Daftar isi
5 min read

Panduan Lengkap Enquiry Management System (EMS)

Tayang 18 Februari 2022
Diperbarui 12 Desember 2023
Mengenal Apa Itu Enquiry Management System
Panduan Lengkap Enquiry Management System (EMS)

Dalam berbisnis, pengalaman pelanggan merupakan hal penting yang patut diperhatikan, mengingat ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan angka penjualan. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan adalah dengan menggunakan enquiry management system (EMS).

Apa itu enquiry management system? Bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan menggunakan EMS? Simak pembahasannya di artikel berikut ini!

Apa Itu Enquiry Management System?

Enquiry management system adalah software otomatis yang dapat membantu bisnis untuk memberikan kebutuhan yang tepat kepada setiap pelanggannya. Ini termasuk meningkatkan kapasitas karyawan untuk secara efektif mengelola pertanyaan pelanggan dengan pelayanan terbaik.

Lebih lanjut, sistem ini juga dapat membantu bisnis untuk mencatat, melacak, dan mengelola permintaan pelanggan yang dikelola secara sistematis, sehingga tim penjualan dapat mengambil tindakan yang disesuaikan.

Dengan demikian, Anda dapat menangani dan menindaklanjuti setiap pertanyaan dan kebutuhan pelanggan dengan benar. Selain itu, ini juga dapat membantu Anda memeroleh lebih banyak peluang untuk menjual dan meningkatkan bisnis Anda.

Apa Manfaat Enquiry Management System?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwasanya enquiry management system dapat memungkinkan bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan dan penjualan.

Selain itu, sistem ini juga dapat memberikan manfaat penting lainnya, seperti:

– Membuat respon menjadi lebih cepat

Dalam penerapannya, enquiry management software mencakup sistem CRM yang dapat membantu Anda dalam memberikan pengingat untuk tindak lanjut yang lebih cepat dan tepat waktu.

Selain itu, ini juga dapat membantu Anda mengkategorikan pertanyaan untuk membuat respon menjadi lebih cepat.

– Membantu menjawab pertanyaan tepat waktu

Dengan menggunakan enquiry management software, customer service Anda dapat menjawab pertanyaan tepat waktu dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan oleh sistem.

Selain itu, Anda juga dapat melacak status pertanyaan, menetapkan jadwal pengingat, dan menindaklanjutinya.

Dalam hal ini, respon yang tepat waktu dapat membantu Anda meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan customer value.

– Menghubungkan prospek dan karyawan

Dalam penerapannya, Anda dapat menggunakan enquiry management system untuk mengkategorikan pertanyan serta mengklasifikasikan setiap pertanyaan kepada karyawan yang tepat.

Hal ini tentunya akan menghubungkan prospek dan karyawan, serta menghindari pengalaman buruk yang dialami pelanggan akibat jawaban yang tidak relevan dan memakan waktu yang lama.

– Membantu membuat akuntabilitas dan komunikasi yang jelas

Enquiry management system dapat membantu Anda untuk berbagai informasi dengan berbagai departemen dalam bisnis.

Hal ini akan membantu tim Anda untuk bekerja lebih baik dan memiliki koordinasi informasi yang tepat.

– Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik

Saat pelanggan Anda mengajukan pertanyaan, mereka tentu menginginkan jawaban yang cepat, tidak peduli apakah Anda memiliki banyak pelanggan atau pertanyaan yang perlu dijawab.

Hal ini tentu bisa memicu keadaan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan enquiry management system guna memberikan jawaban yang cepat dan relevan untuk pelanggan Anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan Enquiry Management System?

Setelah mengetahui apa itu enquiry management system dan apa saja manfaatnya. Kini saatnya untuk Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan enquiry management system untuk meningkatkan penjualan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan enquiry management system untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

1. Tidak melewatkan prospek

Enquiry Management System_Tidak melewatkan prospek

Ketika Anda menerima pertanyaan dari prospek, enquiry management software akan bekerja dengan mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan dan memasukkannya ke dalam format yang dapat digunakan.

Kemudian setiap prospek dapat mengikuti proses sistematis yang sama dan menerima pengalaman yang konsisten. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan kesan pertama yang buruk.

Selain itu, sistem ini juga dapat membantu melacak dan menyimpan informasi terkait prospek di tempat yang mudah diakses. Sehingga Anda tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk terhubung dengan prospek Anda.

2. Memasangkan prospek dengan sales yang tepat

Memasangkan prospek dengan sales yang tepat

Menurut sebuah studi, 78% pelanggan melakukan pembelian produk dari perusahaan yang menanggapi pertanyaan mereka terlebih dahulu. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih perwakilan sales yang tepat.

Selain memilih sales yang tepat, Anda juga dapat memanfaatkan enquiry management software untuk memasangkan prospek dengan sales terbaik guna memeroleh konversi.

Dalam hal ini, EMS dapat membantu mengidentifikasi dan mengklasifikasikan setiap petunjuk dan mengarahkannya ke orang yang tepat untuk langkah selanjutnya.

3. Memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik

Memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik

Pengalaman pelanggan merupakan salah satu bagian paling penting dalam perjalanan penjualan. Bahkan sebuah produk yang hebat sekalipun akan dirasa kurang apabila tidak selaras dengan kebutuhan pelanggan.

Dengan demikian, pengalaman pelanggan yang baik dapat menghasilkan kepercayaan yang lebih besar dan meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk  merekomendasikan bisnis Anda kepada teman atau anggota keluarga.

Dalam hal ini, Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan pelayanan yang lebih baik menggunakan enquiry management software. EMS dapat membantu Anda menangani pertanyaan dengan benar dan memberikan tanggapan yang tepat waktu.

4. Melacak prospek untuk sales forecast yang lebih baik

Melacak prospek untuk sales forecast yang lebih baik

Sales forecast sangat penting untuk membantu membuat keputusan bisnis, terutama ketika menyangkut kebutuhan anggaran.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan enquiry management system untuk melacak dan merekam informasi terkait prospek Anda. Kemudian informasi tersebut dapat Anda olah untuk membuat sales forecast yang lebih baik.

5. Meningkatkan efisiensi penjualan

Enquiry Management System_Meningkatkan efisiensi penjualan

Efektivitas penjualan dapat membantu meningkatkan peluang untuk mengonversi pelanggan potensial dan meningkatkan penjualan.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan enquiry management system untuk membantu tim sales Anda agar fokus pada penjualan dan meningkatkan efisiensi penjualan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan EMS untuk membantu mengidentifikasi prospek dan pertanyaan terpenting mereka tanpa Anda harus menebak-nebaknya terlebih dahulu. Akibatnya, tim Anda dapat mengetahui di mana peluang terbaik mereka berada.

Pahami Apa Itu Enquiry Management System dan Tingkatkan Penjualan Anda!

Enquiry management system merupakan sistem yang digunakan untuk membantu meningkatkan kapasitas karyawan dalam mengelola pertanyaan pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik.

Selain itu, ini juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan angka penjualan yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut, sistem ini dapat Anda temui dalam enquiry management software atau aplikasi CRM terbaik, yang dapat membantu  Anda mencatat, melacak, dan mengelola permintaan pelanggan secara sistematis.

Qontak menyediakan aplikasi CRM dan aplikasi omnichannel terbaik di Indonesia, yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dan penjualan bisnis Anda.

Sementara itu, Qontak telah dipercaya lebih dari 1000+ perusahaan terkemuka untuk membantu mengelola hubungan bisnisnya secara efisien dan efektif.

Kategori : BisnisCustomer
WhatsApp WhatsApp Sales