Mekari Qontak
Featured Articles

Fungsi, Cara Kerja dan Penggunaan CRM pada Bisnis

aplikasi CRM

Pelajari Penggunaan CRM (Customer Relationship Management) pada Bisnis Anda

Pelaku bisnis tentu sudah tidak asing dengan istilah customer relationship management atau manajemen hubungan pelanggan. Apa itu aplikasi CRM? Bagaimana penggunaan CRM pada bisnis?

Secara singkat, aplikasi customer relationship management (CRM) dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda. Penggunaan aplikasi CRM banyak dilakukan oleh tim sales dan marketing, untuk merampingkan alur kerja bisnis sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Pelajari selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Pelajari Penggunaan CRM (Customer Relationship Management) pada Bisnis Anda


Apa itu CRM?

CRM (Customer Relationship Management) adalah sistem dalam bisnis yang menggabungkan proses, sumber daya manusia (SDM) serta teknologi. Sistem tersebut berguna untuk menarik prospek, mengubah mereka menjadi pelanggan serta mempertahankan pelanggan yang ada.

Tujuan bisnis menerapkan CRM adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dari perilaku mereka selama berinteraksi. Berdasarkan hasil analisis tersebut, bisnis dapat memberikan pelanggan yang lebih baik guna membangun loyalitas mereka.

Penggunaan CRM pada bisnis menjangkau banyak bidang dalam organisasi, mulai dari penjualan, layanan pelanggan hingga pemasaran. Maka dari itu, banyak developer tertarik mengembangkan aplikasi CRM. Hal ini juga disambut baik oleh bisnis yang menginginkan teknologi serba cepat, flexible, online, update, kapanpun dan dimanapun.


Mengapa Bisnis Anda Perlu CRM?

Sistem CRM memberikan gambaran lengkap tentang pelanggan Anda dan aktivitas mereka. Jika Anda harus mengelola banyak pelanggan dan melakukan pelacakan siklus penjualan Anda, Anda memerlukan sistem CRM.

Penggunaan CRM diantaranya adalah berdampak pada peningkatan transparansi dan produktivitas data, hubungan dengan pelanggan yang lebih baik, serta penghematan biaya. Dengan interaksi yang terjaga baik, maka akan terbangun kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Pelanggan yang puas bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan baru dengan cara yang luar biasa. Sementara itu, customer loyalty program bisa Anda manfaatkan untuk mengatur strategi terbaik dalam membuat pelanggan yang puas tadi, menjadi semakin loyal dan cinta pada brand maupun produk-produk perusahaan Anda.


Bagaimana Cara Kerja CRM?

CRM memadukan antara proses bisnis, SDM dan teknologi. Dimana teknologi yang digunakan untuk membantu Anda dalam mengotomatisasi interaksi dengan pelanggan dan antar anggota tim, menyederhanakan proses bisnis, dan meningkatkan performance tenaga penjualan.

Sistem CRM juga dapat diatur sebagai pengingat untuk melakukan tugas-tugas yang hampir jatuh tempo. Pengingat dapat dikirimkan melalui email atau pesan instan. Tujuannya agar Anda segera menyelesaikan tugas yang hampir jatuh tempo.

Selain itu, CRM juga mudah dihubungkan dengan aplikasi lainnya seperti telepon, email, WhatsApp, sosial media dan lainnya. Misalnya integrasi CRM dengan WhatsApp membuat semua interaksi yang dilakukan customer service Anda dapat terekam, seperti banyaknya pelanggan hingga semua riwayat percakapan.


Apa saja Fungsi CRM pada Bisnis?

CRM berfungsi untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Caranya dengan memadukan proses bisnis, manusia dan teknologi. Fungsi lainnya dari CRM antara lain:

  • Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dari riwayat interaksi dan aktivitas mereka
  • Menyederhanakan proses bisnis dengan sistem otomatisasi
  • Menyediakan dukungan kepada customer secara penuh
  • Melayani berbagai keluhan yang berasal dari pelanggan.
  • Melakukan pencatatan terhadap setiap aspek dalam penjualan.
  • Membuat informasi yang berkaitan dengan pusat layanan dan penjualan dari customer.
  • Menyajikan laporan Penjualan Otomatis, Analitik Bisnis & Data Manajemen
  • Perangkat lunak yang dapat disesuaikan secara untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda
  • Melacak aktivitas karyawan saat di lapangan dengan GPS
  • Memantau pencapaian KPI & Tugas dalam periode waktu tertentu

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Baca juga: 10 Tantangan dan Kendala Bisnis Tanpa Aplikasi CRM


Apa saja Fitur yang Dimiliki CRM?

Bagi yang belum mendapat gambaran, CRM ini bentuknya adalah software atau aplikasi. Aplikasi CRM memiliki beberapa fitur utama untuk pertumbuhan bisnis Anda, di antaranya adalah:

– Manajemen Kontak

Manajemen Kontak-penggunaan CRM

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelompokkan kontak ke dalam grup untuk diatur dan dilengkapi dengan informasi yang lebih baik. Dengan fitur ini, Anda akan dapat mengumpulkan data pelanggan yang penting dan mendukung strategi pemasaran Anda saat memperkenalkan produk baru.

– Laporan dan Dashboard

Laporan dan Dashboard

Pengguna dapat melihat statistik dalam perspektif yang sangat menarik secara visual dengan menggunakan laporan dan dashboard sesuai kebutuhan. Fitur ini menawarkan pembaruan data real-time dan platform yang dapat diakses dari berbagai portal sehingga meningkatkan kemudahan akses untuk berbagai tingkatan pengguna.

– Pelacakan GPS langsung dengan Laporan Kehadiran

Pelacakan GPS langsung dengan Laporan Kehadiran

Melacak tim penjualan Anda dimanapun mereka bekerja dan pantau kehadiran mereka di lapangan dengan fungsi Check-in dan Check-out.

– Otomasi dan Integrasi Call Center

Otomasi dan Integrasi Call Center-penggunaan CRM

Salah satu fitur utama CRM adalah kemampuan untuk mengendalikan call center Anda dari sistem CRM Anda dan mengintegrasikan program pihak ketiga apapun ke dalam satu platform. Semakin sedikit sistem yang harus Anda buka, semakin kecil kemungkinan Anda akan bingung dan kehilangan informasi melalui terjemahan atau transfer.


Bagaimana Contoh Penggunaan CRM pada Bisnis?

Penggunaan CRM pada bisnis beragam sesuai kebutuhan Anda. Sebab, sistem CRM ini dapat membantu menyederhanakan proses bisnis mulai dari pemasaran, penjualan hingga layanan pelanggan

Berikut contoh penggunaan aplikasi CRM pada bisnis adalah

1. Melayani pelanggan (customer service) lebih baik

Customer service atau layanan pelanggan sangatlah penting pada bisnis. Pada umumnya, bisnis tidak hanya menyediakan satu saluran untuk melayani pelanggan.

Aplikasi CRM menyimpan seluruh data dalam satu platform. Hal ini memudahkan tim untuk mengakses data pelanggan tanpa berpindah aplikasi.

Aplikasi CRM dapat dihubungkan dengan saluran layanan pelanggan yang bisnis gunakan. Hal ini memberikan kenyaman pelanggan untuk berpindah aplikasi saat berinteraksi, tanpa mengulangi pertanyaan sebelumnya.

2. Membangun loyalitas pelanggan

CRM memudahkan Anda untuk memantau seluruh aktivitas pelanggan. Dari aktivitas tersebut, Anda dapat menganalisis kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memberikan kepuasan pelanggan.

Pelanggan yang merasa puas cenderung kembali lagi untuk melakukan repeat order. Dengan begitu, loyalitas mereka akan brand Anda akan meningkat. Untuk menjaga loyalitas mereka, Anda juga bisa memberikan reward untuk mereka baik berupa produk eksklusif, diskon, gift card, dan sebagainya.

3. Meningkatkan performance karyawan

CRM menyederhanakan proses bisnis dengan sistem otomatisasi. Misalnya mengotomatiskan tugas administrasi berulang, akses data darimana saja tanpa berpindah aplikasi dan lainnya.

Kemudahan tersebut mengefisienkan waktu kerja karyawan. Sebagai gantinya, mereka bisa fokus menyelesaikan tugas utama seperti penjualan atau live chat dengan pelanggan.

4. Kemudahan integrasi dengan aplikasi lainnya

Aplikasi CRM mudah dihubungkan dengan aplikasi lainnya seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. Kemudahan integrasi tersebut, membantu Anda memberikan pengalaman konsisten kepada pelanggan di setiap saluran bisnis.

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya untuk melakukan aktivitas marketing, sales dan customer service. Dengan integrasi CRM, memudahkan Anda untuk memantau seluruh interaksi pelanggan dengan bisnis Anda di seluruh saluran tersebut.

5. Memudahkan dalam penyusunan strategi bisnis

Seorang manajer dapat menyusun strategi bisnis lebih cepat ketika dapat mengakses data real-time ketika diperlukan. CRM dilengkapi fitur analisis dan pelaporan yang memungkinkan jajaran manajer dan direksi memperoleh insight yang akurat dan real-time sehingga dapat menyesuaikan strategi secara langsung terhadap perubahan mendadak yang terjadi.

Sebuah aplikasi CRM penjualan dan customer service yang handal memberitahu semua yang perlu diketahui mengenai lead, dari satu layar – dalam perspektif yang statis dan dinamis.


Tingkatkan Bisnis Anda dengan Penggunaan CRM Sekarang!

Aplikasi CRM Qontak

Penggunaan CRM pada bisnis saat ini adalah hal yang wajar. Terlebih mengingat banyaknya fungsi dan kegunaan CRM yang dapat mendatangkan banyak keuntungan buat bisnis. Maka wajar banyak bisnis mulai tertarik untuk mengimplementasikan aplikasi CRM.

Qontak.com adalah perusahaan penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang menawarkan berbagai solusi CRM sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Software dan aplikasi smartphone CRM kami memiliki sistem yang sangat canggih dan pintar sehingga keduanya terintegrasi dengan baik. Qontak.com didesain bagi Anda yang mengutamakan kebutuhan mobile.

Ingin memperoleh solusi bisnis diatas dan konsultasi mengenai penggunaan aplikasi CRM di smartphone Anda? Segera hubungi kami dan COBA GRATIS selama 14 hari!

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales