Daftar isi
6 min read

Panduan Membuat Sales Script yang Memikat Pelanggan dan Contoh Templatenya

Tayang 25 September 2023
Diperbarui 18 Desember 2023
Panduan membuat sales script
Panduan Membuat Sales Script yang Memikat Pelanggan dan Contoh Templatenya

Seorang  sales harus memiliki kemampuan untuk membujuk calon pelanggan saat berbelanja. Namun, hal tersebut tidak akan mudah tanpa persiapan yang matang.

Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sales script. Lalu sales script seperti apa yang bisa memikat pelanggan?

Baca panduan selengkapnya pada artikel berikut.

Apa itu Sales Script?

Sales script adalah naskah atau dialog tertulis yang menjadi pedoman tim penjualan saat berinteraksi dengan calon pelanggan.

Skrip penjualan dapat memiliki berbagai daftar percakapan yang berisi kata-kata dengan tujuan mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian produk atau layanan.

Keberadaan sales script membantu perwakilan penjualan telah menyampaikan pesan dengan jelas kepada calon pelanggan serta menjalankan proses penjualan dengan lebih terstruktur. Sedangkan perusahaan yang tidak menggunakan skrip penjualan, kemungkinan besar akan kehilangan potensi pendapatan.

Baca juga:  Sales: Pengertian, Fungsi, Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Apa Manfaat dan Fungsi Sales Script?

Sales script bisa menjadi panduan tim sales dalam mendekati calon konsumen agar tetap fokus menawarkan produk atau jasa yang perusahaan jual.

Selain itu, skrip penjualan dapat memberikan beberapa manfaat berikut:

  • Memulai percakapan dengan baik karena semua poin-poin yang Anda ingin bicarakan telah tercatat, hingga kata-kata apa saja yang perlu Anda sampaikan.
  • Membangun rasa percaya diri, sehingga tim sales tidak perlu bingung poin apa saja yang perlu dibicarakan dengan calon pelanggan.
  • Pengingat informasi rinci yang tercatat dengan rapi, jadi tim sales tidak perlu menghafalkan semua informasi tersebut, dan meminimalisir miskomunikasi.
  • Menjaga fokus pembicaraan agar tetap fokus tujuan awal. Tapi Anda tetap bisa mengembangkan pembicaraan sesuai dengan calon pelanggan.
  • Mengevaluasi strategi penjualan dengan memberikan wawasan mana bagian dari skrip yang berhasil mendapatkan respons positif dan tidak. Hasil tersebut bisa untuk dasar memperbaiki dan mengoptimalkan skrip penjualan Anda.

Baca juga: Mengenal Program Sales Training yang Tepat

Bagaimana Cara Membuat Sales Script?

Ada beberapa cara yang bisa bisnis lakukan untuk membuat sales script, seperti:

1. Tentukan Produk yang akan Ditawarkan

Pertama, Anda perlu memilih produk yang ingin dijual kepada calon konsumen. Analisis keunggulan produk yang bisa Anda tawarkan ke prospek.

Pelajari juga apa kebutuhan calon pelanggan bisa dipenuhi dengan produk tersebut. Kemudian tunjukkan keyakinan Anda pada produk tersebut, serta pemahaman Anda terhadap situasi calon pelanggan Anda pada skrip.

Dengan begitu, peluang Anda mencapai konversi lebih tinggi, dibandingkan Anda menawarkan produk yang berbeda-beda sekaligus.

2. Pahami Target Pelanggan Anda

Kedua, Anda harus menyadari setiap pelanggan memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat sales script yang bersifat umum.

Kumpulkan informasi terkait calon pelanggan secara komprehensif seperti: demografi, profesi dan lainnya.

Kemudian, buat list pertanyaan yang mengarahkan calon pelanggan agar memberikan informasi pribadi mereka pada sales skrip. Informasi tersebut memudahkan bisnis memahami target pelanggan.

3. Deskripsikan Manfaat Produk

Skrip penjualan Anda sebaiknya tidak hanya mencantumkan semua fitur yang ada pada produk Anda, tapi jauh lebih baik menekankan hasil besar yang akan pelanggan dapatkan dari produk tersebut.

Cobalah untuk menyajikan setidaknya tiga manfaat utama dalam skrip penjualan Anda. Misalnya penggunaan produk dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya dan mengurangi beban kerja karyawan sehari-hari.

4. Jangan Terlalu banyak bicara

Jika skrip penjualan membuat Anda lebih banyak berbicara daripada mendengarkan, maka itu adalah kesalahan besar.

Sebuah skrip harus memberikan cukup waktu bagi prospek untuk mengajukan pertanyaan, berbagi komentar, dan mendengarkan keluhan atau permasalahan mereka.

Cobalah untuk mengetahui durasi Anda berbicara. Caranya dengan merekam diri saat Anda berpura-pura memberikan promosi kepada kolega. Kemudian, dengarkan kembali rekaman tersebut.

Apabila lebih dari separuh rekaman Anda yang berbicara, maka coba pikirkan kembali pendekatan yang Anda tulis dalam skrip penjualan.

Selanjutnya, Anda bisa mengedit skrip dan berikan lebih banyak momen untuk mengajukan pertanyaan kepada calon pelanggan Anda.

5. Tawarkan Solusi (Up Selling)

Bagian terpenting dari skrip penjualan adalah menawarkan produk Anda. Pada tahap ini Anda perlu melakukan pendekatan yang lebih persoanal.

Misalnya dengan menyebutukan permasalahan pelanggan. Kemudian jelaskan keunggulan produk Anda yang akan menyelesaikan masalah mereka. Jika memungkinkan, Anda bisa menyebutkan kelebihan produk Anda dibandingkan pesaing.

Setelah pelanggan terlihat tertarik, Anda juga bisa menawarkan produk tambahan (up selling). Jangan lupa informasikan promosi tambahan dengan mengambil produk up selling. Tujuannya agar Anda lebih banyak pemasukkan.

Contoh percakapan up selling yang bisa dimasukkan dalam skrip penjualan:

“Berdasarkan pembicaraan kita tadi, kami ingin menawarkan [nama produk] kepada Anda dengan harga [harga produk] dan kami juga menawarkan diskon [jumlah diskon] jika Anda memesan sekarang. Kami juga memiliki pilihan pembayaran yang fleksibel untuk memudahkan Anda.”

6. Tutup dengan CTA

Terakhir yang tidak boleh terlewatkan dalam transkip penjualan adalah memasukkan kalimat CTA (Call to Action). Kalimat CTA berfungsi mengajak pelanggan untuk melakukan tindakan seperti menjadwalkan janji temu kembali atau konversi.

Baca juga: Contoh Call to Action untuk Tarik Banyak Pelanggan

Contoh Template Sales Script yang Memikat

Contoh template sales script telemarketing berikut bisa Anda gunakan berinteraksi dengan calon pelanggan melalui telepon:

Perkenanlan diri

“Selamat siang Bapak/Ibu/Nona [nama pelanggan]. Saya adalah [nama agen] dari [nama perusahaan]. Saya menelepon dari [nama perusahaan] yang bergerak dalam pengembangan software yang difokuskan pada meningkatkan layanan pelanggan, terutama untuk usaha kecil di industri [industri pelanggan]. Saya melihat beberapa peluang di mana layanan kami dapat membantu meningkatkan pelayanan di bisnis Anda”.

Meminta ketersediaan pelanggan untuk mendengarkan penawaran Anda.

“Apakah ada waktu sekitar 5 menit yang bisa saya curi untuk berbicara lebih lanjut tentang hal ini?”

Jika mereka tidak memiliki waktu, Anda dapat mencoba untuk menjadwalkan pertemuan yang lebih cocok. Jika mereka menyetujui, lanjutkan.

Konfirmasi permasalahan pelanggan.

“Pertama-tama, kami telah mengidentifikasi beberapa area tertentu di website Anda di mana solusi kami dapat memberikan manfaat yang signifikan, seperti [sebutkan beberapa contoh yang spesifik yang relevan dengan solusi Anda”.

Kemudian, alihkan pembicaraan ke solusi permasalahaan pelanggan dengan menawarkan promosi porduk Anda.

“Kami sangat memahami bahwa Anda perlu berpikir lebih lanjut sebelum membuat keputusan. Oleh karena itu, setelah panggilan ini, saya akan segera mengirimkan email yang mencakup semua poin yang kami bahas tadi. Ini akan memberikan Anda kesempatan untuk mempertimbangkan semuanya dan berbicara dengan rekan-rekan Anda di perusahaan sebelum mengambil keputusan”.

“Di dalam email tersebut, Anda akan menemukan tautan untuk menjadwalkan demo, di mana saya akan menjelaskan lebih rinci tentang layanan kami. Mungkinkah saya bisa meminta alamat email Anda?”

Berikan kesempatan bagi pelanggan untuk memberikan alamat email mereka.

“Terima kasih banyak. Segera setelah panggilan ini berakhir, saya akan mengirimkan penawaran unik kepada Anda. Saya sangat menantikan kesempatan untuk berbicara lebih lanjut. Semoga hari Anda menyenangkan!”

Contoh template sales script

Buat Sales Script yang Menarik Sekarang

Demikianlah penjelasan lengkap terkait sales script dan cara membuatnya. Anda bisa membuat skrip penjualan sendiri dengan menggunakan panduan diatas.

Namun sebelum mulai menghubungi pelanggan untuk melakukan penawaran, akan lebih baik untuk menganalisa peluang penjualan. Hal ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi CRM yang untuk memberikan wawasan cukup terkait potensi penjualan.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi sales CRM terbaik yang mampu mengelola proses penjualan lebih efisien. Aplikasi ini memberikan Anda banyak pilihan fitur yang membantu dalam pembuatan sales script lebih efektif.

Terlebih Mekari Qontak menyediakan fitur custom report yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Jadi Anda bisa lebih fokus membuat percakapan dengan pelanggan lebih profesional dan meyakinkan.

Jadi tunggu apa lagi? Coba Gratis aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau konsultasi gratis dengan tim Mekari Qontak.

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales