Mekari Qontak
Business

Begini Cara Mengubah IG Pribadi Menjadi Akun Bisnis

Boost post

Apakah Anda menjalankan bisnis? Kini saatnya bergabung dengan lebih dari 200 juta akun Instagram bisnis di Indonesia yang memiliki banyak pengunjung. Lalu bagaimana cara mengubah IG Anda menjadi akun bisnis?

Untuk menggunakan akun bisnis di Instagram, Anda tidak perlu membuatnya dari awal. Pasalnya Anda bisa mengubah akun IG pribadi Anda ke akun bisnis.

Setelah Anda mengubahnya, Anda akan memiliki fitur-fitur akun IG yang lebih lengkap seperti insight, shopping, boot post dan lainnya untuk mendukung aktivitas bisnis Anda. Terlebih sekitar 70% pembelanja mengandalkan Instagram untuk melakukan pembelian selanjutnya,

Melihat fakta tersebut, tidak ada alasan untuk Anda tidak beralih menggunakan akun IG bisnis. Pelajari selengkapnya cara membuat akun instagram bisnis pada artikel di bawah ini.

Image CTA Instagram API


Cara Mengubah Akun IG Pribadi Menjadi akun Bisnis

Instagram business memiliki fitur tambahan yang memudahkan Anda untuk mengelola perkembangan bisnis Anda. Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu repot karena Anda bisa menggunakan akun pribadi Anda dan mengubahnya ke akun IG bisnis.

Berikut cara membuat akun bisnis di ig adalah:

  1. Login ke akun Instagram pribadi Anda
  2. Masuk pada menu profil, kemudian klik menu (☰) yang berada pada pojok kanan atas
  3. Pilih “Pengaturan”
  4. Kemudian klik “Account”
  5. Geser ke bawah hingga menemukan menu “Switch to professional account”, kemudian klik menu tersebut.
  6. Selanjutnya memilih kategori akun bisnis yang Anda inginkan dengan menekan tombol Continue/Lanjutkan.
  7. Anda bisa memilih kategori “Business” atau “Creator” (Business untuk berjualan dan Creator untuk pembuat konten digital?
  8. Setelah itu, Klik Next
  9. Lakukan konfirmasi alamat email dan nomor telepon
  10. Isi kontak bisnis yang bisa dihubungi
  11. Integrasikan profil akun Instagram bisnis ke laman Facebook Anda (Anda bisa melewati tahapan ini)
  12. Lengkapi profil akun Instagram bisnis

Rekomendasi: 15 Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Online Shop di Instagram


Fitur-Fitur yang ditawarkan oleh Instagram Bisnis

Keunggulan dari akun IG bisnis adalah fitur-fitur canggih yang mendukung aktivitas pemasaran dan penjualan. Fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Profile Business

Fitur pertama adalah profile business sebagai tempat untuk berbagi foto, video, dan pengaturan Anda di Instagram. Di sini, followers Anda dapat melihat apa yang telah Anda bagikan, melihat daftar orang yang Anda ikuti dan siapa yang mengikuti Anda.
Untuk mengefektifkan fitur ini Anda bisa melakukan hal berikut:

  • Tambahkan bio atau situs web ke profil Anda.
  • Perbarui nama pengguna dan alamat email Anda.
  • Perbarui gambar profil Anda.

Fitur Profile Business pada Instagram Business

Baca juga: 19 Cara Menambah Followers Instagram yang Nyata!

2. Instagram insight

Kedua, fitur insight membantu untuk memantau sejauh mana jangkauan bisnis Anda. Fitur ini mampu menampilkan data interaksi, tayangan, jumlah pengikut hingga informasi demografis audiens. Hal ini memudahkan Anda untuk mengetahui performa konten Anda, sehingga bisa jadi acuan untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Fitur Insight ini secara otomatis terpasang pada akun IG bisnis Anda. Sementara untuk melihat laporannya, Anda bisa mengaksesnya melalui cara berikut:

  • Pilih menu “Settings” dengan menekan ikon (☰) yang ada pada pojok kanan atas
  • Pilih Insight

Fitur Instagram Insight pada Instagram Business

Baca juga: 13 Aplikasi Analisa Instagram Terbaik yang Bisa Anda Coba!

3. Boost post

Fitur Instagram bisnis ketiga adalah boost post. Fitur ini berguna untuk meningkatkan engagement. Anda juga bisa memanfaatkannya dengan mengunggah iklan yang bisa disesuaikan target audiens dan budgetnya.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  • Klik konten Anda yang sudah di Instagram bisnis Anda
  • Klik “Boost Post” pada pojok kanan bawah postingan.

Fitur Boost Post pada Instagram Business

Rekomendasi: 15 Cara Promosi di Instagram yang Pasti Menguntungkan

4. Kontak business

Fitur keempat ini hanya bisa Anda temukan pada Instagram business. Fitur ini berguna memudahkan pengikut untuk menghubungi bisnis Anda. Oleh karenanya sebaiknya Anda mengisi fitur ini dengan informasi nomor telepon, e-mail, hingga alamat toko offline.

5. Instagram Shopping

Fitur Instagram business ini khusus untuk pemilik toko online di Instagram untuk berjualan. Instagram shopping bisa Anda aktifkan melalui fitur “Add Shop” yang ada pada bio Instagram.

Fitur Instagram Shopping pada Instagram Business


Upgrade Instagram Business Anda dengan API

Fitur-fitur Instagram business tersebut mungkin bagi Anda merasa kurang. Anda tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa meningkatkannya menjadi Instagram API.

Instagram API adalah fitur IG business yang mendukung interaksi pelanggan dengan bisnis lebih efisien. Kelebihan fitur ini memungkinkan akun Instagram bisnis Anda dengan aplikasi bisnis lainnya.

Dengan Instagram API juga Anda akan memiliki fitur chatbot yang akan membalas DM pelanggan secara otomatis. Selain itu, masih banyak fitur unggulan lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan.

Berikut cara untuk beralih akun IG bisnis menjadi Instagram API adalah

Step 1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia seperti Mekari Qontak
Step 2. Pastikan Memiliki Facebook Page dan Role Admin
Step 3. Gunakan Akun Instagram Business
Step 4. Sambungkan Facebook Page dengan Akun Instagram Business
Step 5. Mitra Resmi (Mekari Qontak) akan Set Up Instagram API Anda
Step 6. Instagram API Siap Digunakan

Baca selengkapnya: 6 Cara Mudah Mendaftar API Instagram


Tingkatkan Penjualan dan Interaksi Pelanggan Anda dengan Beralih ke Akun Instagram Business!

Instagram API Mekari Qontak

Instagram bisnis memungkinkan Anda untuk meningkatkan interaksi pelanggan dan penjualan. Hal tersebut tak lepas dukungan fitur-fitur canggih Instagram business. Terlebih untuk mengubah IG pribadi menjadi akun bisnis tidaklah sulit.

Namun bisnis besar, fitur IG bisnis saja tidak cukup. Terlebih banyaknya pesan atau DM pelanggan sehingga sulit untuk membalasnya satu persatu dengan akun IG biasa.

Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkannya menjadi Instagram API. Salah satu fitur IG API ini mampu membalas pesan DM secara otomatis. Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan akun Instagram API dengan aplikasi bisnis lainnya.

Sementara untuk mendapatkan IG API, Anda perlu bekerjasama dengan mitra resmi seperti Mekari Qontak. Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales