Daftar isi
6 min read

Ketahui Apa itu Canvassing, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Tayang 12 Juli 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Penjelasan Lengkap Canvassing adalah
Ketahui Apa itu Canvassing, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Canvassing menjadi salah satu elemen terpenting dalam meningkatkan penjualan saat ini. Padahal metode penjualan ini, pertama kali dikenalkan sebagai upaya mengajak orang-orang untuk memilih dalam pemilu di Amerika Serikat seperti dilansir dari laman Vox.

Namun, saat ini canvassing lebih banyak diadopsi untuk kepentingan sales dan marketing. Metode ini bisnis gunakan untuk mempengaruhi calon pelanggan melalui komunikasi langsung lewat tatap muka atau online. Upaya tersebut diharapkan akan meningkatkan penjualan.

Pelajari selengkapnya mengenai canvassing pada artikel berikut.

Apa Itu Canvassing?

Canvassing adalah salah satu aktivitas yang berhubungan langsung dengan prospek atau pelanggan. Interaksi tersebut umumnya dilakukan melalui telepon, email, atau kunjungan langsung ke lokasi pelanggan.

Pada penerapannya, bisnis akan menyampaikan informasi, menjawab pertanyaan, dan mencoba meyakinkan pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk.

Pew Research Center mengungkapkan 86% pelanggan ingin bisa mengajukan pertanyaan langsung sebelum membeli, sementara 84% dari mereka ingin membeli dari seseorang yang mereka kenal dan percayai.

Oleh karena itu, aktivitas sales canvassing berfungsi untuk meningkatkan penjualan secara tidak langsung.  Sebab teknik penjualan ini fokus melakukan interaksi langsung dengan pelanggan, sehingga bisa membangun kepercayaan mereka.

Baca juga: Direct Selling 101: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Apa Tujuan dari Canvassing?

Tujuan utama canvassing untuk mendapatkan dukungan, mempengaruhi seseorang atau mempromosikan suatu produk. Dalam bisnis, metode ini kerap dimanfaatkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan atau mendapatkan pelanggan baru, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Dikutip dari Forbes.com bahwa canvassing membantu mengembangkan kemampuan mendengarkan, yang akan memberikan manfaat dalam setiap bisnis. Manfaat tersebut adalah membantu tim sales menjadi komunikator yang baik untuk mencapai kesepakatan yang lebih bagus.

Selain itu, informasi yang dikumpulkan juga akan menjadi insight berharga untuk bisnis. Berdasarkan insight yang didapatkan, bisnis bisa menyiapkan dan menawarkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Bagaimana Cara Kerja Canvassing dalam Perusahaan?

Cara Kerja Canvassing

Sumber: Canva

Cara kerja canvassing dengan menjual produk secara langsung ke pelanggan baik melalui telepon, online atau tatap muka. Sebagian besar bisnis juga mengkombinasikan dua atau tiga metode tersebut agar pelanggan mau membeli produk yang ditawarkan.

Langkah pertama, tim sales force (canvasser) akan berusaha menjangkau pelanggan melalui email, pesan instan atau telepon. Setelah membuat janji dari interaksi sebelumnya, mereka akan menemui pelanggan secara langsung untuk presentasi atau negosiasi jual beli.

Jika kesepakatan tidak tercapai pada pertemuan pertama, tidak menutup kemungkinan bisnis akan follow up hingga tercapai kesepakatan yang diinginkan kedua pihak. Kegiatan follow up bisa dilakukan dengan membuat jadwa janji temu berikutnya.

Apa saja Kelebihan Canvassing?

Keunggulan Canvassing

Sumber: Canva

Keunggulan utama canvassing mampu mendatangkan pelanggan baru, sehingga meningkatkan penjualan. Metode penjualan ini fokus membuat bisnis melakukan pendekatan ke pelanggan baru agar mereka mau membeli produk yang ditawarkan.

Manfaat lain dari canvassing adalah sebagai berikut:

1. Mengenalkan Produk Lebih Cepat di Pasar Baru

Metode canvassing sangat cocok untuk bisnis kecil menengah yang fokus mengembangkan usaha dengan melakukan kunjungan atau sales door to door. Dengan mengunjungi tempat-tempat yang relevan atau menghubungi pelanggan secara langsung, mereka bisa menemukan pasar baru yang lebih luas.

2. Mudah Dijangkau Pelanggan

Distribusi yang tidak rata, membuat pelanggan sulit mendapatkan produk. Namun berbeda dengan canvassing yang akan mendistribusikan produk ke seluruh wilayah secara merata berdasarkan rute (journey plan) yang telah ditetapkan. Dengan demikian, produk akan lebih mudah dijangkau oleh pelanggan.

3. Fleksibilitas

Keunggulan canvassing lainnya adalah memberikan fleksibilitas dalam menjalankan strategi penjualan. Metode ini memungkinkan penyesuaian produk atau marketing tergantung pada preferensi pelanggan dan karakteristik pasar yang sedang dituju.

4. Mengumpulkan Umpan balik Lebih Akurat

Selain melakukan kunjungan untuk menawarkan produk, kesempatan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan umpan balik langsung dari pelanggan. Misalnya terkait pengalaman mereka menggunakan produk Anda atau harapan mereka untuk produk Anda.

Data-data umpan balik yang dikumpulkan jauh lebih akurat. Data tersebut juga dapat jadi evaluasi untuk perbaikan produk agar sesuai kebutuhan pelanggan.

5. Meningkatkan Peluang Penjualan

Komunikasi yang terjalin berkat metode canvassing akan menghasilkan informasi akut terkait calon pelanggan potensial. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan agar mereka mau membeli produk Anda.

Baca juga: 10 Rekomendasi Sales Canvassing Software Terbaik

Apa saja Kekurangan Canvassing?

Selain kelebihan, canvassing juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan seperti berikut:

– Membutuhkan Biaya Relatif Tinggi

Pada pelaksanaannya, metode canvassing banyak membutuhkan kunjungan langsung. Seorang canvasser akan melakukan kunjungan ke beberapa tempat untuk mendapatkan pelanggan.

Jarak dan jumlah kunjungan akan mempengaruhi besarnya biaya operasional seperti gaji, upah lembur, hingga insentif canvasser. Semakin banyak dan jauh jarak kunjungan, maka biaya dan waktu yang dibutuhkan semakin besar.

Oleh karena itu, perlu pengaturan rute kunjungan yang efektif dari tim leader dan juga supervisor yang bertanggung jawab pada hasil kerja sales canvasser.

– Proses Panjang dan Melelahkan

Berbeda dengan metode penjualan lainnya, terkadang untuk mendapatkan seorang pelanggan membutuhkan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan canvassing. Bahkan kerap kali setelah melakukan kunjungan tidak mendapatkan penjualan.

Perjuangan panjang canvasser tersebut, membuat sebagian dari mereka menyerah dan mengundurkan diri. Hal ini mengakibatkan bisnis perlu terus menerus melakukan proses rekrutmen untuk menutup kebutuhan canvasser.

Baca juga: 10 Aplikasi Kunjungan Sales Terbaik di Tahun 2023

– Success Rate yang Rendah

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa hanya sebagian aktivitas canvassing bisa mendapatkan penjualan. Pasalnya meski sudah canvasser telah berusaha maksimal menghubungi calon pelanggan, tidak semua pelanggan tergoda melakukan pembelian.

– Kurang Disukai Pelanggan

Tingginya persaingan bisnis saat ini, membuat sebagian calon pelanggan lebih selektif dalam memilih bisnis untuk berinteraksi. Hal ini termasuk dalam menerima kunjungan atau telepon marketing. Bahkan beberapa dari mereka mengabaikan pesan instan atau email bisnis karena dianggap spam.

Implementasikan Canvassing untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda

Metode canvassing masih banyak digunakan oleh sebagian bisnis untuk mendatangkan penjualan. Metode ini memiliki pendekatan intens dengan calon pelanggan sehingga terjalin hubungan cukup dekat untuk memahami kebutuhan mereka.

Namun, untuk melakukan teknik penjualan tersebut tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus bisnis hadapi seperti efisiensi waktu kunjungan atau memilih teknik yang tepat untuk mendekati calon pelanggan

Mekari Qontak menawarkan aplikasi sales CRM terbaik di Indonesia yang membantu bisnis mengelola hubungan calon pelanggan dan pelanggan dengan baik. Aplikasi ini mampu mengumpulkan semua informasi dari berbagai saluran dalam satu dasbor. Informasi tersebut dapat tim canvasser manfaatkan untuk mendekati calon pelanggan lebih baik.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan ternama di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Coba Gratis aplikasi CRM selama 14 hari dari Mekari Qontak, atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Mekari Qontak!

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales