Mekari Qontak
Marketing

Earned Media: Definisi, Contoh, dan Strategi

Earned Media - Mempublikasikan konten yang layak dibagikan

Panduan Lengkap Tentang Earned Media yang Perlu Anda Ketahui!

Apakah Anda pernah mendengar istilah earned media? Seperti namanya, earned media merupakan publikasi atau media yang diperoleh terkait merek atau bisnis Anda secara gratis atau tanpa dibayar.

Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan tentang apa itu earned media dan bagaimana cara memaksimalkan earned media di artikel berikut ini!

Aplikasi CRM Mekari Qontak


Apa Itu Earned Media?

Earned media adalah istilah publikasi yang ditujukan untuk materi atau konten terkait merek bisnis Anda yang tidak Anda bayar atau buat.

Sederhananya media ini merupakan publikasi gratis tentang merek Anda, yang dihasilkan dengan menggunakan metode organik.

Jenis media ini umumnya diterbitkan oleh pihak ketiga secara gratis atau tanpa dibayar, di mana mereka melakukan review dan membagikan konten terkait merek Anda.

Ini merupakan salah satu bentuk publikasi terbaik yang dapat Anda peroleh untuk meningkatkan reputasi merek atau brand awareness bisnis Anda.

Lebih lanjut, media ini dapat memiliki beberapa bentuk, seperti publikasi dalam artikel online, ulasan atau review, tautan ke konten Anda, pembahasan di majalah atau artikel, hingga informasi dari mulut ke mulut.

Seberapa Efektif Earned Media untuk Bisnis?

Saat ini digital marketing dan media sosial terus berkembang, begitu juga dengan earned media. Dalam penerapannya, earned media memiliki efektivitas yang cukup tinggi. Di mana media ini sangat dipengaruhi oleh keluarga, teman, dan apa yang mereka baca serta lihat secara online.

Orang-orang tidak lagi hanya membagikan ulasan, kebaikan, dan keburukan sebuah merek di lingkungan mereka saja, tetapi mereka juga membagikannya kepada semua orang yang terhubung dengan mereka secara online. Ini dapat mencakup ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan orang.

Sementara itu, menurut HubSpot Research, 57% orang di Amerika Serikat percaya apa yang mereka dengar dari teman dan keluarga ketika mereka menemukan produk baru. Sementara itu, sekitar sepertiga pembeli di AS lebih memilih informasi apa yang dapat mereka temukan dari pencarian Google.

Oleh karena itu, earned media menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk bisnis dan perlu diperhatikan oleh marketer dan pemilik bisnis, dalam mengoptimalkan strategi pemasaran serta meningkatkan bisnisnya.

Seperti Apa Contoh Earned Media?

Untuk membantu Anda lebih memahami apa itu earned media, berikut adalah beberapa contoh earned media yang paling umum diperoleh oleh suatu merek atau bisnis.

– Pembagian konten sosial atau produk Anda yang dilakukan oleh pihak ketiga

Misalnya, Anda adalah pemilik merek sepatu wanita lokal. Anda memiliki media sosial dan situs web yang berisikan konten-konten menarik terkait produk Anda.

Kemudian terdapat seorang prospek yang tertarik dengan konten atau produk Anda, maka ia akan berkemungkinan untuk membagikan konten tersebut ke orang-orang di sekitarnya.

Pembagian konten yang telah dilakukan prospek tersebut telah memberikan earned media untuk merek bisnis Anda, di mana terdapat lingkungan baru yang berhasil Anda jangka tanpa biaya.

– Adanya tulisan tentang bisnis atau produk Anda di situs pihak ketiga yang tidak terafiliasi

Berbeda dengan contoh sebelumnya, umumnya tulisan tentang produk atau bisnis akan dibuat oleh pihak ketiga yang merekomendasikan beberapa list produk di situsnya.

Pihak ketiga akan mencantumkan merek atau produk bisnis Anda untuk memberikan informasi dan rekomendasi tentang produk terkait yang sedang ia bicarakan.

– Terdapat tautan ke situs web Anda dari situs pihak ketiga yang tidak terafiliasi

Umumnya pihak ketiga yang tidak terafiliasi akan memberikan tautan ke situs web Anda dengan tujuan untuk memberikan informasi yang valid atau benar terkait topik sedang mereka bicarakan.

Hal ini tentunya dapat memberikan peluang earned media dan brand awareness yang baik untuk merek bisnis Anda.

– Ulasan produk atau merek bisnis Anda dari pihak ketiga yang tidak terafiliasi

Contoh earned media berikutnya datang dari ulasan produk atau merek Anda yang dilakukan oleh pihak ketiga yang tidak terafiliasi.

Umumnya pihak ketiga akan membeli produk atau menggunakan layanan merek bisnis Anda, kemudian ia akan menilai bagaimana produk atau layanan yang diberikan kepada orang-orang di sekitarnya atau komunitas tertentu.

Informasi yang diberikan, baik itu positif atau negatif, dapat memberikan efek yang cukup signifikan pada citra merek Anda. Mengingat informasi yang diberikan oleh orang yang dikenal umumnya lebih dipercaya dan dijadikan rekomendasi oleh orang lain.

Strategi Seperti Apa yang Dapat Digunakan untuk Memaksimalkan Earned Media?

Earned media umumnya ditulis oleh pihak ketiga yang tidak terafiliasi dengan bisnis Anda dan didapatkan secara gratis. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang tersendiri untuk merek bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan dan memaksimalkan peluang earned media dengan sebaik mungkin. Berikut adalah earned media strategy yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan peluang perolehan media Anda.

1. Menjadikan media sosial sebagai bagian dari keseharian Anda

Media Sosial

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, LinkedIn, dan WhatsApp bisa menjadi sangat berguna untuk mendapatkan strategi earned media.

Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat terhubung dengan target pasar Anda, berinteraksi dengan klien, dan bahkan melibatkan orang dalam industri, seperti blogger, influencer, dan masih banyak lagi.

Selain itu, berkomunikasi dengan audiens Anda dapat membuat perbedaan besar dalam kinerja media dan strategi marketing yang Anda peroleh. Apabila Anda memiliki interaksi dan hubungan yang baik dengan audiens Anda, maka ini juga dapat memberikan efek positif untuk merek bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu menjadikan media sosial sebagai bagian dari keseharian Anda, guna memaksimalkan peluang perolehan media yang Anda dapatkan.

2. Mempublikasikan konten yang layak dibagikan

Earned Media - Mempublikasikan konten yang layak dibagikan

Konten merupakan salah satu komponen paling penting dalam strategi earned media. Jika Anda tidak membuat konten yang ingin dibagikan orang lain, maka jangan harap Anda dapat memeroleh hasil yang Anda inginkan.

Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan konten kreatif seperti apa yang harus Anda buat untuk dapat menarik minat audiens Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat membuat konten interaktif, infografis, kuis, atau tanya-jawab untuk menarik audiens dan meningkatkan interaksi serta hubungan Anda dengan mereka.

3. Berhubungan dengan orang dalam industri terkait

Berhubungan dengan orang dalam industri terkait

Berhubungan dengan orang dalam industri, seperti blogger, influencer, dan KOL merupakan bagian penting lain dari strategi perolehan media.

Membangun hubungan orang-orang dalam industri dapat membuat merek dan konten Anda menjadi lebih dikenal dan dihormati.

Bahkan tak jarang mereka juga akan memberikan peluang perolehan media untuk merek bisnis Anda, seiring dengan hubungan baik yang terjalin.

4. Menjadi merek favorit audiens Anda

Earned Media - Menjadi merek favorit audiens Anda

Salah satu aspek yang tidak kalah penting dalam strategi earned media adalah audiens Anda. Di mana audiens dapat memainkan peranan penting bahkan memberikan kesuksesan perolehan media secara menyeluruh.

Oleh karena itu, Anda perlu memaksimalkan peran audiens Anda dengan menjadikan merek Anda sebagai merek favorit mereka. Dalam hal ini, Anda dapat memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik yang tak tertandingi untuk pelanggan Anda.


Dapatkan Earned Media dan Tingkatkan Pemasaran Bisnis Anda!

 

Logo Mekari Qontak

Earned media merupakan media yang diperoleh tentang merek atau bisnis Anda secara gratis dari pihak ketiga yang tidak terafiliasi. Di mana mereka akan membuat ulasan dan membagikan konten terkait merek Anda kepada orang-orang di sekitarnya secara konvesional maupun online melalui media sosial.

Dalam hal ini, media sosial memiliki peranan penting untuk memaksimalkan peluang earned media yang diperoleh oleh bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengelola media sosial merek Anda dengan sebaik mungkin.

Anda dapat menggunakan aplikasi Omnichannel untuk membantu Anda menghubungkan beberapa aplikasi media sosial dalam satu platform terpadu. Software Omnichannel yang terintegrasi dengan CRM dapat memudahkan Anda dalam memantau aktivitas pemasaran.

Mekari Qontak menyediakan Omnichannel CRM terbaik di Indonesia. Omnichannel Qontak by Mekari dapat dengan mudah diintegrasikan dengan beberapa media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, WhatsApp, email, dan sebagainya.

Selain itu, Qontak.com juga didukung dengan fitur canggih yang akan mempermudah Anda mengelola pemasaran lebih efisien dan efektif. Jadi tunggu apa lagi?

Coba aplikasi Omnichannel Qontak.com selama 14 hari atau konsultasikan dulu secara gratis dengan mengisi form dibawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales