Mekari Qontak
Penjualan

Cara Mendapatkan Fitur WhatsApp Shopping!

Membuat WhatsApp Business Shopping

Berikut Cara Mendapatkan Fitur WhatsApp Shopping!

Anda sekarang dapat memiliki Toko Online WhatsApp. Ya, WhatsApp telah resmi meluncurkan fitur terbaru WhatsApp shopping yang mempermudah pelanggan berbelanja. Fitur ini digambarkan dengan ikon toko yang akan menampilkan katalog produk dan layanan bisnis ketika di klik.

Pelajari lebih jauh mengenai apa itu WhatsApp shopping, cara membuat katalog di WhatsApp dan lainnya pada ulasan dibawah ini.

3 Cara untuk membuat WhatsApp shopping sebagai berikut:

  1. Buat akun WhatsApp Business
  2. Menyusun Katalog WhatsApp Shopping
  3. WhatsApp Shopping Siap Digunakan

 

API WhatsApp Mekari Qontak


 Apa itu WhatsApp Shopping?

WhatsApp shopping adalah tool yang memberikan akses langsung ke katalog belanja, dan dapat ditemukan langsung dari laman chat pada aplikasi WhatsApp Business. Hal ini memudahkan pelanggan untuk menjelajahi produk sekaligus dapat menghubungi langsung kepada Anda melalui chat. 

Untuk membuat katalog di WhatsApp Shopping, bisnis harus mengunggah beberapa gambar produk yang dilengkapi dengan detail informasi. Melalui unggahan tersebut, pelanggan cukup melihat katalog produk dari WhatsApp tanpa perlu berpindah aplikasi.


Apa Manfaat Menggunakan WhatsApp Shopping untuk Bisnis?

WhatsApp shopping bermanfaat untuk mempermudah pelanggan berbelanja tanpa berpindah aplikasi. Dengan memiliki Anda memiliki toko online WhatsApp Shopping, pelanggan dapat mengetahui produk atau jasa yang Anda jual dengan menelusuri katalog pada profil bisnis.

Berikut manfaat yang akan diterima bisnis setelah menggunakan toko online WhatsApp shopping, di antaranya adalah:

  • Mempermudah pelanggan menemukan produk atau jasa yang ditawarkan bisnis melalui katalog
  • Memulai konsultasi atau percakapan langsung tanpa berpindah aplikasi
  • Posisi atau tombol WhatsApp shopping strategis, berada di sebelah nama bisnis yang menggantikan ikon voice call
  • Memudahkan pelanggan menambah item ke keranjang dan melakukan pemesanan melalui WhatsApp
  • Merespon pertanyaan yang diajukan pelanggan lebih cepat

Bagaimana Cara Mendapatkan Fitur WhatsApp Shopping?

Fitur WhatsApp disimbolkan dengan gambar toko yang menggantikan posisi ikon voice call pada laman chat WhatsApp Business. Dengan klik gambar toko tersebut, Anda akan langsung diarahkan ke katalog produk yang berada pada profil bisnis. Sementara itu, ikon toko akan otomatis muncul pada WhatsApp Business.

Untuk selengkapnya, simak tahapan-tahapan berikut:

Step 1. Buat akun WhatsApp Business

Membuat WhatsApp Business Shopping

Langkah pertama untuk membuat WhatsApp shopping adalah membuat akun WhatsApp Business. Apabila Anda sudah memilikinya, bisa langsung ke tahapan selanjutnya. Namun apabila belum, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Unduh aplikasi WhatsApp Business melalui Google Play Store atau Apple App Store
  2. Buka Aplikasi WhatsApp Business: baca ketentuan layanan, klik setuju dan lanjutkan untuk menerima ketentuan
  3. Daftar nomor telepon diawali dengan memilih negara untuk menambahkan kode negara, selanjutnya masukkan nomor telepon Anda. Klik ‘Selesai atau LANJUT’, serta  ‘OKE’ untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon. Masukkan kode 6 digit yang Anda terima untuk menyelesaikan tahapan
  4. Tambahkan kontak dari buku alamat telepon Anda dengan mengklik izin akses kontak dan foto
  5. Buat aku dengan memasukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil
  6. Lengkapi profil bisnis dengan klik “Lihat > Profil Bisnis. Tambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lain-lain.

Step 2. Membuat Katalog di WhatsApp Shopping

WhatsApp Shopping katalog

Katalog bisnis akan menampilkan beberapa gambar produk atau jasa yang Anda jual pada WhatsApp. Fitur WhatsApp shopping akan mengarahkan Anda ke laman katalog saat mengklik ikon toko. Untuk membuat katalog ada 3 cara berbeda sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan.

Berikut tahapan membuat katalog di WhatsApp bisnis biasa:

– Katalog di Perangkat Android

Untuk membuat katalog di WhatsApp dari perangkat Android:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business
  2. Klik Opsi lainnya
  3. Ketuk Setelan
  4. Pilih Fitur bisnis
  5. Klik Katalog.
  6. Kemudian klik TAMBAH ITEM
  7. Klik ikon tanda tambah hijau untuk menambahkan hingga 10 gambar
  8. Selanjutnya masukkan nama produk atau layanan, serta detail lainnya seperti harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode untuk produk atau layanan yang diunggah.
  9. Terakhir klik “SIMPAN”

– Membuat katalog di Perangkat Iphone

Sementara untuk membuat katalog di WhatsApp dari perangkat Iphone seperti berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business
  2. Pilih Pengaturan
  3. Klik Fitur Bisnis
  4. Ketuk Katalog
  5. Buat katalog baru dengan mengklik Tambah Produk atau Layanan
  6. Klik ikon tanda tambah biru atau Tambah item baru
  7. Ketuk Tambah max 10 gambar
  8. Masukkan nama produk dan informasi lainnya seperti harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode produk
  9. Terakhir, klik “Simpan”.

– Menyusun katalog di Website atau desktop

Membuat katalog di WhatsApp bisa juga dari website atau dekstop. Ikuti langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business
  2. Klik menu Lainnya yang berada di atas daftar chat
  3. Pilij Katalog
  4. Klik Tambah item baru
  5. Unggah max 10 gambar produk
  6. Masukkan nama produk atau layanan
  7. Isi detail opsional seperti harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode untuk produk atau layanan yang diunggah
  8. Terakhir klik “TAMBAH KE KATALOG”

Step 3. WhatsApp Shopping Siap Digunakan

WhatsApp Shopping Siap digunakan

Setelah Anda membuat katalog di WhatsApp, ikon toko akan otomatis muncul pada laman chat. Hal ini menandakan WhatsApp shopping telah aktif. Lakukan uji coba dengan mengklik ikon toko pada pojok kanan atas. Apabila Anda langsung diarahkan ke katalog bisnis, artinya WhatsApp shopping siap digunakan.


Bagaiman Cara Meningkatkan Penjualan dengan Fitur Toko Online WhatsApp Business API?

Toko online WhatsApp shopping banyak dirancang khusus untuk mempermudah pelanggan berbelanja. Hal ini secara tidak langsung berimbas pada meningkatnya jumlah penjualan bisnis.

Selain WhatsApp shopping, masih banyak fitur WhatsApp Business API yang secara efektif membantu bisnis meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu,  bahkan memberikan pengalaman pelanggan menyenangkan melalui layanan pelanggan yang cepat dan tepat.

Berikut beberapa kelebihan toko online WhatsApp yang dilengkapi oleh fitur WhatsApp Business API:

Chatbot

Fitur toko online WhatsApp API ini didukung dengan kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligance). Pada WhatsApp, Chatbot berperan sebagai asisten virtual yang otomatis merespon setiap permintaan pelanggan secara cepat dengan jumlah banyak dalam waktu bersamaan. Hal ini menghindari kekecewaan pelanggan yang merasa terabaikan. Sebab pelanggan selalu menginginkan pelayanan cepat dan tepat.

Chatbot juga dapat Anda manfaatkan untuk mengirimkan katalog produk ke pelanggan. Sebelumnya Anda dapat membuat katalog di WhatsApp API terlebih dahulu. Setelah itu, setiap pelanggan memasukkan triger tertentu, katalog akan otomatis dikirimkan. Hal ini membuat pelanggan tidak perlu mencari katolog di profil Anda.

– Rotator

WhatsApp Shopping Rotator

Fitur Rotator akan otomatis meneruskan pelanggan secara adil ke tim support. Tujuannya untuk menghindari penumpukan pelanggan di salah satu agen sehingga permasalahan pelanggan tidak terselesaikan. Sebaliknya dengan Rotator semua permasalahan dapat diselesaikan oleh tim support, bahkan Anda dapat memanfaatkan tim support untuk menawarkan solusi ke pelanggan dengan membeli produk Anda. Dengan begitu, akan terjadi peningkatan penjualan.

Verified Badge/Centang Hijau

Centang hijau (green tick) pada WhatsApp menandakan bahwa akun telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Dengan toko online WhatsApp mendapat centang hijau, Anda dapat meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan dan customer trust. Hal ini sangat penting mengingat maraknya kasus penipuan melalui akun WhatsApp. Sementara pelanggan yang percaya tidak akan ragu untuk bertransaksi dengan bisnis Anda.

– WhatsApp Multi-User

WhatsApp-Shopping-Multi-user

Mungkin Anda kerap merasa kerepotan menjawab pesan pelanggan yang terlalu banyak? Hal ini menunjukan bahwa Anda membutuhkan fitur multi-user untuk toko online WhatsApp. Fitur ini memungkinkan penggunaan satu akun WA Business API diakses oleh banyak admin sekaligus dari berbagai perangkat. Dengan begitu, bisnis dapat merespon pelanggan lebih cepat dengan adanya banyak admin.

Blast atau Bulk

WhatsApp blast atau dikenal juga dengan WhatsApp bulk memungkinkan bisnis mengirimkan pesan massal tak terbatas secara bersamaan. Kelebihan blast adalah bisnis atau pelanggan tidak perlu menyimpan nomor masing-masing untuk mendapatkan pesan siaran. Hal ini dapat mengefisiensikan waktu dan tenaga Anda sebagai pemilik toko online WhatsApp untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

– WhatsApp Link

WhatsApp Shopping Link

Fitur link WhatsApp dapat dimanfaatkan bisnis untuk menghubungkan saluran bisnis lainnya dengan WhatsApp. Melalui link WhatsApp yang dibagikan pada saluran toko online Anda, pelanggan langsung dapat terhubung dengan WhatsApp Anda. Setelah itu, baik bisnis maupun pelanggan dapat berkomunikasi melalui WhatsApp seperti pada umumnya.

– Integrasi WhatsApp CRM

Integrasi WhatsApp CRM membantu bisnis dalam menjalin hubungan dengan pelanggan lebih erat. Di mana sistem CRM akan mengelola seluruh informasi tentang pelanggan secara otomatis. Informasi tersebut digunakan untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

– Laporan Analitik

Fitur Laporan Analitik menampilkan semua interaksi pelanggan dengan bisnis dalam satu dashboard. Laporan tersebut berisikan data real time terkait pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik.

Semua fitur tersebut saling mendukung satu dengan yang lainnya untuk mengembangkan bisnis lebih baik, terutama dalam meningkatkan penjualan, layanan pelanggan dan juga marketing. Sayangnya,  fitur-fitur tersebut tidak dapat Anda miliki dari WhatsApp shopping melainkan WhatsApp Business API.

Di mana untuk mendapatkan WhatsApp Business API, Anda harus bermitra dengan Business Solution Partner (BSP) seperti Qontak.com. Banyak bisnis telah menggunakan WhatsApp API dan merasakan manfaatnya melebihi dari  WhatsApp shopping.


Permudah Pelanggan Belanja di Toko Online WhatsApp Anda Sekarang!

WhatsApp shopping merupakan salah satu cara bisnis mempermudah pelanggan berbelanja tanpa berpindah aplikasi. Selain pengertian, Anda juga bisa mengetahui beberapa hal seperti:

  • Cara membuat katalog di WhatsApp
  • Cara meningkatkan penjualan dengan fiturWhatsApp Business API
  • Manfaat menggunakan WhatsApp Shopping untuk bisnis

Sayangnya, masih banyak kekurangan dari fitur WhatsApp satu ini, di mana pelanggan harus mengetahui nomor bisnis Anda dahulu untuk mulai menghubungi Anda dan juga mengklik ikon WA shopping. Berbeda dengan fitur linked dari WhatsApp Business API yang dapat langsung mengarahkan pelanggan ke WhatsApp Bisnis dari saluran toko online Anda.

WhatsApp Business API juga memiliki fitur lainnya yang tidak hanya mempermudah pelanggan berbelanja, tapi juga untuk bisnis meningkatkan penjualan, layanan pelanggan serta melakukan marketing. Untuk menggunakan WhatsApp API, Anda perlu bekerjasama dengan BSP Qontak.com. Qontak.com telah dipercaya lebih dari +1000 perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Jadi tunggu apalagi, permudah pelanggan untuk berbelanja di bisnis Anda melalui fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp API Qontak.com sekarang!

 

COBA GRATIS SEKARANG!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales