Mekari Qontak
Featured Articles

7 Cara Memulai Bisnis Makanan Online

memulai-bisnis-makanan-online

Ketahui Lebih Lengkap Cara Memulai Bisnis Makanan Online yang Menjanjikan.

Berbisnis saat masa pandemi memang telah menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu luang yang menghasilkan keuntungan. Salah satu bisnis yang populer adalah berbisnis makanan, alasannya sederhana karena semua orang butuh makanan dan permintaannya tidak akan habis. Bisnis makanan online juga sudah semakin mudah karena banyaknya platform yang menyediakan jasa pengiriman makanan seperti ojek online atau aplikasi lainnya sehingga tidak harus membuka warung atau restoran untuk memulai bisnis kuliner.

Dengan keuntungan yang menggiurkan dan kemudahan operasional, tidak heran banyak orang yang berpikir untuk memulai bisnis makanan online.  Perhatikan beberapa tips berikut ini untuk bisa memulai bisnis makanan online dengan lebih baik.


Tips Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Bila Anda pemula, maka tidak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang dapat Anda perhatikan seperti:

1. Tentukan Jenis Makanan dan Cita Rasa

Tentukan-jenis-makanan-online

Jenis makanan yang dapat dijual secara online sangatlah beragam, namun faktor yang harus diperhatikan adalah bagaimana makanan dikirim kepada pelanggan. Pastikan kemasan dapat menampung jenis makanan yang akan dijual sehingga tidak rusak atau terkontaminasi.

Berikut ini adalah beberapa ide jenis makanan yang dapat dijual secara online:

  • Frozen Food (Makanan Beku) : Tahan lama dan lebih mudah dikirim
  • Lauk olahan kering: Tahan lama dan mudah dikirim
  • Permen atau coklat: Tahan lama dan mudah dikirim
  • Dessert box: Rentan rusak dan lebih baik dingin, sebaiknya dikirim dalam sehari
  • Makanan basah: Rentan rusak, lebih baik dikirim dalam waktu singkat untuk memastikan kesegaran
  • Kopi dan minuman: Rentan rusak dalam pengiriman, dikirim dalam waktu singkat untuk menjaga cita rasa

Cita rasa juga perlu Anda perhatikan agar pelanggan merasa puas dengan makanan yang Anda jual. Hal ini akan membuat mereka kembali membeli makanan Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

2. Perhatikan Kemasan dan branding

Karena berbisnis makanan secara online membutuhkan jasa pengiriman, maka kemasan harus diperhatikan untuk menjaga makanan agar tidak rusak dan cita rasa terjaga. Ketika Anda memulai bisnis makanan online, tidak heran jika Anda kebingungan dengan kemasan yang dipilih jadi pastikan Anda mencari tahu jenis makanan Anda.

Penggunaan styrofoam, kertas nasi atau kotak makanan merupakan pilihan yang sangat baik untuk makanan yang sifatnya lauk kering, untuk makanan berkuah Anda dapat menggunakan plastik yang aman untuk makanan. Olahan seperti minuman juga bisa menggunakan cup yang diberikan seal agar tidak tumpah.

Perlu diketahui bahwa kemasan juga dapat menjadi media pemasaran atau letak logo merk Anda, pastikan kemasan juga menarik agar pelanggan merasa senang.

3. Buat Rancangan Keuangan

Foto-produk-makanan-online

Pastikan Anda mengatur keuangan dengan baik. Memang betul bahwa bisnis online membutuhkan biaya yang lebih rendah, namun jangan sampai salah menghitung sehingga mengalami kerugian. Tentukan berapa total modal yang diperlukan, berapa pengeluaran operasional dan pemasaran.

Setalah itu tentukan harga makanan, pastikan agar tidak kurang dari margin modal. Namun perhatikan juga harga pasar sehingga tidak terlalu mahal. Atur target pendapatan bulanan yang dapat menentukan strategi pemasaran.

4. Tentukan target pasar

Keungan-bisnis-online

Target pasar juga sangat penting untuk diketahui. Contohnya adalah pelanggan dengan usia yang lebih muda cenderung lebih suka makanan yang unik dan baru, atau bila target Anda mahasiswa/i maka cenderung mereka ingin makanan yang lebih murah.

Dengan mengetahui target pasar, Anda dapat menentukan jenis produk, cara pemasaran dan juga strategi yang akan dijalankan. Seringkali pebisnis salah menentukan target pasar utama yang menyebabkan makanan mereka tidak disukai. Pastikan produk makanan Anda memenuhi minat dan selera dari target pasar.

5. Tentukan strategi pemasaran (Media sosial dan platform lainnya)

Target pasar makanan online

Karena Anda berbisnis makanan secara online. Maka pemasaran digital sangat tepat digunakan. Penggunaan media sosial merupakan sarana paling populer untuk memasarkan makanan Anda. Pastikan Anda membuat konten yang bagus, Anda perlu memperhatikan foto produk, caption, desain dan juga promosi yang akan digunakan untuk menarik pelanggan.

Selain media sosial, Anda juga bisa menggunakan platform seperti ojek online atau aplikasi lainnya untuk mendaftarkan merk makanan Anda. Dengan begitu pelanggan lebih mudah mencari atau memesan lewat aplikasi yang tersedia. Masih banyak strategi seperti personal selling atau testimoni seperti influencer yang dapat Anda gunakan.  Pastikan Anda melakukan riset pasar agar strategi pemasaran yang Anda lakukan sesuai dengan target yang dituju.

Baca juga: 12 Strategi Marketing yang Wajib Dicoba

6. Foto Produk

Strategi-pemasaran

Karena kegiatan pemasaran dilakukan secara online pastinya Anda harus menampilkan produk lewat foto. Pastikan foto makanan terlihat rapi, bersih dan pastinya menggiurkan. Permainan warna memiliki pengaruh besar seperti warna merah atau ungu yang dapat meningkatkan selera makan.

Jangan ragu untuk menyewa jasa fotografi makanan, tapi ingat budget yang Anda miliki. Jasa fotografi akan memeberikan hasil yang maksimal untuk foto makanan Anda. Namun bila ingin melakukannya sendiri, pastikan untuk melihat beberapa tips & trik untuk fotografi makanan.

7. Miliki layanan pelanggan yang baik

aplikasi-layanan-pelanggan

Layanan pelanggan secara online khususnya media sosial membutuhkan keterampilan dalam membalas pesan, belum lagi jika pelanggan yang dimiliki sangat banyak. Melalui media sosial atau platform lain, pelanggan dapat memesan atau memperoleh informasi mengenai bisnis Anda. Banyak pebisnis yang kewalahan dalam menangani pesan pelanggan sehingga menyebabkan rating mereka buruk.

Aplikasi Qontak untuk Membantu Memulai Bisnis Makanan Online Anda

Qontak sebagai aplikasi Omnichannel CRM dapat membantu Anda memberikan layanan pelanggan dengan lebih efektif. Selain itu aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda mengamati tren pasar yang sedang terjadi, melakukan personalisasi pelanggan agar tahu kesukaan mereka dan juga ada fitur chatbot yang dapat menjawab pesan secara otomatis. Semua ini dapat Anda gunakan hanya dengan satu aplikasi.

Qontak.com menawarkan implementasi gratis, pengaturan gratis, dan uji coba gratis selama 14 hari tanpa risiko apa pun. Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales