Daftar isi
5 min read

Mengenal Apa itu Sales Mix, Rumus dan Cara Menghitungannya

Tayang 11 September 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Panduan lengkap sales mix
Mengenal Apa itu Sales Mix, Rumus dan Cara Menghitungannya

Saat menjalankan usaha, penting bagi bisnis untuk menganalisa faktor apa saja yang berkontribusi pada keuntungan. Salah satunya melalui sales mix.

Pengukuran sales mix berfungsi untuk mendapatkan memberikan pemahaman terkait pengaruh produk yang berhasil bisnis jual terhadap aliran pendapatan mereka.

Melalui sales mix, bisnis juga bisa mengidentifikasi tren yang sedang terjadi dan mendorong Anda membuat keputusan bisnis lebih baik. Pelajari selengkapnya pada artikel berikut.

Baca juga: Sales: Pengertian, Fungsi, Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Apa Itu Sales Mix?

Sales mix adalah perhitungan yang menentukan proporsi setiap produk yang terjual terhadap total penjualan. Tujuan perhitungan tersebut untuk mengetahui produk mana yang berkinerja baik dan yang mulai melemah.

Dari hasil temuan tersebut bisnis bisa memutuskan untuk berinvestasi lebih banyak pada produk yang bekerja baik.

Misalnya dengan mencurahkan lebih banyak sumber daya penelitian dan pengembangan (R&D), merancang promosi, atau menugaskan tim layanan pelanggan untuk memberikan dukungan.

Sebaliknya, untuk produk yang mulai melemah di pasaran, bisnis bisa mengurangi upaya penjualan dan pemasaran.

Melalui upaya-upaya tersebut diharapkan mampu meningkat penjualan produk yang berkinerja baik, sehingga pendapatan bisnis juga turut meningkat.

Baca juga: Definisi Sales Funnel, Tahapan,dan Contoh Penerapannya

Mengapa Sales Mix Penting bagi Perusahaan?

Sales mix sangat penting bagi setiap bisnis untuk mengukur profitabilitas suatu bisnis serta mengidentifikasi barang paling menguntungkan yang bisnis jual.

Misalnya, jika Produk A suatu perusahaan terjual lebih banyak daripada Produk B, perusahaan tersebut mungkin memutuskan untuk menjual Produk A dalam proporsi yang lebih besar untuk meningkatkan profitabilitas dan pertumbuhan.

Baca juga: Pengertian Sales Pitch, Contoh dan Cara Membuatnya

Bagaimana Cara Mengukur Sales Mix dengan Benar?

Rumus Perhitungan Sales Mix

Sebelum menghitung sales mix, sangat penting untuk mengukur profit yang berhasil perusahaan dapatkan dengan rumus berikut:

Laba = Harga Eceran—Harga Pokok Penjualan

Contoh Perhitungan Sales Mix

Perusahaan Z merupakan produsen yang menjual televisi. Perusahaan tersebut menjual dua jenis produk televisi dengan harga berbeda.

Harga jual televisi tabung sekitar Rp 3,5 juta per unit dengan harga pokok penjualan Rp 875 ribu. Sementara smart TV dijual seharga Rp6,5 juta per unit dengan harga pokok penjualan Rp2,1 juta.

Maka rincian perhitungan perusahaan Z seperti berikut:

Produk A
Harga Eceran TV tabung per satu unit: Rp3,5 juta
Biaya Perusahaan: Rp875 ribu
Laba = Rp3,5 juta— Rp875 ribu= Rp2,625 juta

Setelah Anda mendapatkan nilai keuntungan, sekarang saatnya mencari margin keuntungan. Gunakan rumus berikut untuk menghitung margin keuntungan:

Margin Keuntungan = Keuntungan / Harga Jual

Margin Keuntungan = Rp2,625 juta/ Rp3,5 juta= 75%

Hasil perhitungan tersebut menunjukan, saat Anda berhasil menjual televisi tabung senilai Rp100 juta, keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah sebesar Rp75 juta.

Selanjutnya, Anda bisa bandingkan nilai tersebut dengan produk smart TV.

Produk B
Harga Eceran untuk Satu Unit smart TV: Rp6,5 juta
Biaya pokok penjualan: Rp2,1 juta
Keuntungan = Rp6,5 juta— Rp2,1 juta = Rp4,4 juta

Margin Keuntungan = Rp4,4 juta/Rp6,5 juta= 67%

Artinya, untuk setiap smart TV yang terjual senilai Rp100 juta, berkontribusi pada keuntungan perusahaan sebesar Rp6,7 juta.

Berdasarkan perhitungan tersebut dapat terlihat rasio keuntungan dari masing-masing produk. Dapat disimpulkan bahwa kontribusi keuntungan terbesar disumbang oleh televisi tabung.

Namun, hasil tersebut bukan berarti perusahaan Z harus berhenti menjual speaker Bluetooth. Perusahaan Z hanya perlu lebih banyak fokus pada penjualan speaker berkabel dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Baca juga: Sales Force: Definisi, Fungsi, Tugas, dan Manfaatnya

Bagaimana Cara Menghitung Varian Sales Mix?

Varians sales mix menjelaskan perbedaan antara sales mix yang dianggarkan perusahaan dan sales mix sebenarnya. Informasi ini membantu perusahaan memahami seberapa baik kinerja produk mereka, serta memberikan informasi berharga tentang potensi profitabilitas produk mereka.

Berikut informasi yang Anda perlukan tentang setiap produk untuk menghitung varians sales mix:

  • Penjualan unit aktual: jumlah unit produk tertentu yang terjual oleh suatu perusahaan selama periode waktu tertentu.
  • Presentase sales mix yang direncanakan: persentase pendapatan perusahaan yang diprediksi oleh para pemimpin yang mungkin berasal dari produk tertentu.
  • Presentase sales mix aktual: persentase pendapatan yang sebenarnya berasal dari produk.
  • Margin kontribusi yang direncanakan per unit: Nilai ini mencerminkan harga jual dikurangi biaya terkait produk.

– Rumus Margin Keuntungan Per Unit (dalam rupiah, bukan persentase)

Rumus varian sales mix sebagai berikut:

Varian Sales Mix = Unit Aktual Terjual x (Persentase sales mix Aktual — Persentase sales mix yang Dianggarkan) x Margin Laba Per Unit

– Contoh Perhitungan Varian Sales Mix

Misalnya, manajer restoran cepat saji memiliki target sebesar 500 sandwich dan 500 burger terjual dalam sebulan, sehingga sales mix yang direncanakan untuk burger dan sandwich adalah 0,5, atau 50%.

Jika restoran cepat saji tersebut menjual 1.200 sandwich dan 800 burger, maka persentase sales mix aktual untuk burger adalah 0,4, atau 40% dari total, dan persentase sales mix aktual untuk sandwich adalah 0,6, atau 60%.

Berdasarkan perhitungan tersebut, makan burger lebih unggul $6 setelah Anda mengurangi biaya terkait dan sandwich mungkin berharga $5.

Ukur Sales Mix Lebih Mudah dengan Sales Mix

Selain cara mengukur sales mix diatas, Anda bisa menggunakan Aplikasi CRM. Aplikasi ini membantu Anda membuat keputusan inventaris lebih tepat dengan data yang terintegrasi secara akurat.

Melalui aplikasi CRM, Anda dapat membandingkan statistik produk dan harga dengan riwayat pembelian dan preferensi pelanggan, Anda dapat membuat pilihan cerdas tentang tujuan selanjutnya sebagai sebuah perusahaan.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi sales CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Mekari Qontak memiliki fitur-fitur canggih yang memudahkan bisnis menghubungkan berbagai saluran penjualan dalam satu dasbor.

YukCoba Demo Gratis Aplikasi Mekari Qontak selama 14 hari sekarang atau Konsultasi Gratis dengan Tim Mekari Qontak!

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales