Daftar isi
7 min read

7 Cara Mudah Pasang Iklan di TikTok, Dijamin Untung!

Tayang 12 Juli 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
ads-placement-Cara pasang iklan di TikTok
7 Cara Mudah Pasang Iklan di TikTok, Dijamin Untung!

Popularitas TikTok terus bertambah lebih dari 800 juta pengguna aktif setiap bulannya. Kesempatan ini tidak disia-sia kan oleh pemilik bisnis. Sebagian besar dari mereka kemudian memilih untuk beriklan di TikTok untuk meningkatkan penjualan melalui TikTok Ads.

Sama seperti fitur Ads pada sosial media lainya, TikTok Ads juga berbayar. Besarnya harga atau biaya TikTok Ads dibedakan menjadi dua opsi budgeting, yakni harian (daily) atau seumur hidup (lifetime). Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bisnis Anda.

Beriklan di TikTok cukup diminati, pasalnya anda bisa menargetkan audiens Ads secara spesifik berdasarkan jenis kelamin, lokasi, usia, minat, dan variabel unik lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan fitur “Custom Audiences” dan “Lookalike Audiences” untuk menjangkau audiens baru dengan kebutuhan serupa.

Berikut cara mudah untuk memasang iklan di TikTok adalah

Step 1: Buat akun iklan TikTok Anda

Step 1. Cara pasang iklan di TikTok

Cara Pasang Iklan di TikTok pertama mulai dengan membuat akun TikTok for business.

  • Buka laman TikTok for Business dan buat akun.
  • Pilih negara atau wilayah penagihan Anda
  • Lalu, pilih apakah Anda menggunakan akun untuk bisnis atau individu.
  • Kemudian klik “Next.”
  • Masukkan beberapa informasi dasar seperti alamat email dan kata sandi Anda.
  • Kemudian masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email Anda. Jika Anda memilih untuk mendaftar dengan nomor telepon Anda, maka Anda memerlukan kode verifikasi yang dikirimkan ke telepon Anda.
  • Konfirmasikan bahwa Anda menyetujui syarat dan ketentuan, lalu klik “Sign Up”
  • Setelah merek Anda disetujui, masuk ke dasbor Anda dan selesaikan pengaturan akun awal sesuai dengan instruksi.

Step 2. Cara pasang iklan di TikTok

Step 2: Buat dan Instal TikTok Pixel

Selanjutnya cara pasang iklan di TikTok, Anda harus menginstal TikTok Pixel yang akan menampilkan cuplikan kode di situs web Anda. Tools ini dapat mengumpulkan informasi tentang peristiwa pada situs Anda (seperti bagaimana pengguna tiba di situs Anda, perangkat apa yang mereka gunakan, dan di mana mereka berada).

Setelah memilih “Standard Mode” atau “Developer Mode”, Anda akan membuat Pixel dengan terlebih dahulu menyiapkan “Web Event” di Pengelola Iklan TikTok Anda. Ingatlah untuk meninjau cookie consent settings Anda sebelum menerapkan Pixel Anda. Kemudian unduh atau salin kode Pixel dan tempelkan ke header situs web Anda.

Baca juga: 10 Strategi TikTok Marketing untuk Menangkan Hati Pelanggan!

Step 3: Buat kampanye baru

Step 3. Cara pasang iklan di TikTok

Buat kampanye iklan di bawah tab “Campaigns” dan klik tombol “Create”. Hal ini akan memberi Anda opsi untuk memilih tujuan kampanye seperti apakah Anda ingin mendorong lalu lintas, konversi, atau pemasangan aplikasi.

Step 3b. Cara pasang iklan di TikTok

Kemudian beri nama kampanye Anda dan tetapkan anggaran minimum tingkat kampanye. Anda dapat menetapkan anggaran seumur hidup untuk menjangkau sebanyak mungkin orang dengan cepat. Tetapi jika Anda menetapkan anggaran harian, Anda dapat secara bertahap dan mantap menjangkau audiens target Anda.

Step 3c. Cara pasang iklan di TikTok

Step 4: Buat grup iklan

Buat grup iklan untuk menentukan audiens, anggaran kampanye, dan penempatan untuk iklan Anda.

– Tentukan jenis atau sasaran promosi:

Pilih “App Install” atau “Website” sebagai jenis promosi Anda.

TikTok menyediakan berbagai jenis iklan untuk pengiklan seperti berikut:

  • In-feed video: iklan yang muncul di antara feed asli pengguna TikTok di halaman “For You”.
  • Brand takeover: Jenis iklan ini memungkinkan Anda untuk mendominasi percakapan karena pesan Anda mengambil alih seluruh layar selama beberapa detik. Kemudian berubah menjadi iklan in-feed video
  • Spark ads: iklan ini memberikan brand kemampuan untuk mensponsori konten organik populer yang terkait dengan produk mereka.
  • Image ads: brand dapat menempatkan iklan gambar di video yang muncul melalui aplikasi umpan berita TikTok: BuzzVideo, TopBuzz, dan Babe.
  • Video ads: video layar penuh berdurasi 5 hingga 60 detik yang muncul di “For You” feed pengguna.
  • Pangle ads: Platform video Pangle terintegrasi dengan TikTok untuk menawarkan iklan video, native, dan banner, tetapi fitur ini hanya tersedia untuk negara tertentu.
  • Carousel ads:Iklan ini mencakup hingga 10 gambar dan muncul di aplikasi umpan berita TikTok.

– Tentukan penempatan iklan:

Pilih penempatan di mana iklan Anda muncul di TikTok dan platform mitranya. Jika Anda baru memulai dengan iklan TikTok, Anda dapat memilih “Penempatan otomatis” agar TikTok menempatkan iklan Anda untuk optimalkan jangkauan audiens. Anda juga dapat menempatkan iklan secara manual di TikTok dan aplikasi umpan beritanya.

ads-placement

– Pilih jenis materi iklan Anda:

Aktifkan fitur “Automated Creative Optimization”, dan TikTok akan membuat variasi konten Anda dan menguji keterlibatannya. Anda dapat mematikan fitur ini kapan saja.

– Tentukan audiens target Anda:

Pilih audiens untuk iklan Anda dengan memilih lokasi, jenis kelamin, dan kelompok usia. Anda juga dapat menentukan bahasa pengguna, menambahkan pengguna dengan minat tertentu, dan menyertakan orang yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan konten Anda.

targeting

– Pilih jenis pengiriman:

Pilih pengiriman standar atau dipercepat. Standard delivery memastikan iklan Anda akan muncul selama waktu lalu lintas tinggi selama periode penayangan iklan, dengan anggaran iklan tersebar secara konsisten di seluruh jangka waktu tersebut. Accelerated delivery berarti anggaran iklan Anda didedikasikan untuk mendapatkan hasil maksimal dari iklan Anda secepat mungkin.

Step 5: Buat iklan baru

Setelah menyiapkan grup iklan, Anda dapat mengonfigurasi iklan pertama Anda. TikTok memberi Anda opsi untuk mengunggah video atau file gambar sebagai materi iklan Anda. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda mengikuti spesifikasi iklan yang disarankan. Hal ini akan memastikan bahwa iklan Anda terlihat bagus di TikTok dan di semua platform mitra.

Setelah membuat iklan sesuai keinginan, Anda akan memiliki opsi untuk mempratinjaunya dan mendapatkan gambaran tentang tampilannya bagi pengguna TikTok. Pada titik ini, Anda juga dapat mengetahui apakah iklan Anda memerlukan beberapa penyesuaian sebelum Anda mengirimkannya untuk ditinjau.

Step 5. Cara pasang iklan di TikTok

Anda dapat menyesuaikan iklan lebih lanjut dengan menamainya sehingga lebih mudah untuk membedakan antara iklan yang berbeda dalam grup iklan yang sama. Kemudian masukkan teks iklan Anda menggunakan 12-100 karakter untuk menyampaikan pesan Anda dengan lebih efektif. Teks ini akan muncul di atas iklan Anda.

Selanjutnya, Anda akan memiliki opsi untuk memilih calls to action yang berbeda tergantung pada apa yang Anda ingin audiens Anda lakukan. Jadi, Anda dapat meminta audiens Anda untuk “Daftar”, “Unduh Sekarang”, “Hubungi Kami”, “Pesan Sekarang”, “Belanja Sekarang”, “Daftar Sekarang”, atau “Pelajari Lebih Lanjut”. Kemudian klik “Kirim” untuk menyelesaikan pembuatan iklan Anda.

Step 6: Gunakan TikTok Promote untuk meningkatkan iklan yang ada

TikTok Promote adalah fitur berbayar yang memungkinkan Anda memilih tujuan penayangan video, kunjungan situs web, atau pengikut baru dan mempromosikan konten video Anda. Pilih audiens, tentukan anggaran Anda dan jadwalkan durasi iklan Anda, lalu mulai promosi Anda.

Rekomendasi: 7 Cara Mudah untuk Jualan di Tik Tok!

Step 7: Ukur kinerja iklan Anda

Pekerjaan belum selesai setelah meluncurkan iklan Anda. Di mana Anda juga harus mengukur kinerja Ads untuk melihat bagaimana kampanye membuahkan hasil.

TikTok menyediakan analitik yang dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja iklan Anda dalam hal tayangan, klik, konversi, dan lainnya. Anda bahkan dapat menguji dan membandingkan kinerja berbagai materi iklan dan penempatan untuk melihat mana yang terbaik untuk Anda.

Memasang iklan di TikTok merupakan salah satu cara tercepat untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Terlebih cara pasang iklan di TikTok juga tidaklah sulit, seperti yang dijelaskan diatas.

Apabila Anda masih merasa kesulitan dalam menjalankan iklan di media seperti TikTok, jangan ragu untuk menggunakan jasa TikTok Ads profesional agar hasil dari campaign yang dijalankan dapat lebih maksimal.

Selain menggunakan TikTok sebagai sarana penjualan, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial lainnya untuk memaksimalkan penjualan bisnis Anda. Misalnya seperti promosi di Instagram, jualan online di Facebook, dan WhatsApp.

Anda tidak perlu khawatir merasa kerepotan dengan banyaknya channel media sosial bisnis yang harus Anda kelola, karena kini Anda dapat menggunakan Omnichannel untuk menyelaraskan program dan layanan di seluruh saluran Anda secara mudah.

Mekari Qontak menyediakan sistem Omnichannel terbaik yang dapat terintegrasi dengan software CRM, sehingga dapat memaksimalkan operasional dan alur kerja bisnis Anda secara keseluruhan.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan untuk membantu mengoptimalkan bisnis, meningkatkan penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan secara maksimal.

YukDapatkan FREE TRIAL Aplikasi CRM Mekari Qontak  selama 14 hari atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak sekarang!

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales