Mekari Qontak
Business

Apa Itu Aplikasi Database Pelanggan?

aplikasi database pelanggan

Aplikasi database pelanggan dapat membantu perusahaan untuk mengelola data pelanggan dalam jumlah banyak, menyusun kontak klien, dan riwayat komunikasi dengan mereka secara mudah. Ini karena aplikasi database online memiliki penyimpanan data yang transparan serta akses yang mudah terhadap informasi tertentu yang dibutuhkan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan.

Namun, manfaat aplikasi database customer tidak hanya itu saja. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang apa itu aplikasi database pelanggan, manfaat, dan cara kerjanya di artikel berikut ini!

Image CTA aplikasi CRM


Apa Itu Aplikasi Database Pelanggan?

Aplikasi database pelanggan adalah software yang dapat membantu menyimpan dan menyusun seluruh informasi mengenai klien dan pelanggan, termasuk detail kontak, riwayat interaksi dengan mereka, hingga kapan interaksi tersebut berlangsung.

Aplikasi database customer dapat diatur untuk memberikan informasi yang penting kepada karyawan dalam sekejap, mulai dari nama, nomor telepon, alamat, email, hingga riwayat pembelian dan seluruh informasi yang berkaitan.

Di mana untuk mengelola seluruh data tersebut, diperlukan sebuah sistem canggih dengan tampilan yang mudah digunakan, memiliki respon cepat, dan fungsi yang fleksibel, misalnya seperti sistem CRM.

Baca Juga: 10 Customer Database Software Terbaik Tahun 2022 [Update]


Perkembangan Penggunaan Software Database Pelanggan

Ketika sebuah perusahaan semakin berkembang, mereka akan membutuhkan aplikasi atau software untuk membantu mengelola proses bisnis, pelanggan, dan produk agar menjadi lebih mudah dan maksimal.

Biasanya perusahaan memulainya dengan menggunakan spreadsheet atau sistem database standard lainnya. Namun, seiring dengan berkembangnya kebutuhan perusahaan, fitur tersebut tidak lagi efektif dan malah menghabiskan waktu untuk hal yang berulang.

Oleh sebab itu, aplikasi database online menjadi kebutuhan bagi perusahaan untuk memberikan solusi dalam mengelola pelanggan dan bisnis secara keseluruhan.


Manfaat Aplikasi Database Pelanggan

Aplikasi untuk menyimpan database pelanggan memiliki peranan penting dalam mengembangkan sales dan customer service perusahaan. Memiliki database adalah cara terbaik untuk menyimpan seluruh informasi pelanggan secara teratur dan up to date.

Data yang jelas dan efisien dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya mendorong efisiensi perusahaan, memberikan kepuasan pelanggan, dan membangun loyalitas mereka, serta meningkatkan penjualan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 8 manfaat aplikasi database pelanggan untuk bisnis:

1. Kemudahan akses terhadap data pelanggan setiap saat

Anda dapat mengakes data pelanggan dengan aman kapan pun dan di mana pun dengan mudah, terutama jika aplikasi yang dipilih mendukung perangkat mobile.

aplikasi-database-pelanggan-mobile-qontak

2. Membantu mengidentifikasi kebutuhan perusahaan

Memiliki aplikasi untuk menyimpan database pelanggan tidak hanya digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Data tersebut bisa digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi purchase behavior dan ketertarikan pelanggan.

Hal ini bisa menjadi metode yang efektif untuk mengembangkan produk baru dan pelayanan. Dengan adanya CRM, Anda juga bisa mengetahui keinginan pelanggan secara mudah.

aplikasi-database-pelanggan-report-qontak

3. Mengambil keputusan lebih baik

Manfaat lainnya dari analisis terhadap database pelanggan adalah memberikan visualisasi data. Visualisasi data merangkum dan menampilkan data dalam bentuk grafik yang membantu jajaran manajerial dalam mengidentifikasi pola atau masalah untuk dihindari.

Hal ini dapat digunakan untuk menemukan dan menyelesaikan masalah sebelum keadaan semakin memburuk.

4. Menghemat biaya bisnis secara keseluruhan

Selain membantu menargetkan area untuk meningkatkan penjualan, aplikasi untuk menyimpan database customer juga membantu mengidentifikasi penjualan mana yang berhasil dan tidak.

Dengan demikian, perusahaan dapat menyusun strategi lebih baik dan tidak menghabiskan biaya yang tidak perlu.

5. Menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan

Manfaat aplikasi database online selanjutnya adalah menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi penyimpan database ini dapat memberikan kemudahan akses kepada setiap karyawan, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Di mana agen atau perwakilan yang bertugas dapat memahami apa kebutuhan dan keluhan pelanggan berdasarkan riwayat interaksi dan keterlibatan yang tersimpan di aplikasi database online sebelumnya.

6. Meningkatkan pendapatan perusahaan

Apabila pelanggan merasa puas dan loyal terhadap merek, maka ini secara bersamaan juga akan membantu meningkatkan angka penjualan dan pendapatan bisnis perusahaan secara maksimal.

7. Memberikan ROI (Return on Investment)

Manfaat penting lainnya dari penggunaan aplikasi database online adalah memberikan return on investment pada bisnis. Sehingga, bisnis dapat memperoleh keuntungan dari apa yang sudah diinvestasikan sebelumnya.

Dalam hal ini, investasi yang dimaksud adalah biaya pembelian atau penggunaan layanan aplikasi database online yang memudahkan operasional bisnis secara keseluruhan.

8. Memberikan kemudahan integrasi dengan software lainnya

Software CRM seperti Mekari Qontak memiliki open API, sehingga dapat diintegrasikan dengan software lainnya seperti Gmail atau ERP. Selain itu, CRM Qontak merupakan social CRM yang dapat terhubung dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Line, dan lainnya.

Dengan demikian seluruh data yang masuk ke sistem lain tersebut dapat langsung terintegrasi secara otomatis dengan CRM tanpa harus memasukkan data secara manual.

qontak-integration-crm-database-application

Saya Mau Coba Gratis Aplikasi Database Pelanggan Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Database Pelanggan?

Cara kerja aplikasi database pelanggan ini sebenarnya cukup mudah dipahami, misalnya seperti aplikasi database online Qontak. Dengan menggunakan aplikasi database online Qontak, semua informasi dan riwayat interaksi dengan pelanggan Anda akan direkam dan kemudian di simpan dalam satu database terpusat.

Lalu, database tersebut akan dikelola oleh sever berdasarkan historis timeline. Sehingga, ketika karyawan Anda membutuhkan data atau informasi terkait pelanggan, sistem akan secara cepat memberitahukan seluruh informasi yang dibutuhkan berdasarkan waktu historisnya.

Dengan demikian, karyawan Anda dapat memahami apa kebutuhan dan permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan, serta mengetahui dengan jelas apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan pertanyaan atau permasalahan yang dialami mereka.

Jadi, tidak ada lagi pelanggan yang akan merasa kecewa dengan kualitas pelayanan dan penanganan yang tidak maksimal.


Bagaimana Cara Memilih Aplikasi Database Pelanggan yang Tepat?

Logo Mekari Qontak

Dalam memilih aplikasi database pelanggan, sangat penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Tiap vendor memiliki fitur dan fungsi CRM yang berbeda, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun, Anda tidak perlu pusing atau khawatir dalam memilih mana aplikasi database online terbaik untuk bisnis perusahaan Anda. Karena Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai customer database software yang tepat untuk bisnis Anda.

Aplikasi CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat membantu merekam, menyimpan, dan mengelola seluruh interaksi Anda dengan pelanggan secara mudah dalam satu platform terpadu. Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan berbagai sistem pendukung bisni lain, seperti Omnichannel.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahan untuk membantu bisnis mereka mengelola database secara optimal dan maksimal. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Qontak Sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales