Mekari Qontak
Marketing

Apa Itu Owned Media? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Image CTA Omnichannel

Di era serba digital seperti saat ini, memiliki owned media merupakan hal penting yang tak boleh dilewatkan oleh bisnis atau perusahaan. Ini bertujuan agar bisnis nantinya dapat mendistribusikan konten dan menjalankan strategi pemasaran dengan semaksimal mungkin.

Namun, apa itu owned media? Apa manfaatnya untuk bisnis? Dan apa saja jenisnya?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan tentang pengertian owned media, lengkap dengan jenis dan manfaatnya di artikel berikut ini!

Image CTA Omnichannel


Apa Itu Owned Media?

Owned media adalah seperangkat saluran atau properti komunikasi yang dimiliki dikendalikan sepenuhnya oleh suatu entitas, baik itu individu atau organisasi seperti perusahaan. Ini dapat mencakup properti seperti website, blog, forum, media sosial, dan lainnya.

Semakin banyak saluran media yang dimiliki sebuah bisnis, maka akan semakin besar juga jejak digital mereka, yang berarti semakin banyak potensi jangkauan ke pelanggan dan pengikut potensial.

Baca Juga: Earned Media: Definisi, Contoh, dan Strategi


Jenis-jenis Owned Media

Jenis-jenis Owned Media

Ada berbagai jenis owned media yang dapat digunakan bisnis untuk memaksimalkan pemasaran maupun penjualan bisnisnya.

Berikut adalah jenis-jenis owned media yang umum dimiliki bisnis:

1. Situs web, blog, dan aplikasi

Jenis owned media yang pertama dan utama adalah situs web, ini termasuk blog dan aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan.

Ini karena situs web, blog, dan aplikasi merupakan hal pertama yang dilihat oleh audiens ketika akan berinteraksi dengan merek bisnis Anda.

Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan bahwa media-media tersebut sudah memiliki seluruh informasi yang dibutuhkan prospek dan pelanggan terkait bisnis Anda, dan dapat menarik minat mereka.

2. Media sosial

Jenis owned media penting lainnya yang tengah populer saat ini adalah media sosial. Ada berbagai platform media sosial yang dapat dimiliki oleh merek bisnis Anda. Misalnya seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, TikTok, YouTube, dan Twitter.

Kehadiran media sosial secara efektif dapat membantu Anda untuk membuat dan mendistribusikan konten dengan sebaik mungkin. Terlebih kini banyak orang bisa berbagai unggahan media sosial secara mudah kepada kerabat atau bahkan publik.

Hal ini tentu saja dapat memberikan dampak yang signifikan untuk bisnis Anda, termasuk dalam hal meningkatkan brand awareness dan keterlibatan pelanggan Anda.

3. Email marketing

Anda mungkin tidak pernah mengira bahwa strategi email marketing merupakan salah satu jenis media yang dimiliki sendiri, padahal strategi email ini adalah salah satu media yang dapat dikendalikan dan dimanfaatkan bisnis dengan semaksimal mungkin.

Meskipun bukan sebuah strategi baru yang sedang ngetren, namun email marketing tetap menjadi andalan para marketer dan pelaku bisnis untuk membantu memasarkan bisnis dan meningkatkan keterlibatan pelanggan mereka.

Dengan menggunakan email marketing, Anda dapat mempromosikan konten baru, pembaruan produk, penawaran, kursus eksklusif, dan berbagai promosi menarik lainnya menggunakan email.

4. Forum

Jenis owned media yang terakhir adalah forum. Meskipun forum sudah tidak seeksis dulu, namun ini masih tetap efektif dalam membangun komunitas, termasuk community marketing.

Anda dapat membuat forum yang dihosting sendiri untuk menyebarkan awareness, memulai  aktivitas distribusi konten, dan pembangunan komunitas yang efektif untuk bisnis Anda nantinya.


Apa Manfaat Owned Media bagi Bisnis?

Setelah mengetahui apa itu owned media dan jenisnya, Anda mungkin akan mulai memahami bahwa ternyata media yang dimiliki sendiri memiliki sejumlah manfaat yang dapat menguntungkan bagi bisnis.

Namun, manfaat owned media bagi bisnis tidak hanya itu saja, berikut adalah manfaat lainnya yang dapat diperoleh oleh bisnis:

– Memberikan kontrol penuh atas media yang dimiliki

Anda tidak perlu lagi khawatir apakah iklan atau kampanye Anda akan ditampilkan atau tidak, karena Anda yang mengontrol semua itu di setiap saluran yang Anda miliki.

– Mampu memberikan jangkauan pelanggan yang lebih luas

Dengan menggunakan media yang dimiliki sendiri, Anda dapat mengatur tujuan dan kata kunci yang Anda inginkan sesuai untuk memperluas jangkauan bisnis dengan lebih cepat.

– Memiliki umur panjang

Konten yang berada di media sosial tidak akan pernah benar-benar hilang. Jadi, ini dapat memungkinkan prospek atau pelanggan untuk mengaksesnya kapan saja.

– Serba guna

Seperti namanya, owned media adalah media yang dimiliki oleh individu atau organisasi. Dengan demikian, ini memberikan kontrol penuh bagi pemiliknya untuk menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk memposting berbagai konten yang Anda inginkan di halaman media Anda.

– Membantu efisiensi biaya

Beberapa jenis owned media, seperti media sosial misalnya, tidak memungut biaya atau gratis untuk digunakan. Ini tentu saja dapat membantu bisnis Anda untuk menghemat biaya operasional.

Baca Juga: Apa Itu Paid Media? Pengertian dan Contohnya!


Maksimalkan Owned Media Bisnis Anda Sekarang Juga!

Logo Mekari Qontak

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa owned media adalah media yang dimiliki dan dikontrol sepenuhnya oleh bisnis. Di mana bisnis dapat memanfaatkan media tersebut untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan memaksimalkannya.

Namun, memiliki banyak media yang harus dikontrol bisa menjadi hal yang merepotkan, terlebih ketika Anda harus menyelaraskan program dan layanan yang ada di setiap salurannya. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena Mekari Qontak memiliki solusinya!

Mekari Qontak menyediakan Omnichannel yang terintegrasi dengan CRM, sehingga dapat membantu Anda untuk mengelola seluruh saluran media secara mudah dalam satu platform terpadu.

Selain itu, Omnichannel CRM Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang tidak hanya meningkatkan jangkauan dan keterlibatan pelanggan, tetapi operasional bisnis secara keseluruhan. Sangat menarik bukan?

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahan untuk membantu memaksimalkan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales