Daftar isi
5 min read

6 Cara Efektif Berjualan: Tips Sukses Jualan

Tayang 06 Desember 2015
Diperbarui 09 Desember 2023
cara efektif berjualan
6 Cara Efektif Berjualan: Tips Sukses Jualan

Cara Efektif Berjualan, Pelajari jika Ingin Jualan Cepat Laku

Cara efektif berjualan adalah salah satu teknik jualan yang sangat penting dipahami. Dengan cara efektif berjualan, Anda tidak perlu lagi takut akan penolakan. Jika Anda mendengar dering telepon dan saat menjawabnya yang berbicara dengan Anda ternyata ingin menawari Anda program asuransi terbaru atau deal kartu kredit, pernahkah Anda dengan sukacita menerima dan menanggapi telepon tersebut?

Kebanyakan dari Anda cenderung akan berusaha untuk segera mengakhiri percakapan atau bahkan tidak jarang Anda tanpa segan-segan langsung menutup telepon begitu tahu apa tujuan dari penelepon tersebut. Nah, hal yang sama juga berlaku jika Anda adalah penelepon yang harus berjualan demi mencapai target bisnis Anda atau harus berhadapan langsung dengan orang lain untuk mendapatkan prospek yang goal. Anda mempunyai kecenderungan untuk menjadi sosok yang menyebalkan.

Namun, tidak selamanya menjadi salesperson sama dengan menjadi orang yang menyebalkan, tentunya dengan cara efektif berjualan. Selain perlu mengetahui berbagai skill negosiasi efektif serta mempunyai karakteristik salesperson yang baik, ada cara efektif berjualan untuk Anda menghindari stereotip negatif dan menyebalkan yang lekat dengan posisi salesperson.

cara efektif berjualan

6 Cara Efektif Berjualan Wajib Dipelajari dan Dipraktekkan

1. Riset calon pelanggan

Cara efektif berjualan pertama ialah sebelum menawarkan produk pada target customer, lakukan riset terlebih dahulu mengenai orang yang jadi target Anda. Pahami tempat orang tersebut bekerja dan jangan ragu untuk mengecek informasi personal seperti website, prestasi hingga hal-hal yang sekiranya membanggakan bagi orang tersebut. Pahami juga apa yang sedang dialami oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Informasi-informasi ini akan berguna sebagai modal awal percakapan dan menjadi ide bagi Anda untuk mengarahkan pembicaraan ke arah yang menguntungkan bagi target Anda tanpa menjadi menyebalkan. Pengetahuan ini juga dapat membuat target merasa terkesan karena Anda benar-benar peduli dan mengagumi target Anda tersebut. Nilai plus untuk Anda.

2. Meski Anda seorang salesperson, jangan pernah “berjualan”.

Yang kedua, cara efektif berjualan adalah untuk tidak terlihat sedang berjualan. Segala medium yang Anda pakai untuk menjangkau customer Anda harus selalu dipenuhi oleh hal-hal yang menarik bagi customer dan berbicara tentang customer Anda, bukan tentang bisnis Anda. Entah itu email atau percakapan langsung, jangan pernah menjadikan diskusi menitikberatkan pada Anda dan perusahaan.

Buat target customer tersebut merasa tertarik dan senang berdiskusi dengan Anda, percaya akan kredibilitas Anda, dan sales pun akan terjadi dengan sendirinya.

3. Tambah nilai produk yang Anda jual

Ketiga, cara efektif berjualan adalah melihat Dari hal-hal yang Anda tawarkan ke target customer, temukan cara untuk menambah nilainya.

Anda perlu mencari tahu sumber daya apa yang sekiranya menarik minat target customer Anda, lakukan double-check dengan sumber daya Anda tersebut dan tanya kesediaannya untuk direkomendasikan, dan rekomendasikan kepada target customer Anda sebagai bonus jika melakukan deal dengan Anda. Dengan adanya double benefit, target customer akan merasa lebih diuntungkan dan akan termotivasi untuk membeli.

4. Jangan pernah katakan Anda tidak punya cukup waktu, terutama dalam hal email marketing

Keempat, cara efektif berjualan adalah untuk tidak menyia nyiakan waktu. Jika Anda melakukan penjualan secara orang per orang melalui email, jangan mengirimkan pesan massal yang bunyinya sama, tapi ambillah waktu untuk membuat pesan yang bermanfaat dan menarik bagi setiap target customer Anda, per individunya. Hal ini akan semakin mudah dilakukan jika Anda sudah pernah bertemu langsung dengan target customer Anda dan mengambil waktu untuk lebih mengenal apa yang menjadi kebutuhan target customer Anda.

5. Jangan putus asa jika satu pesan tidak direspon

Kelima, cara efektif berjualan adalah untuk tidak putus asa. Setiap target customer Anda pasti punya kesibukannya masing-masing, karenanya, sediakan diri Anda untuk dapat dihubungi kapanpun serta lakukan penjangkauan langsung untuk membuat target customer mengetahui keberadaan Anda dan diingatkan pada diri Anda jika suatu saat membutuhkan skill sales Anda atau produk yang Anda jual.

Di sinilah pentingnya bergabung dengan komunitas dan melaksanakan networking sambil memperluas database kontak yang Anda punya harus dilakukan.

6. Networking yang terjadi dengan target customer sebaiknya tidak hanya berada di permukaan saja.

Keenam, networking adalah cara efektif berjualan. Artinya, tunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan banyak menghubungi untuk sekedar bertukar kabar, hingga mengucapkan selamat pada hari-hari peringatan penting. Terkoneksi via media sosial, tunjukkan keberadaan Anda dengan melakukan like, comment maupun share postingan target customer Anda.

Dengan demikian, nama Andalah yang muncul di ingatan mereka saat membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, atau saat memberikan rekomendasi pada kenalan mereka yang membutuhkan.

Permudah Proses Cara Efektif Berjualan Anda dengan Qontak.com

cara efektik jualan dengan qontak

Setelah mengikuti semua cara efektif berjualan dengan benar, saatnya memilih alat bantuan. Dengan bantuan aplikasi CRM Qontak.com, Anda dapat dengan mudah meningkatkan penjualan melalui email blast. Qontak.com menyediakan solusi end-to-end melalui aplikasi sales marketing yang dapat terhubung ke WhatsApp API dan omnichannel lainnya. Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi sales marketing Qontak.com adalah sebagai berikut:

  • Integrasi dengan sistem email marketing dan dapat dipersonalisasi.
  • Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. Aplikasi CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  • Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung.
  • Pelaporan dan analisis yang lengkap untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • Memiliki fitur pelacakan KPI marketing maupun sales dan task management yang dapat dikostumisasi. Sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan.
  • Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.

Untuk mengetahui cara kerja CRM marketing serta konsultasi aplikasi sales marketing  yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, segera hubungi Qontak.com.

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales