Daftar isi
7 min read

Tips Memilih Vendor CRM yang Cocok untuk Semua Kebutuhan Bisnis Anda

Tayang 27 September 2023
Diperbarui 21 Desember 2023
Tips Memilih Vendor CRM yang Cocok untuk Semua Kebutuhan Bisnis Anda

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) sudah menjadi kebutuhan bisnis saat ini. Aplikasi CRM terbukti mampu mengelola hubungan pelanggan lebih efisien dan efektif.

Namun, menentukan vendor atau penyedia aplikasi CRM yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis bukan tugas mudah. Sebab setiap vendor CRM menawarkan fitur serta paket layanan yang bervariasi.

Oleh karena itu, kami merangkum beberapa tips yang bisa Anda jadikan pedoman untuk memilih vendor CRM terbaik untuk bisnis Anda. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Identifikasi Kebutuhan Bisnis

Sebelum memulai menentukan vendor CRM, pertama Anda perlu mengidentifikasi hal apa saja yang mungkin bisnis butuhkan. Hal ini mengurangi risiko Anda akan kehilangan waktu dan uang karena memilih solusi yang tidak cocok, yang justru menghambat pertumbuhan bisnis.

Biasanya, kebutuhan bisnis akan muncul seiring dengan masalah yang dihadapi bisnis, jadi fokuslah pada area yang ingin Anda perbaiki terlebih dahulu.

Buatlah daftar pertanyaan yang sekiranya mewakili permasalahan Anda. Kemudian analisis CRM jenis apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berikut contoh pertanyaan yang mungkin bisa Anda gunakan:

  • Apakah Anda ingin meningkatkan jumlah prospek? Jika ya, pertimbangkan CRM yang fokus mendatangkan prospek.
  • Apakah Anda mengalami kesulitan dalam menjalani proses penjualan? Jika ya, Anda mungkin memerlukan CRM yang memiliki fitur pelaporan penjualan yang kuat.
  • Apakah Anda ingin mengelola data pelanggan dengan lebih baik? Jika ya, solusi yang tepat adalah CRM yang memberikan tampilan 360 derajat data pelanggan.
  • Apakah Anda ingin meningkatkan efisiensi di performa tim? Jika ya, Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari sistem CRM yang menyediakan otomatisasi proses penjualan atau layanan yang komprehensif.
  • Apakah tim penjualan Anda mengalami kesulitan dalam mengonversi prospek menjadi pelanggan? Jika ya, mungkin Anda membutuhkan sistem CRM yang mampu mengklasifikasi prospek berdasarkan urgensinya.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik untuk menjawab segala kebutuhan bisnis. Aplikasi Mekari Qontak memiliki fleksibilitas yang bisa disesuaikan dengan keadaan bisnis. Misalnya fitur sistem otomatisasi dan custom report yang bisa disesuaikan tanpa coding.

2. Bandingkan Fitur CRM dan Manfaat yang Vendor Tawarkan

Tahapan selanjutnya adalah membandingkan berbagai aplikasi CRM dari berbagai vendor. Pada tahap ini, Anda bisa melakukan riset sederhana dengan membaca ulasan online, testimoni, dan studi kasus untuk mengevaluasi vendor CRM mana yang sekiranya bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Cobalah untuk membandingkan fitur dari CRM setiap vendor. Kemudian pertimbangkan juga faktor yang mempengaruhi implementasi CRM seperti tingkat kemudahan penggunaan dan kemampuan untuk disesuaikan, fungsionalitas dan kemampuan untuk tumbuh bersama bisnis Anda.

Mekari Qontak memiliki fitur beragam yang membantu operasional bisnis secara keseluruhan. Misalnya fitur dasbor CSAT yang memungkinkan bisnis monitoring kepuasan pelanggan. Dan ada juga chatbot AI yang mampu merespon setiap interaksi pelanggan secara otomatis.

3. Pastikan Ketersediaan Aplikasi CRM versi Mobile

Tingginya tingkat mobilitas bisnis, harus didukung dengan akses aplikasi CRM yang mudah. Salah satunya dengan tersediannya CRM versi mobile app.

Aplikasi CRM seluler memberikan keleluasaan karyawan untuk tetap produktif meski di luar kantor atau jam kerja. Hanya dengan perangkat mobile, mereka bisa tetap berinteraksi dengan pelanggan yang membutuhkan. Jadi tidak akan ada pelanggan yang kecewa.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. CRM mobile Mekari Qontak memiliki tampilan sederhana yang mudah dimengerti dan otomatis tersinkronisasi dengan versi lainnya.

Tips Memilih Vendor CRM - menyediakan mobile apss

4. Kompatibel dengan Aplikasi yang Bisnis Gunakan Saat ini

Selain CRM, kemungkinan saat ini Anda menggunakan aplikasi pendukung operasional bisnis lainnya. Keberadaan aplikasi tersebut mungkin tidak bisa digantikan dengan aplikasi CRM.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa aplikasi CRM pilihan Anda bisa terintegrasi dengan aplikasi yang saat ini sudah Anda gunakan. Dengan demikian tidak akan mengganggu ritme operasional bisnis, justru meningkatkan efisiensi.

Mekari Qontak menawarkan berbagai opsi integrasi CRM dengan beragam aplikasi populer. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan aplikasi yang Anda gunakan saat ini dengan CRM Mekari Qontak.

5. Kemudahan Integrasi dengan Beragam Aplikasi

Setiap bisnis tentu mengharapkan usahanya berkembang. Saat berkembang, tentu saja Anda membutuhkan sistem CRM yang lebih kompleks untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda di masa mendatang.

Oleh karena itu, pastikan vendor CRM yang Anda pilih memiliki fleksibilitas khususnya dalam opsi integrasi. Dengan demikian, Anda bisa menghubungkan aplikasi CRM dengan lebih banyak aplikasi.

Mekari Qontak menyadari kebutuhan bisnis dengan terus berinovasi. Salah satu yang terbaru, Mekari Qontak berhasil mengembangkan CRM yang terintegrasi dengan Chatbot AI.

Fitur Chatbot Mekari Qontak terhubung dengan ChatGPT dan NLP untuk mendukung pelayanan bisnis. Hal ini menunjukkan komitmen Mekari Qontak menyediakan beragam integrasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

6. Ketahui Reputasi Vendor CRM

Selanjutnya, Anda perlu meneliti reputasi dan kredibilitas vendor yang menyediakan aplikasi CRM. Hal ini sangat penting, terlebih di era saat ini banyak sekali vendor yang bisa Anda temukan di pasar. Namun tidak semua vendor memiliki rekam jejak positif.

Coba minta rekomendasi kolega atau orang dekat Anda yang sudah menggunakan aplikasi CRM dari vendor tertentu. Selain itu, periksa juga sertifikasi, penghargaan, dan pengakuan expertise yang ahli dalam industri CRM.

Terakhir, jangan ragu untuk menghubungi tim layanan pelanggan mereka untuk mengajukan pertanyaan tentang perangkat lunak dan layanan yang mereka tawarkan.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3.500 perusahaan terkemuka di Indonesia untuk membantu operasional bisnis mereka. Mekari Qontak juga mendapatkan sertifikat dari Kominfo dan ISO 27001 yang berstandar internasional.

7. Periksa Ketersediaan Customer Support dari Vendor CRM

Tips memilih vendor CRM untuk bisnis selanjutnya adalah pertimbangkan bagaimana keandalan customer support mereka. Tujuannya untuk mempersiapkan apabila Anda menghadapi masalah dalam menggunakan CRM mereka di kemudian hari.

Idealnya, vendor yang menyediakan dukungan pelanggan melalui berbagai saluran sepanjang waktu, selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Dengan begitu, tidak akan ada pelanggan yang kecewa.

Mekari Qontak menyediakan nomor WhatsApp khusus untuk customer care, yang berbeda dengan pelayanan sales atau promosi. Pelanggan dapat langsung menghubungi nomor tersebut untuk menyampaikan keluhan atau permasalahan mereka.

Seluruh customer support Mekari Qontak dapat diakses secara mudah, cepat, serta didukung oleh tim yang berpengalaman. Adapun channel dukungan pelanggan yang Mekari Qontak sediakan adalah:

  • Halaman Help Center
  • Customer Service melalui WA, ticketing system, telepon, email, Instagram, Meta, Line Chat, Twitter, Telegram
  • Layanan Interactive Voice Response (IVR)
  • Cloud Call Center

8. Tentukan Anggaran Belanja Anda

Setiap vendor menawarkan aplikasi CRM dengan harga yang beragam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa biaya tersebut tidak akan membebani Anda di masa depan.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mendapatkan tools CRM terbaik dengan biaya yang terjangkau:

  • Pastikan tidak ada biaya tersembunyi untuk mengakses fitur CRM yang akan Anda gunakan.
  • Pertimbangkan apakah lebih ekonomis membayar secara tahunan daripada bulanan.
  • Cari tahu apakah ada diskon atau kupon khusus yang tersedia.
  • Periksa semua paket yang ditawarkan oleh vendor CRM dan pilih yang paling cocok dengan jenis dan kebutuhan bisnis Anda.
  • Lihat apakah Anda memenuhi syarat untuk tawaran khusus bagi pemula.

Harga berlangganan Mekari Qontak bisa cek disini

9. Uji Coba dan Lakukan Negosiasi

Sebelum membuat keputusan, langkah terakhir adalah melakukan uji coba dan berunding dengan vendor CRM yang Anda pilih. Dengan menggunakan uji coba gratis, Anda akan mendapatkan pengalaman langsung menggunakan aplikasi CRM dari vendor tersebut.

Saat Anda melakukan evaluasi, pertimbangkan aspek-aspek seperti lamanya kontrak, tingkat kualitas layanan pelanggan dan dukungan teknis, kebijakan pembatalan, perpanjangan, serta prosedur pengembalian dana.

Selain itu, perhatikan juga adanya diskon, insentif, dan jaminan apa pun yang mereka tawarkan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini secara cermat, Anda dapat membuat keputusan yang cerdas dan penuh keyakinan.

Demikianlah tips memilih vendor CRM terbaik untuk bisnis Anda. Sebaiknya Anda melakukan penelitian seperti yang telah disebutkan dan jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan yang justru bisa merugikan bisnis baik dari segi uang dan waktu.

Mekari Qontak menawarkan uji coba aplikasi CRM gratis tanpa biaya apapun. Hal ini akan memberi pengalaman berharga untuk Anda sebelum mengimplementasikan CRM pada operasional bisnis keseluruhan.

Jadi tunggu apa lagi? Coba Gratis Aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim Mekari Qontak Sekarang!

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales