Mekari Qontak
Sales

Apa itu Sales Call? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Sales Call

Cara Efektif Meningkatkan Penjualan dengan Sales Call

Sales call adalah metode yang sering digunakan oleh bisnis ritel untuk meningkatkan penjualan. Metode ini menuntut tim sales untuk melakukan kunjungan ke outlet-outlet pelanggan.

Tujuan sales call adalah menawarkan produk ke outlet baru sekaligus memastikan semua penjualan berjalan lancar di outlet lama. Meski terkesan kuno, cara ini masih cukup efektif terlihat dari banyaknya bisnis yang mengimplementasikannya.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian sales call adalah, manfaat secara cara meningkatkan penjualan. Yuk pelajari selengkapnya dibawah ini.

Image CTA aplikasi CRM


Pengertian Sales Call

Sales call adalah aktivitas seorang salesman mengunjungi ke outlet-outlet bisnis ritel. Umumnya dalam sehari mereka dapat mengunjungi beberapa outlet sekaligus untuk menawarkan produk bisnis Anda ke outlet-outlet.

Proses tawar menawar yang membuahkan hasil berupa transaksi penjualan disebut effective call. Tidak hanya berupa transaksi, salesman yang berhasil menagih pembayaran atau hanya terjadi retur penjualan / sales return saja sudah bisa dikatakan sebagai Effective Call.


Apa Tujuan Sales Call?

Tujuan paling umum dari sales call adalah untuk:

– Menjual produk atau layanan

Sales call adalah perangkat yang digunakan tim penjualan untuk mendekati prospek potensial dengan tujuan mereka mau melakukan transaksi atau pembelian. Tim sales harus bisa meyakinkan prospek tentang keunggulan atau manfaat yang akan didapatkan dari produk yang ditawarkan

– Membangkitkan kepercayaan pelanggan

Agar berhasil melakukan penjualan, tim sales harus bisa meyakinkan pelanggan produk yang ditawarkan bermanfaat untuk mereka. Meskipun sebenarnya mereka tidak membutuhkan produk Anda. Tapi mungkin saja pelanggan akan merujuk Anda kepada seseorang yang membutuhkannya.

– Melakukan pendekatan personal

Terkadang, panggilan telepon (terutama panggilan dingin) tidak memberikan cukup waktu untuk menjual produk atau layanan Anda.

Hal ini terutama berlaku dalam panggilan B2B, dimana pihak lain mungkin memerlukan lebih banyak informasi teknis sebelum melakukan penjualan. Oleh karena itu, melakukan kunjungan secara langsung dapat membangun hubungan yang lebih personal.


Manfaat Sales Call

Manfaat melakukan sales call adalah

  • Menjalin hubungan baik antara bisnis dengan pelanggan
  • Memudahkan dalam mengidentifikasi apakah prospek potensial atau sesuai dengan target pasar yang ditentukan
  • Membuka peluang untuk menjaring prospek yang lebih luas
  • Terlihat lebih profesional dimata pelanggan
  • Pembicaraan yang terjalin dengan pelanggan lebih fleksibel termasuk kesepakatan yang dibuat
  • Meningkatkan penjualan

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Dampak yang Muncul tanpa Sales Call

Selain manfaat diatas, Anda masalah yang mungkin timbul ketika tim sales tidak melakukan kunjungan ke outlet atau sales call adalah

– Stok produk berlebihan

Tanpa melakukan kunjungan, tim penjualan tidak tahu jumlah stok yang ada pada outlet. Hal ini menyebabkan overstock yang bisa merugikan apabila produk memiliki batas kadaluarsa.

– Kehabisan stok

Masalah ini bisa saja muncul apabila tenaga sales berkunjung secara rutin. Hal ini bisa menghilangkan kesempatan Anda untuk mendapatkan lebih banyak penjualan dan kehilangan pelanggan yang melakukan pembelian pada kompetitor.

– Tagihan Macet

Ketika Anda lama tidak mengunjungi sebuah outlet, mungkin saja dana pembayaran yang disiapkan pelanggan akan dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Jadi saat tim Anda mendatangi mereka sudah kehabisan dana.

Rekomendasi: 15 Aplikasi Penjualan Barang Terbaik di Indonesia


Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan dengan Sales Call?

Sales Call

Melihat dampak di atas, tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut terjadi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sales call berhasil meningkatkan penjualan seperti berikut:

Step 1. Susun rencana kunjungan

membuat sales call plan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana perjalanan agar memaksimalkan area penjualan. Dimulai dengan menentukan seberapa banyak area yang dapat ditangani oleh salesman.

Selanjutnya identifikasi area mana yang memiliki potensi penjualan terbesar, tentukan juga frekuensi kunjungan. Jangan lupa atur jadwal kapan waktu terbaik mengunjungi outlet apakah harian, mingguan beserta jam kunjungan.

Dengan call plan yang detail, salesman bisa bekerja dengan optimal dalam mencapai target penjualan.

Step 2. Buat roadmap kunjungan

Rute perjalanan kunjungan salesman sangat penting untuk menghemat waktu. Urutkan outlet sesuai lokasi terdekat untuk mengurangi waktu perjalanan dan jarak tempuh.

Manfaatkan teknologi saat ini untuk memperkirakan rute paling efisien dalam kunjungan outlet. Misalnya dalam sehari ada 5 outlet yang berdekatan bisa dikunjungi salesman.

Step 3. Memaksimalkan jumlah kunjungan

hubungan baik dengan pelanggan

Semakin banyak jumlah kunjungan yang dilakukan, kemungkinan terjadinya effective call juga semakin besar. Jika dalam satu hari salesman bisa mendapatkan 4 effective call dengan mengunjungi 6 outlet, maka dengan presentasi yang sama, salesman dapat menghasilkan 8 effective call dengan mengunjungi 12 outlet.

Step 4. Manfaatkan program promosi

promosi-sales call

Untuk menarik minat pelanggan, buatlah program promosi menarik seperti paket bundling, free gift atau diskon spesial. Program ini dapat ditawarkan salesman saat mengunjungi outlet.

Program promosi dapat menarik pelanggan meski mereka merasa belum butuh. Terlebih program promosi disertai kalimat mendesak seperti “Kapan lagi?” dan sebagainya

Step 5. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Umpan-Balik-Pelanggan

Saat melakukan kunjungan, salesman lebih leluasa untuk berinteraksi dengan pelanggan. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Selain itu, pelanggan juga tidak akan ragu untuk memberikan feedback dari pelanggan dan menyampaikan keluhaan. Saat itulah kesempatan salesman untuk memberikan solusi langsung ke pelanggan hingga merasa puas.

Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap effective call. Pelanggan yang puas dengan tak akan ragu untuk terus melakukan repeat order.

Step 6. Evaluasi secara berkala

Lacak semua transaksi yang terjadi di setiap outlet. Kemudian lakukan evaluasi terhadap outlet yang melakukan transaksi minim. Identifikasi penyebabnya apakah mereka berpindah ke kompetitor atau layanan yang diberikan kurang memuaskan.

Apabila Anda merasa outlet tersebut tidak lagi berkontribusi, padahal telah melakukan segala hal. Solusinya Anda bisa mengurangi fokus ke outlet tersebut dan beralih ke outlet yang berkontribusi besar.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

 

Baca juga: 12 Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis


Tingkatkan Penjualan dengan Sales Call yang Efektif Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Sales call adalah metode bisnis yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Aktivitas Sales call dilakukan oleh salesman dengan mengunjungi outlet-outlet untuk meningkatkan peluang terjadinya transaksi.

Sales call bisa berjalan efektif apabila didukung teknologi seperti aplikasi CRM dari Mekari Qontak. Aplikasi Qontak dilengkapi fitur canggih yang memudahkan Anda untuk memetakan perjalanan kunjungan saleman. Selain itu, ada juga fitur live GPS untuk melacak posisi salesman di lapangan.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk menangani penjualan dan bisnsi mereka. Tidak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales