Mekari Qontak
Marketing

4 Strategi Video Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Short Video Marketing

Strategi Video Marketing Memperluas Target Market Bisnis

Strategi video marketing sering dimanfaatkan sebagai alat untuk mempromosikan bisnis, baik bisnis yang menawarkan produk ataupun jasa. Dengan menggunakan strategi video marketing, para pemilik bisnis dapat lebih leluasa menyisipkan berbagai content strategy yang dapat memperluas target market bisnis. Pelajarilah strategi video marketing selengkapnya disini!

Berikut ini merupakan 3 strategi video marketing yang penting untuk bisnis Anda:

  1. Memiliki Website Brand
  2. Menggunakan Sosial Media
  3. Melalui Vlog
  4. Memanfaatkan Iklan

 

Strategi Video Marketing Mengembangkan Target Market Bisnis


Apa itu Strategi Video Marketing?

Strategi video marketing adalah sebuah metode pemasaran online yang menggunakan video sebagai medianya. Video yang digunakan disini bukanlah video biasa namun video yang berisi content marketing dengan tujuan menarik perhatian prospek dan pelanggan.

Digital content creation semacam ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis online dibandingkan dengan penggunaan media lainnya. Oleh karenanya, media video sangat layak untuk dijadikan sebagai content marketing strategy, seperti yang dikutip oleh biteable.com berikut ini:

Terdapat 60% pemilik bisnis menggunakan video sebagai marketing tools, 50% marketer yang menggunakan video telah melakukannya selama lebih dari setahun, dan 36% marketer membuat video beberapa kali seminggu, sementara 14% lainnya membuat video setiap hari.

Saya Mau Coba Gratis Aplikasi Pendukung Bisnis Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Aplikasi Pendukung Bisnis Sekarang!


Apa Manfaat Strategi Video Marketing untuk Bisnis?

Berbeda halnya dengan foto, sebuah video memungkinkan adanya penyisipan berbagai content creation atau content strategy untuk memasarkan produk atau jasa. Berikut ini merupakan beberapa manfaat video pemasaran untuk bisnis yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja:

– Sebagai branding produk atas jasa yang ditawarkan

Branding content yang terdapat pada video akan membantu prospek atau pelanggan untuk lebih mengenal brand yang Anda perkenalkan.

– Menarik minat prospek sehingga penjualan meningkat

Digital content creation seperti video merupakan solusi untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk atau menyewa jasa yang ditawarkan. Hal tersebut disebabkan karena terkadang terdapat konsumen yang malas membaca deskripsi produk atau jasa yang ditawarkan.

– Strategi video marketing memperluas target pasar

Lewat content marketing yang baik dan menarik, tidak mustahil jika target pasar bisnis Anda akan meluas. Dengan demikian peluang penjualan pada bisnis Anda juga akan semakin meningkat.

– Content creation pada bisnis Anda menjadi lebih menarik

Tak jarang sebuah bisnis memperoleh banyak pelanggan dari video-video atau branding content menarik yang mereka sajikan. Contoh video yang menarik misalnya: video tutorial, video cerita, dan lain sebagainya.


Bagaimana Cara Membuat Strategi Video Marketing yang Baik?

Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan strategi video marketing pada bisnis Anda, cobalah beberapa tips membuat content marketing strategy yang menarik di bawah ini:

– Rumuskan Tujuan

Jika Anda membuat sebuah content creation tanpa tujuan yang jelas, maka isi dari content marketing tersebut juga dapat membingungkan konsumen. Promosi yang dilakukan harus memuat tujuan yang jelas agar hasil yang didapat sesuai dengan ekspektasi.

– Tentukan Target Audiens

Selain tujuan, Anda juga perlu merumuskan siapa sebenarnya target pasar Anda. Digital content creation bagi anak muda tentu berbeda dengan konten bagi lansia.

– Pilih Media Publikasi

Setiap media publikasi, sosial media misalnya, memiliki karakteristik yang berbeda dalam menyajikan konten yang diunggah. Instagram misalnya, dulu hanya mendukung adanya video berdurasi maksimal 1 menit, namun saat ini fitur yang disediakan untuk content marketing strategy  berupa video telah diperbaharui. Anda bahkan dapat memasang Instagram ads dalam bentuk video sebagai media pemasaran di Instagram.

– Buat Video Unik dan Menarik Berdurasi Pendek

Rata-rata konsumen tidak betah berlama-lama menonton video berdurasi panjang yang bertele-tele. Untuk itu, Anda harus mampu membuat video yang unik dan menarik dengan durasi yang tidak terlalu panjang.

– Gunakan SEO

SEO (Search Engine Optimization) sangat penting untuk diterapkan saat kita ingin mengunggah berbagai hal dalam dunia digital atau online, tak terkecuali saat melakukan promosi. Strategi video marketing yang memperhatikan SEO dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Beberapa hal yang penting dalam SEO misalnya, judul video, pemakaian keyword yang sesuai dan sebagainya.


4 Strategi Video Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Inilah 4 strategi video marketing yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan bisnis dengan lebih baik:

1. Memiliki Website Brand

Strategi Video Marketing Memiliki Website Brand

Saat ini website cukup diminati sebagai media untuk memperkenalkan sebuah brand. Di dalamnya, pemilik bisnis dapat menyertakan berbagai informasi mengenai bisnis yang sedang dijalankan.

Tak hanya foto, Anda juga dapat menyertakan strategi video marketing yang dapat berisi berbagai informasi, seperti: tutorial menggunakan produk, informasi seputar produk atau jasa, testimoni pelanggan, dan sebagainya. Anda bebas mengunggah content marketing strategy apapun pada website Anda.

2. Menggunakan Sosial Media

Strategi Video Marketing Menggunakan Media Sosial

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa sosial media saat ini telah digunakan oleh banyak kalangan masyarakat. Oleh karenanya akan sangat baik jika Anda juga menggunakan sosial media sebagai alat untuk membagikan content marketing pada bisnis Anda.

3. Melalui Vlog

Strategi Video Marketing Melalui Vlog

Vlog termasuk media yang cukup ampuh untuk mendapatkan leads atau menarik perhatian konsumen . Anda dapat membuat sebuah branding content menggunakan vlog agar video yang dibagikan terkesan alami dan tidak dibuat-buat.

4. Memanfaatkan Iklan

Strategy Memanfaatkan Iklan

Tak dapat diragukan lagi bahwa iklan dapat sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan pada sebuah bisnis. Namun hal itu dapat terjadi jika Anda memperhatikan dengan betul bagaimana beriklan dengan benar.

Tak jarang iklan justru membuat rugi karena dilakukan tanpa memperhatikan content marketing strategy yang baik. Untuk itu ada baiknya jika Anda memiliki aplikasi pendukung yang tepat saat menjalankan sebuah bisnis, seperti aplikasi CRM.

Baca Juga: 15 Aplikasi CRM Terbaik 2022 untuk Bisnis


Dapatkan Aplikasi Pendukung Terbaik untuk Strategi Video Marketing Bisnis Anda!

CRM Qontak.com

Selain strategi video marketing, Anda juga dapat mengoptimasi pemasaran pada bisnis Anda menggunakan berbagai aplikasi pendukung sales dan marketing bisnis. Salah satunya adalah aplikasi CRM yang dapat Anda peroleh di Qontak.com.

Qontak.com merupakan penyedia aplikasi CRM berbasis Omnichannel sehingga dapat diintegrasikan dengan saluran bisnis apapun yang Anda gunakan. Hebatnya lagi jika Anda menggunakannya, Anda juga dapat memperoleh semua informasi pelanggan, laporan pemasaran dan penjualan beserta analisisnya yang disimpan dalam satu platform.

Qontak.com juga merupakan partner resmi Instagram dan WhatsApp yang dapat membantu Anda memperoleh API pada kedua aplikasi tersebut. WhatsApp API dan Instagram API merupakan dua aplikasi bisnis yang sangat diminati saat ini. Jangan lewatkan kesempatan ini, klik link dibawah ini jika Anda berminat menggunakannya:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:
[ninja_form id=2]

Baca Juga: Cara Efektif Memasarkan Bisnis melalui WhatsApp Marketing dan 12 Contoh Penggunaan API Instagram untuk Bisnis

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales