Mekari Qontak
Customer Service

Kenali 15 kelebihan WhatsApp Business

Kelebihan WhatsApp Busainess vs WhatsApp Biasa

WhatsApp Business aplikasi WhatsApp yang khusus dirancang untuk kebutuhan bisnis. Aplikasi ini memudahkan bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan, sehingga menciptakan pengalaman belanja yang kuat.

Dengan demikian, tidak heran apabila WhatsApp bisnis menjadi media komunikasi populer untuk bisnis saat ini. Hal ini tak lepas dari kelebihan WhatsApp Business yang membantu banyak pelanggan untuk berkomunikasi langsung dengan bisnis, tanpa repot mengunduh aplikasi lainnya.

Meski masih banyak kelebihan WhatsApp business lainnya, ada beberapa kekurangan WA bisnis yang perlu bisnis ketahui sebelum memanfaatkannya.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business itu? Temukan jawabannya pada artikel di bawah ini!

Berikut adalah kelebihan WhatsApp Business:

  1. Profil bisnis
  2. Menggunakan dua nomor yang berbeda
  3. Pesan otomatis
  4. Statistik pesan
  5. Katalog
  6. Tautan pendek
  7. Label
  8. Lebih profesional
  9. Templat pesan
  10. Menghemat waktu
  11. Keamanan terjamin
  12. Desktop dan web convenience
  13. Mudah mengatur obrolan
  14. Menjangkau pelanggan kapan saja, di mana saja
  15. Memudahkan dalam mempromosikan produk

Image CTA API WhatsApp


Apa Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger?

WhatsApp Messanger adalah akun WhatsApp yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang untuk bertukar pesan atau melakukan panggilan dengan pengguna lainnya. Sementara WhatsApp Business adalah akun WhatsApp yang didesain khusus untuk bisnis, guna memenuhi berbagai kebutuhan bisnis.

Dengan demikian, tidak heran apabila fitur dan fungsi di antara keduanya berbeda. Di mana WhatsApp Business dilengkapi dengan fitur seperti profil bisnis, katalog, templat pesan, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan selengkapnya antara WhatsApp Biasa dan WhatsApp Business:

WhatsApp Biasa (Messenger) WhatsApp Business Biasa
Profil Bisnis

Ya

Template Pesan

Ya

Jumlah Agen

Hanya 2 agen CS / 1 nomor

Hanya 2 agen CS / 1 nomor

Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan

Pesan Keluar Massal

Terbatas 

Laporan Kinerja

 

Tanda Centang Hijau Resmi

Baca Juga: Perbedaan WA Biasa, WA Bisnis, dan WhatsApp Official Business


Apa saja Kelebihan WhatsApp Business?

WhatsApp Business diluncurkan khusus untuk pemilik bisnis menjalin hubungan dengan pelanggan lebih baik. Aplikasi ini dirancang khusus dengan beberapa fitur tambahan untuk memberikan manfaat tambahan.

Berikut adalah kelebihan WhatsApp bisnis:

1. Profil Bisnis

Kelebihan WhatsApp Business yang pertama adalah profil bisnis yang tidak hanya sekadar menampilkan nama, nomor, dan status saja seperti di WhatsApp biasa.

Anda dapat menambahkan informasi berhubungan dengan deskripsi singkat bisnis seperti katagori, alamat, email, website dan lainnya. Informasi tersebut diharapkan memudahkan pelanggan untuk mengenali bisnis Anda.

2. Menggunakan dua nomor berbeda

Berbeda dengan WhatsApp messenger yang hanya menampilkan satu nomor, pada WhatsApp Busniess Anda dapat menambahan dua nomor sekaligus.

Tujuannya adalah untuk memisahkan akun bisnis dan kepentingan personal. Dengan begitu, percakapan yang bersifat pribadi tidak bercampur dengan bisnis.

3. Pesan Otomatis

Kelebihan WhatsApp businesss berikutnya adalah pesan otomatis yang memungkinkan Anda untuk menanggapi pelanggan 24/7, sehingga pelanggan tidak pernah merasa diabaikan.

Buatlah salam selamat datang untuk pesan pelanggan baru. Hal ini membantu Brand Anda mempromosikan niat baik sambil memberikan informasi pengantar tentang perusahaan Anda.

Berikut contoh pesan otomatis yang dapat menghemat waktu meliputi:

  • Beri tahu pelanggan tentang waktu tunggu
  • Tindak lanjuti dengan tautan ke sumber FAQ
  • Minta pengguna untuk menjadwalkan waktu untuk mengobrol

4. Statistik pesan

Anda dapat memantau pesan terkirim melalui statistik pesan yang disediakan aplikais WhatsApp Business. Selain itu, Anda juga bisa mengatagorikan bisnis Anda yang terdaftar atau memilih “other” jika tidak ada pilihannya.

5. Katalog

Kelebihan WhatsApp Business selanjutnya adalah adanya fitur katalog yang dapat membantu menampilkan dan membagikan informasi produk serta layanan yang Anda miliki.

Sederhananya ini adalah katalog digital yang dapat membantu Anda untuk menampilkan produk dan informasi terkait produk Anda. Ini termasuk nama produk, deskripsi, harga, dan link terkait produk.

6. Tautan Pendek

Anda dapat menggunakan fitur tautan pendek atau short link untuk mempermudah pelanggan baru terhubung dengan bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat membagikan tautan pendek akun WhatsApp Business Anda ke berbagai channel yang Anda gunakan, termasuk di antaranya media sosial.

Dengan demikian, prospek dan pelanggan dapat dengan mudah untuk menggapai akun Anda dan mengirim pesan ke bisnis Anda.

7. Label

Anda mungkin akan merasa kebingungan ketika menghadapi banyaknya chat dari pelanggan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dengan fitur label, Anda dapat mengorganisir serta menemukan chat pelanggan dengan mudah.

Selain itu, Anda juga dapat mengurutkan percakapan pelanggan menjadi beberapa kategori, seperti “Pelanggan Baru” atau “Pesanan dalam proses”.

8. Lebih profesional

Akun WhatsApp business terlihan lebih terpercaya dibandingkan dengan WhatsApp Messenger. Hal ini memberikan keuntungan bagi Anda dan pembeli ketika melakukan transaksi. Sehingga pelanggan tidak perlu khawatir lagi ditipu saat berbisnis.

9. Template Pesan

Kelebihan WhatsApp Business lainnya adalah templat pesan yang memungkinkan Anda mengirim pesan yang sudah ditulis sebelumnya seperti pengingat janji temu, pembaruan pengiriman, dan konfirmasi. Hal ini menghemat waktu Anda untuk merespon pesan karena tidak perlu menulisnya ulang.

10. Menghemat waktu

Hindari menciptakan kembali roda dengan setiap pesan. Quick reply memungkinkan Anda membuat tanggapan cepat yang dapat digunakan pelanggan untuk membalas chat Anda tanpa menuliskan jawaban yang lengkap.

11. Kemanan terjamin

WhatsApp bangga menawarkan “keamanan secara default.” Tidak seperti aplikasi lain, WhatsApp mengenkripsi pesan dan panggilan end-to-end.

Selain itu, setiap pesan memiliki gembok dan kunci yang unik, sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca isinya. Bahkan pihak WhatsApp tidak dapat membaca isi pesan tersebut.

12. Desktop and Web Convenience

Tanggapi pelanggan melalui ponsel cerdas, seluler, atau browser desktop. Memiliki aksesibilitas pada perangkat lain seperti dekstop adalah cara yang ampuh untuk memastikan Anda selalu siap berkomunikasi dengan pelanggan.

13. Atur Obrolan Anda

Pesan seluler bergerak cepat. Pastikan pesan pelanggan tidak pernah gagal dengan melabeli percakapan Anda. Tambahkan warna atau label untuk menunjuk departemen, urutkan menurut jenis percakapan, dan ambil pesan dengan cepat.

14. Menjangkau pelanggan kapan saja, di mana saja

WhatsApp business adalah saluran komunikasi real time. Berbeda dengan email yang orang sering menunda untuk membacanya, mereka biasanya langsung memeriksa pesan masuk dari WhatsApp, bahkan saat dalam perjalanan.

80% pesan WhatsApp dibaca dalam lima menit pertama. Ini memberi Anda jendela waktu yang jauh lebih besar untuk mengirim pesan pemasaran. Faktanya, pesan WhatsApp mendapatkan rasio buka 98% yang tidak ada duanya dan rasio klik 45-60%.

15. Memudahkan dalam mempromosikan produk

Anda dapat menggunakan fitur broadcast untuk mengumumkan promosi, penawaran khusus, dan inventaris baru ke beberapa atau banyak pelanggan secara sekaligus.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat WhatsApp Bisnis!


Apa Kekurangan WhatsApp Business?

Selain kelebihan, WA bisnis API juga memiliki sedikit kekurangan. Dimana kekurangan WhatsApp Business bukanlah hal mendasar yang akan mempengaruhi aktivitas bisnis Anda. Kekurangan WhatsApp Business API yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:

– Nama Akun Abadi

Nama akun WhatsApp API yang Anda daftarkan tidak bisa diubah untuk selamanya. Informasi ini akan muncul setelah Anda mengunduh aplikasi WhatsApp Business di Play Store atau App Store.

Untuk menghindari keinginan mengubah nama dilain hari, sebaiknya Anda benar-benar yakin bahwa nama yang dipilih akan cocok dipakai seterusnya.

– Perlu menyediakan nomor khusus untuk WhatsApp Business

Penggunaan nomor untuk WhatsApp Business tidak boleh sama dengan WhatsApp Messenger. Artinya Anda harus memiliki nomor berbeda dari yang digunakan untuk WhatsApp Messenger.

Sebaiknya gunakan nomor baru khusus untuk WhatsApp Business. Dengan begitu baik WA Messenger maupun Business dapat Anda gunakan dalam satu perangkat smartphone.

– Penyalahgunaan Data Pribadi

Kebocoran data mungkin saja terjadi pada WhatsApp. Dimana potensi ini selalu ada selama ada oknum yang tidak bertanggung jawab ingin memanfaatkan platform yang populer. Sebab, tidak sulit bagi orang lain untuk melihat data yang didaftarkan di aplikasi ini.


Tips Mengatasi Kekurangan WhatsApp Business

Meskipun didesain khusus untuk bisnis, namun WhatsApp Business masih memiliki sejumlah kekurangan yang dapat membuat operasional bisnis menjadi tidak efektif. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kami memiliki beberapa tips mengatasi kekurangan WhatsApp Business yang sudah disebutkan sebelumnya.

Berikut adalah tips mengatasi kekurangan WhatsApp Business:

1. Menggunakan WhatsApp API

Cara terbaik untuk mengatasi kekurangan WhatApp Business dan meningkatkan keunggulannya adalah dengan menggunakan WhatsApp API. Pasalnya WhatsApp API didukung dengan sistem enkripsi end to end yang menjamin kerahasiaan data pelanggan. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi data disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab.

Selain itu, WhatsApp API memiliki banyak kelebihan dan fitur-fitur canggih yang dapat mendukung bisnis secara maksimal. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari WhatsApp secara optimal, sangat disarankan untuk menerapkan WhatsApp API.

2. Memanfaatkan fitur WhatsApp API dengan semaksimal mugkin

WhatsApp API dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat memaksimalkan operasional bisnis Anda, seperti berikut ini:

  • WhatsApp blast dan broadcast: Memungkinkan bisnis untuk mengirimkan banyak pesan secara bersamaan meskipun pelanggan tidak menyimpan kontak bisnis.
  • Multi agent dan multi device: WhatsApp API dapat digunakan oleh banyak agen dan device, sehingga dapat membantu merespon pelanggan lebih cepat.
  • ChatBot: Robot AI  yang mampu merespon pelanggan secara otomatis.
  • Rotator: Sistem yang dapat membantu melayani pelanggan dengan cepat dengan mengarakan pesan pelanggan ke agen secara otomatis.
  • Centang hijau: Tanda centang hijau (green tick) di samping display name bisnis, yang menandakan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi dan terbukti memiliki bisnis.
  • WhatsApp integration: Hubungkan WhatsApp dengan berbagai sistem penunjang bisnis lainnya, seperti CRM dan Omnichannel dalam satu platform terpadu.

3. Menyediakan nomor khusus

Sebelum membuat WhatsApp API, pastikan Anda telah menyiapkan nomor khusus untuk akun WhatsApp API Anda. Karena, nomor tersebut nantinya akan dipakai untuk selamanya atau tidak bisa diganti kembali.

Jadi, pastikan nomor tersebut sudah sesuai dengan keinginan atau kebutuhan bisnis Anda!


Dapatkan Kelebihan WhatsApp Business untuk Meningkatkan Bisnis Anda Sekarang!

WhatsApp API Mekari Qontak

Kelebihan WhatsApp Business API telah membantu banyak bisnis meningkatkan layanan pelanggan sekaligus penjualan mereka. Dimana WhatsApp Business memudahkan pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan bisnis.

Begitu juga dengan bisnis yang tidak perlu lagi kerepotan untuk merespon permintaan pelanggan berkat fitur canggih yang dimiliki WhatsApp Business API. Keduanya sangat diuntungkan dengan hadirnya WhatsApp Business API.

Jadi tunggu apalagi untuk mendaftarkan diri Anda ke Business Solution Partner terbaik di Indonesia Mekari Qontak. Tim Mekari Qontak akan membantu Anda memperoleh kelebihan WhatsApp Business API.

Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales