Daftar isi
4 min read

Kembali Beroperasi, TikTok Shop Gandeng Tokopedia untuk Memajukan UMKM

Tayang 18 Desember 2023
Diperbarui 29 Mei 2024
TikTok Shop Kembali Gandeng Tokopedia untuk Memajukan UMKM
Kembali Beroperasi, TikTok Shop Gandeng Tokopedia untuk Memajukan UMKM

Setelah sempat ditutup, TikTok Shop kembali lagi dengan menggandeng e-commerce milik GoTo yaitu  Tokopedia. Kolaborasi tersebut membagi fungsi TikTok Shop sebagai social commerce (media promosi) dan Tokopedia sebagai e-commerce.

Namun secara tampilan tidak ada perubahan signifikan pada aplikasi TikTok, hanya terlihat muncul tulisan pop upService provided by TikTok partnered with Tokopedia”.

Tulisan tersebut menunjukkan bahwa layanan belanja pada aplikasi TikTok Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Goto Tokopedia.

Meski begitu, kemitraan TikTok shop dan Goto Tokopedia masih dalam tahap uji coba mulai 12 Desember 2023 dengan pengawasan dan kosultasi kementerian serta lembaga terkait.

Menawarkan Pengalaman Berbelanja Menarik

Bergabungnya TikTok shop dan Tokopedia menyajikan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan. Seperti diketahui bahwa platform TikTok selalu menampilkan konten shoppertainment yang menarik.

Cara penggunaanya juga relatif mudah, Anda cukup mencari barang yang ingin dicari melalui kolom “Search” yang TikTok sediakan. Ada beragam barang yang bisa Anda temukan dalam TikTok Shop mulai dari fashion, makanan, elektronik, peralatan rumah tangga dan lainnya.

Setelah memasukan barang yang dicari, sistem akan menampilkan hasil pencarian berupa konten video atau live streaming yang menawarkan produk yang diinginkan.

Jika tertarik, Anda bisa memasukkan barang yang ditawarkan dalam Live Shopping ke dalam ‘keranjang kuning’.

Selain itu, Anda juga bisa mulai berbelanja melalui profil pengguna. Kemudian lihat tombol “Your Orders” pada bagian bawah profil Anda. Setelah itu, Anda dan akan dibawa ke menu Order Center.

Setelah laman tersebut dibuka, akan terlihat pemberitahuan layanan tersebut disediakan TikTok dan bermitra dengan Tokopedia.

Langkah selanjutnya Anda bisa meneruskan seperti proses belanja online pada marketplace di Indonesia pada umumnya seperti pembayaran, memilih ekspedisi pengiriman dan seterusnya.

Rangkaian proses tersebut menghadirkan pengalaman belanja online yang utuh. Terlebih ditambah interaksi langsung yang difasilitasi oleh TikTok, membuat belanja menjadi lebih berkesan.

Maka tak heran apabila survei terbaru dari Adweek-Morning Consult menemukan bahwa 49% pengguna TikTok telah membeli produk atau layanan setelah melihat iklan, promosi, atau ulasan di aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Pasang Iklan di TikTok

Mendukung Kemajuan UMKM

Selain menawarkan pengalaman belanja menyenangkan, kembalinya TikTok Shop juga membawa pelaku UMKM di Indonesia, terutama bagi pedagang yang telah bergabung sebagai mitra ekosistem Tokopedia.

TikTok shop dan GoTo Tokopedia berkomitmen ini membangun UMKM Indonesia menjadi lebih maju. Tak tanggung-tanggung, TikTok berencana menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar untuk mendukung operasional Tokopedia terutama untuk kepentingan UMKM Indonesia.

Salah satu program yang mereka gaungkan adalah “Beli Lokal”. Program ini mempromosikan berbagai jenis merchant dengan fokus utama pada produk asli Indonesia.

Saat ini tercatat lebih dari 90% merchant yang tergabung dalam program tersebut merupakan pelaku UMKM. Jadi pengguna TikTok bisa berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka. Disisi lain, hal tersebut dapat mendorong perkembangan UMKM Indonesia.

Selain melalui program “Beli Lokal”, kolaborasi TikTok shop dan Tokopedia juga menghadirkan beragam manfaat lainnya seperti berikut:

  • Promosi produk Indonesia pada platform TikTok dan Tokopedia
  • Mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi penggiat UMKM dari tahap produksi hingga penjualan
  • Mendorong pelaku UMKM dan pengusaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional
  • Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia
  • Memberikan kesempatan sama untuk semua pelaku usaha sehingga terbangun persaingan yang wajar

Baca juga: Cara Mudah untuk Jualan di TikTok

Raih Keuntungan dari Kolaborasi TikTok dan Tokopedia

Kembalinya TikTok Shop bersama GoTo Tokopedia menghadirkan angin segar bukan hanya untuk konsumen tetapi juga pelaku UMKM. Pasalnya TikTok bersama Tokopedia berkomitmen kuat untuk membantu UMKM berkembang hingga ke pasar internasional.

Hal tersebut tentu menjadi momentum yang harus bisa pelaku UMKM manfaatkan semaksimal mungkin. Ada beragam cara yang bisa dilakukan seperti berjualan melalui TikTok, mengikuti program pembinaan serta banyak lagi.

Namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan kesiapan bisnis Anda dalam mengelola usaha lebih efisien dan efektif.

Konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan tim Ahli dari Mekari Qontak secara Gratis.

Referensi

Kategori : E-commerce
WhatsApp WhatsApp Sales