Daftar isi
5 min read

5 Strategi Meningkatkan Poin Reputasi Tokopedia

Tayang 30 Maret 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
Poin Reputasi Tokopedia Seller
5 Strategi Meningkatkan Poin Reputasi Tokopedia

Bagi sebagian pembeli, reputasi toko pada Tokopedia menjadi pertimbangan penilaian dari pelayanan dan kualitas produk dari toko tersebut. Semakin tinggi poin reputasi toko, maka diyakini kualitas pelayanan atau produk juga bagus.

Sebab poin reputasi Tokopedia seller diperoleh dari penilaian pembeli, reputasi sistem hingga pengurangan penalti. Oleh karena itu, reputasi kerap jadi pertimbangan pembeli sebelum memutuskan bertransaksi dengan salah satu bisnis.

Lalu bagaimana cara mendapatkan reputasi toko? Bagaimana pula cara meningkatkannya? Pelajari semuanya pada artikel berikut.

Apa itu Reputasi Toko di Tokopedia?

Reputasi Toko adalah sistem Tokopedia yang mengizinkan pembeli untuk memberikan nilai atau poin untuk sebuah toko. Penjual juga bisa memberikan penilaian kepada ulasan pembeli tersebut.

Tokopedia membedakan reputasi toko menjadi 5 tingkatan poin yang digambarkan dalam bentuk badge. Artinya semakin tinggi tingkatan badge pada suatu toko, maka semakin besar pula poin yang mereka peroleh.

Pembeli bisa menjadikan poin reputasi tokopedia sebagai tolak ukur tingkat pelayanan dan kualitas toko tersebut berikan. Namun, hal tersebut tidak mutlak, sebab sebagian pembeli juga mengabaikan poin tersebut.

Tingkatan Poin Reputasi Toko

Faktor Apa saja yang Mempengaruhi Reputasi Toko?

Berikut faktor yang poin reputasi tokopedia seller adalah

1. Penilaian dari Pembeli

Pembeli salah satu penentu reputasi toko. Setelah pembeli menerima barang, mereka akan diminta untuk memberikan penilaian menggunakan smile yang mewakilkan perasaan puas (+2 poin), Netral (+1 poin) dan kecewa (-1 poin).

Poin Reputasi Tokopedia dari pembeli

Apabila pembeli atau seller telah memberikan penilaian, tapi salah satu pihak tidak memberikannya hingga batas waktu tertentu, maka akan diberikan nilai sama untuk pihak yang tidak melakukan penilaian.

Batas waktu penilaian adalah 15 hari. Jika hanya satu pihak yang memberikan penilaian, maka akan diperpanjang hingga 30 hari.

2. Reputasi dari Sistem

Penilaian reputasi toko dari sistem diberikan dengan 2 cara seperti berikut:

– Pesanan Beruntun

Seller akan mendapatkan poin reputasi tokopedia setelah menyelesaikan pesanan berturut-turut. Poin tersebut akan ditambahkan setiap toko menyelesaikan pesanan dalam jumlah tertentu seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Poin Reputasi Tokopedia dari sistem

– Badge Reputasi Toko Meningkat

Seller juga akan mendapatkan tambahan poin reputasi Tokopedia saat level Badge reputasi naik dalam kurun waktu tertentu seperti gambar berikut:

Badge Reputasi Toko Meningkat

3. Pengurangan Penalti

Poin reputasi Tokopedia juga dipengaruhi pengurangan penalti. Pengurangan penalti diberikan kepada seller yang melakukan hal berikut:

  • Tidak melakukan pengiriman barang (Ignore Shipping) atau tidak memasukkan melebihi batas waktu yang ditentukan.
  • Membatalkan pesan (Reject Shipping), setelah mengkonfirmasi pengiriman.

Besarnya pengurangan poin reputasi toko diberikan berdasarkan Badge Reputasi Toko yang dimiliki seperti tertera pada gambar berikut:

Pengurangan Poin Reputasi Tokopedia karena Penalti

Seller juga akan mendapatkan pengurangan

Seller juga akan mendapatkan pengurangan poin reputasi toko

Bagaimana Cara Menemukan Poin Reputasi Toko di Aplikasi Tokopedia Seller?

Berikut cara memeriksa besarnya poin reputasi toko di aplikasi Tokopedia:

  1. Login aplikasi Tokopedia Seller
  2. Pilih menu “Pengaturan”, kemudian klik “Lainnya”.
  3. Klik “Ulasan”, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman ulasan.
  4. Geser ke opsi “Penalti dan Reward”
  5. Pada bagian perhitungan poin penalti, Anda akan melihat Poin dan Badge Reputasi Toko.

cara menemukan Poin Reputasi Toko pada aplikasi Tokopedia Seller

Tips Meningkatkan Poin Reputasi Tokopedia Seller di Mata Buyer

Berikut cara meningkatkan poin reputasi Tokopedia seller adalah

– Memastikan Detail Pesanan Pembeli

Sebagian pembeli akan merasa kecewa saat menerima barang yang tidak sesuai pesanan. Oleh karena itu, wajib bagi seller untuk memeriksa produk sesuai dengan detail yang pembeli pesan. Pastikan juga memeriksa catatan yang biasa pembeli tambahkan

Jangan sampai pembeli menerima barang tidak sesuai pesanan. Kemudian mereka mengajukan pengembalian atau pembatalan pesanan. Hal ini tentu berdampak buruk pada penilaian yang akan seller terima.

– Perbarui Stok Produk Secara Berkala

Sebagian pembeli menyelesaikan pembayaran tanpa bertanya ketersedian produk ke seller.

Apabila produk tersebut tidak tersedia, akan membuat mereka kecewa. Maka dari itu, seller harus selalu memperbarui jumlah stok produk sehingga hal tersebut tidak akan terjadi.

Tokopedia akan memberikan notifikasi saat stok produk habis. Setelah mendapatkan notifikasi tersebut, segera memperbarui stok produk.

– Cepat Membalas Pesan

Respon cepat seller selalu dinantikan oleh pembeli. Mereka yang tidak sabar menunggu balasan, tidak ragu untuk berpindah ke kompetitor. Artinya seller bisa kehilangan pembeli dan poin reputasi toko.

Manfaatkan fitur auto reply Tokopedia untuk memberikan respon otomatis ke pembeli. Ada 3 jenis pesan yang bisa dikirimkan fitur ini yaitu pesan selamat datang atau pesan di luar jam operasional atau toko libur.

Sebagian bisnis yang ingin meningkatkan pelayanan, mereka mengintegrasikan chatbot ke Tokopedia seller. Chatbot berfungsi membalas pesan yang bisa dipersonalisasi selama 24 non stop.

– Memeriksa Pesanan

Tokopedia memberikan waktu seller untuk merespon pesanan selama 48 jam. Apabila melebihi waktu tersebut makan pesanan akan batas otomatis.

Jangan sampai hal tersebut terjadi. Terlebih tokopedia akan mengirimkan email setiap ada pesanan masuk. Oleh karena itu, seller harus rutin memeriksa email dan segera memproses pesanan.

Sebab, pembeli yang mendapatkan pembatalan otomatis akan enggan untuk berbelanja kembali di toko Anda. Hal ini tentu bukan hal yang Anda harapkan.

– Berikan Hadiah pada Pembeli

Terakhir memberikan hadiah atau program loyalty lainnya dapat menarik pembeli untuk memberikan ulasan dan smiley. Bahkan Anda juga bisa meminta mereka untuk memberikan rating bintang 5 untuk reputasi toko.

Besarnya hadiah yang Anda tawarkan tidak perlu besar. Terpenting masih relevan atau bisa menambah nilai produk yang pembeli pesan.

Misalnya Anda menjual HP. Sebagai hadiah Anda bisa menawarkan aksesoris HP seperti Case atau headset gratis. Intinya hadiah tersebut harus bermanfaat untuk pembeli.

Selain hadiah barang, Anda juga bisa memberikan voucher diskon produk. Hal ini juga berfungsi agar pembeli mau berbelanja kembali di toko Anda, sehingga menambah poin reputasi lagi dan meningkatkan reputasi toko Tokopedia.

Baca juga: Broadcast Chat Tokopedia: Cara Promosi Efektif di Tokped

Tingkatkan Reputasi Toko Anda di Tokopedia dengan Mekari Qontak

Reputasi Toko kerap menjadi bahan pertimbangan pembeli untuk bertransaksi di Tokopedia. Oleh karena itu, poin reputasi toko cukup penting untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu kunci untuk meningkatkan poin reputasi adalah membalas pesan pelanggan dengan cepat. Sebagian seller menggunakan chatbot untuk merespon pembeli secara otomatis.

Mekari Qontak menawarkan Chatbot AI yang terintegrasi dengan Tokopedia. Integrasi ini memungkinkan seller untuk merespon pembeli dan memproses pesanan tanpa melalui customer service.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia dan telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : BisnisE-commerce
WhatsApp WhatsApp Sales