Mekari Qontak
Insight Other Business

Bagaimana CRM Dapat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?

Image CTA Penerapan CRM

Saat ini CRM telah banyak digunakan oleh bisnis dari berbagai ukuran, untuk membantu mengelola hubungan dan interaksi mereka dengan pelanggan, termasuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun, bagaimana CRM meningkatkan kepuasan pelanggan?

Untuk mengetahuinya, yuk simak tips meningkatkan kepuasan pelanggan dengan CRM di artikel berikut ini!

7 Tips meningkatkan kepuasan pelanggan dengan CRM:

  1. Tetap terhubung dengan prospek dan pelanggan
  2. Memvisualisasikan pipeline
  3. Meningkatkan komunikasi internal
  4. Melakukan komunikasi yang dipersonalisasi
  5. Memberikan pengalaman yang konsisten di lintas saluran
  6. Menyimpan seluruh informasi dan data dalam satu database
  7. Mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan bisnis Anda

Image CTA API WhatsApp

CRM dan Kepuasan Pelanggan

Apa hubungan CRM dan kepuasan pelanggan? Seperti yang diketahui, CRM dapat membantu bisnis atau perusahaan dalam mengelola dan menjaga hubungan pelanggan.

Hubungan yang baik antara pelanggan dan bisnis tentu akan membuat pelanggan merasa senang, terlebih ketika layanan yang diberikan dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Akibatnya, pelanggan pun merasa puas dan akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan pada bisnis tersebut.

Terlebih, kini ada banyak perusahaan yang mengukur layanannya berdasarkan tingkat kepuasan atau pengalaman pelanggan.

Oleh karena itu, penggunaan CRM menjadi sangat penting untuk membantu perusahan dalam melakukan interaksi dengan pelanggan, sehingga dapat menciptakan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: 10 Cara Efektif Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Bagaimana CRM Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?

Aplikasi CRM tengah menjadi salah satu perangkat favorit yang diminati pelaku bisnis. Ini karena penggunaan CRM dapat membantu meningkatkan kesuksesan bisnis modern apa pun.

Dalam penerapannya, aplikasi CRM dapat membantu tim pemasaran dan penjualan untuk meningkatkan layanan dan pengalaman pelanggan.

Di mana CRM mampu mengumpulkan, mengelola, dan menyimpan semua informasi terkait pelanggan, mulai dari minat pelanggan, riwayat pembelian, preferensi, dan masih banyak lagi.

Semua informasi tersebut kemudian dapat digunakan oleh bisnis untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan penjualan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan mereka dan akhirnya menciptakan kepuasan pelanggan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda gunakan dengan CRM untuk meningkatkan kepuasan pelanggan bisnis Anda.

1. Tetap terhubung dengan prospek dan pelanggan

Bagaimana CRM Meningkatkan Kepuasan Pelanggan_Tetap terhubung dengan prospek dan pelanggan

Tips CRM meningkatkan kepuasan pelanggan yang pertama adalah dengan menjaga hubungan dengan prospek dan pelanggan.

Ini berarti, Anda tidak hanya fokus untuk menghasilkan prospek, tetapi juga bagaimana cara untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan aplikasi CRM untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan prospek melalui berbagai cara.

Misalnya seperti menawarkan diskon yang dipersonalisasi, memberitahukan informasi tentang peluncuran produk baru, atau bahkan sekadar mengucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan Anda.

2. Memvisualisasikan pipeline

Memvisualisasikan pipeline

Tips CRM meningkatkan kepuasan pelanggan berikutnya adalah dengan memanfaatkan CRM untuk memvisualisasikan pipeline yang bisnis Anda miliki.

Hal ini akan membantu Anda untuk memperoleh pandangan holistik dari operasional bisnis Anda dan memberikan kejelasan tentang prospek dan kesepakatan kepada manajer serta tim penjualan.

Dengan demikian, tim penjualan Anda dapat memprioritas deals dan prospek dengan mudah melalui tampilan pipeline yang jelas. Selain itu, ini juga akan menunjukkan kepada pelanggan bahwa bisnis Anda benar-benar menghargai mereka.

Dan pada akhirnya akan menciptakan pengalaman serta kepuasan pelanggan yang positif bagi bisnis Anda.

3. Meningkatkan komunikasi internal

Bagaimana CRM Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Meningkatkan komunikasi internal

Meningkatkan kepuasan pelanggan tidak hanya tentang bagaimana Anda berkomunikasi dan menjaga hubungan dengan pelanggan.

Tetapi, ini juga tentang bagaimana Anda dan tim dari departemen lainnya dapat berkolaborasi untuk memberikan perjalanan dan pengalaman terbaik untuk pelanggan bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan CRM kolaboratif untuk meningkatkan komunikasi internal antar departemen. Sehingga, seluruh operasional bisnis dapat berjalan dengan mulus tanpa adanya halangan.

4. Melakukan komunikasi yang dipersonalisasi

Bagaimana CRM Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melakukan komunikasi yang dipersonalisasi

Menurut sebuah penelitian, 62% pelanggan cenderung membuka email marketing ketika terdapat baris subjek yang dipersonalisasi.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi CRM untuk mengumpulkan data tentang prospek atau pelanggan Anda dari berbagai sumber yang berbeda.

Kemudian gunakan informasi tersebut untuk melakukan komunikasi yang dipersonalisasi. Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan untuk merespons dan membangun hubungan yang positif dan konsisten dengan bisnis Anda.

5. Memberikan pengalaman yang konsisten

Memberikan pengalaman yang konsisten di lintas saluran

Cara CRM meningkatkan kepuasan pelanggan lainnya adalah dengan memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten di seluruh saluran bisnis Anda.

Gunakan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel untuk membantu Anda menjaga komunikasi pelanggan yang konsisten dan selaras diseluruh lintas saluran bisnis Anda.

Misalnya, Anda dapat menggunakan CRM untuk mengirimkan email yang dipersonalisasi sesuai dengan jadwal yang telah Anda tetapkan.

6. Menyimpan seluruh informasi dan data dalam satu database

Bagaimana CRM Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Menyimpan seluruh informasi dan data dalam satu database

Aplikasi CRM dapat membantu bisnis untuk menyimpan semua informasi dan data, baik tentang prospek, pelanggan, maupun bisnis secara keseluruhan, dalam satu tempat.

Semua informasi dan data tersebut dapat dimanfaatkan oleh semua departemen untuk kebutuhan yang berbeda. Misalnya seperti memahami kebutuhan pelanggan, merencanakan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat, memperkirakan penjualan, dan lainnya.

7. Mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan bisnis Anda

Mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan bisnis Anda

Tips CRM meningkatkan kepuasan pelanggan selanjutnya adalah dengan menggunakannya untuk kebutuhan analisis. Sehingga, bisnis dapat memperoleh wawasan dan perspektif holistik tentang pelanggan bisnisnya.

Di saat yang bersamaan, hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk mengoptimalkan operasional bisnis dan meningkatkan layanan pelanggan semaksimal mungkin.

Baca Juga: Bagaimana Sistem CRM Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?


Pelajari Tips Menggunakan CRM untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Itu dia beberapa tips tentang bagaimana CRM meningkatkan kepuasan pelanggan bisnis Anda. Namun, perlu diingat bahwasanya semua hal tersebut dapat Anda lakukan hanya dengan aplikasi CRM terbaik yang memberikan dukungan penuh untuk bisnis Anda, salah satunya adalah Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, sehingga dapat Anda gunakan sebagai solusi end-to-end untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan Omnichannel dan WhatsApp API untuk layanan bisnis yang lebih baik.

Sementara itu,Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales