Mekari Qontak
Business

Tugas dan Fungsi Customer Relationship Management dalam Bisnis

Fungsi dan Tugas CRM yang Harus Diketahui Bisnis

Perkembangan teknologi informasi semakin canggih saat ini juga mempengaruhi kebutuhan bisnis. Terutama dalam membangun customer relationship. Sebagian besar bisnis telah menggunakan aplikasi CRM untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, lalu sebenarnya apa tugas dan fungsi Customer Relationship Management dalam bisnis?

Artikel kali ini, akan membahas seputar customer management relationship mulai dari pengertian, fungsi, manfaat hingga tahapan penerapannya dalam bisnis. Sebab sistem informasi jenis ini sangat dibutuhkan bisnis yang ingin membangun hubungan baik dengan pelanggan atau customer.

Fungsi Customer Relationship Management bagi bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Melacak prospek atau calon pembeli
  2. Mengelola hubungan pelanggan
  3. Meningkatkan Penjualan
  4. Meningkatkan customer support
  5. Mengotomatisasi Bisnis

Pelajari lebih banyak tentang apa itu CRM di video berikut ini:

mau coba aplikasi crm terbaik_Fungsi CRM


Apa Saja Fungsi CRM untuk Bisnis?

Secara umum terdapat 5 fungsi Customer Relationship Management yang terutama, yaitu:

1. Melacak prospek atau calon pembeli

Fungsi CRM_Melacak Prospek

CRM membantu bisnis dalam melacak perilaku calon pelanggan potensial dengan merekam riwayat percakapan yang terjadi dengan bisnis, baik melalui e-mail, telepon, maupun aplikasi chat seperti WhatsApp API, Line, Telegram, atau Facebook Messenger. Software CRM akan merekam seluruh percakapan tersebut secara otomatis dan tersimpan dengan aman dalam sistem.

Selain itu, Aplikasi customer management relationship berfungsi: Melacak customer journey hingga melakukan pembelian atau sales funnel, monitoring respon dan hubungan dengan pelanggan serta memprioritaskan respon untuk memaksimalkan pendapatan dari pelanggan baru

2. Mengelola hubungan pelanggan

Mengelola Hubungan Pelanggan

Aplikasi CRM dapat membantu bisnis untuk melacak seluruh informasi dan data terkait pelanggan. Ini termasuk informasi tentang produk yang dibeli, tanggal transaksi, jumlah pembelian, siapa tim sales yang menangani dan masih banyak lagi.

Semua data tersebut kemudian dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk mengelola hubungan pelanggan agar menjadi lebih baik dan tetap terjaga. Pada akhirnya ini dapat membantu bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

3. Meningkatkan penjualan

Fungsi-Customer-Relationship-Management-Meningkatkan-Penjualan

Customer relationship management memungkinkan bisnis memaksimalkan potensi dari data pelanggan yang ada untuk menjadikan mereka pelanggan loyal.

Dari hal tersebut juga, bisnis dapat memprioritaskan pelanggan melalui riwayat pembelian yang dilakukan pelanggan. Dengan begitu dapat meningkatkan penjualan dari pelanggan yang ada melalui customer retention.

4. Meningkatkan customer support

Fungsi-Customer-Relationship-Management-Customer-Support

Informasi yang tersimpan dalam sistem customer relationship management dapat membantu tugas tim customer service.

Seperti mengelola pesanan pelanggan, melacak permasalahan pelanggan dan bagaimana cara penangannya, memprioritaskan respon kepada pelanggan berdasarkan customer value serta mengumpulkan data sebagai dasar untuk perkembangan produk ke depannya.

Dengan begitu tim customer service dapat meningkatkan layanan customer support.

5. Mengotomatisasi bisnis

Fungsi-Customer-Relationship-Management-Otomatisasi-Bisnis

Sistem customer relationship management membantu dalam mengotomatisasi tugas yang repetitif sehingga bisnis dapat berfokus pada hal yang lebih penting yaitu meningkatkan penjualan.

Dalam mengotomatisasi bisnis, aplikasi Customer Relationship Management didukung dengan fitur canggih yang berfungsi sebagai manajemen kontak, manajemen tugas dan kinerja atau key performance indicator (KPI), otomatisasi dokumen, quotation serta pelaporan analitik.

Baca Juga: 15 Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis


Apa Manfaat Customer Relationship Management bagi Bisnis?

Selain fungsi customer relationship management yang telah disebutkan, aplikasi CRM juga memiliki beberapa manfaat yang sayang dilewatkan bisnis. Manfaat customer relationship management diantaranya:

  • Mendorong loyalitas pelanggan dengan memberikan layanan konsisten, juga kemudahan dalam mengakses dan menerima informasi, sehingga pelanggan akan merasa diperhatikan dan mulai timbul rasa loyalitas yang ditanamkan pada perusahaan.
  • Mengurangi biaya karena hanya fokus melakukan penjualan dan pelayanan terhadap pelanggan maupun calon pelanggan .
  • Peningkatan Pendapatan seiring dengan peningkatan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, serta meningkatkannya efisiensi operasional.

Saya Mau Coba Gratis Aplikasi CRM Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!

Baca juga: Manfaat, Strategi, dan Contoh Implementasi CRM pada Bisnis


Apa Saja Tugas CRM yang Dapat Memberikan Keuntungan untuk Perusahaan?

Dalam penerapannya, CRM memiliki sejumlah tugas yang dapat membantu bisnis untuk memudahkan seluruh tahapan proses bisnis. Berikut adalah beberapa tugas CRM yang perlu Anda ketahui:

– Melacak, mengumpulkan, dan menyimpan informasi serta data pelanggan

Salah satu tugas utama CRM adalah untuk mengelola hubungan pelanggan. Di mana di dalamnya akan dilakukan pelacakan, pengumpulan, dan penyimpanan informasi serta data pelanggan, guna meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Mengotomatiskan pemasaran

Tugas CRM berikutnya adalah mengotomatiskan pemasaran. Bisnis dapat memanfaat informasi terkait prospek dan pelanggan untuk mengotomatiskan pemasaran.

Selain itu, ini juga dapat membantu bisnis atau marketer untuk mengambil keputusan dan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan target audiensnya.

– Membantu manajemen proyek

Fitur manajemen yang ada pada CRM umumnya dapat digunakan oleh bisnis untuk membantu pengguna melacak detail proyek klien secara komprehensif. Misalnya, seperti tujuan, penyelarasan strategis, proses, manajemen risiko, dan kemajuan.

– Mengotomatiskan penjualan

Aplikasi CRM dilengkapi dengan alat otomatisasi penjualan yang dapat melacak interaksi pelanggan dan mengotomatiskan fungsi bisnis tertentu dari siklus penjualan yang diperlukan untuk mengikuti arahan, mendapatkan pelanggan baru, dan membangun loyalitas pelanggan.

– Menganalisis pencapaian KPI

Tugas CRM selanjutnya adalah membantu bisnis untuk menganalisis pencapaian KPI secara mudah menggunakan fitur Analisis yang ada pada CRM. Adapun tujuannya adalah untuk memberikan keputusan bisnis yang lebih banyak. Analisis ini dapat digunakan untuk berbagai departemen dan kebutuhan bisnis.

– Mengotomatiskan alur kerja

Sistem CRM dapat membantu bisnis untuk mengoptimalkan proses dengan merampingkan beban kerja dan mengotomatiskan alur kerja atau workflow. Lebih lanjut, ini memungkinkan karyawan untuk fokus pada tugas-tugas kreatif dengan tingkat yang lebih tinggi.

– Membantu lead management

Tugas CRM berikutnya adalah untuk membantu melacak prospek penjualan, yang memungkinkan tim penjualan untuk memasukkan, melacak, dan menganalisis data untuk prospek di satu tempat.

– Menyediakan layanan pelanggan yang optimal

Otomatisasi yang ditawarkan CRM dapat membantu bisnis utnuk menangani permintaan pelanggan, mengurangi durasi panggilanm dan menyederhanakan proses layanan pelanggan secara mudah. Akibatnaya, bisnis dapat menyediakan layanan pelanggan yang lebig optimal dan memuaskan bagi pelanggan.

– Membantu manajemen SDM

Sistem CRM tidak hanya dapat membantu bisnis untuk malcak informasi tentang prospek dan pelanggan saja, tetapi juga dapat digunakan untuk melacak informasi karyawan. Ini termasuk informasi kontak, ulasan kinerja, manfaat dalam perushaan dan masih banyak lagi.

Sederhananya, ini dapat memungkinkan tim people atau departemen SDM untuk mengelola tenaga kerja internal secara efektif dan efisien.

– Mengintegrasikan sistem bisnis dengan mudah

Secara umum, aplikasi CRM dilengkapi dengan fitur integrasi yang memungkinkan bisnis untuk mengintegrasikan sistem bisnis lainnya dengan mudah dan cepat secara ringkas. Ini termasuk sistem Omnichannel, WhatsApp API, sistem pusat panggilan, perencanaan sumber daya perusahaan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Catat! 10 Strategi CRM yang Efektif Membangun Bisnis


Maksimalkan Fungsi CRM pada Bisnis Anda Sekarang!

Aplikasi Sales CRM Mekari Qontak

Dari pembahasan di atas dapat dipahami bahwasanya tugas dan fungsi Customer Relationship Management (CRM) dapat membantu pelaku bisnis mengembangkan bisnisnya dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis secara keseluruhan. Sistem CRM mempermudah pengelolaan bisnis hanya dalam satu platform.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang terintegrasi dengan Omnichannel dan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis. Dengan menggunakan aplikasi CRM Mekari Qontak, Anda dapat melakukan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan dengan cepat dan mudah dalam satu platform terpadu.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Sementara itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales