan dan meningkatkan loyalitas mereka
  • Meminta ulasan/feedback dari pelanggan secara otomatis
  • Mengirimkan pesan pengingat yang tidak ada hubungannya dengan pembelian pelanggan

Bagaimana Cara Mengirimkan WhatsApp Notification API?

Cara Mudah Mengirimkan WhatsApp Notification API

Berikut cara mudah untuk mengirimkan Notif WA API adalah

1. Pastikan Akun Anda telah Terdaftar sebagai WhatsApp API

WhatsApp API Qontak by Mekari

Sebelum mengetahui cara mengirimkan WhatsApp Notification API, Anda perlu memiliki akun WhatsApp Business API resmi terlebih dahulu.

Untuk memperoleh akun WhatsApp API resmi, Anda dapat bekerja sama dengan Official Business Partner WhatsApp atau BSP (Business Solution Provider) yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Mekari Qontak.

Baca Juga: Cara Mendapatkan WhatsApp Business API

2. Buat Template Pesan WhatsApp Notification API

WhatsApp-Notification-API-template

Anda bisa mulai menggunakan WhatsApp order notification. Pertama Anda perlu melakukan login pada layanan Mekari Qontak. Setelah berhasil Anda bisa membuat template pesan untuk WA notification API dengan mengklik broadcast dan pilih template.

3. Integrasikan WA Notification API dengan Sistem Bisnis Anda

WhatsApp-Notification-API-integrasi-dengan-sistem

Selanjutnya, Anda bisa mengintegrasikan  notification WhatsApp API dengan sistem yang Anda gunakan sekarang. Dengan begitu dapat mendeteksi pesan WhatsApp yang masuk secara otomatis dan langsung tersimpan ke database. Selain Itu juga bisa memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan secara otomatis.

4. Kirim Notifikasi Secara Otomatis Berdasarkan Trigger

whatsapp-notification-api-contoh

Kemudian WhatsApp akan mengirim notifikasi ke pelanggan sesuai trigger yang telah Anda tentukan sebelumnya.


Bagaimana Contoh Penggunaan WhatsApp Notification API?

WA Notification API kerap dimanfaatkan pelaku bisnis untuk meningkatkan customer experience. WA notifikasi API menambah citra baik bisnis di mata pelanggan yang berimbas pada peningkatan penjualan. Pelaku bisnis sering memanfaatkan WhatsApp order notification sebagai berikut:

– Account Updates

WA Notification API membantu Anda memberitahu pelanggan tentang perubahan pada pengaturan akun mereka. Hal ini membantu pelanggan mengidentifikasi aktivitas tidak sah apabila tidak ada WA push notification API sebelumnya. Selain itu notifikasi account updates juga dapat  memberitahu pelanggan terkait perubahan keanggotaan.

account-update-whatsapp-notification-api

– Request Pembayaran

Melalui WhatsApp order notification, Anda dapat mengirimkan informasi tentang pesanan pelanggan seperti tagihan atau pemberitahuan bahwa status transaksi telah berubah. Selain itu juga mengirimkan pemberitahuan bahwa transaksi telah berhasil.

payment-request-wa-notification-api

– Status Pengiriman

Perkembangan status pengiriman pesanan pelanggan dapat anda informasikan melalui WA notification. Dengan begitu pelanggan Anda akan selalu tahu posisi produk pesanan mereka dan perkiraan kapan akan menerima produk tersebut.

status-pengiriman-wa-notification-api

– Billing Update

Berbeda dengan request pembayaran, billing update memberitahu pelanggan tentang invoice terutang, pembayaran yang terlewat, atau aktivitas transaksi lainnya yang terkendala. Hal ini memastikan bahwa tidak ada pembayaran yang terlewatkan.

– Update Reservasi

WA Notification dapat digunakan untuk memberitahu informasi pembaruan reservasi yang sudah ada. Misalnya pemberitahuan ke pelanggan terkait perubahan dalam rencana perjalanan mereka seperti lokasi atau perubahan pada pemesanan tempat penginapan.

reservation-wa-notification-api

– Reminder

Penggunaan WA notification dapat mengirimkan pengingat terkait janji pertemuan antara bisnis dengan pelanggan. Hal ini mencegah terjadinya pertemuan yang terlewatkan.

reminder-wa-notification-api

– Travel dan Ticket Update

WA push notification API dapat digunakan untuk mengirim pembaruan status perjalanan mereka seperti perubahan jadwal kereta api atau boarding gate pesawat. Sekaligus pembaruan tiket cukup melalui WhatsApp yang disertai dengan informasi petunjuk arah jalan, FAQ atau peta lokasi. Tujuannya membantu pelanggan lebih mudah menemukan lokasi yang dituju.

travel-wa-notification-api

– Alert Update

WhatsApp notification juga dapat Anda manfaatkan untuk memberitahu pengumuman penting yang harus segera dilaporkan kepada pelanggan Anda. Misalnya terjadi malfungsi atau permasalahan pada platform yang membutuhkan waktu untuk perbaikan yang mengganggu kenyamanan pelanggan. Anda bisa mengirimkan pesan ini secara massal ke banyak kontak tanpa ribet dengan bantuan fitur WhatsApp blast.

alert-wa-notification-api

– Issue Resolution Notification

Apabila Anda belum bisa menyelesaikan masalah dalam waktu 24 jam, maka Anda dapat memanfaatkan WhatsApp notification. Dengan begitu Anda dapat melanjutkan percakapan dengan pelanggan untuk 45 jam berikutnya, tetapi percakapan layanan pelanggan tersebut harus selalu terkait dengan percakapan sebelumnya.

issue-resolution


Status Notification WhatsApp API

Setelah mengirimkan notification, Anda tentu penasaran apakah pesan WhatsApp API tersebut sampai ke pelanggan atau tidak. Namun Anda tidak perlu khawatir harus mengecek setiap pesan satu persatu. Sebab setiap pesan notification yang dikirimkan, Anda akan menerima pemberitahuan tentang status pesan tersebut.

Berikut keterangan status notifcation WhatsApp API yang akan dilaporkan ke Anda lihat pada tabel di bawah ini

Nama Deskripsi
 deleted Pesan yang Anda kirimkan telah dihapus oleh pengguna. Setelah menerima pemberitahuan ini, Anda harus memastikan bahwa pesan tersebut dihapus dari sistem Anda jika diunduh dari server.

Status pesan di WhatsApp Anda akan terlihat catatan bertuliskan “Pesan ini telah dihapus.”

 delivered Pesan yang dikirim oleh bisnis Anda telah dikirim ke perangkat pengguna.

Hal ini bisa diketahui dengan adanya ‘Dua tanda centang’ dibawah pesan.

 failed Pesan yang dikirim oleh Anda gagal terkirim. Alasan kegagalan akan disertakan dalam callback.k. Periksa dokumentasi kesalahan pesan untuk elp debugging, seperti:

  • On-Premises API Errors
    Cloud API Error Codes and Troubleshooting
read Pesan yang dikirim oleh bisnis Anda telah dibaca oleh pengguna. notifikasi baca hanya tersedia untuk pengguna yang tanda terima telah dibaca diaktifkan. Untuk pengguna yang tidak mengaktifkannya, Anda hanya menerima pemberitahuan yang dikirimkan.

Status pesan ini bisa diketahui dengan adanya ‘Dua tanda centang biru’ dibawah pesan.

sent Pesan yang dikirim oleh bisnis Anda sedang transit dalam sistem kami.

Solusi untuk On-Premises API users: Untuk menerima pemberitahuan untuk pesan terkirim, atur sent_status setting ke true di application settings. Kemudian notifikasi status terkirim akan dinonaktifkan secara default.

 

   warning Pesan yang dikirim bisnis Anda berisi item dalam katalog yang tidak tersedia atau tidak ada.

Segera Miliki WhatsApp Notification API untuk Bisnis Anda Sekarang!

WhatsApp Notification API terbaik dapat dimiliki dengan bantuan Mekari Qontak. Sebab Mekari Qontak adalah salah satu official bussines partner WhatsApp API terbaik di Indonesia yang mengerti seluruh kebutuhan bisnis Anda.

Tidak hanya itu saja, sistem Mekari Qontak juga didukung fitur canggih yang terintegrasi dengan CRM Omichannel.

Hal ini membuat bisnis Anda dapat terhubung dengan berbagai saluran secara otomatis tanpa perlu mencari penyedia aplikasi CRM lagi.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo WhatsApp API Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL sekarang!

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales